Digital MarketingSEO

Optimalkan Marketing SEO dengan 4 Taktik Dasar Ini

Mbagas

Optimalkan Marketing SEO dengan 4 Taktik Dasar Ini

Kamu tentu berharap pelanggan dapat menemukan barang dan jasamu di situs webmu, tetapi membangun situs web yang disukai pengguna sekaligus mesin pencari bukanlah tugas yang mudah.

Kamu dapat bereksperimen dengan mencoba berbagai strategi sebelum memilih strategi marketing SEO yang paling cocok untuk bisnis dan situs webmu.

Karena itu, pelajari berbagai jenis marketing SEO dan cara meningkatkan hasilnya di pencarian organik untuk toko online atau situs webmu di sini.

Apa itu Marketing SEO?

Apa itu Marketing SEO?
Apa itu Marketing SEO?

SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization”. Saat kamu mencari sesuatu di Google, kamu akan melihat sejumlah hasil yang relevan dengan pencarianmu.

Hasil ini disebut halaman hasil mesin pencari, juga dikenal sebagai SERP. Sasaran marketing SEO biasanya berada di tiga teratas dari SERP.

Posisi ini menunjukkan bahwa kamu memiliki konten terbaik untuk menjawab pertanyaan kueri pencarian, yang pada akhirnya menghasilkan marketing SEO yang efektif.

Singkatnya, tujuan marketing SEO adalah menggunakan pendekatan yang meyakinkan Google bahwa kontenmu memiliki solusi terbaik untuk pertanyaan pencarian yang paling umum.

Dengan strategi marketing SEO yang efektif, mesin pencari melihat bahwa kontenmu adalah yang paling informatif dan terbaik. Ini berarti Google akan menampilkan kontenmu di bagian atas hasil pencarian atau menggunakan cuplikan di bagian “People also ask” (PAA) pada SERP.

Baca juga: 11 Praktik Terbaik Google Maps SEO untuk Mendominasi Pencarian Lokal

Jika ini adalah tujuanmu, kampanye marketing SEO yang efektif memungkinkan Google mengenali kontenmu untuk kemudian menampilkannya kepada orang-orang yang mengajukan pertanyaan kepada Google.

Manfaat yang Diperoleh dari Menerapkan Marketing SEO

Manfaat yang Diperoleh dari Menerapkan Marketing SEO
Manfaat yang Diperoleh dari Menerapkan Marketing SEO

Intinya, marketing SEO sangat penting karena membuat kontenmu dapat dilihat oleh target audiensmu. Dengan melihat, orang mengetahui dan mempercayai merekmu.

Karena kamu telah membangun kepercayaan dengan menjadikan merekmu sebagai hasil teratas, sehingga kamu lebih mampu menjual barang dan jasa.

Karena tujuan marketing SEO adalah membuat orang mengunjungi situs webmu, melalui kampanye SEO yang efektif, yang akan memberi kamu lebih banyak visibilitas. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang akan kamu peroleh jika kamu menerapkan marketing SEO:

  1. Ini adalah metode murah untuk menarik pengunjung ke situs web perusahaanmu.
  2. Ini akan memberikan keuntungan besar atas investasi jangka panjang jika dilakukan dengan benar.
  3. Data yang diberikan oleh Riset SEO dapat digunakan untuk mengembangkan atau memperbarui konten.
  4. Membangun kredibilitas dan kepercayaan audiensmu jadi lebih mudah dengan memenangkan SERP.
  5. Ini menarik pengguna yang relevan karena orang menemukan kamu setelah memasukkan istilah atau pertanyaan tertentu.

Jenis-jenis Marketing SEO

Jenis-jenis Marketing SEO
Jenis-jenis Marketing SEO

SEO tidak hanya terbatas pada satu metode. Kamu dapat menerapkan berbagai strategi untuk meningkatkan peluang peringkat halaman dan kontenmu di SERP.

Baca juga: 6 Hal Penting tentang PageRank sebagai Algoritma Google

Setiap jenis marketing SEO memiliki peran khusus dan penting di dalam membangun kehadiran online yang kuat dan meningkatkan peringkat di mesin pencari. Mari kita lihat 3 jenis marketing SEO yang dapat kamu gunakan.

On-page SEO

On-page SEO
On-page SEO

Seperti namanya, on-page SEO menggunakan elemen keyword langsung pada halaman situs web untuk membantu pengguna menemukan dan menggunakan informasi yang kamu berikan dengan tepat, ini membantu orang menavigasi situs web dengan cara yang bermanfaat.

On-page SEO umumnya terdiri dari beberapa komponen penting ini:

  1. Title tag: ringkasan singkat dari judul halaman yang kamu miliki. Ia tidak lebih dari 60 karakter dan harus mencakup keyword utama dan mungkin secondary keywords serta nama merekmu. Ia adalah bagaimana judul muncul di SERP dan merupakan cara dasar bagi orang untuk memilih konten mana yang akan dilihat.
  2. Meta description: ringkasan singkat dari konten pada halaman yang kamu rujuk. Ini harus kurang dari 160 karakter agar dapat dibaca sepenuhnya saat dilihat di SERP dan umumnya memberi tahu pembaca apa yang diharapkan dari artikel dan memberi mereka alasan untuk meng-klik. keyword utama atau sinonimnya harus ada dalam meta description ini.
  3. Internal link: tautan ke bagian lain dari konten yang telah kamu tulis di situs webmu. Tautan ini memberi tahu mesin pencari bahwa konten tersebut merupakan bagian dari topik yang lebih relevan yang diminati olehmu. Saat membuat hyperlink, gunakan keyword sebagai anchor text. Jangan gunakan frasa seperti “klik di sini” sebagai anchor text karena ini tidak efektif untuk memperkenalkan topik.
  4. Alt text: kontenmu harus memiliki setidaknya satu gambar yang dioptimalkan dan deskripsi, yang harus mengandung keyword. Di mana kamu harus menyertakan alt text pada gambar, yang berfungsi sebagai deskripsi gambar.
  5. URL: kamu harus membuat URL sederhana. Sebaiknya, buat URL dari versi judulmu dengan tanda hubung di antara setiap kata, sehingga mudah dibaca dan diingat.
  6. Konten: artikel yang kamu tulis, yang merupakan inti dari halaman web. Gunakan keyword atau sinonim yang relevan di seluruh temapt yang sesuai untuk menegaskan isi halaman. Pastikan untuk menggunakan tata bahasa yang tepat dan menulis halaman yang dapat dipahami oleh berbagai macam orang dan latar belakang akademis.

Off-page SEO

Off-page SEO
Off-page SEO

Mendapatkan referensi adalah sesuatu yang disukai oleh bisnis apa pun. Anggap saja off-page SEO sebagai program referensimu, di mana orang akan menyukai dan memercayai kamu, sehingga mereka merasa puas saat bekerja sama atau membeli darimu.

Strategi ini memiliki hasil yang baik, tetapi terkadang sulit untuk diterapkan. Off-page SEO dapat terjadi ketika situs web lain menghubungkan kontenmu melalui tautan.

Cara ini membantu mesin pencari mengetahui bahwa kontenmu memiliki otoritas karena situs web lain cukup memercayai data tersebut. Banyak bisnis menggunakan off-page SEO dengan menjangkau konten perusahaan lain dan mengarahkan mereka ke konten yang relevan di situs web mereka sendiri.

Namun, inilah yang dapat membuat off-page SEO menjadi sulit. Situs web lain harus memiliki alasan yang kuat untuk menghubungkan tautan ke situs webmu.

Selain strategi tautan atau backlink, mendapatkan ulasan online tentang bisnis, barang, atau layananmu adalah strategi off-page SEO lainnya.

Ada juga brand mention, bagian lain dari SEO off-page, yang berfungsi ketika pengguna memasukkan nama brandmu langsung ke dalam kueri pencarian di mesin pencari.

SEO Teknis

SEO Teknis
SEO Teknis

SEO teknis berkaitan dengan cara situs webmu dibangun layaknya arsitektur. Strategi ini berasal dari keinginan mesin pencari yang sering kali menyarankan situs web yang cepat dimuat dan andal sehingga pengguna bisa mendapatkan tanggapan dengan cepat dan akurat.

Basis teknis untuk SEO meliputi beberapa upaya ini:

  1. Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan situs webmu adalah dengan mengukur seberapa cepat halaman dimuat melalui alat seperti PageSpeed Insight. Di mana sebaiknya halamanmu dimuat dalam waktu 3 detik atau kurang.
  2. Google tidak ingin memberi tahu pembaca tentang situs web yang memiliki banyak kesalahan. Karena itu, sebaiknya perbaiki masalah teknis yang muncul.
  3. Sebagian besar pembaca sering kali mengakses konten melalui perangkat seluler atau tablet. Sehingga memiliki situs web yang dapat diakses melalui perangkat seluler kini menjadi sebuah keharusan.
  4. Jangan lupa untuk mengembangkan dan mengawasi sitemap situs webmu. Karena inilah yang akan diindeks dan di-crawling oleh bot mesin pencari.
  5. Hindari duplikasi konten atau konten yang berulang.

Strategi dalam Marketing SEO

Strategi dalam Marketing SEO
Strategi dalam Marketing SEO

Mengetahui bahwa pengoptimalan mesin telusur sangat penting sebagai upaya pemasaran daringmu memang penting, tetapi membuat rencana yang efektif adalah hal yang tak kalah penting.

Untuk mengoptimalkan marketing SEO bisnismu di mesin telusur, berikut adalah beberapa teknik strategis mendasar yang dapat kamu gunakan.

Lakukan Riset Keyword

Setiap halaman web yang muncul di peringkat mesin pencari dihubungkan dengan satu atau lebih keyword, yang juga disebut sebagai kueri penelusuran (search query).

Langkah pertama dari setiap upaya pengoptimalan mesin telusur adalah menentukan keyword apa yang digunakan pengunjung untuk mengunjungi situs webmu.

Jika kamu seorang penjual, maka produkmu mungkin inovatif, tetapi pelanggan mungkin tidak menemukannya di internet jika kamu tidak menargetkan keyword pencarian yang tepat.

Untuk melakukan riset keyword, gunakan alat SEO, seperti Google Keyword Planner, Ahrefs, Semrush, atau Moz. Alat-alat ini akan menunjukkan keyword yang menghasilkan trafik ke situs webmu.

Kamu dapat menggunakan data ini untuk menentukan keyword mana yang paling penting bagi situs webmu dan keyword baru yang harus kamu cari.

Lakukan Analisis Kompetitif

Setelah kamu menentukan keyword yang ingin kamu targetkan, langkah selanjutnya adalah melihat pesaingmu untuk istilah tersebut. Di mana istilah tersebut sudah memiliki peringkat tinggi di mesin pencari.

Dengan memahami taktik SEO pesaingmu, kamu dapat membuat strategi yang akan membantu kamu meningkatkan peringkat pencarian dan menyalip mereka.

Dengan konten berkualitas tinggi, relevan, dan komprehensif, bahkan bisnis kecil pun dapat memanfaatkan strategi SEO ini untuk mengungguli pesaing yang lebih besar dan menjangkau pelanggan terlebih dahulu.

Untuk memulai analisis kompetitif, titik awal yang baik adalah menemukan halaman pesaingmu yang paling berkinerja baik dan mengetahui dari mana trafik organik mereka berasal.

Misalnya, jika pesaingmu mengarahkan trafik yang signifikan melalui postingan blog yang informatif, maka gunakan postingan tersebut sebagai inspirasi saat membuat kontenmu sendiri.

Untuk melakukan analisis seperti ini, kamu dapat menggunakan berbagai alat riset keyword yang sama seperti yang disebutkan sebelumnya.

Link Building
Link Building

Menarik tautan ke situs webmu dari situs web yang lebih tepercaya dipercaya akan memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa kontenmu sepadan dengan jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung ke situs webmu. Tapi, untuk melakukan ini, memang membutuhkan waktu.

Untuk memulai rencana penautanmu, pastikan kamu telah membangun profil di direktori bisnis lokal dan platform media sosial.

Selanjutnya, jika semua cara tidak berhasil, kamu juga dapat ikut serta di dalam meluncurkan kampanye PR dan mempromosikan bisnis atau produkmu ke media online atau situs web yang relevan bagi audiensmu.

Baca juga: Kapan Harus Menggunakan Branded vs. Non-Branded Keywords? Ini Penjelasan dan 4 Tipsnya

Terapkan Optimasi Gambar

Meskipun Google dan mesin pencari lainnya lebih fokus pada konten tertulis di situs webmu, tapi mereka juga melihat gambar dan media.

Dengan mengoptimalkan gambar di situs webmu, kamu dapat meningkatkan on-page SEO sekaligus meningkatkan aksesibilitas pengunjung.

Mulailah dengan menambahkan keyword deskriptif ke dalam nama berkas gambar dan menulis alt text untuk setiap gambar di situs webmu. Cara ini akan membantu mesin pencari menilai relevansi dan relevansi kontenmu.

Selain itu, pastikan gambarmu memiliki ukuran dan format file yang ideal. Gambar yang terlalu besar akan membutuhkan waktu muat yang lebih lama, yang berdampak pada pengalaman pengunjung situs webmu. Gambar yang terlalu besar juga dapat menyebabkan penalti dari Google dan mesin pencari lainnya.

Setiap taktik marketing SEO memiliki peran yang signifikan dalam memastikan situs webmu dioptimalkan dengan baik dan mampu bersaing di mesin pencari. Untuk mencapai hasil yang maksimal, penting untuk mengintegrasikan semua strategi ini secara holistik.

Jika kamu merasa memerlukan bantuan profesional untuk mengoptimalkan situs webmu, Optimaise siap membantu. Sebagai penyedia jasa SEO yang berpengalaman, Optimaise dapat membantu kamu untuk mencapai tujuan SEO bisnismu. Hubungi Optimaise sekarang untuk konsultasi gratis dan mulailah perjalananmu menuju sukses online!

Baca Juga

Optimaise