Jika kamu memantau traffic situs webmu dari Google, kamu mungkin tahu bahwa satu halaman bisa mendapatkan peringkat untuk banyak keyword yang relevan.
Namun, berapa banyak keyword yang seharusnya ada agar halaman mendapatkan peringkat rata-rata?Untuk menjawab pertanyaan ini dan beberapa pertanyaan lainnya, Ahrefs melakukan analisis terhadap 3 juta permintaan pencarian acak.
Ahrefs melihat halaman-halaman dengan peringkat teratas dan mencari tahu berapa banyak keyword lain yang juga mendapatkan peringkat. Mari kita lihat hasilnya!
Table of Contents
Berapa Banyak Keyword “Also Rank for” pada 20 Halaman Teratas?
Rata-rata, halaman yang menduduki peringkat teratas juga akan masuk dalam peringkat 10 teratas untuk sekitar 1.000 keyword yang relevan lainnya. Namun, nilai mediannya lebih rendah, sekitar 400 keyword.
Halaman-halaman dengan peringkat lebih rendah biasanya hanya mendapat peringkat untuk jumlah keyword yang lebih sedikit. Ahrefs juga memeriksa tiga kelompok keyword ini:
- Semua keyword di dalam sampel Ahrefs.
- Keyword dengan search volume lebih dari 1.000 per bulan.
- Keyword dengan search volume lebih dari 10.000 per bulan.
Ahrefs ingin mengetahui apakah peringkat untuk kata kunci yang lebih populer akan menyebabkan peringkat untuk lebih banyak kata kunci yang relevan dalam strategi SEO. Hasilnya menunjukkan bahwa ini memang terjadi.
Outlier
Melihat data outlier selalu menarik, bukan? Outlier adalah alasan utama mengapa Ahrefs memeriksa rata-rata dan median secara terpisah.
Banyak halaman mendapatkan peringkat untuk sejumlah besar keyword yang mengangkat angka rata-rata.
Meskipun Ahrefs telah menghilangkan outlier terbesar dalam eksperimen sebelumnya, tapi kesenjangan antara nilai rata-rata dan median masih cukup besar.
Jadi, mari kita lihat halaman mana yang sebenarnya mendapat peringkat di Google untuk sejumlah besar kata kunci.
10 halaman teratas berdasarkan jumlah keyword yang “juga mendapat peringkat di 100 teratas” di seluruh negara adalah:
- (192184) nsfw
- (139245) http://www.vidtomp3.com/
- (131597) http://www.listentoyoutube.com/
- (118070) http://www.youtube-mp3.org/
- (113957) http://convert2mp3.net/en/
- (113927) http://www.clipconverter.cc/
- (108972) https://www.google.com/
- (104940) http://www.pcmag.com/article2/0,2817,2476563,00.asp
- (100558) http://keepvid.com/
- (91594) https://www.pizzahut.com/
Berikut adalah 10 halaman teratas berdasarkan jumlah keyword yang “juga mendapat peringkat #1” di seluruh negara:
- (49,804) https://www.google.com/
- (34,930) https://www.google.com/gmail/
- (30,420) https://www.facebook.com/
- (27,851) https://www.youtube.com/
- (25,639) http://www.youtube-mp3.org/es
- (24,769) nsfw
- (22,078) nsfw
- (21,588) https://translate.google.com/?hl=es
- (21,584) http://www.youtube-mp3.org/
- (20,613) https://translate.google.com/
Kamu bisa memasukkan salah satu dari URL di atas ke dalam alat Site Explorer Ahrefs. Kemudian, buka laporan “Organic keywords” untuk melihat semua kata kunci yang membantu situs web tersebut mendapatkan peringkat.
Baca juga: 5 Taktik untuk Dorong Brand Awareness Melalui Strategi SEO
Berdasarkan URL outlier tersebut, terlihat bahwa masalah utama yang banyak dihadapi orang saat ini adalah mengunduh konten dari YouTube.
Berapa Banyak Keyword dengan Volume Tinggi dalam “Also Rank for”?
Tidaklah mengejutkan bahwa satu halaman dapat merangking ribuan long-tail keyword. Namun, pertanyaannya adalah berapa banyak keyword bervolume tinggi yang dapat diberi peringkat oleh satu halaman?
Untuk menjawab pertanyaan ini, Ahrefs mengambil semua halaman dari sampelnya yang berada di peringkat #1 untuk keyword dengan search volume lebih dari 10.000 dan melihat berapa banyak kata kunci lain dengan search volume yang sama yang juga diperingkat oleh halaman tersebut di posisi #1.
Ahrefs melakukan eksperimen serupa untuk halaman yang berperingkat #1 untuk keyword dengan search volume lebih dari 1.000. Berikut hasilnya.
Tidak mengherankan, sebagian besar URL memiliki peringkat #1 untuk satu kata kunci bervolume tinggi. Namun, angka mentah pada grafik di atas mungkin sedikit membingungkan karena sulit untuk membandingkannya dengan skala yang sama.
Karena itu, Ahrefs telah menghitung persentase halaman dalam sampelnya yang berada di peringkat teratas untuk satu keyword, dua keyword, tiga keyword, dan seterusnya.
Berikut adalah diagram lingkaran yang menunjukkan distribusi ini secara visual.
Ini mengindikasikan bahwa mendapatkan peringkat untuk 2-3 keyword dengan search volume lebih dari 1.000 per bulan adalah hal yang umum terjadi.
Artinya, halaman-halaman web sering kali dapat memenangkan peringkat untuk beberapa kata kunci dengan search volume yang cukup tinggi.
Di sisi lain, peringkat untuk lebih dari satu kata kunci dengan search volume lebih dari 10.000 per bulan dengan satu halaman sangat jarang terjadi.
Ini menunjukkan bahwa meskipun halaman-halaman mungkin dapat meranking untuk beberapa kata kunci bervolume tinggi, tapi meranking untuk beberapa kata kunci dengan search volume sangat tinggi jauh lebih sulit.
Bagaimana Cara Menentukan Ranking untuk Lebih Banyak Keyword di Halaman?
Seperti yang telah kamu lihat dari outlier yang dijelaskan sebelumnya, salah satu cara terbaik untuk meranking untuk lebih banyak keyword adalah dengan memilih topik yang tepat.
Beberapa topik cenderung memiliki permintaan pencarian yang tinggi dan banyak kata kunci yang relevan, sementara topik lain mungkin tidak cukup populer untuk memberikan variasi pencarian yang besar.
Teliti Potensi Traffic
Saat merencanakan konten, jangan hanya fokus pada search volume kata kunci utama yang kamu targetkan. Sebaliknya, perhatikan halaman-halaman yang berperingkat teratas untuk kata kunci tersebut.
Lihat berapa banyak kata kunci lain yang juga diperingkat oleh halaman-halaman tersebut dan berapa banyak traffic pencarian yang dihasilkannya.
Sebagai contoh, keyword “I’m sorry flowers” mungkin memiliki search volume bulanan yang rendah, hanya 250 pencarian per bulan, yang terlihat tidak menarik untuk ditargetkan.
Namun, dengan melihat halaman-halaman yang berperingkat teratas untuk keyword tersebut menggunakan Keywords Explorer Ahrefs, kamu akan melihat bahwa halaman-halaman tersebut juga memberi peringkat untuk lebih dari 50 kata kunci relevan lainnya, masing-masing menghasilkan sekitar seratus pengunjung yang sangat tertarget per bulan.
Melalui pendekatan ini, kamu akan melihat potensi traffic yang tinggi meskipun kata kunci utama memiliki search volume rendah.
Selain menemukan topik dengan potensi traffic tinggi, ada beberapa langkah lain yang dapat kamu ambil untuk memaksimalkan jumlah kata kunci yang akan memberi peringkat pada halamanmu.
Bagaimana dengan Konten yang Panjang?
Untuk menjawab pertanyaan ini, Ahrefs membagi semua halaman di dalam sampelnya ke dalam 5 kelompok berdasarkan panjang kontennya.
Kami kemudian melihat jumlah rata-rata keyword yang juga diperingkat dalam 10 besar untuk setiap kelompok.
Hasilnya menunjukkan bahwa konten dengan konten yang lebih panjang cenderung mendapat peringkat untuk lebih banyak keyword yang sebenarnya tidak mengejutkan.
Namun, ketika Ahrefs melihat lebih rinci dan memeriksa jumlah keyword yang diperingkatkan pada peringkat #1 untuk setiap kelompok, mereka menemukan bahwa konten dengan konten yang lebih panjang memiliki performa yang lebih baik.
Apakah Backlink Membantu?
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi yang kuat antara faktor backlink suatu halaman dan peringkatnya di Google.
Namun, belum ada penelitian yang secara khusus mengungkap bagaimana faktor backlink berkaitan dengan jumlah keyword yang diperingkatkan oleh suatu halaman.
Karena itu, Ahrefs membuat 5 kelompok berdasarkan URL Rating yang mencerminkan kekuatan backlink profile dari URL tertentu dan melihat jumlah rata-rata keyword yang juga diperingkat dalam 10 besar untuk setiap kelompok.
Hasilnya menunjukkan korelasi yang signifikan antara URL Rating suatu halaman dan jumlah keyword yang diperingkat dalam 10 besar.
Ahrefs juga memeriksa peringkat keyword di posisi #1 dan menemukan bahwa halaman dengan backlink profile yang lebih kuat cenderung memiliki performa yang lebih baik.
Namun, perlu diingat bahwa korelasi tidak berarti sebab akibat. Dengan kata lain, penelitian ini tidak menunjukkan bahwa backlink secara langsung membantu menentukan peringkat untuk lebih banyak kata kunci.
Yang bisa Ahrefs katakan adalah bahwa halaman dengan lebih banyak backlink cenderung memiliki peringkat untuk jumlah kata kunci yang lebih besar.
Baca juga: 4 Langkah Mudah Menciptakan Topic Clusters yang SEO dan User Friendly
Seberapa Unik Keyword “Also Rank for”?
Dalam eksperimen terbaru ini, Ahrefs ingin mempelajari berapa banyak search query unik yang dimiliki oleh satu halaman dengan:
- 1 kata umum,
- 2 kata umum,
- 3 kata umum,
- 4 kata umum, dan seterusnya.
Tujuan Ahrefs adalah untuk melihat berapa banyak kata kunci yang peringkat halamannya unik, sehingga tidak ada satu kata kunci yang sama dengan anggota grup lainnya.
Eksperimen spesifik ini agak sulit untuk dipelajari dan divisualisasikan, tetapi setelah bereksperimen dengan data selama beberapa waktu, Ahrefs mendapatkan hasil ini.
Seperti yang dapat kamu lihat dari grafik di atas, jumlah kata kunci “unik” yang tidak memiliki satu kata pun yang sama dengan kata kunci lainnya sangat rendah.
Ini semakin mendukung fakta bahwa peringkat untuk sejumlah besar kata kunci adalah tentang memilih topik populer yang akan dicari orang dengan kata yang sama tetapi search query yang berbeda dibandingkan dengan menargetkan beberapa topik berbeda dalam satu halaman.
Berdasarkan studi tentang jumlah keyword yang muncul dalam satu halaman, dapat disimpulkan bahwa pemeringkatan yang tinggi untuk berbagai keyword dapat meningkatkan visibilitas kontenmu secara signifikan.
Dalam mengoptimalkan halamanmu, penting untuk memilih topik yang populer dan relevan untuk menarik beragam pencarian keyword. Sebagai penyedia jasa SEO, Optimaise siap membantumu dalam mengoptimalkan halamanmu agar dapat memperoleh visibilitas yang lebih baik dalam mesin pencari.
Optimaise dapat menjadi mitra yang tepat untuk membantu meningkatkan visibilitas dan trafik organik situs webmu.