Digital MarketingSEO

10 Strategi Agar Bisa Sukses Meningkatkan Penjualan dengan SEO

Tiara Motik

10 Strategi Agar Bisa Sukses Meningkatkan Penjualan dengan SEO

Keberhasilan setiap bisnis sangat bergantung pada penjualan, dan di era digital saat ini, untuk meningkatkan penjualan memerlukan kehadiran online yang kuat. Untuk memastikan bisnismu mendapatkan bagian dari penjualan ini, memiliki strategi SEO yang efektif sangatlah penting.

Dengan mempelajari dan menerapkan berbagai teknik SEO, kamu bisa meningkatkan visibilitas online bisnismu, mengubah lebih banyak calon pelanggan menjadi pelanggan setia, dan pada akhirnya akan meningkatkan penjualanmu.

Namun, karena SEO selalu berkembang dan praktik terbaiknya terus berubah, mungkin sulit untuk memastikan apakah kamu sudah melakukan semua yang bisa dilakukan untuk sukses meningkatkan penjualan dengan SEO.

Jangan khawatir jika kamu merasa bingung, karena sebenarnya ada banyak teknik yang sudah terbukti efektif. Hari ini, kamu akan belajar beberapa strategi dan tips hebat tentang cara terbaik menggunakan SEO agar bisa sukses meningkatkan penjualan.

Cara Kerja SEO dalam Meningkatkan Penjualan

Cara Kerja SEO dalam Meningkatkan Penjualan
Cara Kerja SEO dalam Meningkatkan Penjualan

Saat berencana akan terjun ke dalam dunia bisnis, kamu mungkin sempat terpikir tentang bagaimana cara memastikan agar bisnismu dapat ditemukan di tengah lautan informasi yang ada di internet?

Jawabannya adalah SEO (Search Engine Optimization). SEO bukan hanya tentang muncul di halaman pertama hasil pencarian, tapi juga tentang menarik pelanggan potensial yang tepat dan mengubah mereka menjadi pelanggan setia.

Berikut adalah beberapa cara SEO bekerja untuk meningkatkan penjualanmu:

  1. Dengan menggunakan keyword yang tepat dan mengikuti praktik-praktik SEO, situs webmu dapat muncul lebih tinggi di hasil pencarian. Ini meningkatkan kemungkinan calon pelanggan menemukan bisnismu saat mencari produk atau layanan yang kamu tawarkan.
  2. SEO membantu menarik pengunjung yang relevan dan berkualitas tinggi ke situs webmu, yakni mereka yang memang mencari produk atau layanan seperti yang kamu tawarkan. Ini berarti akan lebih banyak pengunjung yang datang dengan niat untuk membeli.
  3. SEO tidak hanya tentang keyword dan backlink. Ini juga mencakup optimasi kecepatan halaman, desain responsif, dan struktur situs web yang baik. Semua ini berkontribusi pada pengalaman pengguna yang lebih baik, sehingga membuat pengunjung lebih mungkin tinggal lebih lama dan melakukan pembelian.
  4. Dengan menggunakan deskripsi produk yang unik, gambar berkualitas tinggi, dan ulasan pelanggan, halaman produkmu dapat dioptimalkan untuk menarik dan meyakinkan calon pembeli.
  5. SEO melibatkan analisis berkelanjutan terhadap kinerja situs web dan penyesuaian strategi. Dengan memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak, kamu dapat terus memperbaiki dan mengoptimalkan strategi SEO agar sukses meningkatkan penjualan.

Baca juga: 4 Tips Memadukan SEO dan Konten Marketing untuk Hasil Maksimal

Dengan memanfaatkan strategi-strategi ini, SEO dapat membantu mengarahkan lebih banyak trafik berkualitas ke situs webmu, meningkatkan konversi, dan pada akhirnya akan meningkatkan penjualan bisnismu.

Taktik untuk Sukses Meningkatkan Penjualan dengan SEO

Taktik untuk Sukses Meningkatkan Penjualan dengan SEO
Taktik untuk Sukses Meningkatkan Penjualan dengan SEO

Mendapatkan keuntungan besar adalah impian semua orang yang menjalankan atau mendukung pertumbuhan sebuah bisnis. Tidak peduli seberapa sukses perusahaanmu atau apa peranmu di dalamnya, tapi keuntungan haruslah selalu bisa ditingkatkan.

Untuk itu, penting untuk memperhatikan strategi SEO yang kamu terapkan. Apalagi SEO memainkan peran penting di dalam meningkatkan penjualan dengan meningkatkan visibilitas situs web, menarik lebih banyak trafik organik, dan meningkatkan keterlibatan pengguna yang pada akhirnya meningkatkan konversi dan penjualan.

Berikut ini kami akan menunjukkan bagaimana kamu bisa sukses meningkatkan penjualan dengan SEO.

Susun Strategi Keyword dengan Cermat

Susun Strategi Keyword dengan Cermat
Susun Strategi Keyword dengan Cermat

Keyword sangat penting untuk menentukan seberapa sering situs webmu muncul di hasil pencarian saat calon pelanggan mencari produk yang kamu tawarkan. Menggunakan keyword yang tepat adalah salah satu kunci utama untuk sukses meningkatkan penjualan dengan SEO.

Kamu bisa menggunakan alat seperti Google Keyword Planner untuk menemukan keyword paling populer yang relevan dengan bisnismu. Setelah mengetahui tingkat persaingan dan popularitas setiap keyword, selanjutnya kamu bisa memilih keyword yang tepat dan relevan untuk situs webmu.

Bagi produk dan layanan yang sangat kompetitif, sebaiknya gunakan broad match keywords (kata kunci pencocokan luas).

Selain itu, jika kamu perlu menargetkan bahasa lokal atau asing, untuk sukses meningkatkan penjualan dengan SEO dalam hal ini pastikan untuk menerjemahkan setiap keyword dengan benar. Gunakan penerjemah asli dan hindari terlalu bergantung pada Google Translate.

Tulis Konten yang Kredibel dan Menarik untuk Pembaca

Tulis Konten yang Kredibel dan Menarik untuk Pembaca
Tulis Konten yang Kredibel dan Menarik untuk Pembaca

Kamu berkomunikasi dengan calon pelanggan melalui konten di situs webmu. Ketika kamu berkomunikasi dengan calon pelangganmu melalui konten di situs webmu, penting untuk memastikan bahwa konten tersebut berkualitas.

Untuk berkomunikasi dengan baik, pastikan kontenmu orisinal, efektif, dan kuat. Namun, saat berusaha menarik perhatian pelanggan, kamu harus berhati-hati agar tidak berlebihan.

Hindari membuat klaim atau janji yang tidak realistis tentang produk atau layananmu. Karena hal ini bisa menyesatkan pelanggan dan membuat mereka kecewa jika harapan mereka tidak terpenuhi.

Pada dasarnya tujuanmu membuat konten adalah untuk membangun kepercayaan pelanggan dalam jangka panjang. Dengan memberikan informasi yang jujur dan bermanfaat, pelanggan akan lebih percaya pada bisnismu dan lebih mungkin untuk kembali atau merekomendasikan produk atau layananmu kepada orang lain.

Mengintegrasikan Media Sosial dengan Situs Web

Mengintegrasikan Media Sosial dengan Situs Web
Mengintegrasikan Media Sosial dengan Situs Web

Menghubungkan situs webmu dengan media sosial, seperti Facebook, Instagram, X, dan LinkedIn sangatlah penting. Ini memungkinkan pengunjung situs webmu untuk ‘Menyukai’ atau mengikuti akun bisnismu mu di media sosial.

Sehingga pada gilirannya akan membantu menyebarkan informasi tentang bisnismu. Aktif di media sosial juga akan membantu kamu untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan.

Setiap kali seseorang membagikan kontenmu di media sosial, itu diumpamakan sebagai bentuk iklan gratis untuk bisnismu.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan visibilitas dan menarik lebih banyak pelanggan melalui media sosial sehingga bisa sukses meningkatkan penjualan dengan SEO.

Buat Deskripsi Produk yang Unik dan Menarik

Buat Deskripsi Produk yang Unik dan Menarik
Buat Deskripsi Produk yang Unik dan Menarik

Mesin pencari seperti Google lebih menyukai halaman web yang memiliki konten unik dan relevan. Namun, banyak situs e-commerce dan marketplace yang malas membuat deskripsi produk mereka sendiri dan hanya menyalin deskripsi yang diberikan oleh produsen.

Masalahnya, produsen biasanya memberikan deskripsi yang sama ke banyak situs web lainnya. Akibatnya, konten di situs webmu menjadi tidak unik dan umum. Ini bisa menyebabkan mesin pencari menandai halamanmu sebagai bentuk plagiarisme.

Untuk menghindari masalah ini dan membuat halamanmu lebih menarik bagi mesin pencari, lakukan beberapa hal ini:

  1. Buatlah deskripsi produk yang unik sendiri. Isinya sebaiknya memberikan informasi yang lebih lengkap dan menarik bagi pengguna serta mencakup semua atribut penting produk yang diinginkan pelanggan.
  2. Dorong pelanggan untuk memposting ulasan produk setelah mereka membeli darimu. Kehadiran ulasan-ulasan ini juga akan menambah konten unik di halaman produkmu.

Optimalkan Halaman Produk Sesuai Kriteria Pencarian Pengguna

Optimalkan Halaman Produk Sesuai Kriteria Pencarian Pengguna
Optimalkan Halaman Produk Sesuai Kriteria Pencarian Pengguna

Ketika kamu mencoba untuk mengoptimalkan halaman tertentu di situs webmu, penting untuk memahami bagaimana pengguna mencari halaman tersebut.

Teliti dan cari tahu keyword yang sering digunakan orang saat mereka mencari informasi yang relevan dengan halamanmu. Pastikan untuk menggunakan keyword ini di judul, deskripsi, dan konten halamanmu.

Misalnya, jika kamu memiliki toko online yang menjual sepatu olahraga, kamu perlu memahami bagaimana orang mencari sepatu olahraga secara online. Istilah pencarian yang mungkin mereka gunakan bisa berbeda-beda, seperti “sepatu lari”, “sepatu golf”, atau “sepatu futsal”.

Atau, misalkan kamu memiliki bisnis rental mobil. Kamu perlu memahami bagaimana orang mencari layanan rental mobil di wilayahmu. Keyword, seperti “rental mobil di [nama kota]”, “sewa mobil [nama kota]”, atau “harga rental mobil [nama kota]” sering kali menjadi keyword yang paling sering digunakan oleh calon pelangganmu.

Dengan menggunakan keyword yang sering digunakan oleh calon pelangganmu, kamu dapat meningkatkan relevansi halamanmu dan menarik lebih banyak pengunjung.

Gunakan URL yang Jelas dan Relevan

Gunakan URL yang Jelas dan Relevan
Gunakan URL yang Jelas dan Relevan

Penggunaan URL yang jelas dan relevan sangatlah penting. Ini karena URL adalah salah satu elemen pertama yang dilihat oleh pengunjung dan mesin pencari ketika mereka mengakses halaman webmu.

URL yang jelas dan deskriptif akan memberi tahu pengunjung tentang konten halaman tersebut sebelum mereka meng-kliknya. Ini membantu pengunjung memahami isi halaman dan menentukan apakah halaman tersebut sesuai dengan kebutuhan atau minat mereka.

Bisa kamu lihat dari contoh URL ini, “https://www.contohwebsite.com/p=123”. Ia tidak memberikan informasi tentang konten yang ada di halamanmu. Sehingga pengunjung tidak tahu apa yang akan mereka temukan ketika mereka meng-klik URL ini.

Sebaiknya, tulis URL halaman situs webmu seperti ini “https://www.contohwebsite.com/sepatu-olahraga-nike-air-max-2022”. URL ini memberikan informasi yang jelas tentang konten di halamanmu. Pengunjung dapat dengan mudah melihat bahwa halaman ini berisi tentang sepatu olahraga Nike Air Max tahun 2022.

Optimalkan Gambar Produk di Situs Web

Optimalkan Gambar Produk di Situs Web
Optimalkan Gambar Produk di Situs Web

Sangat penting untuk memiliki gambar produk yang berkualitas tinggi di toko e-commerce atau marketplacemu. Ini karena gambar produk akan membentuk pengalaman berbelanja pelangganmu.

Pelanggan ingin melihat dengan jelas atribut penting dari produkmu sebelum mereka membelinya. Karena itu, pastikan gambar produk memiliki resolusi yang tinggi sehingga pengguna dapat melihat detail produkmu dengan jelas.

Pengguna juga harus bisa memperbesar gambar untuk melihat detail-detail kecil dan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang produk tersebut. Selain itu, gunakan alt text secara strategis pada gambar.

Alt text adalah teks deskriptif yang akan muncul jika gambarmu tidak dapat dimuat atau saat pengguna mengarahkan kursor ke gambar.

Melalui alt text yang relevan dan mengandung keyword, kamu dapat membantu mesin pencari memahami konten gambarmu dan meningkatkan kemungkinan gambarmu muncul di dalam hasil pencarian.

Manfaatkan Ulasan Pelanggan dan Tampilkan Produk Terkait

Manfaatkan Ulasan Pelanggan dan Tampilkan Produk Terkait
Manfaatkan Ulasan Pelanggan dan Tampilkan Produk Terkait

Ketika pelangganmu tidak dapat menemukan apa yang mereka cari atau merasa sulit untuk membuat keputusan, mereka akan cenderung meninggalkan situs web e-commerce atau marketplacemu.

Memiliki ulasan produk di situs webmu dapat membantu pelanggan merasa lebih nyaman dan yakin dalam mengambil keputusan pembelian. Jangan lupa untuk menampilkan produk terkait yang mungkin diminati oleh pelanggan juga dapat meningkatkan pengalaman berbelanja mereka.

Cara ini dapat membantu membuat pengalaman berbelanja mereka jadi lebih menarik dan membuat pelanggan lebih cenderung untuk tetap menggunakan situs e-commerce atau marketplacemu untuk berbelanja di masa mendatang.

Baca juga: 5 Strategi SEO untuk Meningkatkan Konversi yang Wajib Diperhatikan

Tingkatkan Kecepatan Memuat Situs Web

Tingkatkan Kecepatan Memuat Situs Web
Tingkatkan Kecepatan Memuat Situs Web

Jika situs webmu memerlukan waktu yang lebih lama untuk dimuat, pelanggan cenderung akan kehilangan minat dan meninggalkannya. Ini karena pelanggan saat ini memiliki banyak alternatif lain yang lebih cepat.

Semakin lama waktu pemuatan, maka semakin tinggi kemungkinan pelanggan akan meninggalkan situs webmu.

Sebagian besar pelanggan biasanya mengharapkan waktu pemuatan situs web tidak lebih dari 3 detik sebelum mereka bisa melihat konten di halamanmu. Jadi, penting untuk memastikan situs webmu dapat dimuat dengan cepat agar kamu tidak kehilangan pelanggan dan bisa sukses meningkatkan penjualan dengan SEO.

Terapkan Strategi Link Building
Terapkan Strategi Link Building

Link building adalah upaya untuk mendapatkan tautan masuk (backlink) dari situs web lain ke situs webmu. Backlink merupakan faktor penting di dalam algoritma peringkat mesin pencari karena dianggap sebagai “suara” atau rekomendasi dari situs web lain.

Tautan masuk dan keluar pada situs webmu tidak hanya tentang jumlahnya, tetapi juga tentang kualitasnya. Situs web yang kamu tautkan dan menerima tautannya harus memiliki reputasi yang baik dan trafik web yang tinggi.

Jika situs webmu terhubung dengan situs web berkualitas rendah atau situs yang dianggap buruk oleh Google, cepat atau lambat kamu mungkin akan dikenai sanksi karena tautan tersebut.

Strategi link building yang efektif dapat membantu meningkatkan otoritas situs webmu. Namun, penting untuk melakukan link building dengan etika dan menghindari praktik spam yang dapat merugikan reputasi situs webmu.

Agar bisa sukses meningkatkan penjualan dengan SEO, pertimbangkan untuk menggunakan jasa SEO profesional seperti Optimaise.

Dengan pengalaman dan keahlian di dalam industri SEO, Optimaise dapat membantu mengoptimalkan situs webmu agar sesuai dengan algoritma mesin pencari terkini dan meningkatkan visibilitas serta penjualanmu secara signifikan. Jangan ragu untuk mempertimbangkan layanan dari Optimaise dalam mengoptimalkan strategi SEO bisnismu.

Baca Juga

Optimaise