Digital MarketingSEO

9 Strategi SEO untuk Penjualan Online yang Efektif dan Berkelanjutan

Mohamad Katavi

9 Strategi SEO untuk Penjualan Online yang Efektif dan Berkelanjutan

SEO bukan hanya sekadar keyword, ini adalah bagian penting dari strategi digital marketingmu. Bagi bisnis online, SEO dapat berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan calon pelanggan dengan produkmu.

Dengan meningkatkan visibilitas situs webmu, SEO membuat pelanggan lebih mudah untuk menemukanmu. Apalagi mengingat kini cukup banyak pengalaman berbelanja online yang dimulai dengan pencarian di mesin pencari, maka mengabaikan SEO bisa berarti kehilangan peluang bisnis yang besar.

Di dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa strategi SEO untuk penjualan online yang efektif dan berkelanjutan.

Strategi SEO untuk Penjualan Online

Strategi SEO untuk Penjualan Online
Strategi SEO untuk Penjualan Online

Keberhasilan di dalam penjualan online tidak hanya ditentukan oleh kualitas produk dan layanan, tetapi juga ditentukan oleh kemampuan sebuah merek untuk menonjol di antara banyaknya pedagang online.

Kehadiran SEO dapat membantu penjual online untuk bisa mendapatkan visibilitas di hasil pencarian (SERP), menarik lebih banyak pengunjung, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan.

Di dalam uraian berikut ini, kami akan membagikan beberapa strategi SEO untuk penjualan online yang dapat membantu kamu meningkatkan penjualan online dan mengembangkan bisnismu.

Pahami dan Lakukan Riset Keyword

Pahami dan Lakukan Riset Keyword
Pahami dan Lakukan Riset Keyword

Langkah pertama dalam strategi SEO untuk penjualan online adalah menemukan istilah pencarian yang paling berharga yang digunakan oleh calon pelangganmu.

Ini bisa dilakukan melalui riset keyword khusus e-commerce yang memiliki beberapa perbedaan dari riset keyword biasa. Di mana riset tidak hanya fokus pada keyword informatif, tetapi juga harus mencakup keyword komersial.

Kamu harus mengidentifikasi kombinasi keyword yang berhubungan dengan informasi dan yang berhubungan dengan pembelian. Namun, tidak semua keyword bisa ditargetkan oleh situs e-commercemu.

Berdasarkan produk dan pelangganmu, pilihlah keyword yang ingin kamu ranking dengan mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

  1. Search volume: semakin tinggi volume pencarian sebuah keyword, maka semakin besar potensi trafiknya ke situs webmu. Kamu bisa menggunakan alat, seperti Ahrefs atau Google Keyword Planner untuk mengetahui search volume.
  2. Kompetisi: semakin rendah kompetisinya, maka semakin besar peluangmu untuk meraih peringkat yang baik. Hampir semua alat SEO dapat menunjukkan tingkat keyword difficulty (KD) atau persaingan keyword.
  3. Relevansi: pastikan halaman produk atau kategorimu sesuai dengan istilah pencarian yang relevan. Relevansi sangat penting untuk peringkat yang baik. Pilihlah keyword yang benar-benar sesuai dengan produkmu.
  4. Search intent: targetkan keyword yang menunjukkan niat untuk membeli atau mempelajari produkmu. Misalnya, jika kamu memiliki toko gaun pengantin, maka gunakanlah keyword, seperti “dress pengantin” lebih relevan dibandingkan “dress pesta” karena niat pencariannya lebih terkait dengan produkmu.

Baca juga: 7 Taktik Meningkatkan Penjualan dengan SEO Secara Signifikan

Optimalkan On-Page SEO

Optimalkan On-Page SEO
Optimalkan On-Page SEO

On-page SEO atau on-site SEO adalah proses mengoptimalkan halaman web dan kontennya agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan menarik bagi pengguna.

Ini membantu halamanmu mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google dan mengarahkan lebih banyak pengunjung organik. Tugas umum di dalam on-page SEO biasanya meliputi mengoptimalkan search intent, title tag, internal link, dan URL.

Mesin pencari menggunakan keyword dan elemen SEO lainnya untuk menentukan apakah halaman tersebut relevan dengan pencarian pengguna. Jika halamanmu relevan dan bermanfaat, Google akan menampilkannya kepada pengguna.

Baca juga: 4 Langkah Menggunakan Haro Lengkap dengan Platform Alternatifnya

SEO on-page dapat membantu situs jualan onlinemu untuk mendapatkan visibilitas yang lebih baik, menarik lebih banyak pengunjung, dan mengonversi lebih banyak prospek.

Jika situs webmu tidak muncul ketika orang mencari produk yang kamu jual, maka kamu akan kehilangan calon pelanggan dan potensi keuntungan. Berikut ini adalah beberapa teknik utama on-page SEO yang perlu kamu pertimbangkan:

  1. Tulis konten blog yang unik dan bermanfaat.
  2. Tempatkan keyword target di berbagai lokasi strategis, seperti judul halaman, header, subheader, teks paragraf, deskripsi produk, nama file gambar, alt text, judul dan meta description, serta URL. Jangan lupa untuk menggunakan variasi keyword.
  3. Buat title tag yang kaya akan keyword.
  4. Tulis meta description yang menarik dan layak diklik.
  5. Gunakan judul dan sub-judul untuk menyusun halamanmu.
  6. Optimalkan URL agar jelas dan mudah dibaca.
  7. Tambahkan internal link untuk menghubungkan halaman-halaman di situs webmu.
  8. Tambahkan external link yang mengarah ke sumber daya berkualitas tinggi.
  9. Kumpulkan dan tampilkan ulasan pelanggan.
  10. Pastikan menu navigasimu mudah digunakan dan membantu pengguna menemukan bagian yang mereka cari dengan cepat.
  11. Sertakan dan optimalkan gambar.
  12. Gunakan ajakan bertindak (CTA) yang jelas dan menarik.

Optimasi Mobile

Optimasi Mobile
Optimasi Mobile

Di era digital saat ini, semakin banyak konsumen berbelanja melalui perangkat seluler. Google kini mengutamakan konten versi mobile untuk indexing dan ranking, jadi memiliki situs web e-commerce yang mobile-friendly sangatlah penting untuk kesuksesan SEO.

Berikut ini ada beberapa tips agar situs webmu mobile-friendly:

  1. Desain responsif: pastikan desain situs webmu bisa menyesuaikan dengan berbagai ukuran layar.
  2. Optimalkan gambar: gunakan gambar yang dioptimalkan agar cepat dimuat di perangkat seluler.
  3. Sederhanakan menu: buat menu navigasi yang mudah digunakan di layar kecil.
  4. Uji kesesuaian seluler: Secara rutin, uji situs webmu untuk memastikan kompatibilitas dengan perangkat seluler.

Buat Deskripsi Produk yang Menarik

Buat Deskripsi Produk yang Menarik
Buat Deskripsi Produk yang Menarik

Di dalam e-commerce, halaman produk adalah tempat terjadinya penjualan. Deskripsi produk yang baik, unik, dan menarik sangat penting untuk SEO.

Deskripsi ini dapat membantu situs webmu mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk keyword yang relevan dan memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan untuk membuat keputusan pembelian.

Untuk membuat deskripsi produk yang efektif, lakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Jelaskan apa yang membuat produkmu unggul.
  2. Buat deskripsi yang menarik dan memikat.
  3. Tambahkan keyword yang sesuai secara alami tanpa berlebihan.

Terapkan Content Marketing

Terapkan Content Marketing
Terapkan Content Marketing

Blogging adalah salah satu bentuk content marketing yang memanfaatkan strategi SEO on-page dan teknis untuk meningkatkan visibilitas situs webmu di mesin pencari.

Ini membantu mesin pencari melihat situs webmu sebagai sumber yang kredibel untuk keyword yang sesuai dengan minat dan kebutuhan audiensmu. Di mana blogging mendukung strategi konten jangka panjang yang berkelanjutan.

Setiap postingan blog yang kamu publikasikan bisa memberikan beberapa dampak ini:

  1. Membangun reputasimu sebagai sumber yang dapat dipercaya.
  2. Meningkatkan otoritas situs webmu.
  3. Meningkatkan visibilitas di dalam hasil pencarian organik.

Misalkan kamu memiliki perusahaan yang menjual perlengkapan lari. Kamu ingin membantu calon pelangganmu memahami produkmu, menggunakannya dengan efektif, dan menyelesaikan masalah terkait lari dan kebugaran.

Blog yang ditulis dengan baik menyediakan aliran konten asli yang stabil. Semakin banyak orang menemukan kontenmu, maka semakin kamu dianggap sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan, sehingga akan membantu kamu mendapatkan visibilitas yang lebih tinggi.

Untuk memulai blog yang efektif sebagai strategi SEO untuk penjualan online, fokuslah pada tiga elemen ini:

  1. Temukan keyword yang ingin kamu ranking. Kemudian, publikasikan konten yang menargetkan keyword yang sering dicari orang saat mereka memecahkan masalah atau membuat keputusan pembelian.
  2. Pastikan setiap blog menargetkan keyword tertentu.
  3. Tampilkan produkmu sebagai solusi untuk masalah yang dibahas. Tidak semua postingan harus tentang produkmu, tetapi jangan ragu untuk menautkan ke halaman produk tertentu jika itu relevan.

Tingkatkan Kecepatan dan Kinerja Situs Web

Tingkatkan Kecepatan dan Kinerja Situs Web
Tingkatkan Kecepatan dan Kinerja Situs Web

Situs web yang lambat dapat membuat calon pelanggan kesal dan meninggalkan situs web sebelum melakukan pembelian. Ini juga bisa merugikan peringkat situs webmu di mesin pencari.

Alat seperti Google PageSpeed Insights dapat membantu kamu untuk menganalisis dan meningkatkan kinerja situs webmu.

Ada beberapa cara yang berguna untuk meningkatkan kecepatan situs webmu, beberapa di antaranya, seperti dengan mengompres gambar, memanfaatkan cache browser, dan mengurangi waktu respons server. Semua ini akan membantu memastikan situs webmu berjalan dengan lancar dan cepat.

Gunakan Strategi Link Building
Gunakan Strategi Link Building

PageRank adalah salah satu komponen tertua dalam algoritma Google. Sistem ini menilai kualitas halaman web berdasarkan jumlah tautan yang diterima dari situs web lain.

Google menilai kredibilitas halaman dengan melihat jumlah, kualitas, dan relevansi tautan yang mengarah ke halaman tersebut. Tautan dari situs berotoritas tinggi dan berperingkat baik yang beroperasi di dalam niche bisnismu sangat bermanfaat.

Mengirim guest posting bisa menjadi strategi efektif untuk membangun backlink, asalkan konten yang kamu tulis relevan dengan audiens situs web yang kamu tuju.

Lakukan riset keyword untuk e-commerce dan analisis backlink dengan menggunakan Ahrefs untuk menemukan situs-situs web di dalam niche jualan onlinemu yang menerima guest posting.

Baca juga: Pahami 6 Hal tentang Market Segmentation

Manfaatkan Media Sosial

Manfaatkan Media Sosial
Manfaatkan Media Sosial

Media sosial bukan hanya tempat untuk terhubung dengan pelanggan, tapi juga bisa berpengaruh pada SEO situs jualan onlinemu.

Berbagi konten di media sosial dapat meningkatkan trafik ke situs webmu dan meningkatkan potensi untuk mendapatkan backlink.

Selain itu, kehadiran yang kuat di media sosial juga dapat meningkatkan kredibilitas dan otoritas situs webmu di mata mesin pencari. Namun, pastikan untuk memilih platform media sosial yang sesuai dengan target pasarmu.

Misalkan kamu memiliki toko online yang menjual perlengkapan hiking. Dengan menggunakan platform media sosial seperti Instagram dan TikTok, kamu dapat membagikan foto-foto dan reels indah dari para pendaki yang menggunakan produkmu.

Atau jika kamu saat ini tengah menjalankan toko online yang menjual peralatan masak. Kamu bisa aktif di platform media sosial, seperti Facebook dan Instagram untuk membagikan resep, tips memasak, dan foto produkmu.

Lacak dan Analisis Data

Lacak dan Analisis Data
Lacak dan Analisis Data

Analisis dan pelacakan menjadi langkah terakhir dalam strategi SEO untuk penjualan online yang bertujuan untuk mengumpulkan, mengukur, dan melaporkan informasi terkait situs webmu beserta penggunanya.

Ini membantu kamu untuk memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs webmu, apa yang mereka sukai, dan bagaimana kamu dapat meningkatkan kinerja situs web dan strategi SEOmu.

Ini adalah beberapa praktik terbaik untuk analisis dan pelacakan situs web jualan onlinemu meliputi:

  1. Menggunakan Google Analytics dan Google Search Console untuk mengukur dan menganalisis trafik, perilaku, dan konversi pengguna situs webmu.
  2. Menetapkan dan melacak KPI, serta sasaran situs web dan strategi SEOnya, seperti trafik organik, bounce rate, dan ROI.
  3. Melacak transaksi, produk, dan perilaku belanja pengguna untuk mengukur dan mengoptimalkan kinerja situs webmu.
  4. Menggunakan alat segmentasi dan personalisasi untuk menargetkan kelompok pengguna yang berbeda berdasarkan karakteristik dan perilaku mereka, meningkatkan pengalaman pengguna, dan tingkat konversi situs webmu.

Dengan menggabungkan beberapa strategi SEO untuk penjualan onlinemu, situs web e-commercemu dapat mengoptimalkan potensinya dalam mencapai target penjualanmu.

Untuk membantu mewujudkan strategi SEO yang efektif dan berkelanjutan, Optimaise siap membantumu melalui jasa SEO yang profesional dan berpengalaman. Hubungi Optimaise hari ini untuk konsultasi dan penawaran yang dapat membantu kamu mencapai tujuan pemasaran onlinemu!

Baca Juga

Optimaise