Digital MarketingSEO

5 Strategi SEO untuk Meningkatkan Konversi yang Wajib Diperhatikan

Mbagas

5 Strategi SEO untuk Meningkatkan Konversi yang Wajib Diperhatikan

Tertarik untuk meningkatkan konversi di situs webmu? SEO tidak hanya tentang mendapatkan lebih banyak trafik, tetapi juga tentang menarik pengunjung yang tepat dan mengubah mereka menjadi pelanggan.

Jika SEO dilakukan dengan benar, lebih banyak orang akan menemukan dan mengunjungi situs webmu. Namun, memiliki banyak pengunjung saja tidak cukup. Kamu juga memastikan bahwa pengunjung tersebut mengambil tindakan yang kamu inginkan, sehingga meningkatkan konversi dan pendapatanmu.

SEO bekerja untuk meningkatkan konversi melalui serangkaian strategi yang memastikan situs webmu menarik pengunjung yang tepat dan mengarahkan mereka menuju tindakan yang diinginkan. Mari kita jelajahi strategi-strategi SEO untuk meningkatkan konversi berikut ini.

Alasan Menggunakan SEO untuk Meningkatkan Konversi

Alasan Menggunakan SEO untuk Meningkatkan Konversi
Alasan Menggunakan SEO untuk Meningkatkan Konversi

Di dalam dunia digital yang kompetitif, mendatangkan trafik ke situs webmu saja tidak cukup. Bagi bisnis, penting untuk mengubah pengunjung tersebut menjadi pelanggan atau klien. Inilah mengapa konversi sangat penting dalam SEO.

Konversi yang tinggi tidak hanya berarti bahwa upaya SEOmu berhasil mendatangkan pengunjung yang relevan, tetapi juga berarti situs webmu efektif dalam memenuhi kebutuhan dan harapan mereka.

Meningkatkan Pengalaman Pengguna (UX)

Meningkatkan pengalaman pengguna akan meningkatkan kinerja SEO karena mesin pencari seperti Google lebih menyukai situs web yang memberikan pengalaman positif.

Situs web dengan waktu muat yang cepat, navigasi yang mudah, dan konten yang relevan akan menarik lebih banyak pengguna, membuat mereka betah lebih lama dan bahkan kembali lagi.

Google menggunakan standar EEAT (Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness) untuk menilai kualitas situs web. Agar situs webmu dianggap kredibel oleh Google, kamu harus menunjukkan beberapa hal ini:

  1. Konten yang dibuat oleh orang yang berpengalaman dan ahli di bidangnya.
  2. Kehadiran online yang kuat dan mapan.
  3. Diakui sebagai otoritas dalam bidangnya.
  4. Memiliki reputasi yang dapat dipercaya dan jujur.

Baca juga: Catat! 9 Cara Menurunkan Bounce Rate

Mengurangi Bounce Rate

Jika pengunjung memiliki pengalaman yang baik di situs webmu, mereka lebih mungkin untuk berinteraksi dengan konten, memberikan umpan balik, dan menulis ulasan positif.

Riset dari Zippia menunjukkan bahwa 88% pengguna internet tidak akan kembali ke situs web setelah mengalami pengalaman buruk, yang dapat menyebabkan tingginya bounce rate.

Situs web dengan bounce rate yang tinggi mengindikasikan kepada mesin pencari bahwa situs web tersebut tidak memberikan informasi yang dicari oleh pengguna.

Bisnis dapat mengurangi bounce rate dengan meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat situs web lebih menarik. Ini memberikan sinyal kepada Google bahwa situs web tersebut adalah sumber daya yang berguna bagi pengguna.

Strategi SEO untuk Meningkatkan Konversi

Strategi SEO untuk Meningkatkan Konversi
Strategi SEO untuk Meningkatkan Konversi

Memahami bagaimana SEO dapat mendorong konversi memungkinkan bisnis untuk merancang strategi SEO untuk meningkatkan konversi yang efektif, sehiymemaksimalkan hasil dari kampanyemu.

Baca juga: 8 Teknik SEO untuk Penjualan Produk dan Visibilitas Situs Web

Berikut ini terdapat beberapa cara bagaimana SEO dapat membantu meningkatkan konversi bisnismu.

Lakukan Riset Keyword untuk Konversi

Lakukan Riset Keyword untuk Konversi
Lakukan Riset Keyword untuk Konversi

Riset keyword dapat membantu marketer untuk mengidentifikasi keyword yang relevan dengan bisnis mereka dan memiliki potensi tinggi untuk menghasilkan konversi.

Dengan menargetkan keyword yang tepat, kamu dapat membuat konten yang tidak hanya menarik pengunjung tetapi juga mendorong mereka untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau mendaftar layanan.

Pelajari Target Audiens

Sebelum memulai riset keyword, penting untuk memahami siapa audiens targetmu dan mencoba memprediksi apa yang mereka cari.

Ini akan membantu kamu mengidentifikasi keyword dan frasa yang paling relevan dengan bisnismu serta kebutuhan calon pelangganmu.

SEO melibatkan pembuatan konten, page title, meta tag, url, dan alt text yang tidak hanya relevan dengan keyword, tetapi juga dapat menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah yang dicari oleh pengguna.

Gunakan Alat Riset Keyword

Ada banyak alat riset keyword yang dapat digunakan untuk membantumu memahami keyword yang paling relevan dan berkinerja tinggi.

Alat-alat, seperti Google Keyword Planner, Ahrefs, SEMrush, dan Moz memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi keyword yang sering dicari oleh audiens targetmu.

Mereka juga memberikan informasi tentang seberapa sering keyword tersebut dicari, tingkat persaingan (keyword difficulty), dan faktor penting lainnya yang dapat membantu kamu merencanakan strategi SEOmu.

Fokuskan Pada Long-tail Keyword

Long-tail keyword adalah istilah pencarian yang lebih spesifik dan terdiri dari beberapa kata. Meskipun jumlah orang yang mencarinya lebih sedikit, tapi keyword ini cenderung lebih efektif dalam menghasilkan konversi karena lebih sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna.

Sebagai contoh, keyword “sepatu hiking pria abu-abu” lebih spesifik daripada keyword “sepatu hiking”, sehingga lebih mungkin untuk menghasilkan konversi karena lebih cocok dengan kebutuhan dan keinginan pengguna yang mencarinya.

Pertimbangkan Search Intent

Orang-orang menggunakan mesin pencari untuk berbagai tujuan, termasuk mencari informasi atau produk yang ingin mereka beli.

Search intent atau niat pencarian dapat dibagi menjadi beberapa kategori utama, tergantung pada tujuan atau motivasi pengguna saat melakukan pencarian. Secara umum, ada 4 kategori utama dari search intent:

  1. Informational (informatif): pengguna mencari informasi atau jawaban untuk pertanyaan mereka. Contohnya, “cara membuat kue brownies” atau “sejarah Mesir kuno”.
  2. Navigational (navigasi): pengguna mencari situs web atau sumber informasi tertentu. Contohnya, “Facebook login” atau “Google Maps”.
  3. Transactional (transaksional): pengguna memiliki niat untuk melakukan transaksi, seperti pembelian produk atau layanan. Contohnya, “beli sepatu Nike online” atau “promo tiket pesawat”.
  4. Commercial (komersial): pengguna sedang mencari informasi untuk membantu mereka membuat keputusan pembelian. Contohnya, “review smartphone terbaik” atau “perbandingan kamera DSLR”.

Keyword yang menunjukkan niat untuk membeli, seperti “beli”, “penjualan”, “pesanan”, atau “diskon”, sering kali menandakan bahwa pengguna tersebut siap untuk melakukan pembelian.

Karena itu, keyword ini sering dianggap paling berharga dalam menghasilkan konversi karena pengguna yang mencarinya memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk melakukan tindakan pembelian daripada mereka yang mencari informasi saja.

Lakukan Analisis Kompetitor

Melakukan analisis kompetitor untuk setiap keyword yang kamu pertimbangkan penting untuk memahami lingkungan kompetitif di pasar online.

Kamu perlu memeriksa situs web yang saat ini menduduki peringkat teratas untuk keyword tersebut dan menganalisis berbagai faktor yang menyebabkan kesuksesan online mereka.

Faktor-faktor ini termasuk konten yang mereka tawarkan, backlink yang mereka miliki, serta elemen desain dan pengalaman pengguna yang mereka terapkan.

Melalui beberapa analisis ini, kamu bisa melakukan beberapa perbaikan. Misalnya, kamu dapat mencoba membuat konten yang lebih baik atau lebih mendalam dari kompetitormu.

Kembangkan Strategi Pengoptimalan On-Page SEO untuk Meningkatkan Konversi

Kembangkan Strategi Pengoptimalan On-Page SEO untuk Meningkatkan Konversi
Kembangkan Strategi Pengoptimalan On-Page SEO untuk Meningkatkan Konversi

On-page SEO adalah strategi yang terbukti efektif untuk menarik perhatian pembaca dan mendorong mereka untuk meng-klik kontenmu.

Dengan melakukan pengoptimalan ini, kamu dapat meningkatkan kemungkinan pengunjung untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli sebuah produk.

Ini adalah beberapa tindakan pengoptimalan konversi pada on-page yang dapat membantu meningkatkan SEO situs webmu.

Buat Judul dan Meta Description yang Menarik

Sebagai item pertama yang dilihat oleh pengguna dalam hasil pencarian, judul dan meta description haruslah deskriptif dan menarik. Judul yang baik sebaiknya mengandung keyword target dan tidak lebih dari 60 karakter.

Sementara itu, meta description adalah ringkasan singkat dari konten halaman dan sebaiknya mengandung ajakan bertindak yang menggugah minat pengguna untuk meng-klik dan mengunjungi halaman tersebut.

Gunakan Header Tag yang Dioptimalkan

Header tag, seperti H1, H2, H3, dan seterusnya, digunakan untuk mengorganisir konten pada halaman web.

Penggunaan header tag yang benar tidak hanya memudahkan mesin pencari untuk memahami struktur halamanmu, tetapi juga meningkatkan relevansi situs webmu dengan keyword yang relevan.

Misalnya, penggunaan H1 untuk judul utama halaman dengan keyword utama, H2 untuk sub-judul dengan keyword terkait, dan seterusnya. Cara ini akan membantu mesin pencari dan pengguna untuk memahami konten halamanmu dengan lebih baik.

Masukkan Keyword ke dalam Konten

Penggunaan keyword yang tepat pada kontenmu dapat meningkatkan kemungkinan konversi, tetapi harus dilakukan dengan bijak.

Penempatan keyword yang berlebihan atau terlalu sering dapat berakibat buruk, termasuk dikenakan penalti oleh mesin pencari dan merugikan pengalaman pengguna.

Ketika keyword disertakan secara berlebihan, konten bisa terlihat tidak alami dan sulit dibaca, yang dapat mengurangi nilai dan kegunaan konten tersebut.

Karena itu, penting untuk menggunakan keyword dengan cermat dan hanya saat diperlukan, sehingga tetap menjaga keseimbangan antara optimasi SEO dan kualitas konten.

Tambahkan Gambar dan Video

Mengoptimalkan gambar dan video dengan nama file deskriptif dan alt text sangat penting untuk meningkatkan nilai SEO mereka.

Ini berarti kamu harus memberi nama file gambar atau video dengan deskripsi yang jelas dan relevan dengan konten, serta menyertakan alt text yang menjelaskan gambar atau video tersebut secara singkat namun informatif.

Alt text ini penting karena membantu mesin pencari memahami konten gambar atau video, sehingga meningkatkan kemungkinan gambar atau videomu muncul di dalam hasil pencarian.

Misalnya, jika kamu memiliki gambar sebuah kucing oren lucu, nama file gambar tersebut sebaiknya bukan “IMG12345.jpg” tetapi “kucing-oren-lucu.jpg”.

Selain itu, alt text gambar tersebut dapat menjadi “Gambar seekor kucing lucu berwarna oren yang sedang duduk di atas rumput hijau”.

Technical SEO untuk Meningkatkan Konversi

Technical SEO untuk Meningkatkan Konversi
Technical SEO untuk Meningkatkan Konversi

Technical SEO adalah serangkaian praktik yang digunakan untuk mengoptimalkan aspek teknis situs web dengan tujuan meningkatkan peringkatnya dalam hasil pencarian mesin pencari dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Praktik-praktik ini melibatkan penyesuaian elemen-elemen, seperti struktur situs, kecepatan pemuatan halaman, indexing, dan lain-lain. Ia dapat membantu mesin pencari mengindeks situs web dengan lebih baik dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Tinjau Kecepatan Situs Web

Kecepatan memuat situs web sangat penting untuk pengalaman pengguna yang baik. Situs yang memuat dengan lambat cenderung membuat orang meninggalkan situs web tersebut lebih cepat, sehingga dapat berdampak negatif pada konversi.

Untuk meningkatkan kecepatan memuat situs web, kamu dapat menggunakan beberapa taktik technical SEO ini:

  1. Menggunakan format gambar yang tepat dan mengompres gambar untuk ukuran file yang lebih kecil tanpa mengorbankan kualitas.
  2. Mengurangi ukuran dan kompleksitas file CSS dan JavaScript untuk mempercepat waktu pemuatan halaman.
  3. Memanfaatkan cache browser untuk menyimpan sementara sumber daya situs web di perangkat pengguna, sehingga mengurangi waktu pemuatan saat pengguna kembali ke halaman yang sama.
  4. Menggunakan CDN untuk menyimpan salinan situs webmu di server yang ada di seluruh dunia, ini memungkinkan pengguna mengakses situs web dari server terdekat.

Perbedaan waktu pemuatan sebesar 0,1 detik dapat membuat perbedaan besar dalam pengalaman pengguna dan konversi situs webmu.

Gunakan Schema Markup

Schema markup adalah cara untuk memberi tahu mesin pencari tentang informasi spesifik pada halaman webmu dengan cara terstruktur. Ini membantu mesin pencari memahami kontenmu dengan lebih baik.

Menggunakan schema markup dapat memberikan beberapa manfaat SEO ini:

  1. Rich snippet: dengan schema markup, mesin pencari dapat menampilkan informasi tambahan di hasil pencarian, seperti ulasan, peringkat, dan gambar. Ini membuat halamanmu lebih menarik dan dapat meningkatkan jumlah orang yang meng-klik halamanmu.
  2. Pemahaman konten: schema markup memberikan konteks tambahan kepada mesin pencari tentang kontenmu. Ini membantu mesin pencari memahami topik dan tujuan halamanmu.
  3. Local SEO: untuk bisnis lokal, schema markup dapat memberikan informasi, seperti alamat dan nomor telepon. Membantu mesin pencari menampilkan bisnismu dalam hasil pencarian lokal, seperti pada Google Maps.

Buat Desain yang Mobile Friendly

Perangkat seluler atau smartphone telah menjadi salah satu sumber trafik internet terbesar, dan Google sangat memperhatikan ini.

Google memberikan prioritas pada situs web yang dioptimalkan untuk perangkat seluler di dalam halaman hasil pencariannya (SERP), sehingga situs-situs tersebut lebih mungkin memiliki visibilitas yang lebih tinggi.

Mengoptimalkan situs webmu untuk perangkat seluler dapat membantu meningkatkan trafik situs webmu karena lebih mudah ditemukan oleh pengguna perangkat seluler yang mencari informasi atau layanan yang relevan.

Terapkan Strategi Link Building
Terapkan Strategi Link Building

Salah satu strategi efektif dalam SEO untuk meningkatkan konversi dan mendapatkan lebih banyak trafik adalah dengan menerapkan strategi link building.

Link building melibatkan upaya untuk mendapatkan backlink yang relevan dan berkualitas tinggi dari situs web lain. Ini membantu meningkatkan otoritas dan kepercayaan situs webmu di mata mesin pencari.

Lakukan Riset Niche

Untuk menemukan backlink yang relevan dan berkualitas tinggi, penting untuk melakukan penelitian pada situs web yang beroperasi dalam industri atau niche yang sama dengan niche bisnismu.

Hal ini melibatkan mencari situs yang memiliki audiens serupa yang tertarik dengan konten yang kamu tawarkan di situs targetmu. Selain itu, kamu perlu mengevaluasi potensi backlink berdasarkan otoritas dan relevansinya dengan situs webmu. Misalnya, kamu memiliki situs web dengan niche travel, maka sebaiknya kamu harus mencari situs web serupa.

Bangun Relasi dengan Pemilik Situs Web Lain

Membangun relasi dengan pemilik situs web lain adalah kunci dalam strategi membangun tautan yang efektif.

Ini dapat dilakukan dengan menghubungi pemilik situs web atau pembuat konten untuk menawarkan konten yang dapat dibagikan, seperti guest posting, infografis, atau konten lain yang relevan.

Dengan cara ini, kamu dapat menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan di mana kedua belah pihak mendapatkan manfaat, baik dalam bentuk peningkatan trafik maupun otoritas situs web.

Baca juga: Ketahui 15 Jenis Backlinks Berdasarkan Kegunaan dan Pengaruhnya

Buat Konten Berkualitas Tinggi

Kontenmu tidak hanya harus dirancang untuk terlihat oleh mesin pencari, tapi juga untuk menginspirasi pengunjung untuk mengambil tindakan, seperti membeli produk atau mendaftar layanan.

Penting untuk membuat konten yang tidak hanya informatif dan berguna, tetapi juga menarik dan bisa dibagikan. Konten yang bisa dibagikan cenderung mendapatkan lebih banyak perhatian dan pembagian dari pengunjung atau pengguna media sosial.

Ini dapat membantu membangun link dan meningkatkan trafik situs webmu. Saat membuat konten, pertimbangkan untuk menyertakan ajakan bertindak (CTA) yang jelas, tautan ke halaman-halaman penting lainnya di situs webmu, dan elemen-elemen lain yang dapat mendorong konversi.

Lakukan Analisis dan Pengujian

Lakukan Analisis dan Pengujian
Lakukan Analisis dan Pengujian

Untuk meningkatkan konversi dan trafik melalui SEO, penting untuk melakukan analisis dan uji konversi menggunakan beberapa teknik. Beberapa teknik yang bisa kamu gunakan antara lain:

  1. Melacak tingkat konversi: melalui analisis, kamu dapat melacak seberapa efektif halaman webmu di dalam mengubah pengunjung menjadi pelanggan atau melakukan tindakan yang diinginkan. Kamu dapat memanfaatkan GA4.
  2. A/B testing: teknik ini melibatkan membuat dua versi halaman web yang berbeda dan menguji kinerjanya untuk melihat mana yang lebih baik dalam menghasilkan konversi. Ini membantu kamu memahami elemen apa yang paling mempengaruhi perilaku pengunjung dan meningkatkan pendapatanmu.
  3. Heatmaps dan track clicks: kamu dapat melihat bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs webmu. Hal ini dapat memberikan wawasan berharga tentang area mana yang paling menarik perhatian pengunjung dan area mana yang perlu diperbaiki.

Untuk memaksimalkan potensi konversi melalui SEO, diperlukan pemahaman yang mendalam tentang audiens target dan terus-menerus mengoptimalkan strategi SEO untuk meningkatkan konversi ini berdasarkan analisis dan data.

Sebagai penyedia jasa SEO, Optimaise siap membantu mengimplementasikan strategi SEO yang efektif. Dengan dukungan ahli dan pengalaman yang solid, Optimaise dapat menjadi mitra yang handal dalam mengembangkan visibilitas dan kinerja online bisnismu.

Baca Juga

Optimaise