Digital MarketingSEO

9 Taktik Enterprise Link Building yang Cocok untuk Situs Web Skala Besar

Deric

9 Taktik Enterprise Link Building yang Cocok untuk Situs Web Skala Besar

Perusahaan besar biasanya memiliki struktur yang rumit, pengaruh yang signifikan di pasar, dan jangkauan global. Karena itu, pendekatan link building yang biasa mungkin tidak efektif untuk mereka.

Sebagai gantinya, mereka perlu menerapkan strategi enterprise link building, yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas merek sambil menjaga reputasinya.

Di dalam artikel ini, kami akan membahas strategi-strategi utama dalam membangun tautan perusahaan, memberikan panduan praktis yang dapat kamu terapkan untuk memaksimalkan tujuan bisnismu. Mari belajar strategi SEO ini lebih lanjut!

Apa Itu Enterprise Link Building?
Apa Itu Enterprise Link Building?

Enterprise link building atau jika diterjemahkan membangun tautan untuk perusahaan adalah proses mendapatkan tautan ke situs web perusahaan besar dengan tujuan meningkatkan visibilitas dan peringkat di mesin pencari.

Perusahaan besar biasanya mendapatkan banyak tautan secara alami. Meskipun mereka menghadapi beberapa tantangan dalam membangun tautan, perusahaan ini juga memiliki banyak peluang karena ukuran dan reputasi mereka serta nilai bisnis yang terlibat.

Apalagi tautan sangat penting dalam berbagai sistem Google, termasuk untuk Experience, Expertise, Authority, dan Trustworthiness (EEAT). Tautan tetap menjadi faktor yang signifikan dalam menentukan peringkat di Google.

Baca juga: 6 Teknik Healthcare SEO yang Cocok untuk Diterapkan dalam Industri Kesehatan

Tantangan dalam Enterprise Link Building
Tantangan dalam Enterprise Link Building

Meskipun enterprise link building menawarkan potensi besar untuk meningkatkan otoritas dan visibilitas bisnismu, tapi bukan berarti ia hadir tanpa tantangan.

Perusahaan besar sering menghadapi berbagai hambatan ketika mencoba membangun tautan yang berkualitas, mulai dari kompleksitas struktur situs web yang luas hingga koordinasi di antara berbagai tim dan departemen.

Mengidentifikasi dan mengatasi tantangan-tantangan berikut ini adalah kunci untuk mengupayakan kampanye enterprise link building yang sukses.

Dukungan dan Anggaran

Sebagian besar perusahaan tempat saya bekerja melarang karyawan mereka untuk mewakili merek, yang berarti mereka tidak diizinkan melakukan penjangkauan untuk membangun tautan. Ini bukam berarti bahwa kamu tidak bisa mendapatkan tautan, kamu hanya perlu mencari cara kreatif untuk melakukannya.

Setiap perusahaan memiliki pendekatan yang berbeda terhadap pembangunan tautan. Beberapa tidak melakukan link building sama sekali, beberapa memiliki program link building terbatas, beberapa lainnya memiliki program yang sudah matang, dan banyak perusahaan yang lebih memilih menggunakan vendor pihak ketiga karena dianggap lebih mudah.

Sebagai solusi, langkah pertama adalah merencanakan apa yang ingin kamu capai dan mencari tahu siapa yang perlu diajak bekerja sama untuk mendapatkan persetujuan dan menyelesaikan pekerjaan ini.

Tantangan selanjutnya adalah mendapatkan anggaran untuk proyek tersebut. Cara terbaiknya adalah mengaitkan proyek dengan potensi pendapatan atau metrik nilai lainnya.

Misalnya, kamu bisa menyelesaikan proyek pemulihan tautan dengan mengenakan harga per domain yang dipulihkan sebagai nilainya. Untuk menemukan peluang tautan melalui Ahrefs, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Masukkan domainmu di Site Explorer.
  2. Buka laporan “Best by links“.
  3. Tambahkan filter untuk respons HTTP “404 not found”.
  4. Urutkan berdasarkan “Referring domains“.

Misalkan kamu berhasil melakukan 250 redirected dan setiap pengalihan rata-rata memiliki 10 redirect link. Maka, nilai proyek pengalihan bisa dihitung dengan 250 redirected x 10 redirect link x Rp 25.000 per tautan = Rp 62.500.000.

Tentukan Prioritas

Perusahaan besar sering memiliki banyak produk dan layanan, serta situs web dengan banyak halaman. Menentukan tim mana yang akan bekerja sama denganmu dan halaman mana yang harus diprioritaskan untuk membangun tautan bisa jadi sulit.

Sebaiknya selaraskan proyek pembangunan tautan dengan tujuan utama perusahaan atau tim. Biasanya, perusahaan atau tim memiliki beberapa produk atau area yang mereka fokuskan atau ingin tingkatkan.

Dengan menyelaraskan proyekmu dengan prioritas mereka, kamu lebih mungkin mendapatkan dukungan yang dibutuhkan. Mereka kemungkinan akan lebih bersemangat untuk berinvestasi di dalam proyek yang bisa membantu mereka mencapai target dan mendapatkan bonus.

Kerjasama dan Koordinasi

Di perusahaan besar, link building sering kali melibatkan tim selain tim SEO. Karena perusahaan besar memiliki banyak saluran yang dapat menghasilkan tautan, seperti iklan TV, radio, pembuatan konten, hubungan masyarakat, media sosial, iklan berbayar, dan kemitraan, maka banyak tautan mungkin sudah ada tanpa perlu campur tangan langsung darimu.

Tapi, kamu dapat membantu tim lain yang mengelola saluran-saluran ini dengan memberikan panduan tentang praktik terbaik untuk enterprise link building.

Manfaatkan kesempatan ini untuk memberikan pelatihan internal, mengikuti panggilan mingguan, atau membuat dokumentasi tentang cara terbaik dalam membangun tautan.

Strategi Enterprise Link Building untuk Meningkatkan Otoritas Situs Web
Strategi Enterprise Link Building untuk Meningkatkan Otoritas Situs Web

Bagi perusahaan besar dengan situs web yang luas dan beragam, link building yang efektif bukan hanya tentang meningkatkan visibilitas, tetapi juga tentang menciptakan jembatan yang menghubungkan berbagai bagian dari ekosistem online mereka.

Strategi enterprise link building berikut ini mencakup teknik canggih dan pendekatan yang terkoordinasi untuk memperoleh tautan berkualitas tinggi dari berbagai sumber, baik internal maupun eksternal.

Buat Link Bait
Buat Link Bait

Dalam SEO, ada istilah “linkable asset” atau “link bait” untuk menggambarkan konten yang dirancang secara khusus untuk menarik tautan dari situs lain. Aset ini bisa datang dalam berbagai bentuk, seperti:

  1. Survei industri
  2. Studi dan penelitian
  3. Alat atau kalkulator online
  4. Penghargaan dan peringkat
  5. Panduan dan tutorial
  6. Definisi atau istilah baru yang diperkenalkan
  7. Infografis, GIFografis, dan “Map-o-grafis”

Kamu juga bisa memanfaatkan karyawan atau tokoh berpengaruh di industrimu untuk memberikan kutipan yang menarik dan bisa dijadikan referensi.

Selain itu, ada fenomena di mana halaman yang sudah berada di peringkat tinggi cenderung mendapatkan lebih banyak tautan seiring waktu. Jika kontenmu cukup baik untuk mencapai peringkat teratas, peluang untuk mendapatkan tautan tambahan akan semakin besar.

Buat Panduan Komprehensif Menggunakan Gabungan Konten

Buat Panduan Komprehensif Menggunakan Gabungan Konten
Buat Panduan Komprehensif Menggunakan Gabungan Konten

Kanibalisasi keyword terjadi ketika mesin pencari terus-menerus mengubah peringkat beberapa halaman di situs webmu atau ketika beberapa halaman muncul secara bersamaan untuk keyword yang sama, meskipun isinya cukup mirip sehingga bisa digabungkan.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menyatukan konten yang serupa menjadi satu panduan komprehensif atau pillar page. Cara ini dapat meningkatkan peluang halamanmu untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dan menarik lebih banyak tautan.

Biasanya, proses ini melibatkan penggabungan konten dan mengarahkan satu halaman ke halaman lainnya melalui pengalihan.

Promosikan Konten

Semakin banyak kontenmu dilihat, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan tautan secara alami. Kamu bisa memanfaatkan tim lain yang telah saya sebutkan sebelumnya, seperti tim media sosial atau tim pemasaran berbayar, untuk membantu mempromosikan kontenmu.

Kamu juga bisa memperluas jangkauan dengan bekerja sama dengan influencer, atau meminta bantuan tim PR untuk mendapatkan liputan media.

Tapi, perlu diingat bahwa tim-tim ini memiliki kesibukan dan prioritas mereka sendiri. Jadi, pastikan kamu selektif di dalam memilih konten yang ingin mereka promosikan.

Jika kamu meminta mereka untuk mempromosikan semuanya, kemungkinan besar mereka tidak akan mempromosikan apa pun.

Perhatikan Brand Mention

Perhatikan Brand Mention
Perhatikan Brand Mention

Brand mention yang tidak ditautkan adalah ketika nama merekmu atau hal-hal terkait lainnya disebutkan secara online, tetapi tanpa menyertakan tautan kembali ke situs webmu.

Perusahaan besar sering kali menjadi bahan pembicaraan, dan setiap penyebutan tersebut bisa menjadi kesempatan untuk mendapatkan tautan. Meskipun pada awalnya tidak ada tautan, tidak ada salahnya untuk memintanya.

Kamu dapat menggunakan alat seperti Content Explorer untuk menemukan penyebutan-penyebutan ini di seluruh web. Fitur filter yang ada dapat membantu kamu menemukan domain yang menyebutkan merekmu tanpa memberikan tautan.

Selain itu, kamu juga bisa mencari brand mention dengan nama karyawan kunci, kutipan terkenal dari mereka atau statistik dari studi yang pernah kamu lakukan, yang juga belum ditautkan ke situs webmu.

Gunakan Tautan Lama

Situs web, seperti internet pada umumnya, akan terus berubah seiring waktu. Ahrefs melakukan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sekitar dua pertiga dari tautan yang mengarah ke halaman-halaman di web menghilang dalam kurun waktu 9 tahun yang mereka pantau.

Sering kali, URL lamamu memiliki tautan dari situs web lain. Jika tautan tersebut tidak diarahkan ke halaman yang aktif saat ini, maka tautan tersebut akan hilang dan mungkin tidak lagi memberikan kontribusi pada peringkat halamanmu.

Tapi, kamu masih memiliki kesempatan untuk mengalihkan tautan tersebut dan mendapatkan kembali nilai yang hilang, yang dapat membantu meningkatkan peringkat kontenmu. Ini adalah langkah-langkah untuk menemukan peluang tersebut:

  1. Masukkan domainmu ke dalam Site Explorer.
  2. Buka laporan dengan “Best by links“.
  3. Tambahkan filter untuk menampilkan respons HTTP “404 not found.”
  4. Susun hasilnya berdasarkan jumlah “Referring domains.”

Kamu juga bisa mengambil data dari Ahrefs API dan menggabungkannya dengan data dari analitikmu ke dalam suatu sistem. Kemudian, buat logika seperti >3 redirected, >5 kunjungan dalam sebulan, dan lainnya untuk menandai halaman yang perlu dialihkan, mengusulkan pengalihan, atau bahkan mengalihkan secara otomatis.

Jika kamu telah menerapkan redirected selama 1 tahun atau lebih, kemungkinan besar nilainya sudah terkonsolidasi ke halaman baru. Ini sesuai dengan rekomendasi Google, dan hasilnya juga terlihat dalam pengujian kami.

Kamu juga bisa menambahkan tanda “was redirected” dalam logika otomatisasi untuk memeriksa apakah halaman tersebut sebelumnya telah di-redirect selama lebih dari 1 tahun agar bisa diperhitungkan di dalam proses ini.

Sontek Strategi Kompetitor

Ada beberapa cara berbeda untuk melakukan hal ini. Salah satu rekomendasi umum dalam SEO adalah menggunakan laporan intersect link. Meskipun Ahrefs menyediakan laporan ini, untuk situs web besar, laporan ini bisa cukup rumit.

Saran yang lebih mudah adalah menggunakan laporan “Best by Links” di Site Explorer. Laporan ini akan menampilkan halaman-halaman yang paling banyak mendapatkan tautan di situs webmu.

Alternatif lainnya adalah menggunakan laporan “Site Structure” di Site Explorer, yang diurutkan berdasarkan referring domains atau referring pages.

Baca juga: Belum Menerapkan SEO OKRs? Ketahui 3 Jenis dan Contohnya Lebih Dulu

Terapkan Internal Link
Terapkan Internal Link

Internal link menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk membantu meningkatkan peringkat halaman di mesin pencari. Namun, mendapatkan internal link ini bisa jadi sulit, terutama di lingkungan perusahaan besar.

Kadang-kadang, tanggung jawab atas bagian-bagian berbeda dari situs web dipegang oleh orang-orang yang berbeda, sehingga proses penautan internal bisa menjadi lama dan memerlukan banyak pertemuan serta tindak lanjut agar bisa terlaksana.

Selain tantangan dari segi koordinasi, proses menemukan internal link juga bisa cukup rumit. Kamu harus benar-benar mengenal situs web tersebut dan membaca berbagai halaman untuk menemukan peluang tautan, atau kamu dapat menjalani proses yang melibatkan banyak penelitian dan penggalian data untuk menemukan peluang tersebut.

Cara paling sederhana untuk menemukan peluang internal link adalah dengan menggunakan laporan “Internal Link Opportunities” di Site Audit Ahrefs. Laporan ini akan memeriksa peringkat halamanmu dan menyarankan tautan dari halaman lain di situs webmu yang relevan dengan topik yang sama.

Tautkan dengan Situs Web Lain

Jika perusahaanmu memiliki beberapa situs web, sebaiknya kamu membuat tautan antar situs tersebut jika memungkinkan. Meskipun idealnya konten-konten tersebut digabungkan menjadi satu situs, hal ini tidak selalu bisa dilakukan.

Bahkan jika memungkinkan, proses penggabungan mungkin memerlukan waktu yang cukup lama. Karena itu, menambahkan tautan antar situs bisa menjadi solusi sementara.

Namun, perlu diingat bahwa praktik ini bisa disalahgunakan dan menjadi area yang agak abu-abu. Tetapi secara umum, jika kamu menautkan secara alami ke halaman-halaman yang relevan, kamu tidak perlu khawatir.

Meskipun proses ini bisa kompleks, penggunaan teknik yang efektif dapat membantu kamu memaksimalkan dampak SEO dan mencapai hasil yang signifikan.

Untuk mempermudah implementasi strategi ini, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan ahli di bidangnya. Optimaise, sebagai digital agency Malang yang juga berpengalaman dalam jasa SEO Bali, dapat membantu kamu merancang dan melaksanakan strategi SEO yang sesuai dengan kebutuhan perusahaanmu.

Jangan ragu untuk menghubungi Optimaise untuk mendapatkan jasa SEO yang komprehensif dan membantu bisnismu mencapai tujuan online dalam jangka panjang!

[addtoany]

Baca Juga

Optimaise