Digital MarketingSEO

Seperti Apa Pekerjaan SEO Specialist? Ketahui Job Description dan 5 Skillnya

Siti Rohmah Noviah

Seperti Apa Pekerjaan SEO Specialist? Ketahui Job Description dan 4 Skillnya

Jika didefinisikan, SEO (Search Engine Optimization) merupakan serangkaian strategi yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah situs web di mesin pencari seperti Google, sehingga ia dapat menarik lebih banyak pengunjung secara organik.

Membuat konten yang relevan dan berkualitas tinggi serta memastikan pengguna mendapatkan pengalaman terbaik saat mengunjungi situs web tersebut merupakan inti dari pekerjaan SEO specialist. Karena itu, pekerjaan SEO specialist memerlukan keahlian khusus.

Salah satunya dengan kehadiran SEO specialist yang sering kali berfokus pada meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian organik.

Jika kamu tertarik untuk memulai karir sebagai SEO Specialist atau ingin bekerja di bidang SEO, panduan ini akan memberikan semua informasi yang kamu butuhkan.

Mengenal SEO Specialist

Mengenal SEO Specialist
Mengenal SEO Specialist

SEO specialist yang juga dikenal sebagai spesialis optimasi mesin pencari menggunakan berbagai metode dalam bekerja. Beberapa metode yang paling umum meliputi riset keyword, pembuatan konten, pembuatan tautan, dan audit teknis untuk meningkatkan hasil pencarian organik.

Tugas utama mereka adalah menemukan strategi dan taktik yang efektif untuk mendapatkan lebih banyak prospek dan meningkatkan pendapatan bisnismu. Peran lain, seperti senior SEO specialist dan SEO manager biasanya memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih luas di dalam bidang ini.

Pekerjaan SEO specialist biasanya memiliki tingkatan atau level, yakni level pemula hingga menengah. Ini menggambarkan jika mereka memang dituntut untuk terus mengembangkan keterampilan mereka di bidang ini.

Baca juga: Apa Saja 4 Manfaat dari SEO? Inilah yang Utama

Keuntungan Menjadi Seorang SEO Specialist

Keuntungan Menjadi Seorang SEO Specialist
Keuntungan Menjadi Seorang SEO Specialist

SEO specialist sangat dicari karena sebagian besar bisnis kini menginvestasikan uang untuk mendapatkan prospek melalui trafik pencarian organik.

Salah satu keuntungan besar dari SEO adalah biayanya yang relatif rendah dan hambatan yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis digital marketing lainnya, seperti iklan berbayar (PPC) atau pemasaran media sosial. Ini berarti SEO bisa menjadi cara yang lebih terjangkau dan mudah diakses bagi bisnis untuk menarik pengunjung dan pelanggan.

Memulai karir sebagai SEO specialist dapat membuka jalan menuju peluang karir dengan gaji yang lebih tinggi lainnya, seperti ini:

  1. Search Engine Marketer (SEM)
  2. SEO Manager
  3. Content Marketer
  4. Content Marketing Manager
  5. Marketing Analyst
  6. Digital Marketer
  7. Business Marketing Consultant

Tanggung Jawab dan Pekerjaan SEO Specialist

Tanggung Jawab dan Pekerjaan SEO Specialist
Tanggung Jawab dan Pekerjaan SEO Specialist

Tanggung jawab seorang spesialis SEO bisa bervariasi tergantung pada perusahaan dan jenis pekerjaannya, entah itu freelance, in-house, full-time, kontrak, atau di agensi.

Namun, sebagian besar pekerjaan SEO akan melibatkan tugas-tugas harian seperti berikut ini:

  1. Melakukan riset keyword untuk menemukan kata dan frasa yang sering dicari pengguna yang relevan dengan bisnis.
  2. Mengaudit struktur dan arsitektur situs web untuk meningkatkan kegunaan dan peringkat organik, dengan memeriksa hal-hal, seperti profil backlink, kemampuan crawling, on-page SEO, dan pengalaman pengguna.
  3. Mencari cara untuk mendapatkan backlink dengan membangun hubungan dengan situs web dan organisasi pihak ketiga.
  4. Membuat meta description dan title tag yang menarik yang merangkum isi halaman untuk pengguna.
  5. Mengoptimalkan halaman web menggunakan tag HTML, canonical tag, alt text, dan elemen lainnya sehingga mesin pencari dan pengguna dapat lebih memahami konten.
  6. Meningkatkan aksesibilitas situs web untuk memudahkan pengguna, termasuk mereka yang menggunakan pembaca layar di dalam menavigasi situs.
  7. Membuat laporan komprehensif untuk melacak kemajuan metrik penting, seperti peringkat organik, trafik organik, CTR (Click-through Rate), bounce rate, dan lainnya.
  8. Memberikan saran tentang cara bisnis dapat meningkatkan kehadiran online mereka melalui konten marketing.
  9. Memantau perubahan algoritma mesin pencari untuk memastikan situs web sesuai dengan praktik terbaik yang terbaru.

Melalui tanggung jawab dan pekerjaan SEO specialist ini dapat dilihat jika untuk bekerja di bidang SEO memang dibutuhkan keahlian untuk mampu beradaptasi.

Skill yang Dibutuhkan untuk Pekerjaan SEO Specialist

Skill yang Dibutuhkan untuk Pekerjaan SEO Specialist
Skill yang Dibutuhkan untuk Pekerjaan SEO Specialist

Untuk menjadi seorang SEO Specialist membutuhkan kombinasi antara keterampilan teknis, analitis, dan kreatif. Peran ini tidak hanya tentang memahami algoritma mesin pencari, tetapi juga tentang kemampuan untuk memahami perilaku pengguna dan mengoptimalkan konten agar sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan persaingan yang ketat di dalam ranah digital, kemampuan untuk menguasai berbagai skill berikut ini menjadi hal krusial untuk sukses di dalam bidang ini.

Kemampuan Analitis

Kemampuan Analitis
Kemampuan Analitis

Seorang spesialis SEO harus bisa memahami dan menganalisis data, seperti trafik situs web, peringkat keyword, dan perilaku pengguna.

Ini merupakan hal yang penting, terutama untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan merancang strategi SEO marketing yang efektif.

Kamu bisa mengasah kemampuan analitismu melalui pendekatan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Apa yang terjadi? Ini mengacu pada pemahaman tentang kondisi saat ini, seperti trafik situs web, peringkat keyword, dan perilaku pengguna.
  2. Mengapa itu terjadi? Langkah ini melibatkan analisis penyebab atau faktor yang mendasari situasi saat ini. Misalnya, penurunan trafik situs web yang bisa disebabkan oleh perubahan algoritma mesin pencari atau kesalahan di dalam strategi konten.
  3. Apa yang harus dilakukan tentang itu? Setelah memahami situasi dan penyebabnya, langkah selanjutnya adalah merancang strategi untuk mengatasi masalah atau memanfaatkan peluang. Ini bisa mencakup perbaikan teknis pada situs web, penyesuaian strategi konten, atau pengoptimalan keyword.

Ini adalah pendekatan analisis data yang komprehensif untuk mengatasi masalah atau peluang di dalam strategi SEO.

Seorang profesional SEO harus dapat memahami situasi dari berbagai sudut pandang, menggunakan data dan logika untuk membuat keputusan yang tepat.

Keterampilan Teknis

Keterampilan Teknis
Keterampilan Teknis

Untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan developer dan memberikan wawasan yang berharga, seorang SEO specialist juga membutuhkan keterampilan teknis yang kuat.

Mereka tidak hanya harus dapat menyampaikan kebutuhan mereka dengan jelas kepada developer, tetapi juga harus mampu memberikan solusi yang konkret dan efisien.

Pakar SEO membuat keputusan tentang berbagai hal, termasuk kecepatan halaman, render, pemuatan lambat, redirected, microdata tagging, dan schema markup.

Kemampuan di dalam menggunakan Google Analytics, link building, serta memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman, seperti Python, CSS, Javascript, dan HTML akan memberikan keuntungan yang besar bagi seorang SEO specialist.

Dengan berbagai keterampilan ini, mereka dapat memberikan saran yang lebih bermakna dan mendalam untuk meningkatkan kinerja dan visibilitas situs web.

Keahlian Berkomunikasi

Keahlian Berkomunikasi
Keahlian Berkomunikasi

Meskipun keahlian teknis sangat penting di dalam pekerjaan SEO specialist, tapi seorang SEO specialist juga harus bisa berinteraksi dengan berbagai pihak, termasuk klien, anggota tim, dan manajer.

Mereka perlu dapat menyampaikan ide, memberikan pembaruan, dan menyelesaikan masalah dengan efektif. Komunikasi adalah salah satu dari 5 keterampilan teratas yang dicari oleh calon pemberi kerja.

Ini karena kemampuan berkomunikasi yang baik dapat membantu di dalam menjalin hubungan yang baik dengan semua pihak terkait. Untuk tetap relevan di dalam industri SEO yang terus berkembang, sangat penting untuk selalu mengikuti tren dan pembaruan terkini.

Berjejaring dengan profesional SEO lainnya dapat membantu seorang spesialis untuk tetap mendapat informasi terbaru sembari membangun hubungan yang bermanfaat.

Kemampuan untuk Beradaptasi

Kemampuan untuk Beradaptasi
Kemampuan untuk Beradaptasi

Industri SEO selalu berubah dengan cepat, dan para ahli harus dapat beradaptasi secara terus-menerus. Kemampuan untuk beradaptasi merupakan kemampuan untuk mengubah diri atau strategi di dalam menghadapi perubahan atau tantangan.

Di dalam konteks SEO, kemampuan ini merujuk pada kemampuan seorang SEO specialist untuk menyesuaikan strategi mereka dengan perubahan algoritma mesin pencari, perubahan tren konsumen, dan perkembangan teknologi yang mempengaruhi cara orang mencari informasi.

Seorang SEO specialist yang memiliki kemampuan beradaptasi yang baik akan mampu melakukan beberapa hal ini:

  1. Mampu memahami dan mengikuti perubahan algoritma mesin pencari seperti Google untuk tetap relevan di dalam hasil pencarian.
  2. Mampu menyesuaikan strategi SEO mereka dengan cepat berdasarkan perubahan dalam perilaku konsumen, tren industri, dan persaingan.
  3. Mampu mengidentifikasi dan menggunakan teknologi baru yang dapat meningkatkan kinerja SEO, seperti pengoptimalan untuk perangkat mobile atau integrasi dengan AI.
  4. Dengan beradaptasi, seorang SEO specialist dapat mempertahankan relevansi situs web atau konten mereka di dalam hasil pencarian. Ini dapat meningkatkan trafik organik dan peringkat situs web.

Baca juga: 10 Strategi Agar Bisa Sukses Meningkatkan Penjualan dengan SEO

Memiliki Keinginan untuk Selalu Belajar

Memiliki Keinginan untuk Selalu Belajar
Memiliki Keinginan untuk Selalu Belajar

Untuk mengembangkan dan mempertahankan keterampilan yang dibutuhkan, seorang SEO specialist haruslah memiliki motivasi untuk terus belajar.

Apalagi industri SEO sangatlah kompetitif, sehingga para spesialis perlu menunjukkan komitmen terhadap industri ini dengan terus belajar dan meningkatkan keterampilan.

Dengan memiliki sikap ini, seorang SEO specialist biasanya akan aktif di dalam beberapa aktivitas ini:

  1. Selalu mencari informasi terbaru tentang algoritma mesin pencari, tren industri, dan teknologi SEO baru.
  2. Berpartisipasi di dalam pelatihan dan kursus untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.
  3. Membaca buku, artikel, dan studi kasus terbaru untuk mendapatkan wawasan baru tentang praktik SEO terbaik.
  4. Menghadiri seminar dan konferensi SEO untuk berinteraksi dengan para ahli dan mendengar pandangan baru.
  5. Menggunakan sumber daya online seperti webinar, podcast, dan forum untuk tetap terhubung dengan perkembangan terbaru di dalam industri SEO.

Untuk menjadi sukses di dalam industri yang kompetitif ini, seorang spesialis SEO harus memiliki keinginan yang kuat untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan.

Jika kamu mencari solusi SEO yang efektif untuk bisnismu, Optimaise dapat menjadi mitra yang tepat. Optimaise menyediakan jasa SEO yang dapat membantu kamu untuk mencapai tujuan pemasaran onlinemu.

Melalui pendekatan yang inovatif dan tim ahli yang berpengalaman, Optimaise siap membantu kamu untuk menghadapi tantangan di dalam industri SEO dan mencapai kesuksesan.

Baca Juga

Optimaise