Digital MarketingSEO

SEO Specialist Kuliah Jurusan Apa? Ini 7 Background Pendidikannya

Tiara Motik

SEO Specialist Kuliah Jurusan Apa? Ini 7 Background Pendidikannya

Meskipun untuk belajar dan berkarir di dunia SEO bisa diperoleh oleh siapa pun. Tetapi, seiring populernya bidang SEO, memiliki latar belakang pendidikan yang relevan semakin dianggap penting.

Saat ini cukup banyak dijumpai lowongan pekerjaan yang mempersyaratkan background pendidikan tertentu untuk bisa menduduki posisi sebagai seorang SEO Specialist.

Memiliki pengetahuan mendalam di dalam bidang tertentu tidak hanya meningkatkan peluangmu untuk diterima, tetapi juga akan membantumu untuk memahami dan menguasai berbagai aspek SEO dengan lebih cepat dan efektif.

Memangnya SEO Specialist kuliah jurusan apa? Di dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa jurusan kuliah yang dapat memberikan dasar pengetahuan yang kuat dan paling banyak dibutuhkan untuk menjadi seorang SEO Specialist.

Apa itu SEO Specialist?

Apa itu SEO Specialist?
Apa itu SEO Specialist?

SEO Specialist menggunakan berbagai teknik, seperti riset keyword, pembuatan konten, dan link building untuk meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian organik.

Di mana tugas utama mereka adalah menemukan strategi yang efektif untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan pendapatan dari penelusuran online.

Sebenarnya, ada juga peran, seperti konsultan dan SEO Manager yang memiliki pengetahuan dan pengalaman mendalam di bidang ini.

Sementara itu, SEO Specialist biasanya berada di level pemula hingga menengah, dan mereka sedang dalam proses mengembangkan keahlian mereka di dalam bidang SEO.

SEO Specialist sangat dibutuhkan karena banyak bisnis menginvestasikan uang untuk mendapatkan prospek melalui traffic pencarian organik.

Ini karena salah satu kelebihan SEO adalah biayanya yang relatif rendah dan hambatan masuk yang lebih sedikit dibandingkan dengan bentuk digital marketing lainnya, seperti iklan PPC atau pemasaran media sosial.

Menjadi SEO Specialist bisa menjadi langkah awal menuju karir yang lebih menguntungkan, seperti:

  1. SEO Manager
  2. Content Marketer
  3. Content Marketing Manager
  4. Marketing Analyst
  5. Digital Marketer
  6. Business Marketing Consultant

Baca juga: Bagaimana Cara Belajar SEO untuk Pemula? Coba 3 Strategi Ini!

Keahlian yang Dibutuhkan Seorang SEO Specialist

Keahlian yang Dibutuhkan Seorang SEO Specialist
Keahlian yang Dibutuhkan Seorang SEO Specialist

Menjadi seorang SEO Specialist tidak hanya memerlukan pemahaman tentang cara kerja mesin pencari, tetapi juga serangkaian keahlian khusus yang dapat membantu meningkatkan visibilitas dan peringkat sebuah situs web.

Dari kemampuan analitis hingga keterampilan teknis, seorang SEO Specialist harus memiliki berbagai kompetensi untuk menjalankan strategi SEO yang efektif.

Berikut adalah beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang spesialis SEO yang sukses.

Analitis

Seorang SEO Specialist harus mampu menganalisis dan memahami data, seperti traffic situs web, peringkat keyword, dan perilaku pengguna. Kemampuan ini diperlukan untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan merancang strategi SEO yang tepat.

Ketika mencari seorang SEO Specialist, biasanya perusahaan ingin seseorang yang bisa menafsirkan data melalui 3 pertanyaan utama ini:

  1. Apa yang sudah terjadi?
  2. Mengapa hal tersebut terjadi?
  3. Apa yang harus kita lakukan untuk mengatasinya?

Seorang profesional SEO harus bisa melihat masalah dari berbagai sudut pandang dan menggunakan data serta logika untuk membuat keputusan yang tepat. Kemampuan ini memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi masalah dengan lebih akurat dan menemukan solusi yang efektif berdasarkan analisis yang mendalam.

Keahlian Teknis

Agar seorang SEO Specialist bisa berkomunikasi dengan baik dengan developer dan memberikan wawasan berharga, mereka memerlukan keterampilan teknis yang kuat.

SEO Specialist biasanya membuat keputusan mengenai beberapa aspek penting, seperti ini:

  1. Page speed
  2. Rendering
  3. Lazy loading
  4. Server-side redirects
  5. Microdata tagging
  6. Schema markup

Menguasai alat, seperti Google Analytics serta memiliki pengetahuan dalam pembuatan tautan, Python, CSS, Javascript, dan HTML memberikan keuntungan besar bagi seorang SEO.

Keterampilan ini memungkinkan mereka untuk menganalisis dan mengoptimalkan situs web dengan lebih efektif.

Kemampuan Komunikasi

Meskipun SEO membutuhkan keahlian teknis, seorang pakar SEO juga harus mampu bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti klien, anggota tim, dan manajer, untuk menyampaikan ide, memberikan pembaruan, dan menyelesaikan masalah.

Kemampuan komunikasi adalah salah satu dari 5 keterampilan paling dicari oleh pemberi kerja. Selain itu, karena SEO terus berkembang, sangat penting untuk selalu mengikuti tren dan pembaruan terbaru.

Berjejaring dengan profesional SEO lainnya bisa membantu seorang spesialis tetap terinformasi sekaligus membangun hubungan yang berharga.

Kemampuan Beradaptasi

SEO terus berubah dengan cepat, dan para ahli harus selalu siap beradaptasi. Sebagai contoh, pada tahun 2010, Matt Cutts dari Google menyatakan bahwa Google rata-rata meluncurkan 350-400 pembaruan algoritma per tahun. Pada tahun 2020, jumlah ini meningkat menjadi sekitar 4.500 perubahan.

Para SEO Specialist perlu menyadari dan beradaptasi dengan berbagai aspek, seperti:

  1. Perubahan algoritma
  2. Perubahan perilaku konsumen
  3. Persaingan
  4. Kebutuhan klien
  5. Teknologi baru

Kemampuan untuk beradaptasi sangat penting untuk meningkatkan peringkat dan traffic organik, mempertahankan pangsa pasar dan pendapatan, serta memenuhi kebutuhan klien dengan efektif.

Keinginan untuk Selalu Belajar

Untuk menumbuhkan dan mempertahankan keterampilan yang dibutuhkan, seorang pakar SEO harus memiliki semangat untuk terus belajar.

Industri SEO sangat kompetitif, sehingga para spesialis perlu menunjukkan komitmen mereka dengan terus meningkatkan dan mengembangkan keterampilan.

Dengan tetap belajar dan mengikuti perkembangan terbaru, mereka dapat tetap unggul dalam persaingan dan memberikan hasil terbaik bagi klien mereka.

Pekerjaan dan Tanggung Jawab Seorang SEO Specialist

Pekerjaan dan Tanggung Jawab Seorang SEO Specialist
Pekerjaan dan Tanggung Jawab Seorang SEO Specialist

Tanggung jawab seorang SEO Specialist dapat bervariasi tergantung pada perusahaan dan jenis pekerjaan mereka, apakah itu freelance, in-house, full-time, kontrak, atau agensi.

Sebagian besar posisi SEO melibatkan tugas-tugas sehari-hari, seperti:

  1. Melakukan riset keyword untuk menemukan kata dan frasa yang dicari oleh pengguna terkait dengan bisnis.
  2. Mengaudit struktur dan arsitektur situs web untuk meningkatkan kegunaan dan peringkat organik dengan memeriksa backlink profile, kemampuan crawling situs web, SEO on-page, dan user experience.
  3. Mencari cara untuk mendapatkan backlink dengan membina hubungan dengan situs web dan organisasi pihak ketiga.
  4. Membuat meta description dan title tag yang menarik untuk memberikan ringkasan konten kepada pengguna.
  5. Mengoptimalkan halaman web menggunakan tag HTML, canonical tag, alt text, dan elemen lainnya agar mesin pencari dan pengguna dapat lebih memahami konten.
  6. Meningkatkan aksesibilitas situs web agar lebih mudah dipahami oleh semua pengguna, termasuk mereka yang menggunakan pembaca layar.
  7. Membuat laporan komprehensif untuk melacak metrik utama, seperti organic rank, ttaffic organik, Click-through Rate (CTR), bounce rate, dan lainnya.
  8. Memberikan saran kepada bisnis tentang cara meningkatkan kehadiran online mereka melalui content marketing.
  9. Memantau perubahan algoritma mesin pencari untuk memastikan situs web selalu sesuai dengan praktik terbaik terbaru.

SEO Specialist Kuliah Jurusan Apa?

SEO Specialist Kuliah Jurusan Apa?

Perdebatan tentang perlunya gelar untuk memulai karir sebagai SEO Specialist masih berlangsung.

Meski gelar di bidang marketing, komunikasi, atau teknologi informasi bisa memberikan dasar yang kuat, bidang SEO cukup unik karena terbuka bagi para ahli otodidak dan mereka yang berasal dari latar belakang non teknis.

Meskipun gelar sarjana bukanlah syarat mutlak untuk menjadi SEO Specialist, tapi memahami latar belakang pendidikan para profesional di bidang ini bisa memberikan pandangan berharga bagi mereka yang mempertimbangkan karir di SEO.

Gelar dapat menawarkan pengetahuan dan keterampilan dasar yang berguna dalam industri SEO.

Berikut ini, terdapat jurusan yang sering dimiliki oleh pakar SEO dan bagaimana disiplin akademis ini berkontribusi pada keragaman pekerjaan optimasi mesin pencari.

Teknik Informatika atau Ilmu Komputer

SEO mencakup banyak aspek teknis, seperti website development, optimasi server, dan pemahaman algoritma. Gelar di bidang Ilmu Komputer atau Teknik Informatika bisa sangat bermanfaat dalam hal ini.

Pakar SEO dengan latar belakang teknis ini memiliki keahlian untuk menangani elemen backend SEO, seperti:

  1. Memastikan situs web memuat dengan cepat yang merupakan faktor penting dalam peringkat mesin pencari.
  2. Menggunakan markup untuk membantu mesin pencari memahami konten situs web dengan lebih baik.
  3. Memastikan situs web mudah diakses dan digunakan pada perangkat seluler yang semakin penting di dalam algoritma peringkat mesin pencari.

Keahlian teknis ini membantu dalam meningkatkan performa dan visibilitas situs web di mesin pencari.

Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi menggabungkan kecerdasan bisnis dengan pengetahuan teknis, menjadikannya pilihan yang baik bagi seseorang yang ingin menjadi SEO Specialist.

Lulusan dari jurusan ini memahami cara kerja sistem informasi, termasuk database dan Content Management System (CMS).

Pengetahuan ini membantu mereka mengoptimalkan situs web agar memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Marketing

Gelar dalam marketing adalah salah satu latar belakang pendidikan yang sangat relevan untuk menjadi seorang SEO Specialist.

Ini karena gelar ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang riset pasar, perilaku konsumen, dan branding yang semuanya sangat penting dalam mengoptimalkan situs web agar menarik dan melibatkan audiens.

SEO Specialist yang memiliki latar belakang marketing cenderung mahir dalam menyelaraskan strategi SEO dengan tujuan marketing yang lebih luas, sehingga dapat meningkatkan visibilitas situs web dan menghasilkan kesuksesan bisnis yang lebih besar.

Komunikasi

Gelar dalam bidang komunikasi dapat memberikan manfaat besar bagi seorang SEO Specialist karena membantu mengasah keterampilan mereka dalam mengirimkan pesan dan pembuatan konten yang efektif.

Memahami bagaimana membuat konten yang menarik bagi audiens sangat penting dalam SEO, karena hal ini berdampak pada berbagai aspek seperti pengoptimalan keyword dan keterlibatan pengguna.

Selain itu, keterampilan komunikasi yang kuat sangat penting untuk berkolaborasi dengan pembuat konten, tim marketing, dan pemangku kepentingan lainnya.

Baca juga: 8 Cara Menerapkan SEO yang Wajib Diketahui Pemula

Jurnalistik

Pakar SEO yang memiliki latar belakang dalam bidang Jurnalistik memiliki keunggulan dalam membuat konten asli yang berkualitas tinggi, informatif, dan menarik.

Mereka terampil dalam bercerita dan memahami pentingnya kejelasan, tata bahasa, dan gaya dalam penulisan, keterampilan yang sangat penting dalam mengoptimalkan konten untuk mesin pencari dan pembaca manusia.

Kemampuan mereka dalam melakukan penelitian yang mendalam dan menulis dengan efektif juga mendukung aspek content marketing dalam SEO.

Sastra

Studi dalam sastra dapat membantu mengembangkan keterampilan analitis, pemahaman tentang nuansa bahasa, dan kemampuan dalam membaca dan menafsirkan teks dengan cermat.

Semua ini merupakan keterampilan yang penting dalam membuat konten yang berkualitas dan menarik bagi pembaca.

Pemahaman yang mendalam tentang bahasa dan gaya kepenulisan juga dapat membantu dalam mengoptimalkan konten untuk SEO, termasuk penggunaan keyword secara efektif dan penulisan meta deskripsi yang menarik.

Selain itu, studi dalam sastra sering kali melibatkan analisis naratif dan struktur yang dapat bermanfaat dalam merancang strategi konten yang lebih kuat dan berdaya tarik bagi pembaca.

Public Relation atau Hubungan Masyarakat

Jurusan public relation di dalam SEO dapat mengajarkan keterampilan yang sangat relevan dalam komunikasi, manajemen reputasi, dan memahami audiens.

Seorang ahli PR terlatih untuk merancang pesan yang efektif, mengelola hubungan dengan berbagai pemangku kepentingan, dan memahami bagaimana pesan dipahami dan diterima oleh publik.

Keterampilan ini sangat berharga dalam SEO, terutama dalam hal membuat konten yang menarik, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi audiens.

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik juga penting dalam kolaborasi dengan tim marketing dan content creation untuk mencapai tujuan SEO yang lebih baik.

Meskipun jurusan atau gelar pendidikan masih menjadi bahan pertimbangan, tapi untuk berkarir di bidang SEO, terutama untuk menjadi SEO Specialist, memiliki pengalaman dan portofolio merupakan hal yang paling utama.

Pengalaman kerja yang relevan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang industri dan strategi SEO yang efektif, serta membantu membangun reputasimu sebagai ahli di bidang ini.

Sebagai penyedia jasa SEO yang berpengalaman, Optimaise telah membantu berbagai perusahaan meningkatkan visibilitas online mereka dan mencapai hasil yang signifikan.

Dengan pendekatan yang terbukti dan tim ahli yang selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam SEO, Optimaise siap membantumu mencapai tujuan SEO bisnismu. Hubungi kami hari ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan mulailah membangun kehadiran online yang lebih kuat!

Baca Juga

Optimaise