Digital MarketingSEO

SEO Leads dan 4 Cara Mendapatkannya Melalui Inbound Marketing

Siti Rohmah Noviah

SEO Leads dan 4 Cara Mendapatkannya Melalui Inbound Marketing

Bagi yang belum familiar atau ingin mengulik lebih dalam tentang SEO leads, mari cari tahu bersama di artikel satu ini!

Mengenal Apa Itu SEO Leads

SEO leads adalah individu atau bisnis yang tertarik pada layanan SEO yang ditawarkan. Mereka bisa menjadi klien yang berpengaruh terhadap pertumbuhan agensi. Mereka membantu kamu membangun portofolio, meningkatkan kemampuan, serta mendapatkan keuntungan.

Meski demikian, kamu harus bisa memberikan lebih dari apa yang bisa kamu lakukan. Mengapa demikian? Tidak semua prospek dapat dikonversi. Terkadang, perlu waktu untuk mendiskusikan layanan secara lebih detail hingga menandatangani kontrak.

Faktanya, klien datang dan pergi. Beberapa proyek mungkin berlangsung selama berbulan-bulan, dan sebagian proyek lainnya berjalan selama bertahun-tahun. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk bisa mempromosikan layanan secara rutin. Sehingga prospek terus berdatangan.

Yuk pelajari SEO dari awal melalui panduan belajar SEO untuk pemula satu ini.

Kategori SEO Leads

Berbicara tentang SEO leads, mari kita bagi menjadi beberapa kategori berikut:

  • Cold leads: leads yang samak sekali tidak menunjukkan ketertarikan pada layanan SEO namun mirip seperti target pelanggan. Nah, mereka ini biasanya yang paling sering dan paling sulit untuk bisa kamu konversi menjadi klien.
  • Warm leads: mereka adalah yang sadar akan layanan SEO dan mungkin saja sudah familiar dengan nama brand kamu. Mereka mungkin sudah berlangganan email list atau menjadi salah satu pengikut media sosial. Mereka ini lebih mudah untuk dikonversi dibanding kategori lead yang pertama.
  • Hot leds: kategori lead satu ini mempertimbangkan untuk menggunakan layanan SEO yang kamu tawarkan, bahkan mungkin sudah mengisi formulir di situs. Bukan tidak mungkin mereka juga sudah menjadwalkan meeting dengan salah satu anggota tim sales. Jadi, akan lebih mudah bagi kamu untuk mengkonversinya dan harus diprioritaskan.

Cara Mendapatkan SEO Leads

Bagi yang ingin mendapatkan lebih banyak leads, tentunya kamu bisa menggunakan berbagai cara. Kamu perlu strategi perolehan prospek holistik yang mencakup beberapa metode tersebut. Ini berarti menggunakan kombinasi taktik pemasaran inbound dan outbound.

Baca juga: Coba 5 Cara Cek Website Accessibility Ini

Sederhananya, pemasaran masuk adalah tentang mendapatkan arahan yang datang kepada kamu. Pemasaran keluar melibatkan menjangkau pelanggan potensial terlebih dahulu. Penggunaan kedua strategi tersebut akan sangat membantu dalam meningkatkan leads.

Tentang Inbound Marketing

Inbound marketing merupakan strategi menarik audiens melalui berbagai taktik pemasaran berbeda di berbagai channel pemasaran. Dengan pemasaran satu ini, kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu:

  • Hemat biaya karena dikenal sebagai strategi pemasaran yang lebih terjangkau
  • Hasil jangka panjang yang memungkinkan kamu mendapatkan traffic situs untuk beberapa tahun ke depan
  • Berfokus pada pelanggan dengan menyediakan nilai pada target audiens sehingga dapat membentuk orotitas dan kesetiaan pelanggan

Cara Mendapatkan SEO Leads dengan Inbound Marketing

Ingin mendapatkan SEO leads melalui taktik inbound marketing? Berikut adalah beberapa cara yang patut kamu coba:

Optimasi Konversi Website

Website harus mendatangkan pengunjung melalui aksi konversi. Hal tersebut terjadi saat mereka mengisi dan mengirim formulir, berlangganan newsletter, atau menjadwalkan meeting.

  • Kamu bisa menyediakan berbagai cara agar pengunjung melakukan tindakan misalnya:
  • Klik nomor telepon untuk melakukan panggilan
  • Lengkapi informasi dan kirim formulir
  • Kirim pesan ke tim sales

Ketiganya bisa membantu situs mendapatkan trafik karena kamu memudahkan pengunjung untuk bisa menjangkau perusahaan atau bisnis kamu. Terlepas dari manapun asalnya pengunjung, apakah dari iklan berbayar, hasil pencarian organik, atau trafik langsung, situs web harus bisa mendapatkan prospek.

Agar bisa mendapatkan lebih banyak prospek, pastikan untuk melengkapi situs web dengan beberapa halaman berikut:

  • Halaman layanan: landing page yang menjelaskan layanan secara rinci, di mana halaman ini harus dioptimasi agar bisa mendapatkan peringkat dari pencarian organik.
  • Halaman tentang saya: halaman yang menyediakan overview dari layanan SEO, nilai atau misi, anggota tim, dan informasi kontak.
  • Testimoni: berisi testimoni dari klien lama maupun klien setia yang menjelaskan pengalaman mereka dalam memilih layanan yang kamu sediakan.
  • Studi kasus: contoh dari klien yang sudah melihat hasil positif saat memilih layanan kamu. Sertakan juga data SEO dan metrik kinerja yang menunjukkan hasil nyata.

Lakukan Optimasi pada Keyword

Sebagai perusahaan SEO, tentunya kamu sudah tahu betapa pentingnya lalu lintas organik, bukan? Gunakan SEO untuk merangking keyword yang digunakan oleh target audiens. Untuk menemukan kata kunci potensial, kamu bisa menggunakan alat seperti Keyword Magic Tool dari Semrush.

Temukan keyword yang tepat untuk dioptimasi dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • SEO secara umum seperti layanan SEO, agensi SEO, perusahaan SEO profesional, atau istilah lain yang berkaitan dengan layanan SEO.
  • Lokasi spesifik berisi keyword yang menyertakan lokasi, misalnya SEO Malang, perusahaan SEO Malang, atau agensi SEO terdekat.
  • Layanan spesifik berupa istilah pencarian yang mengacu pada layanan spesifik yang kamu tawarkan, seperti SEO teknikal, layanan SEO lokal, link building, dan lainnya.
  • Industri spesifik merupakan keyword yang berkaitan dengan industri calon klien potensial seperti SEO e-commerce, SEO untuk startups, dan lainnya.
  • Pertanyaan umum berisi pertanyaan populer yang banyak pengguna tanyakan tentang layanan SEO, seperti bagaimana cara memilih SEO Malang terbaik.

Pastikan keyword yang kamu pilih sesuai dengan apa yang ditawarkan. Kemudian, buat landing page yang dioptimasi untuk kata kunci tersebut. Kriteria dari landing page adalah memenuhi search inten atau keyword tertarget, menawarkan cara agar terhubung dengan bisnis kamu, dan jelaskan apa yang kamu tawarkan.

Dapatkan Traffic dengan PPC

PPC adalah singkatan dari pay per click, cara untuk mendatangkan traffic melalui iklan berbayar. Cara ini memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan SEO.

Meski masih menjadi perdebatan, PPC search marketing bisa kamu gunakan sebagai taktik inbound marketing. Dengan taktik satu ini, kamu bisa menyediakan konten bagi pengguna yang secara aktif melakukan pencarian. Sehingga bisa menjadi cara tepat untuk mendapatkan hot leads yang akan melakukan pembelian dengan segera.

Sebelum melakukan PPC, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut:

  • Perhatikan biaya untuk setiap klik
  • Tentukan budget dengan tepat dan bijak
  • Buat dan optimasi copy
  • Pahami cost-per-lead (CPL)

Baca Juga: 4 Cara Mendapatkan Paid Traffic, Catat!

Manfaatkan Media Sosial

Media sosial bisa menjadi tempat untuk mempromosikan dan memasarkan layanan SEO. Kamu berpeluang untuk mengubah warm leads menjadi hot leads. Pengikut di media sosial sudah sadar akan keberadaan brand kamu. Akan tetapi, mereka mungkin belum menunjukkan ketertarikan untuk menggunakan layanan SEO.

Untuk bisa menarik perhatian dan membuat mereka tertarik dengan apa yang kamu tawarkan, kamu bisa membagikan artikel, studi kasus, atau sumber lain yang menunjukkan otoritas dan reputasi kamu. Sehingga warm leads akan melihat konten tersebut dan terkesan dengan keahlian kamu.

Pada akhirnya, mereka akan menghubungi kamu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Memang benar bahwa mendapatkan SEO leads dari media sosial perlu waktu. Jadi, pastikan untuk selalu membagikan konten yang bermakna secara konsisten.

Dengan memahami SEO leads, kamu berpeluang mendapatkan lebih banyak leads dan bisa mengubahnya menjadi klien potensial. Namun, apabila merasa bahwa upaya SEO kamu belum maksimal, mengapa tidak menggunakan jasa SEO Malang terbaik dari Optimaise?

Baca Juga

Optimaise