Digital MarketingSEO

Digital Marketing Tools Ada Apa Saja? Cobalah 12 Alat Rekomendasi Ini!

Andy Chrisman Sianturi

Digital Marketing Tools Ada Apa Saja? Cobalah 12 Alat Rekomendasi Ini!

Digital marketing merupakan sebuah bidang dan industri yang begitu kompleks. Untuk dapat mengerjakan banyak peran sekaligus, seorang expert di bidang digital marketing tentu membutuhkan beberapa tools sekaligus.

Digital marketing tools ini bisa berupa aplikasi atau software yang dapat membantu kamu di dalam menarik, berinteraksi, menjual, dan mempertahankan pelanggan online.

Kamu mungkin sudah sering mendengar beberapa di antaranya, karena ia sebenarnya mencakup berbagai aplikasi yang berhubungan dengan marketing, seperti media sosial, iklan, hingga pengoptimalan konten. Jadi, cakupannya memang sangat luas.

Tapi, jika kamu pemula di dalam bidang digital marketing, kamu mungkin membutuhkan beberapa rekomendasi digital marketing tools berikut ini. Simak terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang alat-alat yang bisa membantu kamu mencapai goals marketingmu!

Rekomendasi Digital Marketing Tools untuk Pemula dan Expert

Rekomendasi Digital Marketing Tools untuk Pemula dan Expert
Rekomendasi Digital Marketing Tools untuk Pemula dan Expert

Memulai perjalanan digital marketing bisa terasa membingungkan, terutama dengan begitu banyaknya alat yang tersedia. Namun, dengan memilih alat yang tepat, kamu bisa menghemat waktu, meningkatkan efisiensi, dan meraih hasil yang lebih optimal.

Pada bagian ini, terdapat beberapa rekomendasi digital marketing tools yang wajib kamu coba. Baik untuk seorang pemula maupun profesional, alat-alat ini dirancang untuk membantu kamu mengembangkan strategimu. Mari kita mulai!

Media Sosial

Media Sosial
Media Sosial

Kamu tidak perlu menggunakan setiap alat atau aplikasi untuk mengelola masing-masing akun media sosial, kini kamu dapat menggunakan satu alat saja untuk melakukan banyak pekerjaan sekaligus, sehingga bisa lebih efisien.

Selain untuk menjadwalkan konten, alat media sosial marketing terbaik berikut ini juga mendukung perencanaan strategis melalui analisis mendalam dan menyediakan cara untuk menemukan serta melibatkan audiensmu.

Baca juga: Apa Itu CRM? Ketahui 5 Alat Terbaik dan Cara Efektif Menerapkannya

Buffer

Buffer adalah digital marketing tools yang memiliki tugas untuk menjadwalkan dan menerbitkan konten di media sosial. Ia memiliki fitur menonjol, seperti penjadwalan kalender visual yang mudah digunakan dan harga yang ditentukan per profil akun media sosial.

Di mana penggunaannya mendukung untuk akun Instagram, Facebook, TikTok, X (Twitter), Pinterest, dan LinkedIn, meskipun tidak mendukung penjadwalan untuk YouTube dan Threads.

Buffer cocok digunakan untuk perorangan dan mereka yang menginginkan alat penjadwalan media sosial yang sederhana tanpa perlu analisis yang mendalam atau alat AI untuk menghemat waktu.

Jika kamu tertarik, kamu bisa membayar $6 atau sekitar Rp 96 ribu per profil per bulan untuk individu, atau $12 atau Rp 192.000 per profil per bulan untuk tim.

Hootsuite

Hootsuite memungkinkan kamu untuk mengelola profil Instagram, Facebook, TikTok, LinkedIn, Pinterest, X (Twitter), YouTube, dan Threads di satu tempat.

Seperti alat media sosial marketing lainnya, Hootsuite akan membantu kamu untuk merencanakan, menjadwalkan, dan menerbitkan konten di berbagai platform, namun juga menawarkan lebih banyak fitur.

Melalui alat ini kamu dapat melihat analitik dan kinerja di semua channel sekaligus, menjawab dan mengelola DM serta komentar, serta mengoptimalkan postingan untuk jangkauan yang maksimal. Hootsuite memiliki banyak fitur canggih yang dapat membuat media sosialmu lebih menonjol, ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Social listening untuk melindungi dan meningkatkan merekmu.
  2. Iklan media sosial.
  3. Beberapa AI tools yang dirancang untuk menghemat waktumu. Misalnya, OwlyWriter AI yang dirancang untuk menghemat waktumu dan dapat menunjukkan kemampuannya dalam waktu 60 detik. Kamu bisa membalas komentar dan DM di berbagai platform langsung dari Hootsuite.

Untuk berlangganan paket tersedia mulai dari $99 atau sekitar Rp 1,5 juta per bulan untuk maksimal 10 profil. Kamu bisa mencoba Hootsuite dengan uji coba gratis 30 hari tanpa batas. Apalagi Hootsuite cocok untuk semua orang, mulai dari kreator solo hingga tim perusahaan.

Sprout Social

Sprout Social menawarkan banyak fitur serupa dengan Hootsuite, seperti penjadwalan di berbagai platform, analitik canggih, pelacakan link, kolaborasi tim, dan social listening.

Alur kerja aturan otomatis dan survei CSAT menjadi fitur yang paling menonjol. Sesuai dengan fitur-fitur yang ia tawarkan, Sprout Social memiliki harga yang lebih tinggi, yaitu $199 atau sekitar Rp 3,1 juta per bulan untuk 5 profil sosial.

Karena itu, perusahaan dan organisasi besar yang membutuhkan fitur canggih dan dapat mengelola biaya yang lebih tinggi direkomendasikan untuk menggunakan Sprout Social ini.

SEO

SEO
SEO

SEO juga termasuk ke dalam bagian dari digital marketing. Karena itu, kamu membutuhkan digital marketing tools yang berfokus pada SEO.

Alat-alat SEO yang tepat dapat membantu kamu di dalam memahami kinerja situs webmu, menemukan peluang untuk perbaikan, dan mengoptimalkan konten untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.

Pada bagian ini, kamu akan mem menemukan beberapa alat SEO terbaik yang dapat kamu gunakan untuk mengoptimalkan strategi digital marketingmu.

Semrush

Semrush awalnya dikenal sebagai alat riset keyword yang sangat efektif, namun ia kini telah berkembang untuk mencakup riset kompetitif, pelacakan kampanye PPC, dan audit SEO situs web.

Untuk SEO, Semrush dapat membantu kamu mengungkap keyword yang digunakan oleh pesaing, sehingga kamu bisa menyesuaikan strategimu sendiri dan memantau kinerja keyword dengan laporan peringkat harian.

Ia juga memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan kampanye iklanmu dengan menemukan keyword berbayar yang digunakan pesaing bisnismu. Semrush cocok untuk para marketer dan tim yang ingin memantau keyword organik serta kampanye PPC secara bersamaan.

Kamu perlu membayar mulai dari $139,95 per bulan atau sekitar Rp 2,2 juta untuk 500 keyword, dengan opsi paket yang lebih mahal tersedia untuk berlangganan.

Ahrefs

Ahrefs menjadi alat riset SEO dan keyword yang tidak kalah terkenal. Dengan Site Explorer dari Ahrefs, kamu dapat menganalisis pesaing dan menemukan peluang baru.

Sementara itu, Keyword Explorer membantu kamu mengidentifikasi keyword yang paling relevan, sementara Site Audit secara rutin memeriksa situs webmu untuk masalah SEO yang muncul dan memberikan saran perbaikan.

Menariknya, Ahrefs memiliki lebih dari 10 tahun data dan penelitian web sendiri. Ini membuat ia dapat menganalisis dan melacak kinerja SEO dari waktu ke waktu.

Membuatnya cocok untuk digunakan oleh siapa saja yang ingin meningkatkan trafik pencarian organik, mulai dari content creator hingga tim marketing menengah dan perusahaan besar.

Apalagi, ia dapat kamu gunakan secara gratis untuk fitur dasar webmaster, atau mulai dari $129 atau sekitar Rp 2 juta per bulan untuk paket premium.

Google Keyword Planner

Google Keyword Planner dari Google menjadi alat yang ideal untuk menemukan ide keyword, baik untuk kampanye organik maupun berbayar. Alat ini gratis dan memberikan informasi dasar tentang popularitas keyword, tingkat persaingan, dan perkiraan kinerja.

Agar bisa menggunakannya untuk menemukan ide keyword baru berdasarkan URL situs web atau produkmu, lalu membuat dan menyimpannya sebagai rencana keyword, kamu tak dikenakan biaya sepeser pun.

Dari freelance, content creator yang baru memulai content marketing, atau siapa saja yang tidak memiliki anggaran untuk membeli alat SEO yang lebih canggih tentu bisa menggunakan Google Keyword Planner.

Desain Grafis

Desain Grafis
Desain Grafis

Desain grafis adalah jantung dari komunikasi visual yang efektif, ia membantu kamu menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan memikat.

Baik itu untuk menciptakan identitas merek yang kuat, desain materi marketing yang eye-catching, atau visual yang mendukung konten digitalmu, desain grafis memainkan peran kunci.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi digital marketing tools yang berfokus pada desain grafis.

Canva

Canva menjadi alat desain serba guna yang memudahkan kamu untuk membuat berbagai jenis konten visual, seperti presentasi, grafik, video, dan postingan media sosial, termasuk Stories dan Reels yang menarik.

Selain antarmuka yang sangat mudah digunakan dan berbagai templat menarik, Canva juga menyediakan ribuan ilustrasi, grafik, foto, dan video stok yang bisa kamu tambahkan ke desainmu.

Ia adalah alat yang fleksibel untuk membuat materi marketing, dari yang sederhana hingga yang lebih kompleks. Apalagi antarmukanya yang mudah digunakan dengan fitur drag-and-drop, cocok untuk semua orang.

Setelah selesai, kamu bisa mengekspor kontenmu di dalam berbagai format, termasuk gambar, video, PDF, PowerPoint, dan lainnya.

Hampir semua orang, dari pemula hingga profesional yang ingin membuat desain visual dengan mudah dapat menggunakan Canva yang tersedia dalam paket gratis, dengan paket Pro mulai dari Rp 769.000.

Adobe Express

Tidak mengherankan jika alat desain grafis dari merek Adobe ini luar biasa. Adobe Express menjadi solusi Adobe yang dirancang untuk digital marketer.

Ia memungkinkan kamu untuk membuat grafik dan dokumen profesional untuk media sosial atau pekerjaan, termasuk video TikTok, pamflet, presentasi, dan lainnya.

Yang membuat Adobe Express menonjol dibandingkan alat penyuntingan grafis dan video lainnya adalah alat desain AI canggih yang dimilikinya. Salah satunya seperti Adobe Firefly.

Di mana kamu dapat melakukan tugas sederhana seperti menghapus latar belakang foto dalam hitungan detik, atau tugas lebih rumit, seperti membuat templat atau mengubah bagian gambar dengan hasil realistis yang dihasilkan AI.

Tersedia paket gratis, dengan paket premium mulai dari Rp 74.747 per bulan untuk perorangan. Digital marketing tools yang khusus untuk desain grafis ini cocok untuk content creator dan tim marketing yang membutuhkan alat desain grafis canggih dan mudah digunakan.

CapCut

Jika kamu sudah sering menggunakan TikTok, mungkin kamu sudah cukup akrab dengan CapCut. Alat ini ideal untuk membuat Reels, Stories, TikToks, video YouTube, atau jenis konten video lainnya.

Paket gratisnya menyediakan semua yang dibutuhkan oleh sebagian besar kreator dan bisnis kecil, termasuk templat, teks otomatis, filter, stiker, dan banyak lagi.

Untuk tim bisnis atau mereka yang ingin lebih menonjol, CapCut Pro menawarkan alat penyuntingan video berbasis AI yang canggih, seperti pembuatan video dari klip hanya dengan satu klik, penggunaan ulang video, dan bahkan pembuatan iklan video dari tautan halaman produk.

Pembuat konten, tim marketing, dan freelance yang membutuhkan alat penyuntingan video yang efisien dan mudah digunakan dapat menggunakan CapCut secara gratis, dengan CapCut Pro seharga $8 atau Rp 128.000 sekitar per bulan.

Analisis Digital Marketing

Analisis Digital Marketing
Analisis Digital Marketing

Bagaimana kamu bisa memastikan jika strategi marketingmu berhasil atau tidak tanpa melacak kinerjanya?

Digital marketing tools yang berfungsi sebagai pelaporan berikut ini sangat penting untuk mengetahui apa yang efektif, apa yang kurang berhasil, dan langkah apa yang harus diambil selanjutnya.

Google Analytics

Google Analytics merupakan salah satu alat analitik pemasaran digital yang paling populer, memberikan informasi lengkap tentang trafik situs webmu.

Melalui alat ini kamu bisa mengetahui dari mana pengunjung menemukan kontenmu, melacak pertumbuhan audiens dari waktu ke waktu, dan menggunakan parameter UTM untuk memantau kinerja kampanye tertentu.

Google Analytics menjadi pilihan gratis terbaik untuk pelacakan analitik, serta pengukuran trafik web yang menjadi standar industri.

Karena itu, semua orang sebaiknya menggunakan Google Analytics. Perusahaan besar atau mereka dengan target pertumbuhan spesifik mungkin perlu berinvestasi dalam alat analitik tambahan yang dapat digunakan bersama Google Analytics.

Metrics Watch

Metrics Watch merevolusi pelaporan bagi agensi dengan platform emailnya yang mudah digunakan. Alat ini terintegrasi dengan berbagai platform digital, seperti Google Analytics, Google Ads, dan Facebook Ads untuk memberikan analisis yang mendalam.

Dengan desain yang intuitif, Metrics Watch memungkinkan kamu untuk mengirim laporan pemasaran langsung ke kotak masuk email klien atau timmu.

Metrics Watch juga menawarkan layanan migrasi gratis, menjadikannya pilihan yang ideal untuk agensi yang ingin meningkatkan pelaporan dan profesionalisme mereka.

Sebelum berlangganan dengan membayar $29 atau sekitar Rp 464.000 per bulan, kamu bisa menggunakan uji coba gratisnya selama 14 hari.

Baca juga: 3 Cara Membuat Akun Google Baru dengan Cepat dan Mudah

Looker Studio

Sebelumnya dikenal sebagai Google Data Studio, Looker Studio menjadi alat pelaporan SEO yang tak kalah menonjol. Ini adalah platform berbasis web untuk pelaporan dan visualisasi data.

Looker Studio mengumpulkan semua informasi kinerja situs webmu di dalam satu tempat dengan dasbor dan grafik yang mudah dibaca serta sangat bisa disesuaikan.

Ia juga mampu mengintegrasikan secara mulus berbagai software SEO, seperti SE Ranking, serta Google Search Console, Google Analytics, BigQuery, Google Sheets, YouTube Analytics, dan Google Ads.

Profesional dari agensi SEO, bisnis, dan marketer yang menginginkan laporan dan dasbor yang menarik dan interaktif dari berbagai sumber data, terutama jika mereka sudah menggunakan alat Google dengan berlangganan mulai dari $9 atau Rp 144.000 per pengguna untuk setiap bulannya.

Cara untuk Memilih Digital Marketing Tools yang Sesuai

Cara untuk Memilih Digital Marketing Tools yang Sesuai
Cara untuk Memilih Digital Marketing Tools yang Sesuai

Tidak ada digital marketing tools yang benar-benar “terbaik” untuk semua orang. Setiap alat tergantung pada faktor-faktor, seperti anggaran, ukuran tim, dan tingkat pengalaman pengguna.

Jadi, daripada mencoba memberikan satu daftar universal, daftar rekomendasi di dalam ini setidaknya dapat membantu kamu untuk menemukan alat yang paling cocok untuk kebutuhan spesifikmu.

Daftar rekomendasi digital marketing tools ini merekomendasikan berbagai aplikasi di beberapa kategori yang mungkin berguna bagi kamu atau mungkin beberapa yang belum kamu ketahui.

Jika sebuah aplikasi yang disarankan tidak sepenuhnya memenuhi kebutuhanmu, kamu bisa mengeksplorasi opsi lain yang potensial.

Namun, mengelola semua ini sendiri bisa menjadi tugas yang menantang. Di sinilah Optimaise hadir untuk membantu. Sebagai penyedia jasa SEO yang berpengalaman, Optimaise menawarkan solusi yang dirancang khusus untuk meningkatkan visibilitas dan performa situs webmu di mesin pencari. Hubungi Optimaise sekarang dan mulai tingkatkan strategi SEO bisnismu untuk hasil yang optimal.

[addtoany]

Baca Juga

Optimaise