Digital MarketingSEO

5 Alat Riset PPC Keyword Terbaik untuk Kesuksesan Kampanye Iklanmu

Dila

5 Alat Riset PPC Keyword Terbaik untuk Kesuksesan Kampanye Iklanmu

Memilih keyword yang tepat tidak hanya berguna di dalam strategi SEO, tapi juga untuk kampanye bayar per klik (PPC) akan meningkatkan penargetan iklanmu, sehingga meningkatkan CTR dan ROI iklanmu. Namun, bagaimana kamu bisa menemukan keyword yang tepat? Tentunya dengan menggunakan alat riset PPC keyword.

Alat riset PPC keyword dapat membantu kamu untuk menghasilkan ide keyword yang baru dan memberikan wawasan tentang biaya per klik (CPC), volume pencarian, dan tingkat persaingan.

Di dalam postingan ini, kami akan mengupas fitur utama dari beberapa alat riset PPC keyword terbaik di pasaran saat ini lengkap dengan cara menggunakannya.

Apa itu PPC Keyword?

Apa itu PPC Keyword?
Apa itu PPC Keyword?

PPC keyword adalah kata kunci yang digunakan di dalam kampanye iklan bayar per klik (CPC), seperti Google Ads. Agar bisa sukses di dalam kampanye iklanmu, kamu perlu melakukan riset PPC keyword.

Tujuan dari riset ini adalah menemukan keyword yang tepat untuk ditargetkan di dalam iklanmu. Melalui pemilihan keyword yang relevan, iklanmu akan muncul ketika pengguna mencari keyword tersebut, sehingga meningkatkan peluang mereka untuk meng-klik iklanmu.

Berikut ini adalah beberapa cara keyword dikategorikan di dalam riset PPC:

  1. Rata-rata pencarian bulanan (average monthly searches): jumlah rata-rata berapa kali keyword dicari di mesin pencari setiap bulan. Angka ini membantu kamu untuk memahami seberapa populer keyword tersebut.
  2. Cost-per-Click (CPC): Iperkiraan biaya yang akan kamu bayar setiap kali seseorang meng-klik iklanmu yang muncul untuk keyword tersebut. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor, termasuk tingkat persaingan dan relevansi iklan.
  3. Competition (CMP): skor dari 0 hingga 100 yang diberikan oleh Google Ads Keyword Planner untuk menunjukkan tingkat persaingan di dalam menempatkan iklan untuk keyword tersebut. Persaingan ini bisa dikategorikan sebagai rendah, sedang, atau tinggi, tergantung pada berapa banyak pengiklan lain yang menawarkan keyword yang sama.
  4. Top of page bid: memberikan perkiraan berapa banyak yang perlu kamu tawarkan untuk sebuah keyword agar iklanmu bisa tampil di hasil pencarian

Baca juga: 7 Cara Melakukan Compare Keyword Sebagai Strategi SEO dan PPC yang Efektif

Tools Riset PPC Keyword Beserta Cara Penggunaannya

Tools Riset PPC Keyword Beserta Cara Penggunaannya
Tools Riset PPC Keyword Beserta Cara Penggunaannya

Tools riset PPC keyword merupakan senjata utama di dalam meningkatkan efektivitas kampanye iklan CPC. Tools ini tidak hanya membantu kamu mengidentifikasi keyword yang relevan dan diminati oleh audiens target, tetapi juga memberikan insight mengenai estimasi biaya per klik, tingkat persaingan, serta rekomendasi tawarannya.

Apakah kamu penasaran dengan alat riset PPC keyword mana yang paling cocok untuk digunakan? Kami sudah mengumpulkan beberapa pilihan terbaik yang banyak digunakan oleh pengiklan lengkap dengan cara penggunaannya. Simak rekomendasi berikut ini yuk!

Google Keyword Planner

Google Keyword Planner
Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah alat yang disediakan secara gratis oleh Google untuk membantu kamu di dalam riset keyword dan perencanaan kampanye PPC. Untuk memulai menggunakan alat ini, kamu perlu membuat akun Google Ads, tetapi kamu tidak diharuskan membuat kampanye iklan secara langsung.

Setelah membuat akun Google Ads, kamu bisa langsung mengakses Google Keyword Planner dari dalam platform tersebut. Berikut langkah-langkah untuk mulai menggunakannya:

  1. Buka Google Ads dan klik “Start now” untuk masuk.
  2. Pilih “Skip campaign creation” untuk langsung menggunakan alat tanpa membuat kampanye iklan.
  3. Konfirmasikan pengaturan akunmu dan klik “Submit“.
  4. Setelah akun disiapkan, klik “Tools” di bilah menu dan pilih “Keyword Planner” di bawah “Planning“.
  5. Klik “Discover new keywords” dan pilih opsi “Start with keywords“.
  6. Masukkan keyword awal atau URL situs web yang relevan.
  7. Tekan “Get results” untuk melihat daftar PPC keyword terkait beserta metrik seperti rata-rata pencarian bulanan dan estimasi biaya untuk tawaran halaman teratas.

Kamu juga akan melihat informasi seperti perkiraan rata-rata jumlah pencarian bulanan dan riwayat biaya yang diperlukan untuk menempatkan iklan di bagian atas hasil pencarian untuk setiap keyword. Untuk alat selengkap ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun dalam menggunakannya.

Semrush Keyword Magic Tool

Semrush Keyword Magic Tool
Semrush Keyword Magic Tool

Semrush Keyword Magic Tool bisa menjadi sumber daya yang sangat berguna untuk mengembangkan daftar keyword yang lengkap untuk kampanye PPC milikmu. Dengan memulai dari satu keyword inti, alat ini mampu menghasilkan daftar lengkap keyword terkait yang dikelompokkan berdasarkan topik yang spesifik.

Informasi yang diberikan oleh alat ini berasal dari basis data terbesar di pasar yang dimiliki oleh Semrush, di mana ini mencakup lebih dari 25,5 miliar keyword.

Kelebihan ini memastikan bahwa kamu mendapatkan akses ke data yang akurat dan mendalam untuk membantu merencanakan strategi iklan PPC dengan lebih efektif dan efisien.

Ini adalah langkah-langkah untuk membangun daftar PPC keyword menggunakan Semrush Keyword Magic Tool:

  1. Mulailah dengan memasukkan keyword utama atau frasa kunci yang relevan, misalnya “sepatu lari”.
  2. Kemudian, pilih lokasi dan klik tombol “Search” atau fitur serupa untuk memulai pencarian. Alat akan menghasilkan daftar saran keyword terkait.
  3. Telusuri hasil pencarian yang menampilkan lebih dari 1,7 ribu saran keyword. Perhatikan metrik penting, seperti search intent, search volume bulanan, tingkat keyword difficulty (KD), dan CPC.
  4. Kamu dapat memilih jenis pencocokan keyword, seperti “Broad Match”, “Exact Match”, atau “Related” untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik.
  5. Urutkan grup keyword berdasarkan jumlah keyword di dalam setiap grup atau berdasarkan search volume bulanan gabungan. Untuk menyempurnakan daftar, kamu dapat meng-klik simbol mata di samping grup untuk menghilangkannya dari hasil pencarian jika tidak relevan.
  6. Untuk memfokuskan pada keyword berbasis pertanyaan, klik tombol “Questions“. Pilih kotak centang di sebelah keyword yang kamu pilih, kemudian klik “Add to keyword list” untuk menyimpan keyword tersebut ke dalam daftarmu.

Keyword Magic Tool Semrush tersedia dalam versi gratis dengan 10 kredit per hari. Jika kamu tertarik untuk berlangganan kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar $139,95 atau setara dengan Rp 2,2 juta per bulan.

Microsoft Advertising Keyword Planner

Microsoft Advertising Keyword Planner
Microsoft Advertising Keyword Planner

Microsoft Advertising Keyword Planner merupakan alat yang memungkinkan kamu untuk melakukan riset PPC keyword dan mengelola kampanye PPC di Microsoft Search Network, termasuk Bing.

Seperti halnya Google Keyword Planner, alat ini memfasilitasi pencarian keyword baru dengan memasukkan keyword awal atau URL situs web yang relevan. Kamu juga dapat menemukan ide keyword menggunakan kategori yang sesuai dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Informasi yang disediakan mencakup volume pencarian (search volume), estimasi biaya per klik (CPC), tingkat persaingan, dan tawaran minimum yang direkomendasikan untuk memastikan iklanmu dapat tampil secara optimal.

Untuk memulai menggunakan Microsoft Advertising Keyword Planner, caranya cukup sederhana. Ikuti saja langkah-langkah ini:

  1. Pastikan kamu sudah masuk ke akun Microsoft Advertising milikmu. Jika kamu belum memiliki akun, kamu perlu membuatnya terlebih dahulu.
  2. Setelah masuk, pilih menu “Tools” dan pilih opsi “Keywords“.
  3. Klik pada opsi “Search for new keywords using a phrase or website“. Ini akan membuka formulir pencarian di mana kamu dapat memasukkan keyword awal atau URL situs web yang relevan dengan bisnismu.
  4. Isilah formulir dengan keyword awal atau URL yang ingin kamu analisis. Kemudian, klik “Get suggestions” untuk melanjutkan.
  5. Alat akan menampilkan daftar lengkap saran PPC keyword yang relevan. Setiap saran keyword akan dilengkapi dengan informasi, seperti volume pencarian, perkiraan biaya per klik (CPC), tingkat persaingan, dan tawaran minimum yang disarankan.

Menariknya, kamu bisa menggunakan Microsoft Advertising Keyword Planner secara gratis setelah membuat akun Microsoft Advertising.

Semrush Keyword Overview

Semrush Keyword Overview
Semrush Keyword Overview

Laporan Semrush Keyword Overview dapat memberikan gambaran ringkas akan setiap keyword yang kamu masukkan dalam basis data mereka.

Untuk memulai, kamu cukup masukkan hingga 100 PPC keyword ke dalam kotak pencarian dan tentukan lokasi target yang relevan bagi kamu. Dari sana, Semrush akan menyediakan informasi tentang kinerja seluruh keyword tersebut.

Berikut ini langkah demi langkah tentang bagaimana menggunakan laporan Semrush Keyword Overview:

  1. Mulailah dengan memasukkan hingga 100 keyword yang ingin kamu analisis ke dalam kotak pencarian. Pilih juga lokasi target yang relevan untuk kampanyemu sebelum menekan tombol “Search“.
  2. Setelah melakukan pencarian, kamu akan diberikan berbagai informasi penting, seperti volume pencarian, tingkat kesulitan untuk menargetkan keyword tersebut, perkiraan biaya per klik (CPC), kepadatan kompetitif, dan ide-ide tambahan untuk keyword terkait.
  3. Untuk mendapatkan wawasan lebih dalam tentang nilai PPC dari keyword, gulir ke bagian bawah laporan.
    • Di sana, kamu akan menemukan “PLA Copies” yang mencantumkan produk-produk yang muncul untuk keyword tersebut dalam hasil pencarian berbayar di Google Shopping, serta “Ad Copies” yang menunjukkan iklan Google Ads teratas yang menggunakan kata kunci tersebut.
  4. Widget “Keyword Ad History” menunjukkan seberapa aktifnya pengiklan dalam menawar keyword yang kamu teliti selama 12 bulan terakhir. Untuk informasi lebih rinci, kamu dapat mengklik “View full report“.

Untuk berlangganan dengan Semrush Keyword Overview, kamu tak perlu membayar biaya berlangganan berbeda. Ini karena Semrush Keyword Overview sudah termasuk ke dalam seluruh paket berlangganan Semrush yang dimulai dengan $139,95 per bulannya.

Baca juga: Rangkuman 9 Alat SEO Berbayar yang Efektif untuk Strategi Digitalmu

Keywords Everywhere

Keywords Everywhere
Keywords Everywhere

Keywords Everywhere adalah sebuah ekstensi peramban yang tersedia untuk Google Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge, yang membantu pengguna dalam analisis keyword di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Alat ini menyediakan informasi, seperti volume pencarian, biaya per klik (CPC), dan tingkat persaingan untuk setiap keyword yang dicari. Selain itu, Keywords Everywhere juga memberikan metrik trafik situs web, termasuk estimasi trafik dan jumlah trafik yang mendapat peringkat.

Dalam menggunakan Keywords Everywhere, pengguna dapat membeli kredit di mana satu kredit setara dengan satu keyword. Terdapat beberapa paket berlangganan yang ditawarkan, dengan setiap paket memberikan tunjangan kredit tahunan yang berbeda.

Paket dasarnya dinamakan dengan Paket Bronze yang ditawarkan dengan biaya $2,25 atau sekitar Rp36 ribu per bulan dengan menyediakan 100.000 kredit per tahun.

Dari berbagai alat PPC keyword yang telah dijelaskan sebelumnya, terlihat bahwa setiap alat memiliki keunggulannya masing-masing untuk membantu pengguna merencanakan dan mengelola kampanye iklan bayar per klik (CPC) dengan efektif.

Sebagai penyedia jasa SEO, Optimaise menawarkan solusi yang dapat mengoptimalkan strategi SEO dan digital marketing secara holistik. Dengan fokus pada pengalaman pengguna yang dipersonalisasi dan strategi berbasis data, Optimaise dapat membantu kamu untuk meningkatkan visibilitas online dan menghasilkan trafik yang lebih berkualitas untuk situs webmu.

Dapatkan konsultasi gratis atau mintalah penawaran khusus untuk kebutuhan SEO bisnismu dengan mengunjungi situs web Optimaise sekarang juga!

Baca Juga

Optimaise