WebsiteEdukasiHosting

Rekomendasi 6 Domain Gratis Ini untuk Kamu

Dwi

domain gratis

Sebelum membuat website, kamu wajib punya domain terlebih dulu. Domain adalah rangkaian nama unik yang membantu pengguna internet maupun mesin pencari mengidentifikasi sebuah website. Dengan kata lain, domain adalah identitas dari website itu sendiri. Sebagai contoh, domain dari website Optimaise adalah www.optimaise.com.

 Untuk mendapatkan domain, kamu bisa membelinya. Tapi jangan terkejut jika harganya lumayan menguras kantong. Apalagi, jika kamu ingin mendapatkan domain populer. Untungnya, sekarang sudah semakin banyak penawaran domain gratis bagi kamu yang ingin membuat website dengan budget terbatas. Simak rekomendasinya berikut, yuk!

Domain Gratis: Biz.nf

Kalau kamu cari domain gratis, kamu bisa mendapatkannya di sini. Jenis domain dari Biz.nf dengan format ekstensi .co.nl memang belum terlalu populer. Tapi, tentunya hal ini sebenarnya sangat cukup bagi kamu yang baru saja merintis website. Bisnis ini sudah menawarkan domain tak berbayar kepada pemilik website sejak tahun 2008.

Walaupun gratis, dari segi kualitas domain ini juga patut diacungi jempol. Mereka menawarkan domain yang gampang banget untuk digunakan. Sehingga, cocok bagi para pengelola situs pemula maupun pemilik website atau blog pribadi. Tertarik mencoba?

Domain Gratis: Freenom

Freenom
Freenom

Pilihan domain gratis lainnya bisa kamu akses melalui situs Freenom. Berbeda dari Biz.nf yang hanya menawarkan satu nama ekstensi saja, di sini kamu bisa memilih dari variasi yang ada. Jenis ekstensi domain yang tersedia di sini antara lain: .tk, .ga, .ml, .gq, dan.cf.  Freenom sendiri menggunakan ekstensi .tk yang merupakan akronim dari Pulau Tokelau yang berlokasi di antara Hawaii dan New Zealand.

Baca juga: Apa Itu Domain dan 4 Fakta Menarik Tentangnya

Pulau Tokelau merupakan basis utama dari domain ini. Domain .tk punya jumlah basis pengguna terbesar kelima di dunia. Jadi, ini bisa menjadi solusi buat kamu yang mencari domain yang populer tanpa membayar uang sepeser pun.

Domain Gratis: Dot.tk

Dot.tk
Dot.tk

Selain di Freenom, domain .tk bisa kamu dapatkan secara gratis di Dot.tk. Perusahaan ini ternyata juga berbasis di Pulau Tokelau, lho. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2001 ini memang sudah lama memberikan domain secara cuma-cuma bagi pengelola website pemula. Setelah mendaftarkan domain di situs ini, kamu akan mendapatkan ekstensi www.situsmu.do.tk.

Tapi, sebelum menggunakan domain ini ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Yang pertama, jangan harap performa situsmu bisa secepat jika kamu menggunakan domain berbayar. Karena, kecepatan dari domain yang disediakan perusahaan ini memang bisa dibilang kurang memuaskan.

TMD Hosting

TMD Hosting
TMD Hosting

Apakah domain gratis berarti kamu harus puas dengan kualitas seadanya? Jawabannya, nggak! Kamu bisa kok mendapatkan domain tanpa memungut biaya sepeserpun dengan kualitas terbaik dari TMD Hosting. Layanan ini termasuk yang paling kami rekomendasikan. Karena, selain gratis perusahaan ini juga menjamin domain yang mereka berikan punya performa kecepatan tinggi dan menjamin keamanan data-data websitemu. Nah, kalau kamu ingin meningkatkan kecepatan dan keamanan domain, TMD Hosting menyediakan beberapa pilihan paket hosting dengan harga bervariasi.

Baca juga: 3 Cara Mengecek Domain Paling Efektif

Biz.ly

Biz.ly
Biz.ly

Kamu ingin membuat website untuk keperluan bisnismu? Kamu bisa lho mendapatkan domain gratis dari Biz.ly. Perusahaan ini memberikan domain secara cuma-cuma dengan ekstensi domain yang terlihat catchy. Sehingga, pilihan ini ideal banget buat kamu yang ingin membuat website online untuk bisnismu. Bagi yang sudah mendaftarkan domain di sini, kamu akan mendapatkan alamat website yaitu: www.tokoonlinemu.biz.ly. Layanan domain ini juga tergolong sangat ramah untuk pemula. Jadi, jangan ragu-ragu untuk mendaftarkan domain di sini, ya!

Wix

Nama Wix dalam dunia domain memang nggak perlu diragukan lagi. Situs ini nggak hanya dikenal sebagai penyedia platform website saja. Di sini kamu juga bisa mendaftarkan domain, lho. Nggak hanya domain berbayar, Wix juga menawarkan paket domain gratis dengan fitur-fitur yang lumayan lengkap. Salah satu fitur andalannya adalah fitur subdomain yang memudahkan kamu dalam membuat websitemu nantinya.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Organik Traffik dengan Cepat dan Efisien

Tips Memilih Nama Domain Terbaik

Tips Memilih Nama Domain Terbaik
Tips Memilih Nama Domain Terbaik

Nah, sekarang kamu sudah tahu dimana tempat yang cocok untuk mendapatkan domain gratis. Langkah selanjutnya adalah kamu perlu menentukan nama domainmu. Pemberian nama domain ini tentunya nggak boleh dilakukan sembarangan. Karena jika nama domain tersebut terlalu rumit, maka pengunjung website akan mengalami kesulitan dalam menemukan situsmu nantinya. Makanya, simak dulu tips berikut ini, yuk!

Gunakan Nama Domain yang Singkat dan Gampang Diingat

Gunakan Nama Domain yang Singkat dan Gampang Diingat
Gunakan Nama Domain yang Singkat dan Gampang Diingat

Salah satu syarat dalam membuat nama domain adalah pastikan nama tersebut singkat dan juga mudah diingat. Karena, bagaimanapun juga domain situsmu akan menjadi brand image dari bisnismu di dunia online. Idealnya, sebuah nama domain sebaiknya berjumlah maksimal 3 kata. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa membuat nama domain yang terdiri dari satu atau dua kata. Karena nama domain yang pendek otomatis membuat situsmu jadi lebih gampang diingat.

Selain itu, nama domain yang pendek juga akan sangat berguna saat kamu akan mencantumkannya pada akun media sosial. Tapi, perlu kamu tahu bahwa banyak banget yang mengincar nama domain yang pendek. Jadi, jika kamu sudah mendapatkan ide, segera gunakan domain gratis dan mendaftarkannya, ya!

Pilih Domain dengan Nama yang Mudah DIeja dan Diketik

Pilih Domain dengan Nama yang Mudah DIeja dan Diketik
Pilih Domain dengan Nama yang Mudah DIeja dan Diketik

Saat memilih nama domain, pastikan nama domain yang kamu buat bisa dieja dengan mudah. Soalnya, perbedaan satu suku kata saja di dalam nama domain tersebut bisa menghubungkan calon pengunjung situsmu ke website lainnya. Tentunya, kamu nggak ingin hal tersebut terjadi, kan? Dalam membuat domain website yang mudah diinget dan gampang diketik, berikut tips yang bisa kamu lakukan:

  • Nama domain sebaiknya nggak lebih dari 3 kata
  • Hindari menggunakan tanda baca hyphen (-)
  • Gunakan ejaan baku
  • Jika memungkinkan, sebaiknya hindari menggunakan angka. Karena, bisa jadi orang salah paham dalam mengetikkan kata “empat” atau angka “4”.

Menggunakan Nama Brand

Menggunakan Nama Brand
Menggunakan Nama Brand

Cara termudah dalam membuat nama domain adalah menggunakan nama brand dari bisnismu. Hal ini bisa membantu meningkatkan tingkat kepercayaan atau trust dari para konsumenmu. Selain itu, nama merek yang dijadikan nama domain juga bisa membantu meningkatkan brand awareness pengunjung terhadap merek dagangmu. Contohnya, adalah perusahaan Optimaise yang menggunakan www.optimaise.com sebagai nama domainnya.

Buat Nama yang akan Selalu Relevan dengan Bisnismu

Buat Nama yang akan Selalu Relevan dengan Bisnismu
Buat Nama yang akan Selalu Relevan dengan Bisnismu

Hal yang perlu kamu ketahui mengenai domain adalah, begitu kamu mendaftarkannya maka kamu nggak akan bisa mengubah namanya. Maka dari itu, sebaiknya pilih nama domain yang akan tetap relevan terlepas dari jenis bisnis yang kamu jalani. Sebaiknya, hindari memasukkan nama produk di dalam domain tersebut.

Karena, jika suatu saat kamu beralih ke bisnis lainnya, maka website tersebut nggak akan bisa digunakan kembali. Redirect bisa menjadi solusi. Tapi, itu artinya kamu harus membuat nama domain lagi. Dan, tentunya kamu akan menghabiskan lebih banyak biaya lagi untuk mengoptimasi situs itu dari nol.

Semoga ulasan di atas memberikan informasi yang kamu butuhkan, ya! Kalau kamu ingin mendapatkan domain gratis dengan ekstensi .com, kamu bisa memesannya di Optimaise. Di dalam paket pembuatan website yang diluncurkan perusahaan ini, kamu nggak hanya akan mendapatkan domain gratis, tetapi juga hosting dan SSL secara cuma-cuma. Performa websitemu juga dijamin akan cepat dengan tampilan mobile-friendly. Untuk informasi lebih lanjut, bisa hubungi CP kami, ya!

Baca Juga

Optimaise