Digital MarketingSEO

11 Praktik Terbaik Google Maps SEO untuk Mendominasi Pencarian Lokal

Andy Chrisman Sianturi

11 Praktik Terbaik Google Maps SEO untuk Mendominasi Pencarian Lokal

Google sering menjadi tempat pertama yang dituju sebagian orang untuk mencari layanan atau bisnis. Saat berada di tempat baru, mereka dengan cepat mencari tempat makan siang lokal.

Saat mereka membutuhkan tempat untuk membawa mobil mereka untuk perbaikan darurat, mereka mencari mekanik terbaik di kotanya melalui Google. Dan Google Maps hadir untuk memfasilitasi pencarian mereka.

Untuk menjangkau audiens ini, bisnis atau perusahaanmu harus menonjol di dalam hasil pencarian lokal berbasis Google Maps. Berikut ini adalah panduan untuk menggunakan Google Maps SEO yang hebat ini.

Apa itu Google Maps SEO?

Apa itu Google Maps SEO?
Apa itu Google Maps SEO?

Proses mengoptimalkan profil bisnismu di Google Maps, di mana tujuannya untuk meningkatkan visibiltasnya di dalam hasil pencarian lokal dikenal sebagai Google Maps SEO.

Ini berasal dari Google yang sering kali menampilkan maps dan daftar bisnis yang relevan di saat orang memasukkan kueri penelusuran untuk lokasi tertentu. Jika Google percaya bahwa maksud penelusuran adalah pencarian lokal, maka Google juga akan melakukannya.

Proses mengoptimalkan cantuman bisnismu di Google Maps untuk meningkatkan peringkatnya dalam hasil pencarian lokal ini dikenal sebagai Google Maps SEO.

Google sering menampilkan peta dan daftar bisnis yang relevan saat orang memasukkan kueri penelusuran untuk lokasi tertentu. Jika Google percaya bahwa maksud penelusuran adalah lokal, Google juga akan melakukannya.

Baca juga: 10 Strategi Mobile Local Marketing untuk Tingkatkan Konversi

Misalnya, jawaban untuk kueri “restoran di sekitar saya” akan berupa paket lokal yang terdiri dari tiga cantuman bisnis dan maps.

Manfaat Google Maps SEO Bagi Bisnis

Manfaat Google Maps SEO Bagi Bisnis
Manfaat Google Maps SEO Bagi Bisnis

Peringkat di Google Maps sangat penting bagi bisnis yang bergantung pada konsumen lokal. Manfaat Google Maps SEO bagi bisnis tidak hanya terbatas pada peningkatan trafik dan penjualan, tetapi juga mencakup peningkatan reputasi dan kepercayaan pelanggan.

Mari kita telusuri lebih dalam bagaimana Google Maps SEO dapat membawa keuntungan besar bagi bisnismu melalui penjelasan berikut ini.

  1. Seberapa sesuai Google Business Profile (GBP) milikmu yang sebelumnya dikenal sebagai Google My Business dengan query yang dicari seseorang merupakan komponen yang digunakan Google untuk menentukan hasil pencarian lokal. Mengisi dan mengoptimalkan profilmu dapat membantu bisnismu ditemukan di pencarian lokal.
  2. Menampilkan situs webmu di Google Maps dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke situs webmu, dengan kemungkinan 70% lebih tinggi di mana orang akan mengunjungi bisnismu melalui GBP.
  3. Jika GBP milikmu ditampilkan di Google Maps, kamu dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas di mata pencari. Diumpamakan orang akan 2,7 kali lebih mungkin menganggap bisnismu memiliki reputasi yang baik.
  4. GBP memungkinkan kamu menampilkan informasi penting, seperti alamat bisnis, situs web, dan nomor telepon. Informasi ini membantu calon pelanggan memahami apa yang kamu lakukan dan kapan kamu buka, serta ulasan yang kamu dapatkan.

Langkah yang Tepat untuk Meningkatkan SEO Melalui Google Maps

Langkah yang Tepat untuk Meningkatkan SEO Melalui Google Maps
Langkah yang Tepat untuk Meningkatkan SEO Melalui Google Maps

Ingin bisnismu mudah ditemukan oleh pelanggan di sekitarmu? Optimasi Google Maps SEO bisa jadi solusi yang tepat.

Dengan beberapa langkah strategis, kamu bisa memastikan bisnismu muncul di maps pencarian lokal, menarik lebih banyak pelanggan, dan meningkatkan visibilitas online.

Bagaimana caranya? Yuk, simak langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan SEO bisnismu melalui Google Maps di bawah ini!

Daftarkan atau Klaim Bisnis di Google Maps

Daftarkan atau Klaim Bisnis di Google Maps
Daftarkan atau Klaim Bisnis di Google Maps

Untuk meningkatkan Google Maps SEO, buat GBP bisnismu atau buat klaim profil yang belum diverifikasi yang sebelumnya dibuat oleh Google.

Untuk memastikan apakah profil perusahaanmu terdaftar di Google, kamu dapat menemukannya di bagian sisi kanan halaman hasil mesin pencari (SERP).

Kamu dapat memperbarui informasi penting tentang perusahaanmu di profil Google Business Profile milikmu, seperti nama bisnis, alamat, nomor telepon, jam operasional, dan masih banyak lagi.

Caranya, setelah kamu membuka halaman GBP bisnismu, klik “Manage now” untuk memulai prosedur.

Optimalkan Profil Google Business Profile

Optimalkan Profil Google Business Profile
Optimalkan Profil Google Business Profile

Setelah kamu menyelesaikan klaimmu, kini saatnya untuk mengoptimalkan GBP bisnismu. Alat Listing Management Semrush bisa membuat kamu lebih mudah dan lebih cepat daripada melakukannya secara langsung di profilmu.

Setelah kamu mendaftarkan informasi bisnismu, alat tersebut akan secara otomatis memperbarui GBP dan banyak direktori lainnya secara bersamaan, seperti Bing, Facebook, Yelp, Alexa, dan banyak lagi di antaranya.

Untuk memulai, buka Listing Management dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Setelah Listing Management Semrush terbuka, masukkan nama bisnismu.
  2. Temukan dan klik nama bisnismu.
  3. Lihat informasi tentang cantuman bisnismu di berbagai direktori.
  4. Gulir ke bagian “Fix these to improve and expand your coverage”.
  5. Jika ada masalah dengan “Google Business Profile,” itu akan tercantum di kolom direktori.
  6. Klik tombolContinue setup. Hubungkan akun GBP bisnismu dengan Listing Management.
  7. Setelah konfigurasi selesai, kamu akan masuk ke dasbor untuk mengelola akun GBP bisnismu.

Untuk memperbarui dan meningkatkan profilmu, lakukan hal-hal berikut:

  1. Masukkan informasi bisnismu yang akurat, seperti alamat, nomor telepon, alamat situs web, jam operasional, dan parkir.
  2. Pilih kategori yang paling cocok untuk perusahaanmu.
  3. Tulis deskripsi perusahaan yang menarik yang menunjukkan mengapa klien harus memilihmu.
  4. Demonstrasikan barang dan jasa perusahaanmu, baik interiornya maupun eksteriornya.
  5. Beritahu orang lain tentang bisnismu melalui pembaruan, promosi, dan acara (event).

Bagikan Konten di Profil

Untuk menjaga profilmu tetap segar dan menarik lebih banyak pelanggan, gunakan fitur “Posting” di dalam GBP. Misalnya, ini adalah contoh bagaimana restoran lokal dapat memanfaatkan fitur konten:

  1. Promosikan pendatang baru: bagikan postingan tentang menu baru yang dirilis, menu yang paling laris, dan pilihan staf.
  2. Umumkan event: promosikan acara khusus seperti tema makan malam, acara musik live, atau kelas memasak yang akan datang.
  3. Sorot penjualan: beri tahu tentang penjualan, diskon, dan penawaran eksklusif yang akan datang.
  4. Bagikan rekomendasi yang berkaitan dengan musim: beri saran menu yang berfokus pada musim dan hari libur, seperti Idul Fitri, natal, hari kemerdekaan, dan sebagainya.

Kelola dan Balas Ulasan

Kelola dan Balas Ulasan
Kelola dan Balas Ulasan

Mengawasi dan menanggapi ulasan positif yang ada di GBP dapat membantu menjaga reputasi online bisnismu. Ini adalah metode paling efektif untuk mengelola dan menanggapi ulasan di Google:

  1. Untuk mendapatkan pemberitahuan setiap kali ada ulasan baru yang diposting, sebaiknya aktifkan pemberitahuan. Pemantauan secara berkala memungkinkan kamu untuk menanggapi dan mengatasi masalah yang muncul dengan segera.
  2. Respon setiap ulasan, apakah itu positif atau negatif. Ucapkan terima kasih kepada pelanggan atas ulasan positif mereka, dan selesaikan masalah di dalam ulasan negatif.
  3. Bersikaplah sopan terhadap pujian atau keluhan pengulas dan gunakan nada bicara profesional saat menanggapinya.
  4. Jika tersedia, gunakan nama pengulas dan rujuk detail ulasan mereka untuk menunjukkan bahwa kamu menghargai komentar mereka.
  5. Tanggapanmu harus ringkas dan jelas.

Ulasan sangat penting untuk pemeringkatan Google Maps SEO, jadi dorong pelanggan yang puas untuk meninggalkan ulasan secara langsung atau sertakan tautan di email atau tanda terima.

Untuk mendapatkan ulasan langsung dari pelanggan, ikuti langkah-langkah berikut di dasbor GBP bisnismu:

  1. Di dalam dasbor GBP, cari tombol atau opsi yang bertuliskan “Ask for reviews“. Ketika kamu meng-kliknya, akan muncul sebuah kotak yang berisi tautan unik khusus untuk promosimu.
  2. Salin tautan yang muncul di kotak tersebut. Ini adalah tautan khusus yang bisa kamu bagikan langsung kepada pelangganmu.

Sampaikan tautan ini kepada pelanggan, misalnya melalui email, pesan teks, atau media sosial. Pelanggan dapat langsung menggunakan tautan tersebut untuk menulis ulasan tentang pengalaman mereka dengan bisnismu di Google Maps.

Optimalkan Situs Web untuk Pencarian Lokal

Sangat penting untuk mengoptimalkan situs webmu untuk local search demi menarik konsumen lokal. Ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

  1. Sebagai bagian dari strategi Google Maps SEO, masukkan kota atau lokasimu di dalam konten, meta tag, dan judul. Ini membantu Google dalam melihat bisnismu relevan dengan penelusuran lokal.
  2. Buat halaman khusus untuk setiap lokasi, meskipun kamu hanya memiliki satu. Sesuaikan konten dengan lokasi, seperti alamat, nomor telepon, jam operasional, dan ulasan pelanggan.
  3. Untuk meningkatkan visibilitas situs webmu di pencarian, gunakan keyword lokal di title tag dan meta description.
  4. Banyak orang menelusuri pencarian lokal melalui ponsel, jadi desain situs webmu harus responsif.
  5. Untuk membuat bisnismu muncul di semua halaman web, masukkan nama, alamat, dan nomor telepon perusahaanmu di bagian bawah situs web. Pengunjung juga akan lebih mudah melihat NAP (nama, alamat, dan nomor telepon) di bagian isi halaman utama, seperti home page dan kontak.
  6. Beritahu audiens lokalmu tentang acara lokal, berita, dan informasi terkini tentang bisnismu.
  7. Untuk membuat pelanggan lokal dan bot pencarian lebih mudah menemukan halaman terpentingmu, tautkan halaman tersebut di navigasi utama situs webmu.

Pastikan NAP Konsisten di Semua Listing

Pastikan NAP Konsisten di Semua Listing
Pastikan NAP Konsisten di Semua Listing

Pastikan konsistensi di situs web, ini karena Google dapat menggunakan kutipan NAP untuk memverifikasi informasi bisnismu.

Kamu harus melakukannya secara manual di seluruh platform jika kamu tidak menggunakan alat seperti Listing Management Semrush.

Jika kamu belum melakukannya, buat akun di semua direktori yang terkait. Setelah itu, pastikan bahwa alamat, nomor telepon, dan namamu telah sesuai di semua platform, seperti GBP, Facebook, Apple Maps, Bing Places, dan direktori lokal.

Backlink adalah tautan yang mengarah kembali ke situs webmu dan ia berasal situs web lain. Backlink sangat penting untuk SEO karena Google melihatnya sebagai suara kepercayaan, dan semakin banyak backlink berkualitas yang dimiliki situs webmu, maka kamu akan semakin dipercaya Google.

Karena itu, pembuatan tautan sangat penting untuk strategi Google Maps SEO bisnismu. Ini adalah kiatnya:

  1. Daftarkan perusahaanmu ke direktori online lokal, seperti Yelp dan situs kamar dagang lokal lainnya.
  2. Beritakan melalui situs berita lokal.
  3. Terhubung dengan blogger yang terlibat di dalam industrimu.
  4. Sponsori acara di wilayahmu dan mintalah backlink dari situs web mereka.
  5. Situs webmu harus digunakan untuk mempromosikan silang bisnis lokal lainnya.
  6. Sesuaikan kontenmu dengan audiens lokalmu melalui panduan, infografis, atau video.
  7. Membuat dan menyebarkan siaran pers tentang peristiwa atau pencapaian penting yang terkait dengan bisnismu.

Tambahkan Skema Bisnis Lokal

Tambahkan Skema Bisnis Lokal
Tambahkan Skema Bisnis Lokal

Jenis data terstruktur yang dikenal sebagai schema dapat kamu gunakan untuk memberi Google konteks tambahan tentang bisnismu dengan cara memasukkan data ke dalam sumber HTML home page situs webmu.

Dengan menggunakan LocalBusiness Schema, kamu dapat menandai informasi bisnis bermanfaat. Sebagai NAP, situs web, dan waktu operasionalnya. Bisnismu kemudian dapat muncul dengan cuplikan yang lebih kaya (rich sinppet) di dalam hasil penelusuran.

Targetkan Long-Tail Keyword

Targetkan Long-Tail Keyword
Targetkan Long-Tail Keyword

Dibandingkan dengan “istilah utama” yang lebih pendek dan lebih luas, long-tail keyword adalah kata kunci yang sangat spesifik dengan volume pencarian yang lebih rendah.

Misalnya, istilah “service AC” adalah istilah utama, dan keyword “service AC Samsung di Jakarta Selatan” adalah keyword yang lebih panjang.

Karena pencari lebih mungkin tertarik pada produk atau layanan tertentu, maka long-tail keyword juga cenderung memiliki rasio konversi (conversion rate) yang lebih tinggi. Karena beberapa alasan, menargetkan long-tail keyword berguna untuk Google Maps SEO, seperti berikut ini:

  1. Jika kamu menargetkan wilayah tertentu, mungkin lebih mudah untuk menentukan peringkat untuk long-tail keyword tertentu.
  2. Orang-orang yang sudah lebih jauh dalam proses pembelian cenderung tertarik dengan keyword ini karena lebih spesifik.
  3. Dengan menyertakan kata-kata lokal di dalam frasa, kamu dapat menargetkan pelanggan lokal secara lebih efektif. Ini dapat membantu kamu untuk menarik pelanggan yang mencari bisnis seperti milikmu di area mereka.

Baca juga: 7 Cara Optimasi Local SEO Ini Wajib Kamu Coba

Sematkan Google Maps di Situs Web

Sematkan Google Maps di Situs Web
Sematkan Google Maps di Situs Web

Strategi Google Maps SEO selanjutnya adalah dengan menambahkan Google Map ke situs webmu, seperti halaman lokasi atau halaman kontak, kamu dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan membantu orang untuk menemukan bisnismu.

Ini dapat membantu Google dalam memahami konteks geografis perusahaanmu juga. Sebagai contoh, Waroeng Steak and Shake menambahkan Google Map ke halaman lokasi mereka di Indonesia dengan menampilkan wilayah yang mereka layani.

Gunakan Iklan Berbayar untuk Meningkatkan Keterlibatan

Gunakan Iklan Berbayar untuk Meningkatkan Keterlibatan
Gunakan Iklan Berbayar untuk Meningkatkan Keterlibatan

Google Local Services Ads membantu bisnismu di dalam menarik pelanggan baru dan mengumpulkan prospek melalui panggilan dan pemesanan.

Iklan ini muncul di bagian atas SERP Google dan dapat menampilkan peringkat, jumlah ulasan, jam operasional, dan informasi lainnya. Beberapa teknik terbaik untuk membuat iklan seperti ini adalah:

  1. Lengkapi profilmu dengan kategori bisnis yang relevan dan informasi yang akurat.
  2. Anggaran harus disesuaikan dengan sasaran bisnismu dan disesuaikan dengan hasil iklanmu.
  3. Pastikan iklanmu hanya menjangkau pelanggan lokal.
  4. Menarik perhatian dan menunjukkan layananmu dengan menyertakan foto dan video.
  5. Iklanmu harus hanya ditampilkan pada jam-jam tertentu ketika kamu yakin audiens targetmu akan mencarinya.

Google Maps memang menjadi platform yang sangat penting bagi bisnis lokal dalam persaingan digital saat ini. Untuk dapat bersaing secara efektif, memiliki strategi Google Maps SEO yang tepat adalah krusial.

Sebagai penyedia jasa SEO yang berpengalaman, Optimaise siap membantu kamu mengoptimalkan profil bisnismu di Google Maps, sehingga dapat menarik lebih banyak trafik dan meningkatkan konversi. Hubungi Optimaise hari ini untuk memulai perjalananmu menuju visibilitas bisnismu di mesin pencari!

Baca Juga

Optimaise