Digital MarketingSEO

Kenali 4 Peran SEO Manager Lengkap dengan Skill dan Gajinya

Tiara Motik

Kenali 4 Peran SEO Manager Lengkap dengan Skill dan Gajinya

SEO adalah salah satu bidang pemasaran yang mencakup banyak disiplin ilmu. Ini melibatkan berbagai aspek, seperti saluran pemasaran, produk, dan pengembangan.

Seorang SEO manager bertugas untuk memastikan semuanya berjalan lancar dan sesuai dengan strategi marketing serta tujuan bisnis.

Lalu, apa sebenarnya tugas sehari-hari seorang SEO manager? Keterampilan apa yang paling dibutuhkan untuk menjadi seorang profesional SEO? Dan berapa penghasilan yang bisa kamu harapkan? Kami punya jawabannya. Mari telusuri lebih lanjut.

Apa itu SEO Manager?

Apa itu SEO Manager?
Apa itu SEO Manager?

SEO manager bekerja dengan perusahaan untuk meningkatkan visibilitas mereka di halaman hasil mesin pencari. Ia membantu perusahaan menggunakan keyword dan format yang tepat agar lebih mudah ditemukan oleh pelanggan di mesin pencari.

Ia memikirkan semua aspek pencarian dan membuat strategi untuk menarik pengunjung yang membutuhkan layanan tertentu.

Dengan begitu banyak halaman web yang ada, SEO manager membantu menargetkan konten yang tepat untuk menarik pengunjung yang sesuai ke situs web.

SEO manager tidak sendiri dalam bekerja, ia bekerja sama dengan tim digital marketing yang mengelola konten online perusahaan untuk memastikan hasil yang diinginkan tercapai.

Biasanya, SEO manager memiliki latar belakang teknologi dan memahami cara kerja berbagai mesin pencari di dalam menyaring hasil pencarian.

Baca juga: Seperti Apa Pekerjaan SEO Specialist? Ketahui Job Description dan 5 Skillnya

Peran Seorang SEO Manager

Peran Seorang SEO Manager
Peran Seorang SEO Manager

Jika kamu tengah mencari pekerjaan yang bervariasi, kamu beruntung. Tugas harianmu saat menjadi seorang SEO manager akan berbeda tergantung apakah kamu bekerja di dalam satu perusahaan atau di agensi yang menangani banyak klien.

Misalnya, bekerja di dalam perusahaan biasanya akan melibatkan lebih banyak pekerjaan taktis, sementara bekerja di agensi lebih sering melibatkan pertemuan dan perencanaan strategi.

Untuk memudahkan pemahaman, berikut ini terdapat pembagian beberapa tugas harian SEO manager ke dalam 4 kategori.

Pengelolaan

Pengelolaan
Pengelolaan

SEO manager biasanya mengelola banyak aspek dan orang. Di perusahaan kecil, mereka sering bertanggung jawab atas seluruh departemen SEO dan melapor langsung kepada CMO.

Sementara itu, di dalam tim marketing yang lebih besar, mungkin ada head of SEO di antara mereka. Manajemen bisa tampak seperti istilah yang luas.

Berikut adalah contoh tugas manajerial yang umumnya dilakukan di dalam peran ini:

  1. Menghadiri pertemuan dengan klien dan anggota tim.
  2. Mengkoordinasikan tugas tim, menjawab pertanyaan, dan menyelesaikan masalah.
  3. Mengurus pendidikan, pelatihan, dan motivasi tim.
  4. Bekerja sama dengan pemangku kepentingan.
  5. Menyiapkan presentasi singkat untuk klien baru dan potensial jika kamu bekerja di agensi.

Merancang Strategi

Merancang Strategi
Merancang Strategi

Strategi SEO adalah rencana terperinci yang dirancang untuk meningkatkan posisi sebuah situs web di halaman hasil mesin pencari, seperti Google.

Tujuan utamanya adalah untuk membuat situs web lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mencari informasi terkait dengan bisnis atau layanan yang ditawarkan.

Umumnya SEO manager akan mengerjakan beberapa hal ini di dalam menyusun strategi SEO:

  1. SEO manager merancang berbagai kampanye yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs web. Kampanye ini bisa melibatkan berbagai teknik, seperti riset keyword, optimasi konten, link building, dan lain-lain.
  2. Setelah merencanakan kampanye, SEO manager memastikan bahwa semua langkah diimplementasikan dengan benar. Ini bisa melibatkan penyesuaian konten di situs web, memastikan keyword digunakan secara efektif, serta tautan yang dibangun berkualitas tinggi dan relevan.
  3. Semua upaya SEO harus selaras dengan rencana marketing yang lebih besar dari perusahaan. Ini berarti bahwa SEO bukanlah aktivitas yang berdiri sendiri, tetapi bagian dari strategi pemasaran digital yang komprehensif. Misalnya, jika perusahaan menjalankan kampanye iklan, maka konten SEO harus mendukung dan memperkuat pesan dari iklan tersebut.

Secara keseluruhan, strategi SEO yang disusun dengan baik membantu memastikan bahwa situs web muncul di hasil pencarian, menarik lebih banyak pengunjung yang relevan, dan pada akhirnya membantu mencapai tujuan bisnis, seperti meningkatkan penjualan atau memperluas jangkauan merek.

Implementasi Taktik

Implementasi Taktik
Implementasi Taktik

Taktik di dalam konteks SEO adalah bagaimana kamu menerapkan strategimu untuk mencapai kesuksesan. Ini mencakup semua teknik, upaya, aktivitas, dan langkah konkret yang kamu lakukan untuk meningkatkan visibilitas situs webmu di mesin pencari.

Sebagai seorang SEO manager, tugas-tugas taktismu mungkin melibatkan pekerjaan yang lebih kompleks atau canggih yang kemungkinan besar bisa kamu lakukan dengan lebih baik daripada anggota tim lainnya.

Ini bisa mencakup meninjau rencana konten, merancang garis besar, menyusun draf, atau memberikan usulan perubahan teknis.

Jumlah pekerjaan taktis yang kamu tangani sebagai manajer akan bergantung pada sumber daya yang tersedia untuk proyek SEO yang sedang berjalan.

Jika kamu memiliki tim kecil, kamu mungkin akan lebih terlibat dalam pekerjaan SEO langsung daripada jika kamu mengelola tim besar dengan SEO specialist yang berpengalaman.

Pelaporan

Pelaporan
Pelaporan

Ketika kita membicarakan pelaporan, biasanya kita akan teringat dengan laporan SEO bulanan yang sudah umum. Laporan ini dibuat sekali sebulan untuk menggambarkan perubahan, peningkatan, atau penurunan kinerja situs web.

Namun, ini bukanlah tugas sehari-hari. Namun, jika kamu bekerja di agensi dengan banyak klien, pembuatan laporan bulanan mungkin menjadi aktivitas yang sering dilakukan.

Selain laporan bulanan, ada juga laporan ad hoc. Laporan ini tidak selalu untuk klien atau pemangku kepentingan, tetapi lebih kepada penggunaan dalam tim atau untuk memantau kemajuan proyek. Beberapa SEO manager bahkan menyebutkan bahwa mereka memeriksa alat pelaporan setiap hari.

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi SEO Manager

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi SEO Manager
Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi SEO Manager

Pertanyaan kedua yang paling sering ditanyakan adalah keterampilan atau skill yang dibutuhkan untuk menjadi SEO manager.

Namun perlu diingat, selain pengalaman dan keterampilan SEO yang kuat, soft skill juga sangat penting.

Keterampilan teratas yang dibutuhkan untuk menjadi SEO manager yang berkualitas adalah sebagai berikut.

Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan Berkomunikasi
Kemampuan Berkomunikasi

Banyak dari tugas sehari-hari dalam manajemen SEO yang disebutkan sebelumnya melibatkan komunikasi. Berikut adalah arti pentingnya keterampilan komunikasi dalam dunia SEO:

  1. Kemampuan untuk menjelaskan konsep SEO yang kompleks dengan bahasa sederhana agar dipahami oleh semua orang, termasuk yang bukan SEO expert.
  2. Mengatur tugas dengan jelas sehingga semua orang mengerti apa yang harus dilakukan dan tujuan dari tugas tersebut.
  3. Mampu memberikan masukan secara konstruktif kepada anggota tim.
  4. Memiliki empati terhadap rekan kerja di dalam tim.
  5. Keterampilan negosiasi yang baik dan mampu menjelaskan nilai SEO kepada pemangku kepentingan dengan efektif.

Pola Pikir Kritis

Pola Pikir Kritis
Pola Pikir Kritis

Memiliki ketertarikan atau minat dalam data sangat penting dalam setiap peran marketing, terutama di dalam SEO.

Tanpa pemahaman tentang data yang relevan, artinya, dan manfaatnya, kamu akan kesulitan dalam mengoptimalkan strategi SEO. Ini juga berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis.

Kemampuan menggunakan alat analisis, seperti Google Analytics, Google Search Console, dan perangkat SEO lainnya, seperti Ahrefs dan Semrush adalah kunci untuk menjadi SEO manager yang hebat.

Dengan menggunakan data dari alat-alat ini, kamu dapat membuat laporan SEO yang informatif dan bermanfaat.

Kemampuan Manajemen Waktu

Kemampuan Manajemen Waktu
Kemampuan Manajemen Waktu

Meskipun kamu mungkin bukan seorang manajer, kamu mungkin juga mengalami kesibukan dengan pesan berlimpah, tenggat waktu yang ketat, dan rapat yang tidak berkesudahan.

Inilah saatnya bagi kamu untuk menciptakan sistem yang efisien dan memahami kekacauan yang mungkin terjadi. Kesibukan akan semakin bertambah saat kamu maju dan kamu juga akan bertanggung jawab atas kekacauan yang mungkin terjadi di sekitarmu.

Namun, dengan mengelola waktu dengan baik, memberi prioritas pada tugas-tugas penting, dan delegasi yang tepat, kamu dapat membuat segalanya berjalan dengan lancar tanpa merugikan diri sendiri.

Tekad untuk Selalu Belajar

Tekad untuk Selalu Belajar
Tekad untuk Selalu Belajar

Meskipun prinsip dasar SEO tetap sama, namun perubahan algoritma Google dan tampilan hasil pencarian membuat praktisi SEO harus selalu waspada.

Alat SEO terus berkembang dengan fitur-fitur baru, sementara praktik SEO yang cerdas akan terus mencari solusi terbaik untuk tantangan yang ada. Pentingnya untuk belajar secara terus-menerus dan rasa ingin tahu di dalam SEO tidak bisa diabaikan.

Di dalam SEO, idemu tidak selalu berhasil, dan belajar dari kegagalan adalah kuncinya. Tanggung jawab SEO manager juga melibatkan mengelola kegagalan di dalam tim dengan bijaksana.

Keahlian Teknis

Keahlian Teknis
Keahlian Teknis

Bagi praktisi SEO, pengetahuan dasar tentang teknis SEO mungkin cukup jika itu bukan fokus utama pekerjaanmu.

Namun, bagi SEO manager sangat perlu untuk memiliki pemahaman yang lebih mendalam karena mereka sering yang menyetujui perubahan teknis SEO dan berinteraksi dengan developer.

Memiliki pemahaman dasar tentang HTML sangatlah penting di dalam semua tingkatan SEO. Selain itu, berikut beberapa keterampilan teknis lain yang bisa berguna:

  1. Pengetahuan dasar tentang JavaScript SEO.
  2. Kemampuan untuk mengelola schema markup.
  3. Pemahaman tentang Core Web Vitals dan peningkatan kecepatan halaman.
  4. Kemampuan menganalisis file log.

Ini adalah keterampilan yang penting bagi SEO manager untuk memastikan situs web tetap optimal dan bersaing di mesin pencari.

Baca juga: Berapa Gaji Seorang SEO? Ini 5 Kisaran dan Jenjang Karirnya

Gaji Seorang SEO Manager di Indonesia

Gaji Seorang SEO Manager di Indonesia
Gaji Seorang SEO Manager di Indonesia

Berdasarkan beberapa portal pencari kerja, gaji seorang SEO manager di Indonesia dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi, pengalaman, tingkat pendidikan, ukuran perusahaan, dan industri tempat mereka bekerja.

Secara umum, berikut adalah perkiraan gaji seorang SEO manager di Indonesia:

  1. Untuk SEO manager dengan pengalaman kerja 1 – 5 tahun, gaji rata-ratanya berkisar antara Rp 8 – 15 juta per bulan.
  2. SEO manager dengan pengalaman lebih dari 5 tahun dapat mengharapkan gaji antara Rp 15 – 20 juta per bulan, tergantung pada tingkat senioritas dan tanggung jawab.
  3. Gaji SEO manager di perusahaan besar atau industri yang berkembang pesat, seperti teknologi, e-commerce, atau perusahaan digital dapat lebih tinggi daripada rata-rata, mungkin mencapai Rp 30 juta atau lebih, tergantung pada faktor-faktor lain yang disebutkan.

Selain gaji pokok, SEO manager juga dapat menerima bonus tahunan, insentif kinerja, dan tunjangan lainnya yang dapat meningkatkan total penghasilannya.

Menjadi jelas betapa pentingnya peran seorang SEO manager di dalam mengelola strategi dan taktik SEO yang efektif untuk meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari. Untuk membantu mencapai tujuan SEO bisnismu, Optimaise hadir sebagai mitra yang dapat diandalkan.

Dengan tim yang berpengalaman, Optimaise menawarkan berbagai jasa SEO yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran bisnismu, mulai dari audit SEO, optimasi konten, hingga manajemen kampanye SEO yang komprehensif. Jangan ragu untuk menghubungi kami di Optimaise. Kami siap membantu kamu untuk mencapai tujuan SEO bisnismu!

Baca Juga

Optimaise