Panduan Belajar SEO untuk Pemula
Kamu ingin belajar SEO? Kamu datang di tempat yang tepat!
Pada panduan pemula ini terdapat 7 bab yang membahas segala hal yang perlu kamu ketahui tentang SEO dasar untuk memulai meningkatkan ranking situsmu. Kamu akan menemukan banyak sekali sumber pengetahuan berharga dari situs Optimaise ini. Jadi, kamu pun bisa menjadi seorang pakar SEO!
1/ Bagaimana Mesin Pencari Bekerja
Sebelum kamu belajar tentang SEO, kamu harus tahu tentang cara kerja search engine atau mesin pencari terlebih dulu.
Link2/ SEO Dasar
Pelajari bagaimana cara agar situsmu bisa sukses dalam menerapkan SEO dan ketahui lebih dalam mengenai 4 aspek dasar SEO.
Link3/ Riset Keyword
Titik awal dalam ilmu SEO adalah memahami apa yang dicari oleh target konsumenmu.
Link4/ Konten SEO
Pelajari bagaimana cara membuat konten yang menempati ranking pada mesin pencari.
Link5/ On-Page SEO
Pelajari bagaimana cara mengoptimasi halaman situsmu demi mempermudah mesin pencari memahami kontenmu.
Link6/ Link Building
Link atau tautan adalah cara mesin pencari menemukan halaman situs yang baru dan menilai otoritas mereka. Keberadaan link sangat penting karena penentuan ranking terhadap situs-situs berkualitas akan sulit dilakukan tanpanya.
Link7/ Technical SEO
Penting bagimu untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan yang mengakibatkan Google gagal mengakses dan memahami konten dari situsmu.
LinkKamus Istilah SEO
Sudah pernah membaca konten mengenai SEO sebelumnya? Tentunya, ada beberapa istilah yang terdengar familier di telingamu. Untuk memudahkanmu, berikut adalah beberapa istilah dan konsep penting dalam SEO yang wajib kamu ketahui:
Backlinks: tautan dari satu halaman website ke halaman lainnya
Keywords: Kata atau kalimat yang diketikkan oleh seseorang ke kolom pencarian untuk menemukan hal yang mereka cari
Long-tail keywords: Kata kunci yang memiliki volume pencarian rendah
SERPs: Kepanjangan dari Search Engine Result Pages. Istilah ini merujuk pada halaman yang ditampilkan oleh Google atau mesin pencari lainnya sebagai jawaban dari pencarian yang dilakukan pengguna web
Fitur SERPs: Hasil pencarian dalam bentuk video, tweet, kolom, dan cuplikan artikel
Featured snippets: Cuplikan yang ditampilkan dari website yang menduduki peringkat teratas pada hasil SERPs.
Rich snippets: Hasil pencarian dengan informasi tambahan yang berguna yang ditampilkan bersama dengan konten hasil pencarian tersebut (contohnya seperti rating, waktu memasak, dan lain-lain).
Outreach: Aktivitas mengirimkan email kepada blogger atau jurnalis untuk mengabarkan tentang konten yang kamu buat.