Digital MarketingSEO

Apa Saja 4 Manfaat dari SEO? Inilah yang Utama

Deric

Apa Saja 4 Manfaat dari SEO? Inilah yang Utama

Apakah kamu masih ragu untuk berinvestasi di dalam SEO? Bisa dibilang SEO adalah strategi utama dalam digital marketing yang menawarkan banyak keuntungan.

Dengan berinvestasi di dalam SEO atau bahkan bekerja sama dengan agensi SEO, kamu dapat meningkatkan kesadaran merek, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan meningkatkan pendapatan online.

Itu sebabnya kami telah menyusun manfaat dari SEO yang paling utama, mulai dari meningkatkan kredibilitas hingga memaksimalkan strategi iklanmu. Baca terus untuk mengetahui semua manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menerapkan strategi SEO!

Manfaat dari SEO

Manfaat dari SEO
Manfaat dari SEO

Pada dasarnya SEO atau optimisasi mesin pencari, adalah cara untuk membuat situs webmu lebih terlihat di mesin pencari seperti Google, sehingga ini memungkinkan akan lebih banyak orang dapat mengunjunginya.

Di dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa manfaat dari SEO yang utama dan bagaimana pengaruhnya terhadap situs web dan bisnismu.

SEO Meningkatkan Visibilitas Situs Web

SEO Meningkatkan Visibilitas Situs Web
SEO Meningkatkan Visibilitas Situs Web

SEO bisa menjadi salah satu sumber lalu lintas terbesar bagi bisnis. Bahkan, sering kali menjadi yang utama. Begini cara SEO membantu orang menemukanmu:

  1. Pengguna mesin pencari mengetik keyword terkait untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mereka.
  2. Situs web yang relevan dengan pencarian ini akan muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP).
  3. Pemilik situs web mengoptimalkan konten mereka agar mendapatkan peringkat tinggi di dalam hasil pencarian, sehingga mendapatkan lebih banyak klik dan trafik. Lebih banyak klik berarti lebih banyak pengunjung ke situs webmu, sehingga berarti lebih banyak trafik web.

Jika hasil pencarian organik berbeda dengan iklan berbayar yang diberi label “sponsored”, maka trafik yang datang dari iklan disebut trafik berbayar (paid traffic).

Sementara itu, trafik organik berasal dari orang-orang yang meng-klik di hasil pencarian organik. Jadi, melalui manfaat dari SEO, kamu dapat membantu kamu menargetkan sumber trafik terbesar untuk menarik lebih banyak pengunjung ke situs webmu.

SEO juga membantu mesin pencari seperti Google memahami tentang situs dan halaman webmu. Pada dasarnya, kamu ingin menunjukkan bahwa kamu bisa menjawab pertanyaan pembaca dan memenuhi kebutuhan mereka dengan konten yang relevan dan berkualitas tinggi.

Misalnya, seseorang mencari “Hotel terbaik di Sanur”, maka perusahaan travel telah menulis panduan tentang “10 hotel terbaik di Sanur 2024”. Panduan ini berisi keyword yang relevan, informasi terkini, gambar berkualitas tinggi, dan petunjuk arah yang akurat.

Karena kontenmu relevan dan bermanfaat bagi pencari, maka Google menempatkannya lebih tinggi di SERP dari waktu ke waktu. Dan karena lebih terlihat, maka lebih banyak pula orang yang meng-kliknya.

Baca juga: 10 Strategi Agar Bisa Sukses Meningkatkan Penjualan dengan SEO

Mengapa ini penting? Karena ini dapat menghasilkan lebih banyak pengunjung situs web, serta akan lebih banyak peluang untuk konversi dan penjualan.

SEO Membantu Meningkatkan Kesadaran Merek

SEO Membantu Meningkatkan Kesadaran Merek
SEO Membantu Meningkatkan Kesadaran Merek

Strategi SEO yang efektif akan membuat bisnismu sering muncul di hasil pencarian membantu membangun persepsi bahwa bisnismu adalah otoritas yang tepercaya.

Mengapa hal ini penting? Ini menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa bisnismu adalah sumber yang dapat diandalkan, sehingga membuat mereka lebih mungkin mempertimbangkan kamu untuk membeli.

Contohnya, saat ini kamu berencana untuk mengikuti kelas berlatih tenis lapangan. Tapi, kamu tidak yakin akan perlengkapan yang kamu butuhkan untuk berlatih, jadi kamu mencari “Perlengkapan tenis lapangan” di Google.

Salah satu hasil teratas adalah laman produk dari Decathlon Indonesia, sebuah e-commerce yang berfokus pada perlengkapan olahraga. Dari sini kamu pun mulai mengenal Decathlon Indonesia.

Kamu menemukan bahwa mereka memiliki berbagai perlengkapan tenis lapangan yang lengkap, mulai dari raket hingga sepatu khusus tenis dari berbagai merek. Ini menciptakan kesan positif tentang Decathlon di benakmu sebagai pemula tenis lapangan.

Kemudian, kamu ingin mencari informasi raket tenis lapangan terbaik, jadi kamu mencari “raket tenis lapangan.” Di hasil pencarian, kamu kembali melihat Decathlon Indonesia terdaftar sebagai pilihan populer.

Strategi SEO Decathlon Indonesia melibatkan pengoptimalan situs e-commercenya dengan keyword yang relevan dan on-page yang dioptimalkan. Dengan konsisten melakukan ini, situs tersebut membangun otoritasnya, sehingga membuat mesin pencari dan pengguna lebih percaya.

Selain itu, Decathlon Indonesia meningkatkan kesadaran merek melalui SEO, sehingga membuat pencari lebih mungkin memilihnya dibandingkan pesaing yang kurang dikenal. Kamu dapat membangun kesadaran merek dari waktu ke waktu dengan beberapa tips ini:

  1. On-page SEO
  2. SEO teknis
  3. Pesan merek yang konsisten
  4. Desain dan struktur web yang ramah pengguna

Google juga menghargai “konten yang bermanfaat, dapat diandalkan, dan mengutamakan orang.” Untuk memberikan hasil yang paling relevan, Google menilai konten berdasarkan panduan EEAT (Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness).

Meskipun EEAT bukan faktor peringkat langsung, tapi mempublikasikan konten berkualitas tinggi dari penulis berpengalaman dapat meningkatkan kredibilitas situs webmu.

Baca juga: 4 Tips Memadukan SEO dan Konten Marketing untuk Hasil Maksimal

SEO Membantu dalam Memahami Perilaku Pelanggan

SEO Membantu dalam Memahami Perilaku Pelanggan
SEO Membantu dalam Memahami Perilaku Pelanggan

Mesin pencari selalu berusaha memberikan hasil yang paling relevan kepada pengguna. Untuk membantu kamu dalam memahami kebutuhan pelanggan dan meningkatkan visibilitas, maka data dan wawasan SEO sangatlah penting.

Google menyediakan beberapa alat gratis seperti Google Analytics, Google Search Console, dan Google Trends untuk membantu kamu dalam beberapa hal ini. Melalui alat-alat ini, kamu dapat mempelajari beberapa hal ini:

  1. Bagaimana pengunjung menemukan situs webmu.
  2. Titik masuk dan keluarnya pengunjung dari situs webmu.
  3. Waktu pengunjung bertahan di halaman situs webmu.
  4. Bounce rate atau berapa banyak pengunjung yang meninggalkan situs webmu dengan cepat setelah masuk.
  5. Halaman yang paling populer di situs webmu.
  6. Status indexing halaman-halaman di situs webmu oleh Google.
  7. Frekuensi pencarian untuk keyword tertentu.
  8. Topik yang sedang tren dan relevan untuk bisnismu.
  9. Tren musiman, seperti keyword yang berkaitan dengan liburan atau peristiwa tahunan lainnya yang dapat kamu manfaatkan untuk strategi pemasaranmu.

Saat kamu menganalisis data ini, kamu akan mendapatkan wawasan yang berharga tentang apa yang efektif dan tidak di dalam strategi SEO. Melalui informasi ini, kamu dapat terus meningkatkan strategimu seiring berjalannya waktu.

Untuk memahami audiensmu dengan lebih baik, kamu dapat mengkaji maksud dari pencarian yang dilakukan pengguna. Ada 4 jenis maksud pencarian yang umum:

  1. Informasional: pengguna mencari informasi tambahan tentang suatu topik.
  2. Navigasional: pengguna mencari halaman atau situs web tertentu.
  3. Komersial: pengguna sedang melakukan penelitian produk atau layanan sebelum membeli.
  4. Transaksional: pengguna ingin melakukan tindakan tertentu seperti pembelian atau pendaftaran.

Dengan memahami maksud pencarian ini, kamu dapat menggunakan keyword yang tepat dan menciptakan konten yang sesuai dengan kebutuhan pelangganmu. Hal ini dapat membantu kamu dalam mendapatkan visibilitas yang lebih baik di dalam hasil pencarian.

SEO Membuat Strategi Digital Marketing Menjadi Lebih Kuat

SEO Menjadikan Strategi Digital Marketing Lebih Kuat
SEO Menjadikan Strategi Digital Marketing Lebih Kuat

Jika kamu memasukkan SEO ke dalam strategi digital marketingmu, ini bisa menjadi pendorong utama untuk meningkatkan kinerja keseluruhan kampanyemu.

SEO tidak hanya memperkuat upaya digital marketingmu, tetapi juga memperluas jangkauan strategi pemasaran tambahan seperti konten marketing, video, dan media sosial.

Dengan menyusun strategi digital marketing yang komprehensif dan berkelanjutan, kamu dapat meningkatkan daya saingmu di pasar online. Ini menjadi penting terutama saat bersaing di pasar yang ketat atau melawan pesaing yang memiliki lebih banyak sumber daya.

Lebih jauh lagi, strategi digital marketing yang kokoh akan membawa peluang ROI yang lebih besar. Dengan pengembalian yang lebih tinggi dari investasi digital marketingmu, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengalokasikan kembali dana tersebut untuk meningkatkan kesuksesan bisnismu.

Apakah itu dengan meningkatkan strategi SEO, memperluas tim internal, ataupun meningkatkan aset perusahaan lainnya, dana tersebut dapat membantu bisnismu untuk tumbuh lebih kuat dan lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen.

SEO merupakan aspek krusial di dalam strategi digital marketing. Dengan memahami dan mengoptimalkan manfaat dari SEO, kamu dapat meningkatkan visibilitas, kredibilitas, dan daya saing bisnismu secara signifikan.

Untuk mengambil langkah lebih lanjut di dalam memperkuat kehadiran onlinemu, Optimaise siap membantu. Sebagai penyedia jasa SEO yang berpengalaman, Optimaise dapat membantu kamu untuk meraih potensi penuh situs webmu dengan strategi SEO yang efektif dan berkelanjutan. Jangan ragu untuk menghubungi Optimaise untuk mendapatkan informasi lebih lanjut akan jasa SEO yang kami tawarkan!

Baca Juga

Optimaise