Mungkin kamu sudah mendengar bahwa backlink (atau backlink) adalah yang membantu situs webmu merangkak lebih tinggi di Google. Dan kamu perlu belajar bagaimana membangunnya agar bisa memberikan efek positif terhadap optimasi situsmu. Nah, Optimaise yang merupakan agensi digital marketing dengan kiprah lebih dari 10 tahun punya pengetahuan yang cukup mengenai bagaimana cara membangun backlink, alias link building.
Dalam panduan ini, kami telah mengumpulkan segenap pengetahuan terbaik kami dan berusaha menjelaskan seluruh kompleksitas dari pembangunan backlink atau backlink dengan bahasa sederhana agar kamu bisa dengan mudah mengaplikasikan panduan berikut.
Sebelum kita masuk lebih dalam, berikut adalah beberapa wawasan cepat untuk memulai:
- Jika kamu memiliki situs web yang baru dibuat, sebaiknya mulailah dengan membangun beberapa puluh backlink dasar.
- Sangat membantu jika kamu memiliki hubungan sebelumnya dengan pemilik situs sebelum meminta backlink dari mereka.
- Orang cenderung memberikan backlink ke halaman web yang menarik dan berguna. Jadi, jika halamanmu tidak seperti itu, kamu akan kesulitan membangun backlink untuknya.
- Backlink dari halaman yang relevan di situs web berauthority memiliki pengaruh paling besar pada peringkatmu di Google (dan mungkin mesin pencari utama lainnya).
Simak lebih lanjut mengenai dasar-dasar dari link building berikut:
Dasar-dasar Link Building
Backlink atau links bisa diumpamakan sebagai suara yang terkumpul saat pemungutan suara. Ketika situs web lain membuat backlink ke halamanmu, itu memberi tahu Google bahwa halamanmu penting. Intinya adalah algoritma PageRank milik Google. Jadi, semakin banyak backlink balik berkualitas tinggi yang dimiliki sebuah halaman, semakin tinggi peringkatnya di Google. Dan jika kamu ingin mengalahkannya dengan halamanmu sendiri, kamu kemungkinan besar perlu mendapatkan lebih banyak backlink daripada yang dimiliki website pesaing.
Tapi, perlu kamu ketahui bahwa peringkat #1 di Google jauh lebih kompleks daripada sekadar mendapatkan lebih banyak backlink. Karena, backlink bukanlah satu-satunya sinyal peringkat yang digunakan Google. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa backlink tersebut memiliki pengaruh langsung pada peringkat pencarianmu.
Jadi, apa itu link building?
Link building adalah proses pembangunan backlink terhadap situs web lain untuk membuat backlink ke halaman-halaman di situs webmu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan “authority” halaman-halamamu di mata Google sehingga halaman web ini merangkak lebih tinggi dan membawa lebih banyak lalu lintas pencarian.
Jadi, bagaimana kamu bisa membangun backlink dengan efektif? Mari kita bahas lebih lanjut!
Cara Membangun Backlink
Strategi populer dalam membangun backlink umumnya dikategorikan ke dalam salah satu dari empat kelompok berikut:
- Menambahkan backlink: Cara ini dilakukan dengan mengunjungi sebuah website dan meletakkan backlink websitemu secara manual di sana
- Meminta backlink: Kamu juga bisa mengirimkan email kepada pemilik situs dengan konten yang relevan dengan websitemu dan meminta tolong agar mereka menautkan linkmu sebagai backlink
- Membeli backlink: Cara ini kurang lebih sama dengan cara kedua. Perbedaannya, kamu menawarkan mereka sejumlah uang sebagai imbalan
- Mendapatkan backlink: Kamu bisa mendapatkan backlink dengan cara membuat dan mempromosikan suatu konten yang sangat menarik dan membuat orang ingin menjadikan kontenmu sebagai referensi.
Kamu juga dapat mempekerjakan pakar link buider (atau agensi marketing digital seperti Optimaise) untuk melakukannya untukmu. Langkah ini pada akhirnya jadi pilihan terakhir bagi pemilik atau pengelola website. Karena, perlu diakui bahwa pekerjaan membangun backlink
Namun, bahkan jika kamu memutuskan untuk mengalihkan pembangunan backlink, akan sangat bermanfaat memiliki pengetahuan dasar tentang cara melakukannya. Dengan cara ini, kamu akan dapat melihat apakah orang yang kamu pekerjakan melakukan pekerjaan dengan baik atau tidak. Mari kita telaah lebih detail masing-masing dari empat kategori tersebut. Simak ulasannya berikut:
Menambahkan Backlink
Cara ini bisa kamu lakukan saat mengunjungi situs web yang tidak dimiliki olehmu dan secara manual menempatkan backlinkmu di sana. Taktik paling umum dari metode ini antara lain:
- Pembuatan profil sosial.
- Penyampaian direktori bisnis.
- Daftar situs ulasan.
- Posting di forum, komunitas, dan situs Tanya Jawab (Q&A).
Membangun backlink melalui taktik-taktik ini sangat mudah dilakukan. Namun, dengan alasan itulah, backlink semacam itu cenderung memiliki sedikit atau bahkan tidak ada nilai di mata Google. Terlepas dari itu, jenis backlink ini hampir tidak memberikan keunggulan kompetitif. Jika kamu dapat pergi ke situs web dan secara manual menempatkan backlinkmu di sana, begitu pula pesaingmu.
Tapi, bukan berarti kamu harus benar-benar mengabaikan taktik ini. Pasalnya, beberapa pembangun backlink profesional lebih suka memulai dengan jenis backlink ini ketika mereka bekerja dengan situs web yang baru dibuat. Mereka menyebutnya sebagai pembangunan “backlink dasar.”
Bayangkan, sebagian besar bisnis online memiliki akun bermerk di jaringan sosial utama, serta daftar di direktori bisnis utama dan situs ulasan (Yelp, Trustpilot, ProductHunt, Glassdoor, dll.). Dan semua halaman ini berisi backlink ke situs web mereka.
Google dengan jelas memberikan perhatian pada halaman profil ini. Jika kamu melihat panel “Knowledge” untuk Ahrefs (lihat tangkapan layar di bawah), kamu akan melihat backlink ke profil sosial situs tersebut yang ditampilkan di sana. Google secara otomatis mengidentifikasi profil sosial dari website tersebut dan menautkannya ke merek Ahrefs sebagai bagian dari Knowledge Graph-nya.
Ya, backlink semacam ini baik nofollow atau sangat lemah. Ini berarti bahwa mereka hampir tidak memberikan dampak signifikan saat berbicara tentang peringkat di Google. Tetapi mengingat bahwa atribut “nofollow” sekarang dianggap sebagai petunjuk, ada kemungkinan bahwa seiring waktu halaman profilmu akan mengumpulkan beberapa backlink berkualitas sendiri dan mungkin mulai memberikan sedikit nilai optimisasi mesin pencari (SEO) ke situs webmu.
Sebagai contoh, situs resmi Optimaise memiliki 260 backlinks berjenis dofollow. Jadi, kami cukup yakin bahwa halaman tersebut memiliki beberapa “bobot” di mata Google. Namun demikian, jangan terlalu bersemangat mencantumkan situs webmu di setiap jejaring sosial dan direktori bisnis yang ada. Kami berbicara tentang hanya beberapa lusin di mana alami bagi bisnismu untuk terdaftar. Segala sesuatu di luar itu akan menjadi pemborosan waktu yang tidak perlu.
Dan cara terbaik untuk menemukan beberapa situs web berkualitas untuk menambahkan backlinkmu adalah dengan mempelajari backlink dari pesaingmu. Yang akan kita bahas lebih detail nanti dalam panduan ini.
Meminta Backlink
Cara lainnya untuk membangun backlink di websitemu juga bisa dilakukan dengan cara meminta backlink dari pemilik website lain. Mendekati pemilik website lain dan meminta mereka untuk memberikan backlink, yang sering disebut sebagai “link outreach,” adalah langkah yang umum dalam dunia SEO.
Tetapi, tentu saja, kamu tidak mungkin menghubungi orang-orang di datasciencecentral.com dan meminta mereka untuk memberikan backlink ke halamanmu yang berisi resep kue, bukan? Kamu perlu memilih situs yang relevan dengan halamanmu, karena mereka lebih mungkin untuk benar-benar mempertimbangkan permintaanmu.
Proses menyusun daftar situs web relevan untuk dihubungi disebut “link prospecting.” Dan semakin banyak usaha yang kamu investasikan untuk menemukan target outreach yang sesuai, semakin tinggi pula tingkat kesuksesanmu. Namun, mengapa pemilik situs web lain (meskipun yang relevan) mau memberikan backlink ke halamanmu?
Pastinya, kamu ingin mereka begitu terkesan dengan sumber daya milikmu sehingga mereka ingin secara alami membagikannya dengan pengunjung situs web mereka (yaitu, memberikan backlink). Namun, perlu diakui bahwa tidak setiap halaman situs webmu adalah mahakarya unik yang layak mendapatkan ribuan backlink. Oleh karena itu, para profesional SEO telah merancang serangkaian taktik untuk membujuk pemilik situs web lain agar menambahkan backlink ke halaman mereka.
Berikut adalah beberapa daftar taktik yang bisa kamu coba dan penjelasan mengapa itu bisa jadi pilihan terbaik:
- Guest Posting: Tulis artikel menarik untuk situs mereka, dan menautkan halaman websitemu sendiri di dalamnya
- Skyscraper Technique: Temukan halaman yang sudah ketinggalan zaman yang banyak situs yang menautkannya. Buat yang jauh lebih baik di situs webmu sendiri. Lalu tunjukkan kepada semua “pemberi backlink.”
- Resource Page Link Building: Temukan halaman yang mencantumkan sumber daya serupa dengan milikmu dan minta untuk ditambahkan di sana.
- Broken Link Building: Temukan halaman mati yang memiliki banyak backlink. Buat alternatif di situs webmu sendiri dan beri tahu semua pemberi backlink tentang hal itu. Itulah inti dari broken link building.
- Image Link Building: Temukan situs yang telah menggunakan gambar kamu tanpa atribusi yang benar dan minta mereka memberikan backlink.
- HARO dan Permintaan Jurnalis: Berkontribusi sebagai “kutipan ahli” untuk artikel mereka.
- Unlinked Mentions: Mintalah untuk mengubah penulisan merekmu menjadi backlink.
- PR (Public Relations): Berikan cerita menarik kepada mereka untuk diliput.
Namun, perlu diingat bahwa meskipun alasan di balik setiap taktik ini mungkin tampak cukup adil dan logis, tingkat keberhasilannya seringkali rendah. Bahkan, Jika kamu berhasil mendapatkan lima backlink dari seratus email outreach, itu sudah bisa dianggap prestasi.
Tetapi, ada satu hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyeimbangkan peluang. Yaitu, membangun hubungan dengan orang-orang dalam industri kamu jauh sebelum kamu membutuhkan sesuatu dari mereka.
Pikirkanlah. Jika hari ini kamu menerima email acak dari seseorang yang meminta backlink, apakah kamu akan merespons? Kami yakin jawabannya adalah tidak. Tetapi bagaimana jika email itu datang dari seseorang yang pernah kamu ajak bicara di Twitter atau mungkin bahkan pernah kamu temui di suatu acara? Kamu akan lebih mungkin memperhatikannya, bukan?
Dengan demikian, jika kamu mulai terhubung dengan orang-orang dari industri sebelumnya (dan mungkin bahkan sedikit membantu mereka), kamu tidak akan kesulitan saat menghubungi mereka dengan permintaan backlink suatu saat nanti.
Membeli Backlink
Ini adalah cara termudah untuk membangun backlink. Banyak pemilik situs web akan senang menautkan ke situsmu jika kamu membayar mereka. Namun, pertukaran uang (atau apapun, sebenarnya) untuk backlink memiliki risiko yang cukup besar. Google menganggapnya sebagai manipulasi algoritmanya. Google tentunya tidak akan ragu-ragu dalam memberikanmu sanksi dengan mengeluarkan situsmu dari hasil pencarian.
Risiko lain dari membeli backlink adalah bisa jadi kamu menghabiskan sejumlah uang dan ternyata mendapat backlink yang tidak berkualitas. Kami tidak akan memberikan tips seperti “bagaimana cara membeli backlink dengan benar”. Karena, kami tidak ingin mengajakmu untuk menghabiskan uang atau bahkan membahayakan bisnismu.
Walaupun begitu, kamu harus menyadari bahwa banyak orang dalam industri SEO membeli backlink untuk mencapai tujuan peringkat mereka. Begitu kamu mulai meneliti backlink balik pesaingmu dan menghubungi situs web yang sama, kamu akan segera mengetahui apakah mereka membayar untuk salah satu backlink mereka.
Mendapatkan Backlink
Kamu “mendapatkan” backlink ketika orang lain menautkan ke halaman situs webmu tanpa kamu harus memintanya. Ini tidak akan terjadi kecuali kamu memiliki sesuatu yang benar-benar mencolok sehingga pemilik situs web lain benar-benar ingin menyebutkannya di situs web mereka.
Jadi, berikut adalah beberapa hal yang dapat membuat halaman situs webmu layak mendapatkan backlink:
- Data eksklusif perusahaanmu.
- Hasil eksperimen (yang membutuhkan usaha signifikan).
- Ide unik dan pendapat kuat (yaitu, kepemimpinan pemikiran).
- Survei industri.
- Berita terbaru.
Tetapi, kamu tidak harus menciptakan konten sama sekali. Bisnismu, dan jenis layanan dan produk yang kamu tawarkan bisa saja memenuhi kelayakan mendapatkan backlink. Tetapi orang tidak dapat menautkan ke hal-hal yang mereka tidak tahu ada. Jadi, tidak peduli seberapa menakjubkan halamanmu (atau produkmu), kamu perlu mempromosikannya. Dan semakin banyak orang melihat sumber dayamu, semakin tinggi kemungkinan bahwa beberapa dari mereka akan akhirnya menautkannya.
Backlink Mana yang Memberikan Dampak?
Dengan berbagai jenis backlink, pengaruhnya pada peringkat halamanmu di Google berbeda-beda. Dan tidak ada yang tahu pasti bagaimana Google mengukur nilai setiap backlink secara individu. Tetapi ada lima konsep umum dalam mengevaluasi backlink yang diamini oleh komunitas SEO:
Authority
Rasanya sudah pasti jelas bahwa backlink konten dari New York Times dengan backlink dari blog kawanmu bisa dianggap sebagai “setara” oleh Google. Pasalnya, New York Times sudah pasti authority terkenal di dunia, sementara blog temanmu hampir tidak dikenal bahkan di antara teman-temannya.
Selama bertahun-tahun membangun backlink, para pakar SEO telah mengumpulkan banyak bukti empiris bahwa backlink dari situs web yang lebih dikenal dan berauthority punya pengaruh lebih besar pada peringkat halamanmu di Google.
Untuk mengecek tingkat authority dari sebuah website, kamu bisa memanfaatkan web tool gratis. Namun, selain authority dari keseluruhan situs web, ada juga authority dari halaman aktual yang menautkan padamu. Ini diketahui dihitung oleh Google dengan bantuan algoritma PageRank yang terkenal.
Secara sederhana, algoritma PageRank didasarkan pada asumsi bahwa halaman yang memiliki banyak backlink (dan yang lebih baik) memberikan “suara” yang lebih kuat. Di Optimaise, kami memiliki metrik sendiri untuk mengukur authority halaman. Salah satunya adalah menggunakan tool dari Ahrefs bernama Rating URL (UR), dan dihitung dengan cara yang cukup mirip dengan PageRank asli.
Dan ada satu hal lagi yang perlu kamu ketahui tentang authority. Jika backlink balik memiliki atribut rel=”nofollow” terlampir, kemungkinan besar link itu tidak memberikan “suara” ke situs web yang ditautkan.
Relevansi
Jika kamu menjalankan blog tentang kesehatan dan kebugaran, backlink dari situs web (dan halaman) lain dengan topik yang sama akan memiliki bobot lebih besar di mata Google dibandingkan dengan backlink dari situs web tentang mobil atau keuangan.
Berikut adalah kutipan dari panduan “Cara Pencarian Bekerja” dari Google yang mendukung teori ini:
“Jika situs terkemuka lainnya tentang subjek itu menautkan ke halaman tersebut, itu adalah tanda baik bahwa informasinya berkualitas tinggi.”
Namun, bukan berarti kamu harus menghindari backlink dari situs web yang tidak sejenis denganmu. Masalahnya adalah, tidak peduli topik situs webmu, akan ada puluhan topik yang sangat relevan meskipun tidak sama.
Sebagai contoh, nutrisi sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran. Jadi, akan sangat alami bagi situs web kebugaran untuk menautkan ke artikel tentang makanan. Dan jika kamu ingin berolahraga secara teratur, kamu perlu mencari waktu di jadwalmu untuk itu, jadi menautkan ke artikel tentang manajemen waktu juga tidak akan aneh.
Dengan kata lain, relevansi adalah konsep yang bisa disesuaikan. Kecuali, tentu saja, kamu mencoba memaksa backlink ke tempat-tempat yang jelas tidak sesuai.
Anchor Text
Jika kamu belum familiar dengan istilah tersebut, “anchor text” adalah potongan teks yang dapat diklik yang menautkan ke halaman lain. Dalam banyak kasus, ini dengan singkat menjelaskan tentang apa halaman yang ditautkan tersebut.
Jadi, tidak mengherankan bahwa Google menggunakan kata-kata dalam anchor text untuk lebih memahami tentang apa halaman yang dirujuk dan kata kunci apa yang pantas untuk merangkinginya. Bahkan, paten PageRank asli Google membahas ini dengan cukup eksplisit (pemotongan teks saya):
Google menggunakan sejumlah teknik untuk meningkatkan kualitas pencarian, termasuk peringkat halaman, anchor text, dan informasi kedekatan. Jadi, bagaimana kamu memanfaatkan anchor text saat membangun backlink?
Nah, sebaiknya kamu tidak melakukannya. Semakin kamu mencoba mengendalikan bagaimana halaman-halaman berbeda menautkan kepadamu dan memasukkan semua “kata-kata yang benar” ke dalam anchor text backlink balikmu, semakin tinggi kemungkinan Google mencurigai manipulasi dan menghukummu karena itu. Jadi lebih baik membiarkan penulis halaman yang menautkan memutuskan bagaimana mereka ingin merujuk halamanmu.
Penempatan
Di tahun 2010 lalu, Bill Slawski menyoroti paten Google yang menjelaskan tentang “Model Pencari yang Masuk Akal.” Model ini menjelaskan bagaimana kemungkinan seseorang mengklik backlink dapat memengaruhi sejauh mana authoritynya ditransfer. Dan kemungkinan tersebut sebagian besar ditentukan oleh lokasi backlink di halaman.
Misalnya, ada halaman web yang terdiri dari tiga blok: konten, sidebar, dan footer. Sebagai aturan umum, backlink di konten mendapatkan lebih banyak klik karena blok konten mendapatkan perhatian paling banyak dari pengunjung. Hal lain yang dapat memengaruhi CTR dari backlink adalah seberapa tinggi halaman itu muncul. Pembaca lebih cenderung mengklik backlink di awal artikel daripada di bagian akhirnya.
Destinasi
Saat membangun backlink ke situs webmu, ada tiga destinasi umum di mana kamu dapat mengarahkannya, yaitu:
- Halaman utama.
- Aset yang dapat ditautkan.
- Halaman aktual yang perlu kamu peringkatkan dengan baik di Google (biasanya disebut “halaman uang”).
Dan seringkali, halaman yang perlu kamu peringkatkan dengan baik juga merupakan halaman yang paling sulit untuk mendapatkan backlink. Itu karena pemilik situs web umumnya lebih suka menautkan ke halaman informasional di mana audiens mereka dapat mendapatkan nilai secara gratis daripada halaman komersial di mana audiens mereka kemungkinan akan diberikan tawaran produk.
Oleh karena itu, salah satu pertanyaan paling umum dalam SEO adalah, “Bagaimana cara mendapatkan backlink ke halaman yang membosankan?” Dan strategi yang biasanya disarankan oleh pakar SEO berpengalaman adalah mendapatkan banyak backlink berkualitas tinggi ke “aset yang dapat ditautkan” kamu, dan kemudian mentransfer sebagian dari “authority backlink” tersebut ke “halaman uang” kamu yang ingin kamu peringkatkan dengan baik di Google.
Strategi Link Building Terbaik
Strategi Link Building Terbaik
Ada banyak taktik dan strategi berbeda dalam membangun backlink. Beberapa di antaranya bisa sangat efektif, sementara yang lain mungkin tidak lagi berfungsi dan kemungkinan hanya akan membuang waktumu.
Berikut adalah apa yang benar-benar efektif saat ini, menurut observasi kami:
Analisis Backlink Kompetitor
Jika seseorang menautkan ke pesaingmu, ada kemungkinan baik bahwa mereka mungkin bersedia menautkan kepadamu juga.
Cara bagus untuk memulai strategi ini adalah dengan mempelajari siapa yang menautkan ke halaman utama sebenarnya dari situs web pesaingmu. Orang-orang ini menyebut bisnis secara keseluruhan dan bukan halaman web tertentu, yang mungkin tidak kamu miliki di situs webmu sendiri.
Setelah selesai dengan backlink halaman utama, langkah berikutnya adalah mempelajari halaman mana pada situs web pesaingmu yang memiliki backlink terbanyak. Kami memiliki laporan khusus di Site Explorer untuk itu, yang disebut “Terbaik berdasarkan backlink.”
Cobalah menjelajahi laporan Terbaik berdasarkan backlink untuk pesaingmu dan lihat jenis halaman apa yang menghasilkan backlink bagi mereka. Setelah kamu mengidentifikasi apa yang berhasil bagi mereka, kamu dapat membuat sumber daya serupa (atau lebih baik) di situs webmu sendiri.
Setelah mempraktekkan taktik di atas, kami menyarankan agar kamu menyiapkan pemberitahuan backlink balik dan mendapatkan notifikasi setiap kali pesaingmu mendapatkan backlink baru. Dengan cara ini, kamu akan dapat segera menghubungi siapa pun yang menautkan pada mereka dan mencoba untuk ditambahkan di halaman yang sama.
Secara keseluruhan, pesaingmu adalah ladang emas untuk peluang backlink yang bagus. Saat kamu menyelami backlink mereka, kamu akan segera melihat pola-pola pembangunan backlink, yang dapat kamu manfaatkan di situs webmu sendiri.
Melakukan Outreach Backlink Tertarget
Misalkan kamu sudah melakukan penelitian kata kunci dan memiliki halaman spesifik yang perlu kamu peringkatkan dengan baik di Google untuk suatu kata kunci tertentu. Dan kamu perlu membangun backlink ke halaman yang sangat spesifik itu.
Nah, tempat terbaik untuk memulainya adalah dengan menampilkan halaman peringkat teratas untuk kata kunci yang kamu inginkan dan meneliti dari mana mereka mendapatkan backlink mereka. Cukup masukkan kata kunci kamu ke dalam Ahrefs’ Keywords Explorer dan gulir ke bawah ke widget “SERP Overview.” Kamu akan melihat halaman peringkat teratas beserta jumlah backlink balik (dan domain yang menautkan) yang mereka miliki.
Misalnya kamu ingin melihat peringkat untuk “aplikasi produktivitas terbaik.” Inilah tampilan SERP untuk kata kunci ini:
Setelah kamu mengklik salah satu angka backlink balik, kamu akan diarahkan ke daftar backlink balik dari halaman tertentu di tool Site Explorer milik Ahrefs.
Berikut yang perlu kamu lakukan selanjutnya:
- Terapkan beberapa filter untuk fokus hanya pada “backlink balik yang bermakna”
- Telusuri daftar halaman yang tersisa secara manual, buka satu per satu, dan lihat apakah konteksnya memungkinkan untuk menambahkan backlink ke halamanmu
- Hubungi pemilik situs ini dan coba memperjuangkan penambahan backlink ke sumber daya kamu di halaman mereka
Tempat berikutnya yang dapat kamu coba untuk menemukan pemberi backlink potensial adalah di antara orang-orang yang menyebut topikmu di situs web mereka. Misalnya, jika kamu perlu membangun backlink ke aplikasi produktivitas, kamu ingin menghubungi semua situs web yang telah menyebut kata “produktivitas” di halaman mereka.
Kamu bisa mencoba mencari mereka di Google, tetapi ini hanya memberikan sejumlah hasil mesin pencari yang terbatas. Hanya beberapa ratus rata-rata. Cara yang jauh lebih cepat untuk menemukan ribuan halaman yang menyebut topikmu adalah dengan menggunakan Content Explorer dari Ahrefs.
Sebagai contoh, jika kamu mencari kata kunci “aplikasi produktivitas,” kamu akan mendapatkan lebih dari 120.000 halaman yang menyebut kata kunci ini. Dari sana, kamu mungkin ingin menerapkan filter berikut untuk menyaring hasil menjadi yang paling bermakna:
- Bahasa: Inggris (atau bahasa yang kamu minati)
- Lalu lintas situs web: dari 1.000
- Domain Rating: dari 30
- Saring hasil eksplisit
- Filter: satu halaman per domain, kecuali halaman depan, kecuali subdomain
Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan sedikit lebih dari 4.000 halaman. Jumlah prospek backlink yang lebih mudah dikelola.
Rencana tindakanmu di sini akan sangat mirip dengan yang sebelumnya. Tinjau halaman ini satu per satu dan hubungi pemilik situs yang bersangkutan jika kamu pikir ada kemungkinan mereka akan setuju menautkan ke halamanmu dari halaman mereka.
Sejujurnya, tingkat keberhasilanmu dengan kedua kelompok prospek backlink ini kemungkinan besar cukup rendah. Kami tahu karena kami sudah pernah melakukan jenis outreach pembangunan backlink ini tidak begitu lama yang lalu. Dan dari percakapan bersama dengan pembangun backlink profesional, hal berikut yang paling sering terjadi:
- Sebagian besar orang tidak akan repot-repot membalas emailmu
- Banyak yang akan membalas hanya untuk dengan sopan menolak permintaanmu
- Beberapa akan meminta uang atau pertukaran backlink
- Dan hanya sedikit yang benar-benar akan menautkan kepadamu.
Itulah mengapa kamu sebaiknya mulai membangun hubungan dengan semua pemilik situs web ini sebelum kamu benar-benar meminta mereka untuk memberikan dukungan. Cara bagus untuk melakukannya adalah menghubungi mereka saat kamu masih dalam proses membuat halamanmu. Kamu bisa meminta pendapat mereka, kutipan, atau bahkan menyarankan untuk menampilkan beberapa karya relevan mereka. Semua ini akan sangat membantu jika apa yang sedang kamu kerjakan benar-benar menarik bagi mereka.
Membuat Aset yang Bisa Ditautkan
Dalam SEO, kita menggunakan istilah “aset yang bisa ditautkan” atau “umpan backlink” untuk merujuk pada konten yang disusun secara strategis untuk menarik backlink. Aset yang bisa ditautkan bisa terdiri dari beberapa macam, seperti:
- Survei industri
- Studi dan riset
- Alat dan kalkulator online
- Penghargaan dan peringkat
- Panduan dan tutorial
- Definisi dan istilah yang diciptakan
- Infografis, GIFografis, dan “Map-o-grafis”
Jadi, bagaimana kamu menjalankan strategi membangun backlink ini? Pertama-tama, kamu perlu menciptakan ide halaman yang layak mendapatkan backlink. Kamu bisa memulainya dari sebuah ide sederhana berdasarkan daftar jenis aset yang bisa ditautkan di atas:
- Bisakah kamu melakukan survei tentang sesuatu di industri kamu?
- Bisakah kamu menghitung statistik yang berarti dari data yang bisa diakses oleh bisnismu?
- Apakah ada eksperimen menarik yang bisa kamu lakukan?
- Apakah industri kamu memerlukan jenis alat online gratis?
Dan jika gagal menghasilkan ide yang menarik, kamu selalu bisa kembali mempelajari situs web pesaingmu dan mencari tahu jenis aset yang bisa ditautkan yang berhasil bagi mereka. Hanya jangan lupakan bahwa bahkan aset yang bisa ditautkan terbaik harus dipromosikan untuk menarik backlink. Karena orang tidak bisa menautkan sesuatu yang tidak mereka ketahui.
Di bab selanjutnya, kita akan membahas tentang apa itu promosi konten.
Promosi Konten
Mungkin, kamu sudah tahu banyak sekali tips atau strategi untuk mempromosikan konten di dalam halaman websitemu. Kami rasa, kamu tidak membutuhkan uraian panjang lebar dan membosankan. Oleh karena itu, kami mengajakmu untuk lebih fokus pada 3 strategi utama ini:
- Pengiklanan: Cara ini tergolong sebagai taktik promosi konten yang paling gampang dan banyak dilakukan. Melalui iklan, kamu bisa memperkenalkan produk maupun layananmu kepada khalayak luas. Namun, semakin luas jangkauan audiens yang kamu inginkan, biaya yang harus dikeluarkan pun biasanya jadi lebih banyak
- Mengajak influencer: Influencer adalah orang-orang yang memiliki jumlah followers besar dan punya kemampuan buat menarik followers mereka untuk melakukan hal atau membeli produk yang mereka gunakan. Nah, kamu bisa membayar influencer untuk memberikan ulasan mengenai jasa atau produk yang kamu tawarkan
- Membangun Followers: Atau, kamu juga bisa membangun followers basemu sendiri. Kamu bisa membuat akun Instagram atau Twitter dan aktif berinteraksi dengan pengguna media sosial lainnya. Jangan lupa untuk mengisi akunmu dengan konten-konten berkualitas yang dapat menarik perhatian netizen. Semakin banyak orang yang tertarik dan menyukai kontenmu, maka peluang mereka akan mengikuti akunmu itu pun akan semakin besar dan memasukkan linkmu ke dalam akun atau konten mereka.
Dari 3 cara promosi di atas, ada satu hal yang tidak boleh terlupakan. Yaitu, kamu juga perlu mempromosikan konten lamamu dengan mengangkatnya menggunakan konten terbaru.
Guest Posting
Taktik membangun backlink ini sebenarnya kurang populer di kalangan praktisi SEO profesional. Terutama karena beberapa orang cenderung melakukannya berlebihan hingga menjadi spam. Namun, guest blogging merupakan salah satu cara paling populer di mana para profesional SEO membangun backlink saat ini.
Bagaimana caranya agar kontenmu dapat dipublikasikan di blog paling terkenal dalam industrimu? Kamu hanya perlu memberikan ide artikel yang sangat menarik kepada mereka. Salah satu caranya adalah kamu bisa mencari beberapa pesaing blog yang ingin kamu tulis dan gunakan alat Content Gap dari Ahrefs untuk mengetahui topik apa yang membawa banyak lalu lintas kepada mereka namun belum dibahas di blog yang ingin kamu tuju.
Taktik guest posting lainnya adalah menemukan artikel yang kurang berkinerja di blog yang ingin kamu tulis dan menawarkan untuk menulis ulang dari awal. Jika kamu bisa meyakinkan mereka bahwa kamu dapat sangat meningkatkan artikel tersebut dan akan berakhir peringkat lebih tinggi di Google serta membawa lebih banyak lalu lintas pencarian, kami yakin mereka akan kesulitan menolak tawaranmu. Tapi, kami sendiri kurang merekomendasikan langkah ini. Bagaimana menemukan halaman-halaman ini? Cukup buka laporan Top Pages di Site Explorer dan gunakan filter “Traffic.”
Tools Terbaik untuk Link Building
Meskipun secara teknis mungkin membangun backlink hanya dengan sedikit pemikiran dan akun Gmail, ada beberapa alat membangun backlink yang akan membantu membuat proses perolehan backlink menjadi lebih cepat dan mudah.
Beberapa link building tools yang bisa kamu dapatkan secara gratis adalah:
- Ahrefs Free Backlink Checker: Tool ini menunjukkan 100 backlink teratas yang mengarah ke situs web atau URL apa pun.
- Google Alerts: Tool ini memberi tahu kamu setiap kali kata atau frasa tertentu disebutkan di halaman yang baru diterbitkan. Cara yang bagus untuk mencari prospek backlink relevan.
Sedangkan, ada juga beberapa tools berbayar, seperti:
- Ahrefs Site Explorer: Menunjukkan semua backlink dari situs web atau URL apa pun dengan opsi untuk menyortir dan menyaringnya berdasarkan banyak metrik SEO penting.
- Ahrefs Content Explorer: Alat prospeksi backlink unik yang membantu kamu menemukan ribuan situs web relevan untuk permintaan backlink dan guest posting. Juga membantu menemukan aset yang bisa ditautkan tentang topik apa pun dari seluruh web.
- Ahrefs Alerts: Mirip dengan Google Alerts tetapi lebih fleksibel dengan filter terkait SEO.
- Pitchbox/BuzzStream/GMass: Alat outreach email. Ada banyak alat lain yang memungkinkan kamu mengirim email personal di skala besar, tetapi yang ini nampaknya paling populer di kalangan para profesional SEO.
- Hunter.io/Voila Norbert: Layanan “pencarian email” yang membantu kamu menemukan rincian kontak situs web dalam jumlah besar.