Digital MarketingSEO

Ketahui 4 Jenis Search Intent & Temukan Keyword Terbaik

Siti Rohmah Noviah

Search intent untuk keywords dan SEO

Sudah tahu kan betapa pentingnya kata kunci untuk SEO? Menentukan kata kunci memberikan tantangan tersendiri. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan kata kunci yang tepat, salah satunya adalah search intent.

Belum pernah mendengar istilah ini sebelumnya? Keputusan untuk membaca artikel ini sangatlah tepat. Kita akan mencari tahu tentang apa itu search intent bersama-sama di sini!

Sekilas tentang Search Intent

Tahukah kamu? Search intent atau yang juga dikenal sebagai user intent merupakan alasan mengapa pengguna mengetikkan kueri tertentu di mesin pencari. Yang juga mewakili apa yang pengguna internet ingin dapatkan dari pencariannya.

Apakah mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka atau mencari situs web tertentu. Bisa juga kueri yang pengguna masukkan di mesin pencari bertujuan untuk membeli produk atau item tertentu. Tidak sedikit pula orang yang menggunakan internet untuk mencari tahu lebih lanjut tentang topik tertentu, misalnya panduan belajar SEO untuk pemula.

Misalnya saat seseorang mencari makanan kucing terbaik di mesin pencari. Itu tidak berarti ia ingin mengunjungi halaman atau membeli produk tertentu. Biasanya, orang-orang ingin terlebih dahulu melakukan riset sebelum akhirnya membuat keputusan, termasuk membeli produk.

Dengan begitu, kata kunci di atas memiliki tujuan komersial. Di mana kata kunci tersebut bisa kamu jadikan sebagai gambaran atau ilustrasi bagaimana seharusnya keyword nantinya dimasukkan dalam konten di masing-masing halaman situs web.

Baca Juga: SEO Keywords dan 4 Cara Mendapatkannya

Pentingnya Search Intent untuk SEO

Tujuan utama Google dan mesin pencari lainnya adalah menyediakan hasil relevan kepada para pengguna internet. Jadi, untuk bisa meningkatkan peluang berada di posisi ranking teratas di hasil pencarian mengharuskanmu untuk memahami search intent secara mendalam.

Agar situs berada di posisi ranking tertinggi, pastikan halaman atau konten yang kamu bagikan membuat maksud pencarian puas dengan keyword yang ditargetkan.

Bagaimana maksud pencarian membantu kamu dalam upaya optimasi situs web? Berikut adalah beberapa poin yang harus kamu pahami:

  • Maksud pencarian (search intent) memiliki strategi konten yang lebih efektif karena menargetkan kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan target audiens.
  • Membuat konten yang relevan karena mampu memahami kebutuhan pengguna internet dengan memberikan konten relevan.
  • Memberikan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian karena membantu menunjukkan kepada mesin pencari bahwa konten kamu bukan hanya bernilai tetap juga sesuai dengan apa yang pengguna inginkan.

4 Jenis Search Intent

Dalam implementasi SEO, maksud pencarian pengguna sangatlah penting untuk kamu perhatikan. Secara umum, ada beberapa jenis maksud pencarian, yaitu:

  • Navigational intent, di mana pengguna internet ingin menemukan halaman tertentu.
  • Informational intent, pengguna ingin mempelajari lebih lanjut tentang sesuatu, misalnya SEO.
  • Commercial intent merujuk kepada pengguna yang ingin melakukan riset sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli suatu produk.
  • Transactional intent, di jenis ini pengguna ingin melengkapi aksi yang spesifik yang pada umumnya adalah pembelian.

Bagaimana Cara Menentukan Search Intent?

Maksud pencarian seringkali sejalan dengan posisi pengguna dalam marketing funnel. Secara umum, search intent bekerja seperti ini:

Kesadaran (awareness): pengguna mencari kata kunci informatif, misalnya bagaimana cara melakukan riset kata kunci.
Pertimbangan (consideration): pengguna internet mencari kata kunci komersial seperti tools untuk riset keyword.
Konversi (conversion): pengguna mencari kata kunci transaksional, misalnya jasa SEO.

Beberapa poin di atas memberikan gambaran mengapa menentukan maksud pencarian merupakan langkah penting dalam setiap strategi konten. Kamu bisa menentukan maksud dari kata kunci berdasarkan kata kunci itu sendiri.

Pertanyaan seputar Search Intent

Pada umumnya, mereka yang belum tahu atau baru mendengar istilah maksud pencarian memiliki beberapa pertanyaan. Beberapa pertanyaan yang banyak ditanyakan di antaranya adalah:

Seberapa Penting Maksud Pencarian?

Seperti yang sudah dikatakan di awal, agar bisa menjalankan SEO dan mendapatkan hasil maksimal, perlu kata kunci yang tepat. Oleh karena itu, maksud pencarian merupakan bagian penting dari riset keyword.

Optimasi maksud yang lebih baik berarti mesin pencari akan lebih cenderung menampilkan halaman situs web kamu untuk kueri yang dimaksud. Di mana akan lebih banyak trafik yang relevan dan berkualitas ke situs web yang kamu kelola.

Apa Itu Maksud Pencarian?

Maksud kata kunci atau pencarian kata kunci adalah istilah lain dari maksud pencairan. Yang pada dasarnya merupakan maksud pencarian di balik kata kunci tertentu. Beberapa kata kunci mungkin memiliki maksud yang jelas, sedangkan beberapa lainnya tidak memberikan maksud yang jelas, atau yang disebut mixed intent.

Perlu contoh untuk bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang hal tersebut? Mari kita ambil contoh! Saat pengguna mencari iPhone 13 Pro Max. Pencarian tersebut ternyata tidak jelas, apakah maksud pencariannya adalah untuk melakukan transaksi, mendapatkan informasi, atau lainnya.

Sehingga hasil pencarian Google akan menyertakan berbagai jenis hasil dan fitur SERP. Tujuannya adalah memastikan semua hasil yang ditampilkan dapat memenuhi kebutuhan pencarian pengguna.

Berapa Banyak Jenis Maksud Pencarian?

Ketika berbicara tentang maksud pencarian atau search intent, orang-orang mungkin penasaran sebenarnya ada berapa jenisnya. Terdapat empat jenis maksud pencarian, yaitu navigasi, informasi, komersial, dan transaksional.

Dalam memilih kata kunci yang tepat untuk konten situs web kamu, keempat jenis maksud pencarian sangat penting untuk diperhatikan. Tujuannya adalah memastikan kata kunci di konten kamu akan ditampilkan di hasil pencarian target audiens.

Kata kunci yang tepat dapat menyasar berbagai jenis maksud pencarian. Sehingga memungkinkan Google maupun mesin pencarian lain memprioritaskan konten pada situs kamu. Pengguna dengan maksud pencari berbeda akan mendapatkan halaman yang berbeda namun tetapi dari situs yang sama, yaitu situs milikmu.

Cara Menemukan Maksud Pencarian di Balik Kata Kunci

Agar bisa menemukan maksud pencarian dari sebuah kata kunci, sebaiknya gunakan tools seperti Semrush. Tool ini akan secara otomatis mendeteksi maksud pencarian. Juga dapat membantu melihat hasil pencarian dari kata kunci. Sehingga memungkinkan kamu melihat hasil aktual dan fitur SERP yang Google identifikasi sebagai yang paling relevan.

Kamu juga bisa menggunakan tools lain sesuai kebutuhan, harapan, dan budget yang tersedia. Tools yang tadi disebutkan hanya salah satu contoh dan cara mudah bagaimana kamu bisa menemukan maksud pencarian dari kata kunci pada konten yang ada di internet.

Sudah mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang search intent? Karena search intent memiliki peran penting dalam praktik SEO yang juga berkaitan erat dengan kata kunci yang tepat, kamu harus benar-benar memahami istilah satu ini. SEO adalah kerja dan investasi jangka panjang yang memerlukan banyak upaya.

Apabila kamu merasa sebagai pemula masih harus belajar banyak tentang Search Engine Optimization (SEO), kapan bisa mulai mengoptimasi situs web yang kamu buat? Apakah bulan depan, tahun depan, atau mungkin masih belum punya estimasi waktu?

Sebenarnya ada cara yang lebih cepat dan efektif dalam memaksimalkan hasil SEO, yaitu dengan menggunakan jasa SEO Malang terbaik. Di mana kebutuhan SEO kamu akan ditangani oleh ahli profesional di bidangnya.

Hubungi Optimaise sekarang juga untuk mendapatkan jasa SEO seperti yang kamu harapkan!

Baca Juga

Optimaise