Digital MarketingSEO

Ini 3 Jenis SEO yang Menjadi Kunci Visibilitas Situs Web

Tiara Motik

Ini 3 Jenis SEO yang Menjadi Kunci Visibilitas Situs Web

Mengoptimalkan situs web dapat membantu pelanggan untuk menemukan produk dan layananmu. SEO atau optimasi mesin pencari menjadi upaya yang dapat meningkatkan visibilitas situs webmu di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Dengan menerapkan berbagai teknik SEO yang tepat, mesin pencari dapat memahami kontenmu dengan lebih baik, sehingga orang-orang dapat menemukan tautan yang relevan dengan pencarian mereka.

SEO adalah bagian penting dari digital marketing, tetapi bisa terasa membingungkan karena banyaknya teknik dan strategi yang tersedia. Karena itu, mengetahui dari mana harus memulai bisa menjadi terasa begitu sulit.

SEO terbagi menjadi 3 kategori utama, di mana semuanya penting untuk strategi marketingmu. Mari kita jelajahi ketiga jenis SEO ini dan pelajari bagaimana cara mengoptimalkan situs webmu.

Jenis-jenis SEO yang Paling Utama

Jenis-jenis SEO yang Paling Utama
Jenis-jenis SEO yang Paling Utama

Memiliki situs web saja tidak akan otomatis mendatangkan pengunjung. Terkadang, sulit memahami mengapa trafik yang diharapkan tidak tercapai.

Mungkin kamu perlu meningkatkan strategi SEO yang tengah kamu jalankan. Kamu bisa menyewa konsultan SEO, agensi, atau freelancer SEO. Atau, kamu bisa mencoba melakukannya sendiri.

Apakah kamu bingung harus memulainya dari mana? Memahami berbagai jenis SEO dapat membantu kamu untuk memilih layanan yang tepat untuk meningkatkan visibilitas situs webmu. Ini juga bisa membantu kamu mengatasi beberapa masalahmu sendiri sebelum menyerahkannya kepada ahli.

Baca juga: Seperti Apa Pekerjaan SEO Specialist? Ketahui Job Description dan 5 Skillnya

On-Page SEO

On-Page SEO
On-Page SEO

On-page SEO berfokus pada konten di dalam situs webmu. Untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari dan meningkatkan trafik, konten situs webmu haruslah mudah untuk ditemukan dan dipahami.

Apalagi Google juga lebih menyukai konten yang bermanfaat bagi pengguna. Untuk meningkatkan trafik, umumnya jenis SEO ini akan meliputi beberapa strategi ini:

  1. Menetapkan keyword yang tepat untuk setiap halaman penting di situs webmu.
  2. Mengoptimalkan judul halaman untuk menargetkan keyword tertentu.
  3. Memperbarui deskripsi produk di toko online.
  4. Menambahkan konten baru ke blogmu.
  5. Memperbarui struktur artikel atau halaman layanan yang sudah lama.
  6. Mengatur konten dengan tag HTML yang tepat.
  7. Membuat rencana konten untuk setiap tahap perjalanan pelanggan.

Jika konten di situs webmu tidak menargetkan keyword tertentu atau tidak memberikan nilai yang bermanfaat, kamu mungkin perlu meningkatkan on-page SEO.

Ini berarti kamu harus lebih fokus pada penggunaan keyword yang relevan dan memastikan kontenmu informatif dan berguna bagi pengunjung.

Off-Page SEO

Off-Page SEO
Off-Page SEO

Off-page SEO mencakup semua faktor di luar situs webmu yang dapat mempengaruhi peringkatnya di mesin pencari. Salah satu aspek utamanya adalah mendapatkan backlink berkualitas tinggi.

Misalnya, kamu menulis artikel informatif tentang alergi dingin dan mempublikasikannya di situs webmu. Jika situs web lain mengutip artikelmu di dalam penelitian mereka tentang alergi pada suhu dingin dan memberikan tautan ke situs webmu, itu akan menjadi backlink yang dapat meningkatkan strategi SEOmu.

Mengapa ini penting? Karena Google dan mesin pencari lainnya melihat backlink dari situs berkualitas sebagai tanda otoritas. Selain mendapatkan backlink, jenis SEO ini juga dapat mencakup beberapa hal ini:

  1. Mengelola kehadiranmu di media sosial.
  2. Melakukan aktivitas PR digital.
  3. Membuat konten untuk platform lain, seperti YouTube dan Instagram.
  4. Mengelola ulasan online.
  5. Memantau dan menghindari backlink spam yang dapat merugikan SEO.

Jika tidak ada yang mengunjungi situs webmu karena tidak ada yang menyebut atau menautkannya di tempat lain di internet, maka kamu mungkin perlu meningkatkan strategi off-page SEO.

Ini berarti kamu harus fokus pada strategi di luar situs webmu, seperti mendapatkan backlink yang berkualitas, mengelola media sosial, dan melakukan PR digital untuk meningkatkan visibilitas dan reputasi situs webmu di mata mesin pencari dan pengguna.

Technical SEO

Technical SEO
Technical SEO

Technical SEO berfokus pada aspek teknis situs webmu yang memengaruhi kemampuan mesin pencari untuk crawling, pengalaman pengguna (UX), dan kecepatan situs.

Technical SEO yang baik memastikan mesin pencari dan pengguna dapat dengan mudah memahami dan menavigasi situs webmu.

Sebaliknya, halaman yang lambat dimuat, gambar rusak, atau navigasi yang sulit dapat merusak pengalaman pengguna dan ini disebut sebagai “bad technical SEO.”

Beberapa elemen penting di dalam technical SEO dapat meliputi beberapa strategi berikut:

  1. Melakukan audit teknis situs web.
  2. Menemukan dan memperbaiki konten duplikat.
  3. Menggunakan file robots.txt untuk memberi tahu Google cara crawling situs webmu.
  4. Memiliki sitemap yang jelas.
  5. Mengoptimalkan kode dan ukuran file agar halaman cepat dimuat.
  6. Mengelola anggaran crawling.
  7. Memigrasikan situs web dengan benar.
  8. Membuat situs web yang mobile-friendly.

Kunci dari technical SEO adalah memastikan situs webmu mudah digunakan oleh pengunjung dan mesin pencari. Jika pengunjung tidak bisa menemukan halaman penting di situs webmu, maka mesin pencari juga tidak akan bisa menemukannya.

Salah satu contohnya seperti memiliki struktur situs yang jelas dan terorganisir adalah faktor technical SEO yang penting. Ini karena membantu pengunjung dan mesin pencari menavigasi situs webmu dengan mudah.

Jenis SEO yang Lain

Jenis SEO yang Lain
Jenis SEO yang Lain

Selain dari 3 kategori SEO utama yang telah dibahas sebelumnya, ada berbagai cara lain untuk meningkatkan visibilitas situs webmu di mesin pencari. Berikut ini terdapat beberapa strategi yang tidak selalu termasuk di dalam 3 jenis SEO sebelumnya.

Image SEO

Image SEO
Image SEO

Image SEO adalah praktik mengoptimalkan gambar di situs webmu agar bisa muncul di hasil pencarian gambar Google. Ini dapat membantu meningkatkan visibilitas gambarmu dan mengarahkan trafik ke situs webmu.

Penting untuk memberi setiap gambar dengan tag HTML yang dioptimalkan dan mengisi teks alternatif dengan deskripsi yang relevan.

Cara ini tidak hanya membantu mesin pencari memahami konten gambarmu tetapi juga membantu pengguna yang menggunakan pembaca layar atau memiliki gangguan penglihatan.

Selain itu, memastikan teks di sekitar gambar yang relevan dengan gambar tersebut juga dapat meningkatkan SEO gambarmu.

E-commerce SEO

E-commerce SEO
E-commerce SEO

E-commerce SEO adalah upaya untuk membuat toko onlinemu lebih terlihat dan menarik bagi calon pembeli melalui mesin pencari.

Ini tidak hanya melibatkan pengoptimalan konten, seperti judul dan deskripsi produk di situs webmu, tetapi juga memperhatikan keberadaan merekmu di platform e-commerce populer, seperti Shopee atau Tokopedia.

Karena persaingan di pasar e-commerce sangatlah sengit, penting untuk memiliki strategi SEO yang kuat agar situs webmu muncul di peringkat atas hasil pencarian dan menarik lebih banyak pembeli online.

Mobile SEO

Mobile SEO
Mobile SEO

Menurut riset yang ditemukan oleh Bankmycell, lebih dari 83% penduduk dunia kini menggunakan smartphone, sehingga penting bagi setiap merek untuk memastikan bahwa situs web mereka dapat diakses dengan baik di semua platform.

Pengoptimalan untuk penelusuran seluler berfokus pada membuat situs webmu mudah digunakan di ponsel. Ini melibatkan aspek teknis, seperti memastikan situs webmu dimuat cepat dan berfungsi dengan baik di ponsel.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan keyword yang digunakan orang saat mencari di ponsel, sehingga mungkin akan berbeda dengan pencarian desktop.

Melakukan riset keyword khusus untuk penelusuran seluler dapat membantumu memahami kebutuhan dan preferensi pengguna saat mereka menggunakan ponsel mereka.

Local SEO

Local SEO
Local SEO

Bisnis dengan lokasi fisik dapat menggunakan local SEO untuk menarik lebih banyak pengunjung dari daerah sekitarnya.

Dengan mengoptimalkan konten di situs webmu dan di platform seperti Google My Business, kamu dapat meningkatkan kemungkinan munculnya bisnismu di dalam hasil pencarian lokal.

Sebagai contoh, ketika seseorang mencari restoran Jepang terdekat dari lokasi mereka, hasil yang muncul di Google adalah bisnis dengan local SEO yang baik.

Local SEO melibatkan strategi khusus untuk meningkatkan visibilitas bisnismu di hasil pencarian lokal. Ini termasuk aktivitas seperti berikut:

  1. Memastikan informasi bisnis, seperti nama, alamat, dan nomor telepon konsisten dan tercantum di berbagai direktori online dan platform review.
  2. Membuat dan mengoptimalkan Google My Business untuk meningkatkan visibilitas bisnismu di dalam hasil pencarian lokal.
  3. Mengidentifikasi keyword yang relevan dengan daerahmu dan menggunakannya secara strategis di dalam konten situs webmu.
  4. Menciptakan konten yang relevan dan menarik bagi audiens lokalmu, ini termasuk informasi tentang layanan atau produk yang kamu tawarkan di wilayahmu.
  5. Berinteraksi dengan bisnis lokal lainnya dan membangun kemitraan yang saling menguntungkan serta memperoleh backlink dari situs web lokal yang terkait dengan bisnismu.

Untuk meningkatkan strategi local SEO, bisnismu perlu mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk praktik on-page SEO, off-page, dan teknis.

Ini dapat mencakup mengoptimalkan konten situs web secara langsung, membangun koneksi dan mendapatkan backlink dari situs web lain, serta memastikan bahwa situs web berfungsi dengan baik dari segi teknis.

Daftar strategi di atas adalah beberapa contoh tindakan khusus yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas local SEO, selain melalui praktik dasar SEO yang umum.

Cara Mengetahui Jenis SEO yang Dibutuhkan

Cara Mengetahui Jenis SEO yang Dibutuhkan
Cara Mengetahui Jenis SEO yang Dibutuhkan

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, “bagaimanakah SEO yang bagus?”. Padahal”SEO yang bagus” sebenarnya relatif dan tergantung pada audiens dan tingkat persaingan di pasarmu.

Strategi SEO yang efektif untuk toko furniture akan berbeda dengan strategi untuk asuransi. Dengan begitu banyak opsi yang tersedia, penting untuk menyesuaikan strategi SEO dengan kebutuhan unik situs dan merekmu. Berikut adalah cara untuk menentukan jenis SEO yang sesuai untukmu.

Audit Konten

Audit Konten
Audit Konten

Melakukan audit konten adalah cara untuk mengevaluasi kinerja konten di situs webmu, baik yang berhasil maupun yang tidak berhasil. Kamu dapat menggunakan Google Search Console untuk melihat konten mana yang perlu diperbaiki.

Caranya cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke laporan lengkap di dasbor utama di bawah “Performance“.
  2. Masukkan URL halaman situs web yang ingin kamu perbaiki.
  3. Urutkan berdasarkan tayangan dan lihat konten mana yang memiliki banyak tayangan untuk suatu keyword, tetapi sedikit klik.

Ini bisa menjadi peluang untuk meningkatkan kontenmu dan membuatnya lebih relevan dengan keyword yang dicari oleh pengguna.

Baca juga: Apa Saja 4 Manfaat dari SEO? Inilah yang Utama

Audit Teknis

Audit Teknis
Audit Teknis

Kamu bisa melakukan audit teknis gratis untuk situs webmu menggunakan Google Search Console. Caranya adalah dengan membuka dasbor dan meng-klik Core Web Vitals.

Laporan ini akan memberi tahu kamu apakah ada masalah teknis di situs webmu yang dapat membuat pengunjung tidak nyaman dan merugikan SEOmu.

Jika kamu ingin informasi lebih lanjut dari yang diberikan oleh Google Search Console, kamu bisa mencoba menggunakan Site Audit Semrush. Tool ini dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi masalah dengan technical SEO situs webmu.

Audit Backlink Profile
Audit Backlink Profile

Cek backlink profile situs webmu untuk memastikan bahwa situs web tersebut memiliki backlink dari sumber yang berkualitas dan tidak spam. Ini penting untuk menjaga kesehatan off-page SEO.

Kamu dapat menggunakan alat Backlink Audit Semrush yang juga tersedia dalam versi gratis. Untuk mendapatkan rekomendasi tentang cara meningkatkan backlink profile dan mendapatkan backlink yang lebih baik.

Dari jenis-jenis SEO ini akan terlihat jelas bahwa strategi SEO yang tepat sangat bergantung pada kebutuhan dan karakteristik unik dari setiap bisnis.

Baik saat kamu memiliki toko online yang ingin meningkatkan visibilitas lokalnya atau situs web korporat yang memerlukan optimasi teknis, penting untuk memilih jenis SEO yang sesuai dengan tujuan dan target audiensmu.

Di dalam menghadapi kompleksitas ini, Optimaise hadir untuk membantu. Sebagai penyedia jasa SEO yang berpengalaman, kami memahami betapa pentingnya menerapkan strategi yang tepat untuk meningkatkan visibilitas situs webmu.

Kami siap membantu untuk mencapai tujuan bisnismu. Hubungi kami hari ini untuk mendapatkan solusi SEO yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu.

Baca Juga

Optimaise