TipsEdukasi

7 Daftar Ini Menjelaskan Manfaat Dari Perdagangan Internasional Secara Lengkap

Tiara Motik

7 Daftar Ini Menjelaskan Manfaat Dari Perdagangan Internasional

Saat kamu berkunjung ke supermarket lokal, kamu mungkin akan menemukan buah anggur dari Korea Selatan, Jepang, dan Cina. Inilah dampak positif dari perdagangan internasional, di mana berbagai negara dapat saling berdagang.

Perdagangan internasional sebenarnya dapat diumpamakan seperti toko besar di mana negara-negara bisa “membeli” dan “menjual” barang dan jasa.

Di sana, kita bisa menemukan berbagai produk, mulai dari barang konsumsi, seperti pakaian hingga bahan mentah untuk industri, makanan lezat, dan mesin canggih.

Keuntungan besar dari perdagangan ini adalah memungkinkan negara untuk memperluas pilihan pasarnya. Misalnya, kamu dapat memiliki akses ke produk yang mungkin tidak dapat kita temukan di dalam negeri.

Selain itu, tentunya masih ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh. Ulasan berikut ini tidak hanya membahas definisi dari perdagangan internasional, tapi juga menjelaskan manfaat dari perdagangan internasional secara spesifik.

Apa itu Perdagangan Internasional?

Apa itu Perdagangan Internasional?
Apa itu Perdagangan Internasional?

Perdagangan internasional bisa dikatakan sebagai kunci yang membuka pintu bagi perekonomian dunia. Seperti pertunjukan global, apa yang terjadi di satu tempat bisa mempengaruhi apa yang terjadi di tempat lain.

Misalnya, jika terjadi perubahan politik di Asia yang menyebabkan meningkatkan biaya tenaga kerja, hal itu bisa berpengaruh pada biaya produksi sepatu kets di Vietnam.

Akibatnya, perusahaan sepatu Amerika yang berproduksi di Vietnam mungkin harus menaikkan harga sepatu mereka di toko-tokonya yang ada di Amerika. Perdagangan internasional sebenarnya seperti tukar-menukar barang atau jasa antar negara.

Ini semua membantu negara untuk membuka peluang pasar secara global. Bayangkan jika kita hanya bisa mendapatkan barang atau jasa yang mungkin tidak ada atau lebih mahal di negara lain.

Jadi, perdagangan internasional adalah cara untuk membuat ekonomi suatu negara berkembang dengan memberikan akses lebih luas kepada berbagai produk dan layanan ke berbagai negara.

Bentuk-bentuk Perdagangan Internasional

Bentuk-bentuk Perdagangan Internasional
Bentuk-bentuk Perdagangan Internasional

Bentuk perdagangan internasional menjadi jendela melalui mana negara-negara saling terhubung, menciptakan pola yang melibatkan berbagai cara berinteraksi dalam skenario ekonomi yang terus berkembang.

Dari pertukaran dua negara hingga jaringan perdagangan global yang kompleks, masing-masing bentuk perdagangan ini menandai kontribusinya yang unik dalam membentuk peta ekonomi global dan menggambarkan dinamika terus-menerus yang membentuk pola perdagangan internasional saat ini. Berikut ini adalah beberapa jenis atau bentuk perdagangan internasional.

Ekspor dan Impor

Ketika sebuah negara menjual barangnya ke luar negeri, itu disebut ekspor. Sebaliknya, ketika sebuah negara membeli barang dari luar negeri, itu disebut impor.

Semua transaksi ini dicatat dalam bagian transaksi berjalan pada neraca pembayaran suatu negara, seperti catatan keuangan global.

Contohnya, jika suatu negara sangat baik dalam membuat sepatu dengan biaya rendah, mereka dapat menjualnya lebih murah daripada negara lain.

Sementara itu, negara yang mungkin tidak begitu baik membuat sepatu bisa mendapatkannya lebih efisien dengan membeli dari negara yang ahli dalam hal itu.

Barter

Beberapa negara masih menggunakan sistem barter, yang merupakan cara kuno tukar menukar barang tanpa menggunakan uang.

Ini terjadi dalam beberapa bentuk, seperti dalam counter purchase, di mana negara membeli barang dari negara lain dan sebagian dari pembayaran dilakukan dengan menawarkan produk dari negara penerima. Misalnya, jika suatu negara membeli pesawat dari negara lain, negara penerima dapat membayar sebagian dalam bentuk produk tertentu.

Ada juga buy back barter di mana negara yang menerima barang dari negara lain setuju untuk membayar kembali dengan menyediakan barang atau jasa di masa depan. Contohnya, jika suatu negara menerima teknologi, mereka mungkin setuju untuk membayar kembali dengan menyediakan sumber daya alam di kemudian hari.

Contoh Perdagangan Internasional

Mari bayangkan mencoba membuat sepatu olahraga berkualitas tinggi dari awal di satu negara, mulai dari pengadaan bahan, seperti kain khusus, karet untuk sol, hingga teknologi untuk desainnya.

Proses ini tentu akan menjadi tantangan besar dan mahal, terutama karena banyak negara tidak memiliki semua sumber daya atau keahlian yang diperlukan. Pertimbangkan perbandingan antara Vietnam dan Amerika.

Vietnam mungkin memiliki akses ke bahan alam yang baik untuk pembuatan sol sepatu, tetapi mungkin kurang dalam hal teknologi produksi tinggi. Di sisi lain, Amerika mungkin memiliki teknologi tinggi, tetapi mungkin tidak memiliki bahan baku alam yang dibutuhkan.

Ketika keduanya terlibat dalam perdagangan internasional, Vietnam dapat menyediakan bahan baku yang diperlukan untuk sol sepatu, sementara Amerika dapat memanfaatkan keahlian teknologi tinggi mereka dalam pembuatan dan desain.

Baca juga: 2 Contoh Surat Penawaran Siap Bantu Promosi Bisnis Kamu

Hasilnya adalah produksi sepatu sneakers yang berkualitas tinggi yang menggabungkan keunggulan keduanya, menciptakan hubungan perdagangan yang saling menguntungkan.

Menjelaskan Manfaat dari Perdagangan Internasional

Menjelaskan Manfaat dari Perdagangan Internasional
Menjelaskan Manfaat dari Perdagangan Internasional

Pada dasarnya, perdagangan internasional mengarah pada keberagaman dan ketersediaan produk di pasar global.

Sebagai mekanisme yang memungkinkan negara-negara untuk mengakses barang dan jasa yang mungkin tidak tersedia di dalam negeri, perdagangan internasional justru menciptakan suatu ekosistem ekonomi yang dinamis dan kompetitif.

Sama seperti dampaknya, perdagangan internasional juga memiliki segudang manfaat. Daftar berikut ini akan menjelaskan manfaat dari perdagangan internasional.

Meningkatkan Pendapatan

Salah satu keunggulan utama perdagangan internasional adalah memperluas basis pelanggan. Setiap negara yang masuk ke dalam jaringan bisnis dapat membuka pintu untuk pertumbuhan dan peningkatan pendapatan.

Menurut Laporan Tren Perdagangan FedEx 2021, sekitar 78 persen responden sepakat bahwa peningkatan aktivitas perdagangan dapat membawa peluang baru untuk pendapatan dan menciptakan lebih banyak peluang pekerjaan.

Dengan kata lain, berdagang dengan berbagai negara dapat membuka peluang yang lebih luas untuk bisnismu, memungkinkan kamu menjangkau lebih banyak konsumen potensial, dan pada gilirannya, memberikan dorongan positif terhadap pertumbuhan dan lapangan kerja.

Memperoleh Keuntungan dari Konversi Mata Uang

Perusahaan yang terlibat dalam perdagangan internasional dapat merasakan manfaat dari perubahan nilai mata uang. Contohnya, ketika nilai dolar AS menurun, kamu mungkin dapat meningkatkan volume ekspor karena pelanggan asing dapat memanfaatkan keuntungan dari nilai tukar yang menguntungkan.

Selain itu, kamu dapat memetik manfaat dari perbedaan nilai mata uang. Misalnya, jika kamu berbisnis di Jepang dan yen Jepang menguat terhadap dolar AS, ketika kamu menukarkan pembayaran dalam yen ke dolar yang tengah lemah, kamu akan mendapatkan lebih banyak dolar.

Dengan kata lain, fluktuasi nilai mata uang dapat menjadi alat yang kuat bagi perusahaan, ini membuka peluang untuk meningkatkan ekspor dan menghasilkan manfaat finansial melalui konversi mata uang.

Mengurangi Persaingan

Kamu mungkin menghadapi banyak pesaing di pasar Indonesia, tetapi di negara lain, kamu mungkin memiliki persaingan yang lebih sedikit. Penduduk di negara tersebut mungkin merasa senang melihat produk dan layanan yang kamu tawarkan tersedia di wilayah mereka.

Sementara persaingan di Indonesia mungkin ketat, tapi ekspansi ke negara lain dapat membuka peluang di pasar yang kurang padat, dan konsumen di sana mungkin merasa senang dan tertarik dengan produk atau layanan yang kamu hadirkan.

Baca juga: Cara Menjadi Dropshipper Pemula dalam 7 Langkah Mudah

Memudahkan Manajemen Cash Flow

Mendapatkan pembayaran di muka bisa menjadi keuntungan tersembunyi dalam perdagangan internasional. Saat kamu terlibat dalam perdagangan lintas batas, caramu menegosiasikan pembayaran dengan pemasok atau vendor bisa menjadi berbeda.

Permintaan untuk menerima pembayaran di muka mungkin lebih umum, sementara di dalam negeri, kamu mungkin harus menunggu lebih lama sebelum mendapatkan pembayaran.

Melakukan ekspansi bisnis ke pasar internasional memiliki potensi untuk membantumu mengelola aliran kas atau cash flow dengan lebih efisien karena mendapatkan pembayaran di muka dapat memberikan kepastian dan stabilitas finansial.

Dapat Mengurangi Risiko

Salah satu keuntungan besar dari perdagangan internasional adalah kemampuan untuk meragamkan pasar. Terpaku hanya pada pasar dalam negeri dapat meningkatkan risiko terkait dengan penurunan ekonomi, ketidakstabilan politik, dampak peristiwa lingkungan, dan faktor risiko lainnya.

Dengan mengurangi ketergantungan pada satu pasar, kamu dapat mengurangi potensi risiko yang mungkin muncul di pasar inti bisnismu.Dengan kata lain, melibatkan diri dalam perdagangan internasional memungkinkan bisnismu untuk mengurangi potensi dampak negatif akibat perubahan di pasar utamamu.

Meningkatkan Reputasi

Kesuksesan bisnismu di satu negara dapat berdampak positif pada kinerja bisnis di negara-negara sekitarnya. Memberikan peningkatan kredibilitas yang dapat dirasakan baik di tingkat internasional maupun domestik.

Meskipun sulit diukur, efek ini merupakan salah satu keuntungan perdagangan internasional yang sering kali terlupakan atau diabaikan.

Mendorong Inovasi

Melibatkan diri dalam pasar internasional memberikan kesempatan untuk menghadirkan produk atau layanan baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

Eksposur terhadap realitas global dapat menjadi pemicu untuk meningkatkan, berinovasi, dan membuat produk atau layanan yang sudah ada menjadi lebih efisien.

Dengan kata lain, terlibat dalam perdagangan internasional membuka pintu bagi pengembangan produk baru atau peningkatan pada layanan yang dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan pasar global.

Dari beberapa daftar yang menjelaskan manfaat dari perdagangan internasional ini terlihat jelas bahwa melibatkan bisnismu dalam pasar global membawa keuntungan signifikan.

Diversifikasi pasar, ekspansi pelanggan, dan potensi inovasi adalah hanya beberapa contoh bagaimana perdagangan internasional dapat memperkuat dan memperkaya bisnismu.

Sebagai penyedia jasa pembuatan PT perorangan, Optimaise hadir untuk memastikan bahwa bisnismu juga memiliki kesempatan untuk memaksimalkan potensi ini. Kalau kamu tertarik untuk membangun bisnis perorangan, segera hubungi kami untuk diskusi lebih lanjut!

Baca Juga

Optimaise