Digital MarketingSEO

Intip Manfaat Landing Page dan 5 Cara Membuatnya!

Siti Rohmah Noviah

Intip Manfaat Landing Page dan 5 Cara Membuatnya

Untuk memaksimalkan upaya pemasaran digital sehingga lebih dekat dengan tujuan yang diharapkan, apakah kamu sudah mempunyai landing page?

Sekilas tentang Landing page

Istilah landing page akan sangat familiar saat kamu mulai memasuki bisnis online atau pemasaran digital. Landing page adalah halaman dari sebuah situs web yang dibuat khusus untuk tujuan pemasaran.

Halaman arahan ini juga bisa diartikan sebagai halaman khusus untuk tujuan spesifik, yaitu mengarahkan pengguna internet melakukan tindakan seperti melakukan pembelian atau pemesanan, mengisi formulir, atau lainnya.

Dengan mengklik iklan atau promosi di mesin pencari, pengguna internet akan diarahkan ke halaman arahan ini. Halaman ini biasanya berisi informasi tertentu, seperti rincian produk atau layanan, fitur, manfaat atau keunggulan, media digital, tombol CTA, dan lainnya.

Bagi yang ingin melakukan kampanye pemasaran, halaman arahan akan sangat membantu karena dapat mengkonversi pengunjung menjadi pembeli atau pelanggan.

Tujuan dari pembuatan landing page adalah menyediakan halaman untuk campaign khusus untuk mendorong konversi melalui call-to-action (CTA). Adapun isi dari tombol CTA bisa disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai, misalnya hubungi kami, berlangganan, free trial, dan lainnya.

Apabila dilihat dari jenisnya, terdapat dua fungsi landing page, yaitu mengumpulkan data pengunjung potensial (leads) dan mempercepat transaksi pembelian. Dengan halaman khusus ini, pengunjung situs bisa mengakses produk atau jasa yang akan mereka beli.

Jenis-jenis Landing Page

Lalu, apa saja jenis-jenis dari halaman arahan (landing page)?

Untuk bisa memahami fungsi dari halaman tersebut, berikut adalah beberapa jenis landing page yang harus kamu tahu:

  • Lead generation landing pages bertujuan mendatangkan leads setidaknya berisi nama dan alamat email pengunjung yang bisa digunakan untuk menyusun strategi pemasaran lanjutan
  • Click-through landing pages berupa promosi atau potongan harga sehingga diharapkan dapat memengaruhi pengunjung untuk segera melakukan pembelian atau pemesanan
  • Explainer landing pages adalah halaman yang mengandung banyak informasi termasuk manfaat dan fitur produk untuk mengedukasi pengunjung dan mengikat mereka terhadap brand tertentu
  • Product detail landing pages berisi informasi detail produk atau jasa yang ditawarkan agar pengunjung tertarik untuk membeli produk secara langsung di halaman tersebut

Ciri-ciri Landing Page

Situs web terdiri dari berbagai halaman, mulai dari homepage hingga halaman kontak. Bahkan tidak sedikit situs yang juga memiliki halaman tambahan lain seperti karir dan lainnya.

Namun, untuk kebutuhan kampanye marketing, kamu bisa menambahkan landing page atau halaman arahan. Jika memposisikan diri sebagai pengunjung, bagaimana kamu bisa mengenali perbedaan halaman arahan dengan halaman lain?

Berikut adalah ciri-ciri landing page yang membantu pengunjung mengenali bahwa halaman tersebut dibuat untuk tujuan tertentu yang melibatkan pengunjung melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau berlangganan:

  • Halaman khusus bersifat spesifik
  • Mengajak pengunjung melakukan tindakan tertentu yang ditandai dengan adanya tombol CTA
  • Berisi konten yang lebih ringkas dengan penulisan copy yang menarik
  • Memiliki informasi visual yang cukup
  • Mengkhususkan pengunjung fokus pada satu produk agar segera melakukan transaksi

Manfaat Landing Page

Apakah dari penjelasan di atas kamu sudah bisa menyimpulkan apa saja manfaat laman arahan? Secara umum, terdapat beberapa manfaat laman arahan, yaitu:

Sebagai Sarana Promosi

Dengan membuat halaman khusus berupa halaman arahan, kamu bisa menggunakannya sebagai sarana promosi. Halaman ini bisa berisi informasi singkat tentang promosi yang sedang dijalankan.

Ini memperkuat fakta bahwa promosi bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan berbagai media, termasuk halaman dari situs web yang dibuat khusus untuk kegiatan promosi.

Meningkatkan Conversion Rate

Manfaat lain dari memiliki landing page adalah meningkatkan conversion rate. Jadi, pengunjung tidak hanya mengakses situs tetapi juga berpotensi melakukan aksi yang diharapkan. Misalnya melakukan pembelian atau pemesanan, berlangganan newsletter, mencoba free trial, mendownload ebook atau panduan, atau membuat akun.

Dengan konversi yang tinggi, bukan tidak mungkin pengunjung situs akan masuk lebih dalam ke marketing funnel.

Meningkatkan Traffic Website

Traffic situs memiliki peran penting bagi bisnis online. Lalu lintas yang meningkat adalah pertanda baik yang memungkinkan kamu mendapatkan sales. Juga bisa menjadi cara branding sehingga dapat berdampak positif pada engagement situs.

Jadi, apabila kamu sedang berusaha meningkatkan lalu lintas situs, membuat landing page bisa menjadi salah satu cara yang patut dicoba.

Berbicara tentang traffic website, apakah kamu juga tertarik untuk belajar SEO? Kamu bisa memulainya dari awal melalui panduan belajar SEO untuk pemula.

Mendapatkan Leads

Tidak bisa dipungkiri bahwa landing page juga membantu pemilik situs mendapatkan leads, namun tergantung pada jenis halaman yang digunakan. Untuk mendapatkan manfaat satu ini, kamu bisa menggunakan jenis leads generation.

Halaman arahan jenis leads generation akan meminta informasi pengunjung, termasuk nama, alamat email, jenis kelamin, nomor telepon, dan lainnya. Dengan informasi dasar pengunjung yang sudah terkumpul, kamu bisa melakukan analisis lebih lanjut yang mendukung kegiatan promosi dan pemasaran.

Tips Membuat Landing Page

Belum berpengalaman membuat landing page bukan berarti tidak bisa membuatnya. Berikut adalah beberapa tips yang membantu kamu mendapatkan gambaran seperti apa halaman arahan seharusnya kamu buat agar terlihat menarik di mata audiens:

Kenali Target Audiens

Tips pertama dalam membuat landing page adalah mengenali target audiens. Sehingga kamu memiliki gambaran jelas halaman arahan seperti apa yang harus dibuat. Sesuaikan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Tentukan Tujuan

Sudah mengenali siapa audiens dari halaman arahan yang akan kamu buat? Seperti yang sudah dikatakan bahwa halaman ini dibuat untuk mencapai tujuan tertentu berupa tindakan yang diharapkan.

Perhatikan Isi Landing Page

Seperti halaman lain dari suatu situs, landing page juga berisi konten tulisan. Di halaman ini, kamu bisa menulis copy menggunakan beberapa keyword yang relevan serta banyak dicari target audiens.

Dengan demikian, halaman arahan akan dinilai dan dapat menciptakan konversi yang optimal. Tambahkan headline menarik di bagian atas atau awal. Tujuannya adalah membuat pengunjung tertarik atau penasaran sehingga akan terus scrolling hingga ke bagian bawah.

Baca Juga: 9 Contoh Copywriting Terbaik untuk Kontenmu

Tambahkan Konten Visual

Tips selanjutnya dalam membuat landing page adalah melengkapi konten tulisan dengan konten visual. Dengan kata lain, kamu bisa menambahkan konten visual baik berupa gambar, video, atau lainnya dengan pilihan warna yang sesuai dengan brand.

Dengan adanya konten visual, halaman arahan bisa memengaruhi persepsi pengunjung sehingga membuat mereka merasa lebih nyaman saat mendarat dan melihat-lihat halaman tersebut.

Sertakan Tombol CTA

Dalam landing page, call-to-action (CTA) merupakan hal wajib. Jadi, pastikan kamu menyertakan tombol tersebut dalam laman arahan yang akan dibuat. Adapun isi atau pesan CTA bisa kamu sesuaikan dengan tujuan dibuatnya laman arahan.

Misalnya, apakah laman tersebut dibuat untuk mengajak pengunjung melakukan pendaftaran, berlangganan, pembelian, atau lainnya.

Agar landing page muncul di hasil pencarian teratas sehingga bisa dengan mudah ditemukan pengguna internet, kamu harus melakukan upaya optimasi. Upaya ini tidak perlu dilakukan secara mandiri. Mengapa? Saat ini, kamu bisa mempercayakan kebutuhan tersebut kepada penyedia jasa SEO Malang terbaik, seperti Optimaise.

[addtoany]

Baca Juga

Optimaise