Bagaimana pengguna internet bisa melihat situs web kamu ada di hasil pencarian? Selain melalui upaya SEO, kamu juga bisa menampilkan situs web di hasil pencarian teratas melalui iklan Google. Iklan tersebut bahkan bisa kamu kelola dengan lebih mudah melalui Adwords Manager.
Apa itu Adwords Manager dan bagaimana cara kerjanya, mari cari tahu bersama di sini!
Table of Contents
Mengenal Apa Itu Adwords Manager
Kamu pastinya pernah mendengar keberadaan Adwords manager. Google ads manager adalah platform pengelolaan iklan yang ditampilkan di suatu situs web. Seperti namanya, platform ini dikembangkan oleh Google yang didesain untuk dapat membantu optimasi kampanye iklan di berbagai layanan Google, termasuk Google search, Display Network, YouTube, dan lainnya.
Dengan begitu, kamu bisa mengelola beberapa akun Google Ads dengan lebih mudah dalam satu tempat. Keberadaan Google Ads Manager ini akan sangat membantu para digital marketer saat mereka menjalankan banyak iklan yang perlu dikelola dengan baik.
Manfaat Google Adwords Manager
Bagi yang hendak menjalankan iklan secara digital, Adwords Manager tentu akan menjadi bagian tak terlupakan. Selain mengelola akun Google Ads yang kamu miliki, juga menawarkan berbagai manfaat lain, di antaranya adalah:
Baca juga: 4 Hal tentang Keyword Kompetitor, Kamu Wajib Tahu!
- Akses level kampanye antar akun
- Sebagai pusat kontrol agar bisa mengelola iklan dalam satu platform
- Kemudahan informasi tagihan melalui gabungan beberapa invoice ke satu invoice bulanan
- Membantu mempercepat proses monitor kampanye
Keunggulan Google Ads Manager
Adwords atau yang juga disebut dengan Ads Manager hadir dengan berbagai keunggulan. Sehingga pengguna memiliki lebih banyak alasan untuk beriklan secara digital melalui platform satu ini.
Adapun keunggulan dari Adwords Manager adalah:
- Pengelolaan iklan terpusat di satu tempat
- Menargetkan audiens yang lebih tepat dan spesifik
- Fleksibilitas dalam menentukan anggaran iklan
- Memberikan laporan yang akurat
- Terintegrasi dengan tools Google lain, yaitu Google Analytics yang berfungsi untuk memahami perilaku audiens yang ditargetkan
Cara Kerja Adwords Manager
Banyak pihak yang menggunakan Adwords Manager untuk mengelola iklan. Itu berarti kamu dapat mendefinisikan inventarisasi iklan, membuat, mengelola, serta melaporkan kampanye iklan yang berjalan.
Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat iklan berbasis tag yang akan membantu performa iklan. Hal tersebut dikarenakan Google tidak dapat menjalankan kembali iklan kreatif kamu. Tag tersebut dimasukkan ke situs web atau aplikasi seluler. Saat pengunjung mengakses situs web atau menggunakan aplikasi kamu, tag iklan kemudian akan membuat permintaan iklan dari ads manager.
Dengan platform satu ini, kamu juga bisa membuat pesanan dan item baris. Yang keduanya mewakili transaksi kamu dengan pengiklan. Kampanye iklan tersebut menargetkan unit iklan dan memenuhi syarat dalam menyajikan iklan as permintaan tersebut.
Pada saat tersebut, ads manager akan memilih iklan terbaik untuk direspon dan kemudian ditampilkan di layar pengguna internet.
Berbagai Fitur Adwords Manager
Banyaknya pengguna Adwords Manager juga menjadi bukti banyaknya pihak yang menyukai keberadaan Google Ads Manager. Salah satu alasannya mungkin karena banyaknya fitur yang ditawarkan.
Google selalu hadir dengan cara terbaru yang membantu kamu meningkatkan pendapatan. Bila diperhatikan dengan seksama, kamu akan melihat perubahan dan peningkatan setiap harinya.
Lalu, apa saja fitur yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan hasil dari iklan Google?
Iklan yang Bertahan Lama
Sebelumnya, Google Ads disebut Google Adwords yang merupakan cara beriklan di mesin pencari Google. Dengan iklan tersebut, pemasar bisa terhubung dengan banyak orang yang mencari jawaban di pencarian, menonton video di YouTube, atau lainnya.
Google menyegarkan tampilan antar muka pengguna yang baru sehingga. Tampilan tersebut mencerminkan cara konsumen berinteraksi dengan berbagai platform Google.
Iklan Pencarian yang Responsif
Konsumen cenderung lebih penasaran dan berharap iklan yang mereka lihat tidak hanya berguna tetapi juga relevan. Dengan iklan pencarian yang responsif, pengiklan bisa membuat banyak berita utama dengan deskripsi yang berbeda.
Dengan begitu, sebagai pengiklan, kamu bisa mengoptimalkan 27 headline utama yang berbeda.
Penawaran Cerdas
Hal mendasar dari cara kerja Google Adwords adalah bahwa kamu bisa menawar kata kunci yang akan ditampilkan untuk iklan kepada pengguna internet yang melakukan pencarian. Biasanya, iklan dengan ranking tertinggi akan muncul di posisi hasil pencarian teratas.
Posisi tersebut tergantung dari penawaran yang kamu buat. Yang juga didukung dengan kualitas iklan itu sendiri.
Baca Juga: Contoh Gambar Iklan dan 6 Cara Membuatnya
Kampanye Lokal
Fitur lain dari Google Adwords Manager adalah kampanye lokal, termasuk mengarahkan pengguna internet ke toko terdekat. Kemudian menunjukan mereka informasi terkait toko tersebut. Kampanye otomatis tersebut akan memberikan petunjuk ke toko terdekat yang bisa ditampilkan di pencarian Google, YouTube, dan layanan Google lain.
Fitur menarik tersebutlah yang akan membantu toko mendapatkan calon pembeli potensial.
Iklan YouTube
Tahukah kamu? Adwords terbaru memungkinkan kamu membuat leads secara langsung dari video YouTube. Tentu ini adlaah waktu yang tepat untuk menjalankan iklan YouTube karena kamu bisa melihat cara mana yang lebih berhasil dalam menjalankan promosi bisnis.
Cara Membuat Akun Adwords Manager
Bagi yang ingin memanfaatkan mesin pencari untuk beriklan yang diharapkan memberikan traffic berbayar, Google Adwords adalah pilihan tepat. Beriklan melalui mesin pencari dengan memilih layanan Google ini turut melengkapi cara promosi melalui situs web menggunakan teknik SEO.
Sehingga memberikan peluang yang lebih dalam mendapatkan lalu lintas secara organik dan berbayar. Belum paham dasar-dasar SEO? Tampaknya, kali ini kamu bisa belajar melalui panduan belajar SEO untuk pemula.
Sudah tidak sabar untuk segera menjalankan kampanye iklan melalui berbagai layanan Google? Pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah memiliki akun Adwords Manager.
Akun tersebut nantinya akan membantu melihat serta mengelola beberapa akun Google Ads dengan lebih mudah dari satu lokasi.
Berikut adalah beberapa langkah dalam membuat akun Ads Manager:
- Pertama, pastikan memiliki koneksi internet yang lancar agar bisa mengakses halaman beranda.
- Lanjutkan dengan langkah berikutnya, yaitu memilih atau klik Mulai Sekarang.
- Siapkan alamat email aktif dan masukkan email tersebut yang nantinya akan digunakan untuk akun manager Google Ads.
- Pilih nama akun admin yang tepat dan kemudian isikan di kolom what’s your email address, nama tersebut nantinya akan dilihat oleh klien.
- Langkah selanjutnya adalah memilih bagaimana kamu akan mengelola akun Adwords Manager, baik sebagai akun pengelola milik sendiri atau untuk mengelola akun milik orang lain.
- Tentukan dan pilih negara dan zona waktu yang tepat karena tidak dapat diubah setelah pendaftaran selesai.
- Pilih mata uang tetap yang nantinya akan digunakan untuk penagihan di akun admin.
- Berikan persetujuan perihal aturan penggunaan akun dengan mencentang kotak, klik Simpan dan Lanjutkan (Save and Continue).
- Pastikan kamu segera membuka email dan lakukan verifikasi untuk mengaktifkan akun Adwords Manager.
Beriklan dengan Google Adwords Manager?
Ya, Adwords Manager adalah platform pengelolaan iklan yang tepat bagi bisnis atau perusahaan yang akan menjalankan iklan yang banyak dengan penjualan langsung yang signifikan. Sebagai pengguna, kamu memiliki kontrol dan dukungan pertukaran iklan dan jaringan, termasuk AdSense dan lainnya.
Selain beriklan di mesin pencari dengan memanfaatkan keberadaan Ads Manager, kamu juga bisa melakukan promosi di media sosial. Akan tetapi, harus ada satu orang yang berfokus dalam pengelolaan promosi tersebut.
Punya karyawan yang minim namun tetap ingin memaksimalkan promosi dan pemasaran di media sosial? Tidak perlu bingung karena kamu bisa menggunakan jasa sosmed management dari Optimaise.