Digital MarketingSEO

5 Tips Keyword Diversification Agar Terhindar dari Kanibalisasi

Tiara Motik

5 Tips Keyword Diversification Agar Terhindar dari Kanibalisasi

Menurut teori SEO klasik, memiliki lebih dari satu halaman yang berperingkat untuk satu keyword bisa menjadi masalah karena dapat menyebabkan kanibalisasi.

Kanibalisasi terjadi ketika beberapa halaman dari situs web bersaing satu sama lain untuk peringkat yang sama di hasil pencarian, sehingga membuat mesin pencari bingung tentang halaman mana yang seharusnya menempati peringkat tertinggi.

Dalam beberapa kasus, sengaja menargetkan keyword dengan lebih dari satu halaman bisa menguntungkan dan inilah yang dikenal dengan keyword diversification.

Misalnya, jika keyword tersebut memiliki nuansa atau variasi yang berbeda dalam konteks penggunaannya, maka kamu dapat membuat halaman yang dioptimalkan secara khusus untuk setiap nuansa atau variasi tersebut.

Ini menimbulkan pertanyaan apakah semua kasus lainnya sebenarnya tidak masalah dan apakah kasus tersebut mungkin merupakan situasi yang menguntungkan?

Selain itu, mungkin ada manfaatnya untuk sengaja menargetkan keyword dengan lebih dari satu halaman untuk mendapatkan lebih banyak traffic? Untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa menyimak penjelasan lebih lanjut mengenai keyword diversification berikut ini.

Apa itu Keyword Diversification?

Apa itu Keyword Diversification?
Apa itu Keyword Diversification?

Keyword diversification terjadi ketika dua halaman atau lebih diberi peringkat untuk keyword yang sama secara bersamaan, tanpa ada pertukaran peringkat yang terjadi antara halaman-halaman tersebut.

Hal ini dapat terjadi karena mesin pencari menganggap bahwa kedua halaman tersebut memiliki relevansi yang sama untuk keyword tersebut.

Dalam beberapa kasus keyword diversification, meskipun kedua halaman mungkin muncul dalam hasil pencarian untuk keyword yang sama, konsolidasi atau penggabungan kedua halaman tersebut menjadi satu mungkin tidak memberikan manfaat yang signifikan.

Ini karena mesin pencari telah memutuskan untuk menampilkan kedua halaman tersebut dalam hasil pencarian dan penggabungan mungkin tidak mengubah posisi peringkat atau meningkatkan visibilitas.

Krena itu, dalam kasus keyword diversification, lebih baik fokus pada strategi untuk mempertahankan kedua halaman tersebut dalam hasil pencarian dan meningkatkan relevansi serta kualitas konten keduanya agar tetap bersaing secara sehat dalam hasil pencarian.

Keyword Diversification yang Buruk dan Baik

Keyword Diversification yang Buruk dan Baik
Keyword Diversification yang Buruk dan Baik

Penggunaan keyword yang tepat merupakan salah satu faktor kunci untuk meningkatkan visibilitas situs webmu di hasil pencarian. Namun, strategi yang sering diabaikan adalah keyword diversification.

Keyword diversification yang baik dapat membantumu menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan peluang peringkat yang baik di berbagai pencarian.

Namun, diversifikasi yang buruk, seperti kanibalisasi keyword di antara halaman-halaman situs webmu dapat mempengaruhi negatif peringkat dan visibilitas situs webmu.

Baca juga: Apa Itu Keyword Cannibalization dan 5 Cara Menemukannya

Keyword Diversification yang Buruk

Keyword Diversification yang Buruk
Keyword Diversification yang Buruk

Kanibalisasi bisa terjadi ketika mesin pencari terus-menerus menukar peringkat antara beberapa halaman atau ketika beberapa halaman diberi peringkat secara bersamaan untuk keyword yang sama tetapi cukup mirip untuk digabungkan.

Hal ini dapat memberikan hasil baik dan buruk untuk situs webmu, tergantung pada situasinya. Contohnya adalah ketika sekelompok postingan blog terus-menerus bertukar peringkat di hasil pencarian.

Baca juga: Site Search dan 3 Alasan Menggunakannya

Meskipun setiap postingan memiliki URL yang berbeda, keyphrase yang mirip di judul dan URL mungkin memicu kanibalisasi.

Artinya, setiap kali postingan baru diterbitkan, postingan lama akan dihapus dari hasil pencarian dan digantikan dengan posting baru. Inilah kasus yang paling sering terjadi pada keyword diversification yang buruk.

Keyword Diversification yang Baik

Keyword Diversification yang Baik
Keyword Diversification yang Baik

Lalu, bagaimana dengan keyword diversification yang baik? Dalam beberapa kasus, tidak ada manfaat yang jelas dalam mengkonsolidasikan halaman-halaman tersebut menjadi satu seperti contoh Ahrefs pada gambar di atas.

Contohnya, untuk keyword “keyword rankings” situs web mungkin memiliki artikel glosarium yang muncul dalam cuplikan unggulan atau featured snippet dan landing page untuk alat dengan peringkat di posisi 4.

Meskipun kedua halaman ini berperingkat untuk keyword yang sama, konsolidasi mungkin tidak diperlukan karena keduanya telah berperingkat bersama selama lebih dari setengah tahun.

Dengan mempertahankan kedua halaman tersebut, kamu dapat melayani dua jenis pengguna, yakni mereka yang mencari definisi istilah dan mereka yang ingin memeriksa peringkat keyword mereka sendiri.

Sebagai contoh lain, untuk keyword “Audit SEO” Ahrefs memiliki artikel blog yang berperingkat di posisi 4 dan landing page untuk alat di posisi 7.

Karena kedua halaman tersebut melayani dua jenis maksud yang berbeda, yakni pencari yang mencari informasi dan mereka yang mencari alat, menggabungkannya menjadi satu halaman mungkin tidak masuk akal.

Traffic Konten dengan Keyword Diversification

Traffic Konten dengan Keyword Diversification
Traffic Konten dengan Keyword Diversification

Memberi peringkat dua kali untuk satu keyword dalam hasil pencarian mungkin terlihat seperti strategi yang menguntungkan karena kamu dapat mendapatkan traffic dari kedua posisi tersebut.

Namun, hal ini sebenarnya agak rumit dan perlu dipertimbangkan dengan hati-hati. Dalam beberapa kasus, mendapatkan peringkat ganda mungkin tidak memberikan manfaat yang sebanding dengan upaya yang dikeluarkan.

Selain itu, ada juga risiko bahwa hal tersebut dapat menurunkan peringkat laman berharga lainnya dalam hasil pencarian.

Penting untuk dipahami bahwa meskipun halaman baru dapat muncul dalam hasil pencarian untuk keyword yang sama, itu tidak selalu berarti halaman baru akan mendapatkan lebih banyak traffic daripada halaman lama. Terdapat beberapa kemungkinan skenario yang dapat terjadi:

  1. Halaman baru dapat menggantikan posisi halaman lama dan mendapatkan lebih banyak traffic. Dalam beberapa kasus, halaman baru dapat melompat ke posisi yang lebih tinggi dari halaman lama yang dapat menghasilkan peningkatan traffic yang signifikan.
  2. Halaman baru dapat mengungguli halaman lama dalam peringkat, tetapi mendapatkan jumlah klik yang lebih sedikit. Misalnya, dalam kasus di mana cuplikan unggulan yang menjelaskan suatu istilah berperingkat lebih tinggi daripada halaman landas yang menawarkan alat gratis, sehingga traffic ke halaman baru mungkin lebih sedikit meskipun peringkatnya lebih tinggi.
  3. Halaman baru mungkin tidak menggantikan posisi halaman lama atau hanya diberi peringkat di bagian link situs. Dalam hal ini, upaya keyword diversification hanya akan memberikan tambahan traffic yang relatif kecil.

Perlu diingat bahwa setiap halaman baru yang ditambahkan ke situs webmu akan diberi peringkat berdasarkan keyword yang unik, sehingga dapat mendatangkan traffic tambahan yang tidak tercantum di atas.

Namun, penting juga untuk diingat bahwa kualitas traffic juga penting, bukan hanya kuantitasnya.

Tips Keyword Diversification

Tips Keyword Diversification
Tips Keyword Diversification

Beberapa keyword mungkin lebih cocok untuk diversifikasi daripada yang lain. Kata kunci yang lebih populer cenderung memiliki volume pencarian yang lebih tinggi, ini berarti potensi untuk mendapatkan traffic yang signifikan di 10 besar hasil pencarian.

Namun, keberhasilan dalam mendapatkan traffic dari kata kunci tersebut sangat bergantung pada CTR yang dapat bervariasi untuk setiap keyword.

Untuk mengevaluasi apakah sebuah keyword layak untuk diversifikasi, kamu dapat menggunakan alat seperti Ahrefs dan membuka laporan Traffic share by page di Keywords Explorer. Setelah mempertimbangkan, ikuti tips keyword diversification berikut ini agar terhindar dari kanibalisasi.

Selaraskan Konten dengan Maksud Pencarian

Selaraskan Konten dengan Maksud Pencarian
Selaraskan Konten dengan Maksud Pencarian

Keyword diversification dapat dilakukan dengan menyelaraskan kontenmu dengan maksud pencarian yang ada di hasil pencarian atau dengan menciptakan konten yang unik namun sangat berharga.

Penting untuk memahami maksud pencarian pengguna dan menciptakan konten yang relevan dengan maksud tersebut. Misalnya, jika hasil pencarian dominan untuk suatu keyword adalah artikel, maka peluang terbaikmu adalah dengan melakukan diversifikasi dengan artikel juga.

Namun, jika hasil pencarian mencakup jenis konten yang berbeda, seperti artikel dan landing page, ada kemungkinan peringkat dengan menciptakan kedua jenis konten tersebut.

Dalam strategi SEO, penting untuk mengikuti tren dan preferensi pengguna yang terlihat dari hasil pencarian. Dengan menyelaraskan kontenmu dengan maksud pencarian yang ada di SERP, kamu dapat meningkatkan peluang peringkat yang lebih baik dan mendapatkan traffic yang lebih banyak.

Gabungkan Konten

Gabungkan Konten
Gabungkan Konten

Dalam beberapa kasus, kanibalisasi kata kunci juga dapat memberikan hasil yang baik. Contohnya, jika kamu memiliki dua panduan yang ranking untuk keyword yang sama, maka menggabungkan informasi dari kedua panduan tersebut ke dalam satu panduan baru dapat meningkatkan hasil peringkat.

Meskipun kedua panduan tersebut tidak bertukar peringkat, menggabungkan konten dapat memberikan hasil yang lebih baik karena halaman-halaman tersebut cukup mirip dari segi konten.

Dengan menggabungkan konten dari kedua panduan, kamu dapat menciptakan panduan yang lebih komprehensif dan informatif.

Hal ini dapat membuat halamanmu menjadi lebih otoritatif dalam topik tersebut, sehingga dapat meningkatkan peringkatnya dalam hasil pencarian.

Selain itu, dengan menggabungkan konten, kamu juga dapat menghindari potensi kanibalisasi keyword di antara kedua halaman tersebut yang dapat membantu meningkatkan fokus dan relevansi halamanmu untuk keyword tersebut.

Gunakan Long-Tail Keywords

Gunakan Long-Tail Keywords
Gunakan Long-Tail Keywords

Anda tidak perlu menggunakan kata kunci yang kurang spesifik untuk melakukan diversifikasi. Long-tail keyword yang umumnya lebih panjang dan spesifik sebenarnya memiliki potensi yang baik untuk diversifikasi.

Meskipun keyword ini mungkin memiliki volume pencarian yang lebih rendah daripada keyword umumnya, tapi mereka cenderung lebih terarah dan lebih spesifik, sehingga dapat membantumu menjangkau audiens yang lebih relevan.

Analisis menunjukkan bahwa long-tail keyword memiliki sedikit contoh peringkat ganda, baik itu kanibalisasi atau diversifikasi karena maksudnya sudah lebih ditentukan dari query.

Namun, penting untuk dicatat bahwa long-tail keyword harus tetap relevan dan memiliki nilai dalam strategi SEO.

Perhatikan Keyword Difficulty

Perhatikan Keyword Difficulty
Perhatikan Keyword Difficulty

Menurut Ahrefs peringkat ganda lebih umum terjadi untuk keyword dengan nilai Keyword Difficulty (KD) tinggi yang merupakan metrik dari Ahrefs yang menunjukkan tingkat kesulitan untuk memeringkatkan keyword tersebut.

Keyword dengan KD tinggi umumnya memiliki hasil pencarian yang didominasi oleh halaman-halaman dengan backlink profile yang kuat.

Dengan kata lain, kamu dapat memperoleh peringkat berulang kali, bahkan untuk keyword yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, asalkan kamu mampu bersaing dengan halaman-halaman yang memiliki backlink profile yang kuat.

Baca juga: Apa Itu Keyword Difficulty dan 3 Cara Memaksimalkannya

Buat Pillar Page

Buat Pillar Page
Buat Pillar Page

Kamu dapat membuat pillar page yang sederhana dengan menautkan secara internal ke semua postinganmu untuk mencegah kanibalisasi dan penghapusan konten.

Google kemudian akan memberi peringkat pillar page tersebut sebagai hasil utama dengan pilihan postingan sebagai internal link situs web.

Dengan mengonsolidasikan konten ini, peringkatmu akan lebih baik pada satu halaman daripada tersebar di beberapa halaman lainnya.

Melalui cara dan tips ini, kamu dapat mempertahankan peringkat yang bagus dengan konten yang lebih fokus dan terorganisir dengan baik.

Melalui keyword diversification yang tepat, kamu dapat meningkatkan peluang peringkatmu dalam hasil pencarian, mendapatkan traffic yang lebih relevan, dan menghindari kanibalisasi keyword yang dapat merugikan peringkat situs webmu.

Untuk membantumu mengoptimalkan strategi SEO, kami merekomendasikan layanan profesional dari Optimaise. Optimaise adalah penyedia jasa SEO yang berpengalaman dan dapat membantumu mengembangkan strategi SEO yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Segara hubung Optimaise untuk informasi lebih lanjut ya!

Baca Juga

Optimaise