Digital MarketingSEO

Exact Match Keyword dan 6 Hal Tentangnya

Siti Rohmah Noviah

Exact Match Keyword dan 6 Hal Tentangnya

Kata kunci merupakan salah satu hal penting dalam optimasi mesin pencari maupun pemasaran mesin pencari. Berbicara tentang kata kunci, mungkin tidak banyak yang tahu apa itu exact match keyword.

Kata kunci tersebut memungkinkan kamu mengatur agar hanya kata kunci tertentu saja yang muncul.

Mari mempelajari lebih lanjut tentang kata kunci tersebut di artikel ini!

Sekilas tentang Exact Match Keyword

Dalam Search Engine Optimization (SEO), exact match keyword atau perfect match keyword merupakan hasil pencarian atau konten yang sesuai dengan semua kata kunci dalam kueri pencarian. Kata kunci tersebut persis seperti yang dimasukkan ke dalam halaman hasil mesin pencari.

Berbeda dengan jenis kata kunci lain yang bahkan memberikan toleransi terhadap sinonim maupun typo, kata kunci exact match hanya menargetkan pengguna yang spesifik. Secara historis, kata kunci satu ini memiliki peran penting baik untuk pencarian organik maupun berbayar. Sehingga seringkali menjadi topik perdebatan SEO.

Exact match keyword berasal dari jenis exact match Google AdWords yang memungkinkan kamu dapat beriklan pada pencarian tertentu. Penggunaan kata kunci ini juga dapat membantu kamu menjangkau lebih banyak pengguna yang membuat pencarian seperti kata kunci kamu, termasuk:

  • Salah ejaan
  • Bentuk tunggal maupun jamak
  • Singkatan
  • Aksen

Mari kita ambil contoh sebagai gambaran seperti apa exact match keyword bekerja untuk upaya optimasi yang kamu lakukan. Misalnya, saat kamu beriklan menggunakan kata kunci pakaian wanita murah di toko x, iklan hanya akan muncul apabila pengguna mengetik kata kunci yang sama, yaitu pakaian murah di toko x.

Panduan belajar SEO untuk pemula cocok bagi kamu yang sedang belajar SEO.

Exact Match Keyword pada Google Adwords

Penggunaan kata kunci tentunya disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna. Begitu pula dengan exact match keyword yang umumnya menjadi pilihan bagi mereka yang hendak menargetkan iklan ke jenis pencarian, yaitu melalui Google AdWords.

Apabila kamu akan menjalankan iklan dan memastikan iklan tersebut hanya akan muncul saat pengguna mengetikan kata kunci atau frasa tertentu, maka kata kunci satu ini adalah pilihan tepat.

Sayangnya, masih banyak yang melakukan kesalahan yaitu dengan tidak menggunakan kata kunci yang sesuai dengan situs mereka. Alhasil, iklan tidak tampil seperti seharusnya. Jika hal tersebut terjadi, kamu bisa menentukan tipe kata kunci yang sesuai dengan situs web. Juga dapat membayar agar iklan kamu ditampilkan di hasil pencarian teratas.

Perbedaan Exact Match Keyword dan Partial Match Keyword

Saat mempelajari tentang exact match keyword, kamu juga akan menemukan istilah kata kunci lain, yaitu partial match keyword. Partial match keyword adalah frase yang seringkali dibilang sama dengan kata kunci exact match. Akan tetapi, keduanya tentu berbeda.

Partial match keyword memberikan hasil yang mengacu pada pencarian yang cocok dengan beberapa kata kunci, namun hanya sebagian saja. Sementara exact match keyword menunjukkan bahwa kata kunci yang pengguna ketikan di mesin pencari sama persis dengan permintaan pencarian, termasuk dalam bentuk tautan maupun nama domain.

Baca juga: 4 Cara Terbaik Memanfaatkan Google Autocomplete untuk Konten dan SEO

Baik exact maupun partial match keyword, keduanya merupakan kata kunci yang digunakan dalam upaya SEO, pay-per-click (PPC), pembuatan tautan, dan lainnya. Secara umum, tidak ada anggapan bahwa salah satu dar kata kunci tersebut lebih baik dari yang lain maupun sebaliknya.

Keduanya memastikan kamu menggunakan jenis exact agar bisa menghindari hukuman dari Google dan biaya AdWords yang tinggi. Penelusuran organik dan berbayar tidak saling membantu, keduanya berbeda. Namun bisa kamu gunakan sebagai strategi yang tepat agar pengguna internet bisa menemukan situs atau produk kamu melalui pencarian.

Lakukan riset kata kunci agar mendapatkan kata kunci yang sesuai. Hal tersebut berlaku untuk setiap strategi yang akan kamu terapkan. Kata kunci kamu harus berbeda.

Exact Match Keyword atau Partial Match Keyword untuk Hasil Organik?

Bagi pemula, terkadang masih begitu membingungkan jenis kata kunci mana yang harus mereka pilih, apakah exact atau partial untuk strategi yang menargetkan hasil organik. Salah satu hal yang perlu kamu pahami adalah algoritma Google menentukan peringkat organik di hasil pencarian. Tidak ada satu orang pun yang tahu bagaimana algoritma bekerja dalam hal tersebut.

Akan tetapi, saat melakukan SEO, kamu bisa memperhatikan beberapa faktor yang turut meningkatkan peluang situs web masuk hasil pencarian teratas. Agar bisa memahami cara kerja kata kunci exact dan partial, perhatikan ini!

Google menampilkan hasil yang beragam saat pengguna mencari kata kunci tanpa tanda kutip. Sementara saat pengguna mencari kata kunci dengan tanda kutip, Google akan menampilkan hasil seperti apa yang pengguna cari di mesin pencari.

Dengan melakukan beberapa pencarian, kamu bisa merasakan betapa canggihnya algoritma Google dan seberapa baik algoritma tersebut dalam memahami maksud pengguna dan sinonim agar memberikan hasil yang sesuai dengan kebutuhan pencari.

Konten kamu akan tetap mendapatkan peringkat yang baik karena adanya berbagai cara pengguna internet dalam melakukan penelusuran dan kemampuan mesin pencari Google dalam memahami maksud pengguna.

Apabila ingin membantu konten mendapatkan peringkat yang baik untuk kata kunci yang kamu targetkan, coba gunakan kata kunci pada beberapa bagian, termasuk:

  • URL
  • Tag judul
  • Deskripsi meta

Baca Juga: Ketahui 4 Jenis Search Intent & Temukan Keyword Terbaik

Exact Match Domain

Exact match juga bisa mengacu pada nama domain. Misalnya, pengguna internet mengetikkan kata kunci “supermarket vegan” dan kamu adalah pemilik domain supermarketvegan.id, itulah yang disebut dengan exact match domain.

Nama domain adalah brand, yaitu siapa kamu saat sedang online. Jadi, apabila kamu bertanya apakah harus menggunakan nama domain exact, pikirkan apakah nama domain tersebut cocok untuk brand atau tidak. Kamu juga harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan domain serta pengaruhnya terhadap SEO.

Algoritma Google bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu. Jadi, saat memutuskan untuk menggunakan exact match domain, pahami bagaimana nama domain tersebut akan memberikan hasil terhadap upaya optimasi yang kamu lakukan.

Jenis Kata Kunci selain Exact Match Domain

Pahami bahwa exact match keyword bukanlah satu-satunya jenis kata kunci yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan SEO maupun SEM. Terdapat beberapa jenis kata kunci lain, yaitu:

Broad Match

Selain exact match keyword, jenis kata kunci lain adalah broad match. Yaitu kata kunci yang bisa kamu manfaatkan untuk dapat menjangkau seluas mungkin pengguna. Juga mengarahkan volume yang lebih besar ke situs milik kamu. Akan tetapi, tingkat relevansinya tergolong rendah.

Dalam kata kunci ini, tidak ada penggunaan simbol khusus. Mesin pencari dapat menargetkan kata kunci yang merupakan sinonim dari kata kunci yang kamu tentukan. Misalnya topi wanita namun iklan tidak muncul untuk kata kunci tersebut. Bukan tidak mungkin iklan justru keluar untuk kata kunci seperti membeli topi wanita, pakaian wanita, atau lainnya.

Broad Match Modifier

Broad match modifier adalah kata kunci yang memungkinkan kamu mendapatkan kontrol yang lebih besar atas tampilan hasil pencarian. Selain itu, jenis kata kunci satu ini dapat meningkatkan relevansi lalu lintas pengunjung menggunakan iklan. Biasanya jenis kata kunci ini menggunakan simbol plus (+) di depan kata kunci, seperti + tas + pria.

Hasil pencarian mungkin akan menampilkan kata kunci seperti dompet dan tas pria, tas untuk pria trendi, dan lainnya.

Phrase Match

Jenis kata kunci selanjutnya adalah phrase match keyword, yaitu kata kunci yang menargetkan frasa yang membuat hasil pencarian menjadi lebih spesifik dari jenis kata kunci broad match dan broad match modifier. Sehingga memungkinkan kamu menarik lebih banyak pengunjung dan ini tentu merupakan sebuah keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Untuk menggunakan kata kunci jenis ini, pastikan urutan kata pada kata kunci sesuai dengan yang kamu gunakan dan gunakan tanda kutip di awal kata kunci. Misalnya, “tas pria” akan dapat menampilkan kata kunci yang lebih spesifik, seperti “tas pria hitam”, “beli tas pria”, atau lainnya.

Dengan memahami apa itu exact match keyword, kamu bisa memastikan apakah kata kunci tersebut sesuai dengan tujuan dan upaya optimasi yang akan kamu jalankan. Apabila ingin menjalankan SEO tanpa harus memikirkan hal tersebut, percayakan saja kebutuhan kamu pada Optimaise.

Optimaise adalah penyedia Jasa SEO Malang terbaik yang bisa kamu andalkan dalam memaksimalkan upaya optimasi agar situs muncul di hasil pencarian teratas.

Baca Juga

Optimaise