Digital MarketingSEO

6 Elemen dan Kiat Location Landing Pages untuk Jangkau Audiens Lokal

Tiara Motik

6 Elemen dan Kiat Location Landing Pages untuk Jangkau Audiens Lokal

Apakah kamu tahu bagaimana orang mencari tempat makan, toko, atau tempat hiburan? Mereka melakukannya dengan mencari di Google, biasanya melalui smartphone mereka.

Membuat location landing pages yang dioptimalkan untuk kota atau daerahmu adalah cara yang bagus untuk meningkatkan visibilitasmu di lingkungan sekitar.

Location landing pages ini sangat membantu, terutama jika kamu menggabungkannya dengan pencarian toko dan teknik local SEO lainnya.

Inilah mengapa local SEO sangat penting, ia membantu bisnismu muncul di puncak hasil pencarian ketika orang mencari sesuatu di dekat lokasimu. Terutama untuk bisnis yang memiliki lokasi fisik.

Dengan melakukannya dengan benar, kamu dapat membangun kepercayaan dan reputasi di komunitas tempatmu beroperasi. Mari kita bahas beberapa elemen penting untuk membuat location landing pages yang efektif.

Apa itu Location Landing Pages?

Apa itu Location Landing Pages?
Apa itu Location Landing Pages?

Location landing pages adalah halaman khusus di situs webmu yang menunjukkan di mana bisnismu berada beserta informasi penting lainnya.

Di mana setiap location landing pages mewakili satu lokasi fisik bisnismu di dunia nyata.

Ini bisa berisi detail tentang lokasi bisnis yang melakukan pelayanan, petunjuk arah ke lokasi, serta informasi tentang staf dan layanan yang tersedia di sana.

Tujuan utama laman ini adalah membantu pengunjung situs webmu untuk menemukan lokasi terdekat dan memberikan informasi penting kepada mesin pencari tentang lokasimu.

Penting untuk diingat bahwa Google sebenarnya tidak mempermasalahkan location landing pages ini, tapi selama kamu tidak membuatnya secara tidak benar seperti berikut ini:

  1. Membuat location landing pages secara massal yang fokus pada jumlah bukan kualitas.
  2. Membuat landing pages untuk lokasi di mana bisnismu tidak benar-benar ada.
  3. Menggunakan konten duplikat dengan hanya menukar lokasi.
  4. Menggunakan informasi dari Wikipedia tentang sejarah suatu lokasi.

Google tidak suka ketika informasi tentang sejarah suatu lokasi yang diperoleh dari Wikipedia digunakan secara langsung pada location landing pages karena itu dianggap sebagai tindakan yang tidak orisinal.

Baca juga: Reseller Adalah Pilihan Bisnis Tepat? Kenali Perbedaannya dengan Dropshipper

Sebagaimana ia mendorong pembuatan konten untuk memberikan informasi yang relevan, unik, dan bermanfaat kepada pengguna.

Alasan Penting Menggunakan Location Landing Pages

Alasan Penting Menggunakan Location Landing Pages
Alasan Penting Menggunakan Location Landing Pages

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, location landing pages membantu setiap pelanggan untuk menemukan lokasi terdekat bisnismu melalui situs webmu.

Dengan menyoroti keunikan setiap lokasi, kamu akan mendorong pelanggan lokal untuk mengunjungi toko atau tempatmu.

Location landing pages yang lengkap dan menarik juga dapat meningkatkan visibilitas dan reputasi online bisnismu. Berikut adalah beberapa alasan penting menggunakannya:

  1. Location landing pages dapat membantu meningkatkan local SEO bisnismu dengan mencakup faktor peringkat penting dalam algoritma Google, seperti relevansi, jarak lokasi bisnis dari pencari, dan keunggulan bisnis.
  2. Otoritas adalah faktor penting dalam peringkat pencarian, terutama jika setiap location landing pages terhubung dengan laman media sosial yang relevan untuk situs tersebut. Banyak link menekankan otoritas situs web, di mana ini dapat membantumu dalam penelusuran lokal.
  3. Location landing pages memberimu kendali penuh atas pesan yang ingin kamu sampaikan kepada audiensmu. Kamu dapat menyesuaikan halaman untuk setiap lokasi dan menyoroti apa yang kamu ingin pengunjung lihat pertama kali, yang mana ini tidak dapat dilakukan dengan Google Profil Bisnis atau situs serupa.
  4. Location landing pages memungkinkan kamu untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan informasi yang relevan dan berguna untuk setiap lokasi. Hal ini dapat membantu pelanggan menemukan apa yang mereka butuhkan dengan mudah.

Baca juga: 3 Cara Optimasi Local SEO Ini Wajib Kamu Coba

Pada intinya, melalui pengoptimalan location landing pages, kamu dapat membantu pelanggan lokal menemukan bisnismu lebih mudah, meningkatkan visibilitas dan reputasi online, serta meningkatkan pengalaman pelanggan.

Elemen Wajib di Dalam Location Landing Pages

Elemen Wajib di Dalam Location Landing Pages
Elemen Wajib di Dalam Location Landing Pages

Location pages yang bagus merupakan salah satu kunci untuk memastikan bisnismu akan muncul dalam hasil pencarian lokal dan menarik perhatian audiens lokal.

Untuk mencapai itu, kamu perlu membuat location landing pages yang berperingkat, menawarkan informasi berharga, dan membantu mempromosikan bisnis lokalmu.

Dengan begitu, kamu perlu memperhatikan beberapa elemen penting dalam membuatnya. Ada elemen apa saja? Simak uraian lengkapnya berikut ini

Menambahkan Local Keyword ke dalam URL

Menambahkan Local Keyword ke dalam URL
Menambahkan Local Keyword ke dalam URL

Menambahkan local keyword ke URL dapat membantu meningkatkan peringkat halaman lokasimu di dalam hasil pencarian.

Karena itu, penting untuk menyertakan layanan dan lokasimu di URL agar sesuai dengan keyword targetmu untuk halaman tersebut.

Terdapat beberapa cara untuk melakukan hal ini. Misalnya, URL seperti “www.example.com/emergency-plumbing-new-york” hanya berjarak satu tingkat di bawah halaman beranda.

Namun, membuat semua halamanmu seperti ini dapat mengarah ke struktur situs web yang sangat datar yang mungkin sulit dinavigasi oleh pengguna dan sulit bagi bisnis untuk diatur dan dilacak.

Hal ini juga dapat mempersulit crawling Google untuk menentukan dengan tepat laman situs web mana yang kamu anggap paling penting.

Cara yang lebih baik untuk melakukannya adalah dengan membuat halaman induk dan anak. Jika bisnismu beroperasi secara nasional, di beberapa kota, atau sebagai waralaba, jadikan lokasimu sebagai halaman induk:

http://www.example.com/location/service

Jika bisnismu beroperasi di tingkat lokal kecil atau hanya dalam satu wilayah, jadikan layananmu sebagai halaman induk:

http://www.example.com/service/location

Apa pun yang kamu pilih, bagaimanapun pilihan terbaik untuk bisnismu bergantung pada struktur situs web yang dapat disesuaikan untuk mengakomodasi kebutuhan bisnismu dari waktu ke waktu.

Tambahkan Lokasi Bisnis ke dalam Judul dan Title Tag

Tambahkan Lokasi Bisnis ke dalam Judul dan Title Tag
Tambahkan Lokasi Bisnis ke dalam Judul dan Title Tag

Menambahkan layanan dan lokasi bisnismu ke judul H1 dan title tag dapat membantu peringkat pencarianmu, sehingga memberikan sinyal yang jelas kepada Google tentang topik halamanmu.

Ini juga meningkatkan aksesibilitas dan pengalaman pengguna dengan memberi tahu pengunjung bahwa halaman tersebut menyediakan informasi yang relevan bagi mereka.

Namun, dalam menulis judul yang dioptimalkan untuk SEO, penting untuk menemukan keseimbangan antara memasukkan keyword yang ditargetkan dan membuat judul yang menarik bagi pembaca.

Contohnya adalah:

  1. Perawatan Lansia Jakarta | Kami #1 di Jakarta untuk Pengalaman Residen
  2. Tukang Ledeng Jakarta Utara | Pipa Darurat 24/7 di seluruh Jakarta Utara
  3. Pembangun Ekstensi Bekasi | Perluasan Rumah Berbiaya Tetap Tanpa Biaya Tersembunyi
  4. Pembersihan Karpet Jakarta Pusat | Layanan Biaya Tetap Rp 150.000

Dari beberapa contoh tersebut, kamu dapat mencapai keseimbangan ini dengan memulai judul dengan keyword yang ditargetkan dan kemudian menyusulnya dengan proposisi penjualan yang unik untuk bisnismu. Cara ini dapat mendorong orang untuk memilih bisnismu daripada pesaing.

Desain Location Landing Pages

Desain Location Landing Pages
Desain Location Landing Pages

Saat seseorang membuka location landing pages, mereka akan segera melihat bagian “above-the-fold“, yakni seluruh area yang terlihat di layar sebelum di-scroll. Area ini merupakan tempat yang sangat berharga untuk potensi konversi.

Untuk meningkatkan potensi konversi laman location pages di bagian above-the-fold, pertimbangkan hal-hal berikut:

  1. Gunakan konten dan elemen desain untuk menonjolkan poin perbedaanmu dan mengapa pengunjung harus memilihmu dibandingkan dengan pesaing.
  2. Sertakan ulasan dari pelanggan sebelumnya, dapatkan dari platform pihak ketiga, seperti Google Business, Facebook, atau Yelp untuk membangun kepercayaan.
  3. Jika pengguna mencari informasi lokal, pastikan halamanmu memberikan informasi yang relevan dan memudahkan mereka untuk melanjutkan perjalanan secara offline.
  4. Tunjukkan bahwa bisnismu berbasis di suatu area dengan jelas. Ini penting karena banyak orang memilih bisnis di dekat mereka saat melakukan penelusuran lokal.
  5. Sertakan tombol call to action yang jelas dan menonjol, didukung dengan salinan konversi yang persuasif dan informatif.
  6. Meskipun SEO penting, jangan lupakan elemen-elemen desain dan konten yang dapat meningkatkan konversi secara langsung. Fokuslah pada pengalaman pengguna yang memikat dan informatif.

Perhatikan dalam contoh gambar di atas, location pages tidak sepenuhnya memanfaatkan potensi konversi di above-the-fold. Di mana tombol ajakan call to action sulit ditemukan, serta informasi kredibilitas dan nilai jual unik tidak cukup menonjol.

Desain Location Landing Pages
Desain Location Landing Pages

Sebagai gantinya, desain halaman beranda mereka lebih efektif dalam menarik perhatian dengan menampilkan ulasan, bukti, dan informasi lain yang dioptimalkan untuk konversi.

Peta dan Gambar Asli dari Bisnis

Peta dan Gambar Asli dari Bisnis
Peta dan Gambar Asli dari Bisnis

Show, don’t tell” menjadi prinsip yang sangat berguna dalam halaman lokasi. Daripada hanya mengatakan kepada pengunjung di mana kamu berada, lebih baik tunjukkan kepada mereka dengan cara yang menarik dan jujur.

Ini akan membantumu menciptakan kepercayaan daripada kesan manipulatif. Berikut adalah beberapa elemen desain yang dapat kamu pertimbangkan untuk menunjukkan kehadiran lokalmu dengan baik:

  1. Tambahkan peta dengan pin yang menunjukkan lokasi fisik atau area layananmu yang membantu pengunjung memahami di mana kamu beroperasi atau melayani.
  2. Gunakan foto asli daripada gambar stok. Foto-foto asli lebih meyakinkan dan memberikan gambaran yang lebih nyata tentang layanan atau produkmu.
  3. Tampilkan gambar eksterior tempatmu, idealnya dengan logo yang terlihat. Ini dapat memberikan kesan profesional dan membantu pengunjung mengidentifikasi lokasimu.
  4. Tambahkan beberapa gambar area resepsionis dan staf tim. Cara ini menciptakan rasa keakraban dan kesinambungan antara pengalaman online dan offline.
  5. Foto close-up dari tingat manajerial, pekerja profesional, konsultan, dan detail layanan dapat membantu menggambarkan dengan jelas bagaimana layananmu diberikan, sehingga meningkatkan pemahaman pengunjung.
  6. Video dan tur virtual juga memungkinkan pengunjung untuk melihat lebih banyak detail tentang bisnismu. Cara ini sangat cocok jika bisnismu, bergerak dalam bidang properti, furnitur, travel, dan kuliner yang menawarkan pengalaman khas.
Peta dan Gambar Asli dari Bisnis
Peta dan Gambar Asli dari Bisnis

Semua elemen ini tentu dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna dan pada akhirnya dapat meningkatkan potensi konversi untuk bisnismu.

Baca juga: 10 Strategi Mobile Local Marketing untuk Tingkatkan Konversi

Internal Link dari Layanan atau Produk yang Ditawarkan
Internal Link dari Layanan atau Produk yang Ditawarkan

Menambahkan internal link berupa penyebutan layanan atau produk yang tersedia di setiap area dapat memberikan beberapa keuntungan ini:

  1. Dengan menargetkan keyword berupa “layanan + lokasi,” kamu dapat meningkatkan kemungkinan halamanmu muncul dalam pencarian lokal.
  2. Pengunjung akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang layanan yang ditawarkan di setiap lokasi, sehingga membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik.
  3. Kamu dapat menyoroti informasi khusus, diskon, atau penawaran lokal yang relevan untuk pasar di area tersebut.

Dari segi desain, kamu dapat menyertakan internal link yang langsung mengarahkan pengunjung ke halaman layanan spesifik untuk setiap lokasi.

Sebagai alternatifnya, kamu juga dapat menambahkan lebih banyak informasi tentang setiap layanan di halaman tersebut untuk meningkatkan peringkat halaman lokasi untuk semua layanan yang tersedia di area tersebut.

Bukti Sosial, Review, dan Akreditasi

Media Sosial, Review, dan Akreditasi
Media Sosial, Review, dan Akreditasi

Menunjukkan kredibilitasmu secara online kini menjadi semakin penting. Salah satu cara untuk menunjukkan kredibilitas adalah melalui experience signal berupa keahlian, otoritas, dan kepercayaan.

Experience signal ini juga penting untuk SEO karena Google lebih memprioritaskan konten yang dapat dipercaya. Beberapa elemen E-E-A-T dan kredibilitas yang perlu dipertimbangkan untuk ditambahkan ke location pages meliputi:

  1. Review gabungan dari beberapa platform pihak ketiga, seperti Google Review, Facebook, atau Yelp.
  2. Akreditasi dan sertifikasi untuk industrimu, contohnya akreditasi KAN untuk bisnis di bidang pariwisata sekaligus restoran.
  3. Peringkat atau lisensi yang dikeluarkan pemerintah, seperti sertifikasi ISO atau lisensi khusus industri.
  4. Informasi lokasi, seperti alamat, detail kontak, dan jam buka.
  5. Detail tentang anggota staf lokal untuk menunjukkan pengalaman dan keahlian mereka di industri.
  6. Link ke profil bisnis dan akun resmi media sosial, seperti Google Business, Facebook, X, atau LinkedIn.
  7. Foto sebelum dan sesudah, hasil, studi kasus, dan kisah sukses klien lokal.

Melalui elemen-elemen yang dioptimalkan untuk konversi, seperti informasi lokasi yang jelas, tautan layanan yang relevan, serta bukti sosial dan akreditasi, kamu dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas bisnismu di mata pengguna dan mesin pencari.

Location Landing Pages menjadi komponen penting dalam strategi local SEO untuk meningkatkan visibilitas bisnismu di hasil pencarian. Ia bisa menjadi cara untuk menarik perhatian audiens lokalmu.

Sebagai penyedia jasa SEO, Optimaise juga dapat membantumu dalam mengoptimalkan location landing pages bisnismu agar mencapai hasil terbaik. Optimaise dapat memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu, membantu meningkatkan visibilitas online, dan mengoptimalkan strategi SEO untuk mencapai tujuanmu.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan Optimaise dan bagaimana kami dapat membantu meningkatkan strategi SEO bisnismu, jangan ragu untuk menghubungi kami!

Baca Juga

Optimaise