SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu kunci yang sangat efektif dalam pemasaran online. Kalau kamu ingin banyak orang yang mengetahui mengenai website maupun produk-produkmu secara online, kamu harus menguasai ilmu dasar dari optimasi mesin pencari atau SEO. Tidak seperti yang banyak orang kira, ilmu dasar dari SEO sebenarnya sangat sederhana. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut.
Dasar-dasar SEO
Di sinilah tahap pertama dimana kamu akan mengetahui tentang dasar-dasar dari Search Engine Optimization. Simak ulasan lebih lengkap berikut.
Apa Itu SEO?
Pertama-tama, mari mencari tahu terlebih dulu tentang apa arti dari SEO. Search Engine Optimization, atau SEO, adalah proses yang ditempuh untuk menumbuhkan dan meningkatkan lalu lintas pada sebuah website melalui pencarian organik. Hasil akhir yang diharapkan dari penerapan SEO adalah ranking website tersebut melesat naik dan menduduki peringkat teratas pada halaman pertama pencarian dari search engine.
Kenapa SEO Penting?
Dalam dunia pemasaran online, orang-orang mencari layanan atau produk yang kamu tawarkan, dan kamu dapat menarik pelanggan dengan cara menduduki peringkat dari kata kunci tersebut. Tapi, hal tersebut tentunya tidak bisa kamu lakukan dengan mudah. Apalagi, karena pemilik website tentunya punya tujuan yang sama. Di sinilah peranan dari SEO. Strategi optimasi ini membantu menunjukkan kepada Google bahwa kamu pantas mendapatkan peringkat terbaik melalui mesin pencariannya.
Apa Saja Keuntungan dalam Menerapkan SEO?
Kebanyakan orang mengklik salah satu dari beberapa hasil pencarian yang muncul di halaman pertama. Sehingga peringkat yang lebih tinggi biasanya menghasilkan lebih banyak traffic. Berbeda dengan saluran lainnya, traffic pencarian cenderung konsisten dan pasif. Itu karena jumlah pencarian biasanya cukup konsisten dari waktu ke waktu.
Lalu lintas pencarian yang dibangun dengan strategi SEO juga terbilang “gratis”. Karena, kamu tidak perlu membayar biaya berlangganan bulanan seperti jika kamu membayar layanan Google Ads Sebagai contoh, kami mendapatkan perkiraan 1,4 juta kunjungan bulanan dari pencarian organik. Dengan hasil itu, diperkirakan akan memakan biaya sekitar Rp26 juta per bulan untuk mendapatkan lalu lintas yang sama dari iklan pencarian.
Tapi, perlu kamu ketahui bahwa kamu tetap harus menginvestasikan waktu dan usaha untuk mengetahui cara menerapkan strategi optimasi SEO yang sesuai. Bahkan, untuk beberapa pelaku bisnis yang tidak memiliki waktu rela menggelontorkan sejumlah dana investasi melalui jasa SEO.
Bagaimana Cara Menerapkan SEO
Bingung memulai dari mana? Penerapan strategi SEO bisa kamu lakukan dengan 5 langkah sederhana, yaitu:
- Riset kata kunci: Temukan apa yang orang-orang cari saat berselancar di jagat internet
- Kreasikan konten: Formulasikan konten yang cocok dan sesuai dengan apa yang dicari oleh pengunjung situsmu
- Penerapan On-Page SEO: Buat kontenmu sejelas dan seinformatif mungkin
- Membangun tautan: Bangun kepercayaan dan otoritas dari situs lain
- Menerapkan SEO teknis: Bantu mesin pencari menemukan, menjelajah, dan mengindeks kontenmu dengan efisien.
Persiapan Dalam Menerapkan SEO Terbaik
Penerapan SEO bakal terasa lebih mudah ketika situs kamu sudah diatur dengan baik untuk mencapai kesuksesan optimasi. Beberapa cara untuk melakukannya antara lain:
Dapatkan Domain yang Baik
Sebagian besar domain sebenarnya sangat cocok untuk penerapan SEO. Jadi jangan khawati jika kamu sudah memiliki atau membeli domain. Tetapi jika kamu masih mencari-cari, pastikan untuk mempertimbangkan dua elemen penting yang harus ada pada domain yang baik berikut:
Nama Domain
Setelah membeli domain, kamu harus membuat nama domain untuk websitemu. Dalam hal memilih nama domain, hal terbaik adalah memilih nama yang pendek dan mudah diingat. Jangan mencoba memaksakan kata kunci ke dalamnya. Nama bisnismu tanpa tanda hubung atau karakter khusus biasanya jadi pilihan terbaik. Simak beberapa contoh berikut:
Domain yang buruk | Domain yang baik |
rumahmakanpadang.com | Rmpadangrakyat.com |
Tokokueterdekat.com | happychurros.com |
restoran-jepang-malang | nikumura.com |
Top Level Domain (TLD)
Top-level domain, atau TLD, adalah bagian setelah nama, seperti .com. Atau, lebih tepatnya TLD merupakan ekstensi dari sebuah domain. Jenis TLD yang tersedia bermacam-macam. Dan, pilihan TLD tersebut nggak akan mempengaruhi SEO yang kamu terapkan. Namun, .com adalah jenis TLD yang paling kami rekomendasikan. Karena, ekstensi tersebut adalah yang paling mudah dikenali dan dipercayai.
Untuk website organisasi amal, menggunakan TLD jenis .org atau setara dengan apa yang umum digunakan di daerahmu juga cocok. Sebaiknya hindari TLD seperti .info dan .biz yang biasanya dikaitkan dengan spam. Tetapi tidak apa-apa jika kamu memiliki salah satunya. Kamu tetap bisa membuat situs web yang sah dan berperingkat. Yang perlu kamu lakukan adalah membuat konten yang relevan dan berkualitas dengan kode TLD yang kamu pilih.
Gunakan Platform untuk Pembuatan Website
Platform situs web memungkinkan kamu membuat dan mengelola situs web dengan mudah. Ada dua jenis platform yang bisa kamu pakai, yaitu:
- Platform Berhosting: Jika kamu memilih platform ini, semua sudah dilakukan untukmu. Pihak penyedialah yang akan menghosting situs, memberikan desain siap pakai, dan memungkinkanmu menambahkan dan mengedit konten tanpa perlu menyentuh kode.
- Platform yang Dihosting Sendiri: Platform ini juga memungkinkanmu menambahkan dan mengedit konten tanpa kode. Perbedaannya adalah kamu harus menghosting dan menginstalnya sendiri.
Sebagian besar praktisi SEO merekomendasikan platform yang dihosting sendiri dari sumber terbuka seperti WordPress karena:
- Bisa dikustomisasi: Kamu bisa mengedit kode sumber terbuka sesuai keinginanmu. Selain itu, ada komunitas besar pengembang yang sangat mengenal platform ini.
- Bisa diperluas: Ada jutaan plugin untuk memperluas fungsinya, termasuk banyak plugin SEO.
Namun, jika kamu lebih mengedepankan kemudahan penggunaan dan dukungan, memilih platform berhosting mungkin lebih cocok. Semua platform besar menyediakan kemampuan SEO yang cukup bagi kebanyakan orang. Jadi, kamu pun bisa memanfaatkannya dengan baik.
Gunakan Web Host yang Bagus
Jika kamu memilih platform berhosting, kamu akan memerlukan web host. Mereka menyimpan situsmu di dalam hard drive yang dapat diakses oleh siapa pun yang memiliki koneksi internet. Pertimbangkan tiga hal berikut saat memilihnya:
- Keamanan: Pastikan kamu mendapatkan sertifikat SSL/TLS gratis. Atau, setidaknya, dukungan untuk Let’s Encrypt, yaitu badan nirlaba yang menyediakan sertifikat gratis
- Lokasi Server: Dibutuhkan waktu bagi data untuk melakukan perjalanan antara server dan pengunjung. Oleh karena itu, sebaiknya pilih host dengan server di negara yang sama dengan sebagian besar trafficmu
- Dukungan: Dukungan 24/7 adalah yang ideal. Ujilah seberapa baik dukungan yang ditawarkan platform tersebut dengan bertanya pertanyaan di atas sebelum mendaftar.
Ciptakan Pengalaman Pengguna yang Positif
Google ingin meranking halaman yang memberikan pengalaman positif kepada pengunjung. Mari kita lihat beberapa cara untuk melakukannya berikut:
- Gunakan HTTPS: Resiko peretas adalah salah satu hal yang paling ingin kamu hindari. Karena, hal tersebut bsia berdampak terhadap kenyamanan pengguna. Selalu enkripsi situsmu dengan SSL/TLS.
- Pilih desain website yang menarik: Tidak ada yang ingin mengunjungi situs web yang terlihat seperti dari tahun 90-an. Jadi meskipun tidak perlu merancang ulang situs web kamu setiap beberapa bulan, situsmu harus terlihat bagus dan mencerminkan merekmu
- Pastikan ramah terhadap perangkat gawai: Sebagian besar pencarian kini dilakukan di perangkat mobile daripada desktop. Jadi sangat penting untuk memastikan situsmu nyaman digunakan baik di perangkat HP maupun desktop
- Gunakan ukuran font yang mudah dibaca: Orang menjelajahi internet menggunakan berbagai jenis perangkat. Pastikan kontenmu mudah dibaca di semua perangkat tersebut
- Hindari iklan dan pop-up yang mengganggu: Semua orang membenci iklan, tetapi terkadang kamu memerlukannya. Jika demikian, hindari interstitial yang mengganggu. Halaman dengan interstitial seperti itu mungkin tidak mendapat peringkat sebaik itu
- Pastikan situs termuat dengan cepat: Kecepatan halaman adalah faktor penentu peringkat di desktop dan perangkat mobile. Tetapi ini tidak berarti situsmu harus memuat dengan sangat cepat. Ini hanya memengaruhi halaman yang memberikan pengalaman paling lambat bagi pengguna
Buat Struktur Situs yang Logis
Pengunjung dan mesin pencari harus mendapatkan kemudahan dalam menemukan konten di situsmu. Oleh karena itu, penting untuk membuat hirarki logis untuk kontenmu. Kamu dapat melakukannya dengan menggambar mind map. Setiap cabang di peta menjadi tautan internal, yang merupakan tautan dari satu halaman situs web ke halaman lain.
Tautan internal sangat penting untuk UX dan SEO karena beberapa alasan:
- Mereka membantu mesin pencari menemukan halaman baru. Google tidak dapat mengindeks halaman yang tidak dapat ditemukan.
- Mereka membantu mengirimkan PageRank di seluruh situsmu. PageRank adalah dasar dari pencarian Google. Ia menilai kualitas halaman dengan menganalisis jumlah dan kualitas tautan yang mengarah padanya. Metode ini masih digunakan oleh Google hingga saat ini
- Mereka membantu mesin pencari memahami apa yang ada di halaman kamu. Google melihat kata-kata yang dapat diklik dalam tautan ini, yang dikenal sebagai teks anchor
Gunakan Struktur URL yang Logis
URL penting, karena mereka membantu pencari memahami konten dan konteks halaman. Banyak platform situs web memungkinkan kamu memilih cara mengatur URL. Berikut adalah lima opsi utama untuk URL dalam WordPress:
- Plain: website.com/?p=123
- Day and name: website.com/2021/03/04/seo-basics/
- Month and name: website.com/03/04/seo-basics/
- Numeric: website.com/865/
- Post name: website.com/seo-basics/
Jika kamu sedang mengatur situs baru, pilih struktur yang paling jelas dan deskriptif, yaitu nama postingan. Jika kamu sedang bekerja dengan situs web yang sudah ada, tidak kami sarankan untuk mengubah struktur URL; karena itu bisa merusak struktur websitemu.
Menginstall SEO Plugin
Sebagian besar platform situs web mengatasi fungsionalitas SEO dasar secara default. Tetapi jika kamu menggunakan WordPress, instal plugin SEO. Sangat sulit untuk menerapkan bahkan praktik terbaik SEO dasar tanpanya. Baik Yoast maupun Rank Math adalah pilihan yang baik.
Mendapatkan Peringkat di Google
Dengan menerapkan strategi SEO yang tepat akan membantu Google menjelajahi dan mengindeks halaman-halamamu. Namun, mengirimkan situsmu ke Google dapat mempercepat proses ini lebih lanjut. Karena, langkah ini membantu Google menemukan situs webmu bahkan saat ia tidak memiliki backlink sekalipun. Berikut adalah langkah-langkahnya:
Membuat Sitemap .xml
Peta situs mencantumkan halaman-halaman penting di situs webmu yang kamu ingin indeks oleh mesin pencari. Jika kamu sudah memiliki peta situs, kemungkinan besar berada di salah satu dari URL berikut:
- situs.com/sitemap.xml
- situs.com/sitemap_index.xml, atau
- situs.com/robots.txt.
Jika kamu masih belum menemukannya, kemungkinan besar kamu belum memiliki satu dan perlu membuatnya. Setelah kamu menemukannya, gunakan Google Search Console untuk mengirimkan sitemap tersebut.
Cara Melacak Keberhasilan SEO
Setelah kamu menerapkan strategi SEO, langkah selanjutnya adalah melacak dan mengukur kinerja SEO tersebut. Yang jelas, hal ini memang tidak terbilang mudah. Tapi, kami akan memberikan gambaran umum supaya kamu lebih mudah dalam menerapkannya.
Melalui Trafik Organik
Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui efektivitas strategi SEO adalah melalui lalu lintas organik. Jika organic traffic meningkat, maka penerapan SEO tersebut sudah benar. Kamu dapat melacak ini di Google Search Console (GSC) secara gratis. Jika kamu tidak memiliki akses ke GSC, daftar akun Ahrefs Webmaster Tools (AWT) yang juga bisa kamu lakukan tanpa dipungut biaya sepeserpun. Kemudian masukkan domainmu ke dalam Site Explorer untuk mendapatkan estimasi.
Peringkat Kata Kunci / Keyword
Jika peringkat meningkat untuk kata kunci targetmu, itu juga menjadi indikasi bahwa strategi SEOmu sudah tepat. Kamu dapat melacak peringkat kata kunci rata-rata secara gratis di GSC. Jika kamu menginginkan pelacakan yang lebih akurat, kamu akan memerlukan alat pelacakan peringkat seperti Rank Tracker dari Ahrefs.
Visibilitas
Visibilitas juga bisa menjadi tanda bahwa penerapan SEO yang kamu lakukan sudah sesuai atau ada yang perlu kamu perbaiki. Misalnya, katakanlah kamu melacak satu kata kunci, dan semua posisi teratas di Google diisi oleh halaman di situs webmu. Karena situs webmu mendapatkan semua lalu lintas yang mungkin dari kata kunci itu, Visibilitas kamu adalah 100%.
Sekarang mari kita katakan situs webmu hanya menduduki satu posisi di Google, dengan sisanya diisi oleh pesaing. Karena beberapa klik masuk ke situs web lain, itu artinya visibilitas situsmu lebih rendah dari 100%. Jika visibilitas situsmu kamu meningkat, ini adalah tanda baik lainnya bahwa SEO kamu berhasil.