Digital Marketing

Catat! 11 Cara Tingkatkan YouTube Views Pasti Berhasil

Siti Rohmah Noviah

YouTube Views dan Cara Meningkatkanya

YouTube merupakan salah satu platform media sosial yang bisa digunakan untuk berbagai video yang bersifat informatif, edukatif, maupun hiburan. Pada dasarnya, video yang menarik akan mendapatkan view yang banyak. Namun, menarik menurut setiap orang itu berbeda-beda.

Apabila baru memulai peruntungan dengan rajin membagikan video di platform tersebut, sudah berapa banyak YouTube views yang kamu dapatkan?

Cara Meningkatkan YouTube Views

Semakin hari semakin banyak orang yang memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan uang. YouTube menjadi salah satu pilihan populer. Kamu tentu mengenal istilah YouTuber, orang atau pihak yang berfokus dalam membuat dan membagikan konten di YouTube.

Media sosial ini juga banyak dimanfaatkan untuk melakukan iklan dan promosi agar bisa menjangkau banyak target audiens. Apabila penasaran dengan bagaimana agar mendapatkan lebih banyak YouTube Views, simak beberapa caranya di bawah ini:

Gunakan Thumbnail Menarik untuk Mendapatkan YouTube Views

Sudah menjadi rahasia umum kalau penggunaan thumbnail pada video sangat berpengaruh terhadap jumlah YouTube views. Menurut YouTube, 9 dari 10 video menggunakan thumbnail lebih banyak dilihat dibandingkan yang tidak menggunakannya.

Untuk membuatnya, ada beberapa pilihan warna yang bisa kamu gunakan, yaitu orange, hijau, kuning, dan biru. Jika kamu perhatikan secara seksama, kebanyakan situs menggunakan warna hitam, putih, dan merah. Oleh karena itu sebaiknya pilih warna berbeda untuk bagian thumbnail, seperti beberapa opsi warna yang tadi disebutkan sebelumnya.

Gunakan Template Deskripsi Video yang Sudah Terbukti Berhasil

Agar bisa mendapatkan YouTube views yang banyak, pahami satu hal ini. YouTube mengonfirmasi bahwa deskripsi video memungkinkan algoritma YouTube mengenali tentang apa video kamu.

Kamu bisa menggunakan template yang disediakan oleh beberapa YouTuber sukses atau bisa juga membuatnya sendiri untuk kemudian digunakan setiap kali posting video. Buat bagian intro yang kuat sekitar 2-3 kalimat, didukung dengan outline yang detail tidak lebih dari 150 kata. Kemudian, jangan lupa tautkan dengan situs web dan media sosial.

Baca Juga: Ukuran Feed Instagram untuk 6 Jenis Konten Lengkap Tipsnya!

Tingkatkan CTR Judul Video

Untuk bisa mencapai target YouTube views yang diharapkan, judul video juga tidak boleh luput dari perhatian. Judul tersebut akan menentukan keseluruhan video yang kamu bagikan.

Untuk membuatnya, tambahkan tanda […] di akhir judul. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan klik yang banyak semakin terbuka. Atau bisa juga menggunakan nomor, misalnya nomor tips atau strategi, tahun saat ini, atau lainnya.

Gunakan MVC untuk Tag Video

Tag memiliki peran penting untuk SEO video. Alasannya karena YouTube menggunakannya untuk memahami topik video. Nah, rumus dari MVC adalah main keywords, variation, dan category.

Sebagai contoh, saat hendak membagikan video tentang link building, kata kunci atau tag utamanya adalah link building. Kemudian untuk rumus kedua, yaitu variasi, gunakan beberapa tag yang relevan, seperti SEO backlinks, backlinks, link building strategies, dan lainnya.

Gunakan 1 hingga 2 tags yang akan mendeskripsikan keseluruhan kategori video. Misalnya SEO dan online marketing untuk video tentang link building tadi.

Optimasi Video untuk Likes, Comments, dan Subscribes

Bingung kenapa video kamu tidak mendapatkan banyak YouTube views? Coba pahami betapa pentingnya optimasi, bukan hanya untuk konten di mesin pencari saja tetapi juga di YouTube. Perihal algoritma YouTube, jumlah view sangatlah penting. Akan tetapi, YouTube juga ingin melihat bahwa orang-orang terlibat dengan video kamu.

Untuk mendapatkan engagement, optimasi video agar mendapatkan lebih banyak Likes, Comments, dan Subscriptions.

Kuasai Dasar-dasar SEO YouTube untuk YouTube Views yang Lebih Banyak

Bagi yang ingin mendapatkan YouTube views yang lebih dari sebelumnya, artinya kamu harus mempelajari semua hal tentang SEO untuk YouTube.

Beberapa dasar SEO yang harus kamu kuasai adalah:

  • Riset kata kunci video
  • Optimasi judul, deskripsi, dan tags
  • Tingkatkan retensi dan waktu tonton audiens
  • Signal YouTube engagement
  • Analitik kata kunci

Gunakan Judul Daftar Putar yang Menarik

Mendapatkan YouTube views merupakan tantangan, terutama bagi pemula. Akan tetapi, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk bisa mendapatkan dan meningkatkan jumlah view. Salah satunya adalah dengan menggunakan judul daftar putar yang menarik.

Tampilkan Video YouTube di Postingan Blog

Punya blog dengan lalu lintas yang tinggi? Bagi yang sudah sukses di dunia blog, tidak ada salahnya mencoba cara ini. Ya, kamu bisa menambahkan video di postingan blog. Jadi, akan semakin tinggi peluang mendapatkan view yang berasal dari postingan blog.

Selain mendapatkan view yang lebih banyak, cara ini juga membantu video mendapatkan posisi ranking yang lebih tinggi di hasil pencarian YouTube.

Bagikan Video di Media Sosial

Bukankah banyak jalan menuju Roma? Terlebih saat kamu hidup di era digital seperti sekarang ini, di mana berbagai platform media sosial memiliki jumlah pengguna aktif yang banyak.

Agar video kamu mendapatkan YouTube views yang banyak, coba bagikan video tersebut di media sosial. Berapa banyak media sosial yang kamu gunakan secara aktif? Berapa jumlah pengikut di masing-masing media sosial tersebut?

Unggah klip video YouTube kamu sebagai video asli, bukan hanya dalam bentuk tautan saja. Dengan hanya membagikan cuplikan video, pengguna media sosial akan penasaran sehingga akan menonton video lengkap di YouTube.

Unggah Video saat Audiens sedang Berada di YouTube

Mungkin sebagian dari kamu tidak tahu kalau ada jam posting terbaik untuk masing-masing media sosial. Lalu, bagaimana dengan YouTube? Apakah di Sabtu jam 6 pagi? Atau di hari Rabu jam 3 sore?

Baca juga: Tingkatkan Youtube Subscribers dengan 8 Cara Efektif Ini

Jawabannya adalah saat subscribers kamu sedang berada di YouTube. Sayangnya, YouTube tidak memberitahu kapan sebagian besar dari subscribers atau audiens kamu sedang online dan aktif. Sebaiknya, coba unggah video di hari dan waktu yang berbeda.

Kemudian, kamu bisa melihat video mana yang mendapatkan YouTube views banyak. Atau kamu bisa menggunakan tool seperti VidIQ yang akan bekerja dalam menganalisa channel agar menemukan waktu terbaik untuk posting video.

Tampil di Beranda YouTube

Beranda adalah tempat yang bagus untuk mendapatkan YouTube views. Jadi, pastikan video kamu akan tampil di beranda. Sehingga akan lebih besar kesempatan mendapatkan view yang banyak.

Tingkatkan kesempatan dengan dua cara. Pertama, promosikan video di 48 jam pertama setelah video tersebut diunggah. Biasanya, algoritma beranda YouTube lebih menyukai video baru dan video populer.

Kedua, tingkatkan jumlah subscriber YouTube.

Nah, dengan beberapa cara sekaligus tips di atas, kamu bisa memaksimalkan upaya dalam mendapatkan YouTube views. Cara-cara tersebut bisa kamu coba untuk semua video yang ingin kamu tingkatkan jumlah view nya.

Apakah kamu selalu membuat konten sendiri tanpa bantuan orang lain? Apakah konten tersebut benar-benar menarik? Jika kali ini ingin mencoba konten berbeda, kamu bisa menggunakan jasa ilustrasi karakter dari Optimaise. Gunakan ilustrasi karakter di video yang kamu bagikan. Lihat dan bandingkan jumlah view dengan konten sebelumnya.

Jangan ragu untuk menghubungi Optimaise sekarang juga!

Baca Juga

Optimaise