Digital MarketingSEM

Cara Mudah Setting Google Ads dalam 10 Langkah Sederhana

Tiara Motik

Cara Mudah Setting Google Ads dalam 10 Langkah Sederhana

Ketika kamu berniat membeli layanan hosting dan ingin melakukan riset terlebih dulu, kamu mungkin bakal mencari tahu jenis hosting terbaik melalui Google. Saat mengetikkan kata “hosting” di pencarian Google kamu ditunjukkan dengan sederet hasil pencarian disertai dengan label “Bersponsor”. Yap, itulah salah satu jenis iklan Google Ads.

Untuk mengoptimalkan eksposur dan merasakan fasilitas serupa, langkah awal adalah melakukan setting Google Ads. Melalui upaya Setting Google Ads dapat menjadi langkah strategis untuk meningkatkan visibilitas bisnismu, lho.

Dalam upaya membuat proses ini lebih mudah dipahami, berikut ini adalah penjelasan sederhana bagaimana cara mudah untuk setting Google Ads. Dari menentukan tujuan hingga memantau kinerja kampanye agar kamu dapat dengan mudah mengoptimalkan potensi iklan di platform Google Ads.

Apa itu Google Ads?

Apa itu Google Ads?
Apa itu Google Ads?

Sama seperti namanya, Google Ads merupakan platform iklan daring dari Google yang memungkinkan para pengiklan mempromosikan produk atau layanan mereka di berbagai saluran online, seperti di mesin pencari Google, YouTube, Google Display Network, hingga Goole Play.

Dengan layanan ini, pengiklan dapat menargetkan audiens mereka berdasarkan kata kunci tertentu, lokasi geografis, perilaku pengguna, dan banyak kriteria lainnya.

Sebelum kini dikenal sebagai Google Ads, dulu layanan ini dikenal dengan nama Google AdWords. Namun, pada tahun 2018, Google AdWords melakukan re-branding menjadi Google Ads.

Salah satu daya tarik utama Google Ads adalah model pembayaran berbasis klik atau (CPC), di mana pengiklan hanya membayar ketika pengguna benar-benar mengklik iklan mereka.

Selain perluasan cakupan saluran dan model pembayaran, layanan juga memperkenalkan lebih banyak fitur kecerdasan buatan dan alat otomatisasi untuk membantu pengiklan mengoptimalkan kampanye mereka.

Ini mencakup opsi seperti Smart Campaigns yang dirancang untuk memudahkan pemilik bisnis kecil dalam memasarkan produk atau layanan mereka tanpa memerlukan pengetahuan iklan yang mendalam.

Kelebihan Google Ads

Kelebihan Google Ads
Kelebihan Google Ads

Google Ads memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu platform periklanan daring yang paling populer dan efektif. Sebelum mengetahui langkah-langka setting Google Ads, sebaiknya ketahui lebih dulu kelebihan-kelebihannya biar kamu bisa lebih paham ya!

Didominasi Google

Pasar mesin pencari secara dominan dikuasai oleh Google, mencapai porsi yang mengesankan baik secara global maupun di Indonesia. Hampir semua orang yang terhubung dengan internet telah merasakan kenyamanan dan keandalan pencarian melalui Google.

Bahkan, Google berhasil menguasai pangsa pasar hingga 88,07%. Sementara itu, Bing dan Microsoft hanya menguasai 6,89% saja. Fakta ini menjadi landasan kuat untuk mempertimbangkan Google Ads sebagai strategi pemasaran daring.

Targeting yang Presisi

Google Ads memberikan pengiklan kemampuan untuk menargetkan iklan mereka dengan tingkat presisi yang tinggi, memungkinkan mereka mencapai audiens yang paling relevan dengan tujuan pemasaran.

Pengiklan dapat menentukan lokasi geografis, kata kunci, perilaku pengguna, perangkat, dan banyak parameter lainnya untuk memastikan iklan hanya ditampilkan kepada audiens yang paling relevan.

Ini tidak hanya meningkatkan efektivitas kampanye iklan tetapi juga membantu mengoptimalkan pengeluaran iklan dengan lebih efisien.

Tawarkan Beragam Jenis Iklan

Google Ads menjadi pilihan utama bagi pengiklan karena mendukung beragam jenis iklan, memungkinkan kamu untuk menyesuaikan strategi pemasaran dengan berbagai tujuan kampanye.

Sebagai contoh, bayangkan kamu memiliki bisnis fashion yang ingin memperkenalkan koleksi terbaru melalui iklan video. Dengan Google Ads kamu dapat membuat iklan video yang menampilkan model-model mengenakan pakaian dari koleksi terbarumu.

Ketika pengguna menonton video di YouTube, iklan videomu dapat muncul sebelum video yang mereka pilih atau di sela-sela pemutaran.

Model Pembayaran Berbasis Kinerja

Model pembayaran berbasis kinerja pada Google Ads memberikan kepastian kepada pengiklan, di mana mereka hanya membayar ketika pengguna melakukan tindakan tertentu yang diinginkan. Dua model pembayaran yang umum digunakan meliputi Cost Per Click (CPC) dan Cost Per Mille (CPM).

Baca juga: 6 Layanan Jasa SEO Terbaik untuk Optimasi Situsmu

Dalam model CPC, pengiklan membayar setiap kali pengguna mengklik iklan mereka. Contohnya, kamu memiliki situs web e-commerce yang menggunakan Google Ads untuk mempromosikan produk-produk terbaru.

Dengan model CPC, kamu hanya membayar setiap kali pengguna mengklik iklanmu untuk melihat lebih lanjut atau membuat pembelian. Kalau iklan menerima 100 klik dan biaya per kliknya adalah 800 rupiah, maka kamu akan membayar 800.000 rupiah.

Pengukuran Kinerja yang Mendalam

Untuk memberikan pelayanan pengiklanan yang maksimal buat penggunaya, Google Ads menyertakan alat analisis yang kuat, yakni Google Analytics. Melalui Google Analytics, pengiklan dapat mendapatkan wawasan mendalam tentang sejauh mana iklan mereka mencapai tujuan pemasaran.

Alat ini memungkinkan kamu untuk melacak konversi, mengidentifikasi perilaku pengguna setelah mengklik iklan, dan mengukur Return on Investment (ROI) dengan tepat.

Misalnya, jika tujuan kampanyemu adalah meningkatkan penjualan, Google Analytics dapat memberikan informasi rinci tentang pembelian yang berasal dari iklanmu, termasuk jumlah, nilai transaksi, dan produk yang mereka beli.

Nah, setelah mengetahui beberapa kelebihannya, sekarang apakah kamu benar-benar tertarik untuk beriklan dengan Google Ads? Jika iya, sekarang waktunya untuk melakukan setting Google Ads sebagai langkah awal buat beriklan.

Baca juga: Keyword Stuffing dan 4 Cara Menghindarinya

Langkah Mudah Setting Google Ads

Langkah Mudah Setting Google Ads
Langkah Mudah Setting Google Ads

Dalam dunia pemasaran digital yang semakin berkembang, setting Google Ads dengan tepat dapat menjadi kunci sukses dalam menjangkau audiens yang relevan dan meningkatkan konversi.

Mulai dari menentukan tujuan kampanye hingga merinci target audiens dan menentukan anggaran, setiap langkah dalam proses ini memiliki peran penting untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Dengan pemahaman yang solid tentang langkah-langkah esensial ini, kamu dapat mengoptimalkan penggunaan Google Ads untuk menghadirkan dan memperkenalkan bisnismu kepada dunia dengan cara yang terarah dan efisien.

Melalui panduan langkah-langkah mudah setting Google Ads yang tak kalah penting dari SEO ini sekiranya bisa membimbing kamu melalui proses pengaturan dengan jelas dan ringkas, memastikan kamu siap meluncurkan kampanye iklan yang efektif dan terukur.

Buka Halaman Resmi Google Ads

Langkah pertama menuju setting Google Ads adalah membuka dengan halaman resmi Google Ads di browser pilihanmu. Untuk melakukannya, cukup ketik “Google Ads” dalam mesin pencarian atau langsung kunjungi https://ads.google.com/.

Setelah tiba di halaman utama, kamu akan disambut dengan opsi untuk login. Kalau kamu sudah memiliki akun Gmail, kamu dapat langsung masuk menggunakan kredensial Gmail milikmu. Namun, jika belum memiliki akun Gmail, kamu akan diberikan opsi untuk membuat akun terlebih dahulu sebelum melanjutkan.

Masukkan Nama Profil Bisnis

Setelah masuk ke dasbor Google Ads, kamu diarahkan untuk mengisi kolom dialog dengan mengetikkan nama profil bisnis milikmu. Kalau sudah, klik tombol “Next” di bawahnya.

Ini penting untuk memberikan identitas yang jelas pada akun iklanmu. Ketikkan dengan cermat nama profil bisnismu untuk memastikan konsistensi dengan merekmu di seluruh platform.

Masukkan URL

Pada halaman dengan pertanyaan “Where should people go after clicking your ad?” ini, masukkan saja URL lengkap dari halaman website yang ingin kamu promosikan di dalam kolom “Your website”.

Setelah itu, jangan lupa untuk menekan tombol “Next” di bawahnya. Kemudian, tunggu proses review yang mungkin dilakukan oleh Google Ads untuk memastikan bahwa halaman yang kamu tuju sesuai dengan kebijakan iklan mereka.

Tentukan Goal Iklan

Langkah ke-4 membawa kamu ke halaman untuk memilih tujuan atau goal utama iklanmu. Pada tahap ini, pilih salah satu tujuan sesuai dengan strategi pemasaranmu.

Contohnya, pilih opsi “Get more website sales or leads”, di mana opsi ini menunjukkan bahwa tujuan kampanye iklanmu adalah meningkatkan penjualan atau mendapatkan lebih banyak leads melalui situs web.

Pilihannya bervariasi, termasuk meningkatkan kunjungan situs web atau mendapatkan lebih banyak panggilan telepon.

Setelah memilih tujuan, langkah ke-5 setting Google Ads membawa kamu ke halaman di mana kamu diminta untuk menulis iklan. Gunakan kolom yang sudah tersedia untuk membuat iklan yang menarik dan relevan dengan bisnismu. Sesuaikan teks iklan dengan penawaran, produk, atau layanan yang ingin kamu promosikan.

Isi setiap kolom dengan contoh seperti berikut ini.

Judul 1: [nama bisnis]

Judul 2: [jenis bisnis]

Judul 3: [judul terkait dengan keyword yang ditargetkan]

Deskripsi 1: “Temukan [jenis produk atau layanan] terbaik di [nama bisnis]. Dapatkan penawaran spesial hari Ini!”

Deskripsi 2: “Kualitas terbaik atau pelayanan prima. Jelajahi [jenis produk atau layanan] kami dan nikmati pengalaman belanja yang memuaskan.”

Kolom Telepon: [nomor telepon bisnis]

Lokasi Bisnis: [alamat bisnis]

Setelah mengisi kolom-kolom tersebut, kamu bakal melihat secara langsung preview iklan yang telah kamu tulis pada bagian sebelah kanan halaman. Jika sudah sesuai, tekan tombol “Next”.

Baca juga: 5 Langkah Jitu Menentukan Content Personalization

Tambahkan Tema Kata Kunci

Pada bagian setting Google Ads ini kamu perlu menambahkan tema kata kunci yang berhubungan dengan bisnismu. kamu dapat memasukkan keyword sendiri atau menggunakan rekomendasi keyword yang diberikan oleh Google.

Misalnya, jika kamu menjual sepatu olahraga, tema kata kunci dapat mencakup “sepatu lari”, “sepatu basket”, “sepatu fitness”, dan sebagainya. Gunakan kata kunci yang paling relevan dan mencerminkan apa yang dicari oleh target audiens.

Setelah menambahkan tema kata kunci, klik “Next”.

Tentukan Lokasi Pengiklanan

Tahap selanjutnya akan membawa kamu ke opsi untuk memilih lokasi di mana iklanmu akan ditampilkan. Dalam contoh ini, kita akan memilih opsi “Advertise in specific zip codes, cities, or regions” (Beriklan di kode pos, kota, atau wilayah tertentu).

Dengan pilihan ini kamu bakal diarahkan untuk memasukkan nama negara, kota, ataupun kode pos sasaran iklanmu. Setelah menentukan lokasi pengiklanan, tekan tab “Next”.

Tentukan Anggaran

Pada tahap setting Google Ads ini, kamu bakal diberi dua pilihan, antara “Select a budget option” atau “Enter your own budget”. Jika kamu lebih suka memilih dari anggaran yang sudah disediakan oleh Google Ads, pilih salah satu opsi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Sedangkan, kalau kamu ingin menentukan anggaran sendiri, masukkan jumlah anggaran harian atau total yang siap kamu alokasikan untuk kampanye iklan ini. Jika sudah menentukan, klik “Next”.

Tinjau Setting Google Ads

Tinjau kembali pengaturan Google Ads yang telah kamu tentukan sebelumnya. Pastikan untuk memeriksa setiap detail dengan cermat, termasuk tujuan kampanye, teks iklan, kata kunci, lokasi target, dan anggaran.

Ini memberi kamu kesempatan untuk memastikan bahwa semua pengaturan sesuai dengan strategi pemasaran kamu sebelum kampanye iklan diaktifkan. Setelah melakukan peninjauan, cari tombol “Next” atau “Selanjutnya”.

Lengkapi Detail Pembayaran

Tahap akhir dalam proses setting Google Ads ini melibatkan pengisian detail pembayaran yang diperlukan. Pada langkah ini, kamu diminta untuk mengisi informasi, seperti negara penagihan, informasi pelanggan, zona waktu, dan metode pembayaran.

Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat dan lengkap, termasuk rincian kartu kredit atau metode pembayaran online lainnya yang kamu pilih.

Setelah mengisi semua data yang diperlukan, kamu akan diminta untuk meninjau kembali informasi yang telah diinput sebelum mengkonfirmasi dan mengaktifkan kampanye iklanmu. Jika tahapan ini selesai, iklan kamu akan diaktifkan dan dapat mulai ditampilkan kepada target audiensmu.

Setelah iklan kampaye bisnismu dijalankan, penting untuk menanamkan kebiasaan memantau kinerja kampanye secara teratur. Setting Google Ads bukanlah langkah sekali jalan, melainkan suatu perjalanan dinamis di mana respons terhadap perubahan dan optimasi menjadi kunci kesuksesan.

Biar tidak bingung dalam menargetkan kata kunci dalam setting Google Ads ini, kamu bisa menggunakan bantuan Optimaise yang menyediakan jasa SEO terbaik di Malang untuk memastikan kampanye iklanmu mencapai hasil optimal.

Tim Optimaise tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang strategi kata kunci yang efektif, tetapi juga berdedikasi untuk membantu bisnismu tumbuh secara online. Jangan ragu untuk menjadikan Optimaise sebagai mitra strategismu dalam menjalankan kampanye Google Ads dan SEO yang sukses!

Baca Juga

Optimaise