Digital MarketingSEO

10 Langkah Menyusun Keyword Strategy untuk Meningkatkan Trafik dan Konversi

Siti Rohmah Noviah

10 Langkah Menyusun Keyword Strategy untuk Meningkatkan Trafik dan Konversi

Untuk mendapatkan trafik ke situs webmu, kamu harus tahu apa yang mereka cari, kata-kata apa yang mereka gunakan, dan jenis konten mana yang paling sesuai dengan maksud mereka.

Singkatnya, kamu membutuhkan strategi keyword strategy untuk memperoleh semuanya. Uraian berikut ini akan menjelaskan apa itu keyword strategy beserta panduan tentang bagaimana cara untuk melakukannya. Mari jelajahi lebih lanjut!

Apa itu Keyword Strategy di dalam Digital Marketing?

Apa itu Keyword Strategy di dalam Digital Marketing?
Apa itu Keyword Strategy di dalam Digital Marketing?

Kamu mungkin pernah diberi saran untuk melakukan riset keyword untuk mengetahui istilah mana yang paling cocok untuk digunakan. Itu tentu menjadi saran yang bagus, tetapi keyword strategy itu dibuat setelah kamu melakukan risetmu.

Keyword strategy adalah proses yang bertujuan untuk menentukan search query yang ingin kamu ranking, urutan yang akan kamu gunakan untuk mendapatkan ranking, dan bagaimana kamu akan menargetkan keyword tersebut secara efektif. Dan ini tidak sama dengan riset keyword.

Riset keyword sendiri memberi kamu data yang kamu butuhkan, tetapi keyword strategy memberi kamu makna dan jalan untuk menggunakan data tersebut.

Baca juga: 5 Alat Riset PPC Keyword Terbaik untuk Kesuksesan Kampanye Iklanmu

Ini membantu kamu untuk memastikan bahwa upaya pengoptimalanmu telah sesuai dengan tujuan dan sumber daya perusahaanmu.

Cara Membuat Keyword Strategy untuk Situs Web

Cara Membuat Keyword Strategy untuk Situs Web
Cara Membuat Keyword Strategy untuk Situs Web

Jika kamu ingin membuat keputusan yang tepat akan keyword strategy situs webmu, maka kamu harus memiliki banyak pengetahuan. Mulailah dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap dirimu sendiri, produkmu, dan pesaingmu.

Mengetahui cara untuk membuat keyword strategy dapat membantu kamu untuk memaksimalkan strategi SEO situs webmu. Ini dapat membantu meningkatkan trafik dan konversi di mesin pencari. Untuk mencapai kesuksesan, ikuti langkah-langkah ini, yuk!

Lakukan Analisis pada Peringkat Keyword

Lakukan Analisis pada Peringkat Keyword
Lakukan Analisis pada Peringkat Keyword

Kamu dapat membuat standar untuk kinerjamu dan menemukan cara untuk meningkatkannya dengan melihat peringkat keyword yang ada.

Cara paling mudah untuk melakukan analisis pada peringkat keyword adalah dengan masuk ke Google Search Console (GSC) untuk mendapatkan informasi ini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Setelah berhasil login dan menghubungkan Google Search Console. Selanjutnya, beralihlah ke tab “Performance“, lalu klik “Search results“, centang semua kotak di bagian atas.
  2. Untuk melihat keyword yang kamu ranking dalam jangka waktu yang dipilih, gulir ke bawah menuju tabel “Queries“. Di bagian ini kamu akan melihat beberapa istilah berikut:
    • Clicks adalah rasio klik-tayang (CTR), yang merupakan persentase tayangan yang menghasilkan klik.
    • Impressions adalah total dari hasil yang ditampilkan.
    • CTR adalah rasio klik-tayang (Click-through Rate), yang merupakan persentase tayangan yang menghasilkan klik.
    • Position adalah peringkat organik rata-ratamu selama rentang waktu yang dipilih. Di mana peringkat yang lebih rendah menunjukkan kualitas yang lebih tinggi.
  3. Untuk menyimpan data ini di dalam file Google Sheets, Excel, atau CSV, klik “Export“.

Mempertimbangkan Tujuan Marketing dalam Strategi Keyword

Mempertimbangkan Tujuan Marketing dalam Strategi Keyword
Mempertimbangkan Tujuan Marketing dalam Strategi Keyword

Saat kamu membuat keyword strategy, pastikan untuk mengingat tujuan marketing terpentingmu. Kenapa hal ini penting? Karena semua elemen kampanye bergerak ke arah yang sama, strategi marketing yang terkoordinasi biasanya lebih efektif, terutama untuk tim kecil.

Misalnya, jika kamu mengeluarkan produk skincare baru. Mengirim buletin email, berpartisipasi di media sosial, press release, dan mengadakan acara peluncuran adalah beberapa contoh rencanamu.

Meskipun demikian, jangan lupakan keyword yang relevan. Kamu akan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan membuat halaman produk yang dioptimalkan untuk SEO serta artikel blog yang relevan.

Ini memastikan peluncuranmu memiliki dampak sebesar mungkin, yang kemungkinan besar akan meningkatkan profitabilitas kampanyemu dan membantu membangun merekmu sebagai topical authority.

Selain itu, keyword strategy harus disesuaikan dengan sasaran marketingmu untuk menjaga pesan merek agar tetap konsisten. Karena itu, sangat penting untuk memilih keyword yang paling relevan dengan merekmu dengan tidak hanya bergantung pada riset keyword semata.

Manfaatkan Peluang Keyword

Manfaatkan Peluang Keyword
Manfaatkan Peluang Keyword

Jika kamu belum sama sekali memasukkan keyword yang relevan ke dalam rankingmu, peluang keyword ini dapat membantu kamu untuk menjangkau dan mengonversi audiens targetmu.

Untuk menghasilkan ide keyword, alat Keyword Gap milik Semrush adalah salah satu metode termudah. Ikuti saja langkah-langkah untuk menggunakannya ini:

  1. Masukkan domainmu sendiri dan setidaknya 4 domain pesaingmu. Di mana alat ini juga akan menawarkan rekomendasi untuk membantumu.
  2. Klik “Compare” setelah kamu memilih negaramu. Kamu akan melihat ringkasan keyword yang kamu dan pesaingmu ranking.
  3. Untuk melihat keyword yang paling tinggi dinilai oleh semua pesaingmu tetapi tidak denganmu, caranya gulir ke bawah dan pilih “Missing“.
  4. Untuk melihat keyword yang setidaknya memiliki satu pesaing yang mendapat ranking, klik “Untapped“.

Kelompokkan Keyword

Saat kamu tengah mengumpulkan keyword, kamu akan menemukan bahwa beberapa keyword secara alami terkait dengan topik yang umum. Karena itu, kamu perlu mengelompokkannya dalam beberapa kelompok.

Pertama, buat kelompok topik (topic clusters), ini adalah kelompok halaman yang saling terkait secara tematis. Di mana kelompok ini akan membantu kamu membangun otoritas yang lebih dalam di bidang tertentu.

Setiap kelompok topik terdiri dari 2 kategori halaman ini:

  1. Pillar page: berfungsi sebagai pusat atau fondasi utama dari topik yang luas.
  2. Sub-page: halaman yang lebih khusus yang membahas sub-topik dari topik pillar page.

Untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk keyword tertentu, kamu harus membuat kelompok keyword. Kelompok keyword ini harus ditargetkan pada halaman yang sama dan memiliki alasan yang sama untuk pencarian.

Teliti Halaman Hasil Pencarian (SERP)

Teliti Halaman Hasil Pencarian (SERP)
Teliti Halaman Hasil Pencarian (SERP)

Search landscape mengacu pada bagaimana halaman hasil mesin pencari atau SERP yang terdiri dari keyword. Ini menentukan kemungkinan peringkat dan kemungkinan pengguna untuk melihat dan meng-klik setiap hasil.

Di dalam contoh di bawah, keyword “rutinitas olahraga di rumah” memiliki hasil organik pertama yang muncul di bagian atas tanpa iklan. Ini menunjukkan bahwa peringkat organik yang tinggi untuk keyword ini dapat menghasilkan banyak klik.

Sementara itu, jika hasil organik terbaik berada di bawah paket iklan dan maps. Ini adalah jenis hasil khusus yang dikenal sebagai fitur SERP.

Jenis menunjukkan kemungkinan rasio klik-tayang (CTR) yang lebih rendah untuk pencarian organik. Karena itu, mungkin lebih baik untuk mengoptimalkan fitur SERP yang menonjol atau mencari keyword lain.

Pahami Search Intent

Pahami Search Intent
Pahami Search Intent

Tujuan search intent adalah tujuan keyword. Karena itu, sangat penting untuk menentukan keyword mana yang akan diprioritaskan dan bagaimana hal itu akan dilakukan.

Kenapa? Karena jika kamu tidak memenuhi kebutuhan pengguna, maka kamu tidak akan mendapatkan ranking.

Misalnya, dengan postingan blog, kamu mungkin akan kesulitan mendapatkan peringkat tinggi untuk “iPhone 15”. Karena sebagian besar hasil pencarian berasal dari iklan, daftar produk, dan halaman produk.

Selain itu, intent juga dapat menunjukkan lokasi pelanggan di dalam saluran marketing dan seberapa besar kemungkinan mereka akan melakukan konversi.

Misalnya, orang yang mencari “iPhone 15” akan lebih cenderung melakukan pembelian segera daripada orang yang mencari “iPhone yang akan dirilis.” Karena itu, keyword pertama mungkin akan lebih bermanfaat pada awalnya.

Evaluasi Tingkat Kesulitan Keyword

Sebelum kamu mencari keyword, sebaiknya periksa seberapa kompetitif keyword tersebut dengan menilai skor kesulitan keyword (keyword difficulty) tersebut.

Ini akan membantu kamu untuk mengetahui apakah kamu memiliki peluang yang wajar untuk mendapatkan peringkat untuk keyword tersebut. Sangat membantu untuk menargetkan setidaknya beberapa keyword dengan skor kesulitan pribadi yang lebih rendah.

Kenapa? Karena mereka mungkin lebih mudah dinilai, sehingga dapat membantu kamu untuk mulai membangun topical authority pada suatu topik.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Keyword untuk Meningkatkan Visibilitas di Mesin Pencari

Perhatikan Sumber Daya yang Digunakan

Perhatikan Sumber Daya yang Digunakan
Perhatikan Sumber Daya yang Digunakan

Untuk membuat keyword strategy SEO yang efektif, kamu harus mengetahui sumber dayamu. Ini mencakup waktu, biaya, dan pengetahuan tentang peralatan yang kamu gunakan.

Misalnya, jika kamu tidak memiliki kemampuan dan alat yang diperlukan untuk membuat video, maka kamu akan kesulitan untuk mendapatkan peringkat untuk “how to make red velvet cake video”. Kamu juga tidak akan memiliki anggaran untuk menyewa seorang profesional.

Karena itu, akan bermanfaat untuk mencatat semua aset yang kamu miliki, seperti tulisan blog, e-book, video, testimoni, studi kasus, dan gambar.

Banyak aset ini mungkin memiliki potensi yang belum digunakan. Karena itu, menggunakannya dengan benar dapat membantu kamu untuk mencapai target keyword dengan lebih cepat dan mudah.

Contohnya, jika kamu sudah memiliki infografis tentang “penyebab demam berdarah”, mungkin masuk akal untuk mengejar keyword ini sebelum keyword lain yang memerlukan konten baru.

Gunakan Keyword Mapping

Gunakan Keyword Mapping
Gunakan Keyword Mapping

Setelah kamu melakukan menganalisis keyword, kamu bisa menggunakan ke Keyword Strategy Builder Semrush, lalu tentukan pillar page dan sub-page mana yang akan diprioritaskan berdasarkan hasilmu.

Kemudian, putuskan di mana dan bagaimana kamu akan membuat halaman. Untuk melakukannya, kamu membuat keyword map.

Di dalam dokumen tersebut, tentukan apakah setiap halaman perlu diperbaiki atau dibuat ulang, lalu tentukan urutan tugas mana yang paling penting. Misalnya, sebelum kamu membuat postingan blog yang menargetkan keyword yang belum digunakan, sehingga kamu mungkin lebih baik memperbaiki landing page utama.

Ukur Strategi yang Telah Diterapkan

Ukur Strategi yang Telah Diterapkan
Ukur Strategi yang Telah Diterapkan

Sangat penting untuk melacak kemajuanmu di dalam mencapai tujuan apa pun yang sedang kamu upayakan. Menilai metrik SEO memungkinkan kamu untuk mengetahui keyword strategy yang berhasil dan tidak berhasil.

Alat Position Tracking Semrush memungkinkan kamu untuk melacak peringkatmu, terutama bagi keyword target dan melaporkan perubahan penting yang terjadi.

Cepat atau lambat kamu akan melihat peningkatan besar di dalam hasil pencarian dan interaksi pengguna dengan melakukan riset keyword yang tepat, mengoptimalkan konten, dan terus memantau dan menyesuaikan strategi. Ingatlah bahwa konsistensi dan evaluasi berkelanjutan adalah kunci keberhasilan.

Jika kamu merasa membutuhkan bantuan lebih lanjut untuk mengoptimalkan strategi SEO situs webmu, Optimaise hadir sebagai solusi. Dengan pengalaman dan keahlian dalam menyediakan jasa SEO yang komprehensif, Optimaise siap membantu kamu untuk mencapai tujuan pemasaran digital yang lebih tinggi. Hubungi Optimaise hari ini dan kembangkan strategi SEO bisnismu.

Baca Juga

Optimaise