Digital MarketingSEO

4 Langkah Menggunakan Haro Lengkap dengan Platform Alternatifnya

Siti Rohmah Noviah

4 Langkah Menggunakan Haro Lengkap dengan Platform Alternatifnya

Di tengah lautan informasi yang terus berkembang, menonjol dari keramaian dapat menjadi tantangan. Help a Reporter Out (Haro) adalah penyelamat dalam kebisingan digital ini.

Sebagai platform yang menghubungkan para ahli dengan jurnalis, Haro memungkinkan kamu untuk tidak hanya menjangkau khalayak yang relevan tetapi juga membangun otoritas dan kehadiran yang kuat di dalam industrimu.

Namun, Haro bukanlah satu-satunya opsi di luar sana. Ada sejumlah platform alternatif yang juga menawarkan kesempatan untuk membangun kehadiranmu di media.

Di dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa langkah untuk menggunakan HARO, serta menjelajahi beberapa platform alternatif yang dapat membantu kamu mencapai tujuan marketingmu.

Pengertian Haro

Pengertian Haro
Pengertian Haro

HARO (Help a Reporter Out) adalah platform yang menjembatani jurnalis dengan ahli atau sumber informasi yang dapat memberikan wawasan berharga mengenai topik tertentu.

Ini memberi peluang bagi setiap pengusaha dan pemilik bisnis untuk mendapatkan eksposur tanpa harus membayar mahal ke agen PR.

Sebenarnya bagaimana cara kerja Haro? Caranya, jurnalis mengirim permintaan untuk mendapatkan informasi dari sumber yang bisa mereka gunakan di dalam artikel mereka.

Kamu bisa mendaftar sebagai sumber untuk menerima permintaan ini dan mengirimkan tanggapanmu. Jika tanggapanmu relevan dan memenuhi kebutuhan jurnalis, kutipanmu akan dimasukkan dalam artikel mereka.

Selain itu, jurnalis biasanya akan menyertakan link ke situs webmu sebagai bentuk pengakuan. Ada 2 cara utama untuk menggunakan Haro:

  1. Metode tradisional: kamu akan menerima tiga email setiap hari dari Haro, yakni pada pukul 05.35, 12.35, dan 17.35 ET dari hari Senin hingga Jumat.
  2. Platform pitching connectively: kamu bisa melihat permintaan dari jurnalis secara real-time, memfilter peluang, dan melacak tanggapanmu langsung di platform ini.

Baca juga: 3 Hal tentang Newsjacking Lengkap dengan Cara Memulai dan Contohnya

Fungsi Haro

Fungsi Haro
Fungsi Haro

Selain alasan utamanya bahwa kamu bisa mendapatkan tautan dari situs web yang sangat terkenal dan memiliki otoritas tinggi, sebenarnya ada banyak manfaat dalam menggunakan Haro, terutama untuk link building. Ini adalah beberapa alasannya:

Baca juga: 9 Strategi SEO untuk Penjualan Online yang Efektif dan Berkelanjutan

  1. Kamu akan mendapatkan tautan yang sulit ditiru oleh pesaingmu. Meskipun mereka juga menggunakan Haro, tapi mereka tidak bisa mendapatkan peluang yang sama persis dengan kamu.
  2. Dengan disebut sebagai pakar di situs web terpercaya, kamu dapat membangun Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trust (EEAT).
  3. Kamu akan mendapatkan backlink berkualitas tinggi yang benar-benar membawa trafik ke situs webmu.
  4. Menggunakan Haro membantu meningkatkan kesadaran merekmu.
  5. Kamu akan terlihat sebagai thought leader di industrimu.

Namun, Haro juga memiliki kekurangan. Ini karena Haro adalah platform yang sangat terkenal dalam jenisnya, sehingga banyak orang yang menggunakannya untuk mencari kesempatan mendapatkan publikasi.

Ini membuat kompetisi sangat tinggi, sehingga sulit untuk memastikan bahwa tanggapanmu akan dipilih oleh jurnalis.

Cara Melakukan dan Menggunakan Haro

Cara Melakukan dan Menggunakan Haro
Cara Melakukan dan Menggunakan Haro

Menggunakan Haro bisa menjadi strategi efektif untuk meningkatkan eksposur dan mendapatkan backlink berkualitas tinggi yang tentu berguna dalam strategi SEO.

Namun, untuk memaksimalkan manfaat dari platform ini, penting untuk memahami cara kerjanya dan bagaimana merespons dengan tepat.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat membantu kamu dalam menggunakan Haro dengan efektif, mulai dari pendaftaran hingga mengirimkan tanggapan yang menarik perhatian jurnalis.

Buat Akun

Untuk memulainya, kamu perlu membuat akun. Kita akan menggunakan contoh dari salah satu platform Haro bernama Connectively.

Kamu bisa mendaftar untuk akun gratis dan mengikuti langkah-langkah orientasi sederhana untuk melengkapi profilmu dan memilih keyword yang paling relevan dengan minatmu.

Setelah langkah orientasi selesai, kamu akan dibawa ke dasbor utama. Luangkan waktu untuk menyusun profilmu dengan baik, pastikan biodatamu ringkas dan soroti keterampilan serta kualifikasimu.

Ini akan menunjukkan kepada jurnalis mengapa kamu adalah seorang ahli dan mengapa pendapat serta wawasanmu akan sangat berharga bagi artikel mereka.

Temukan Kueri Haro yang Relevan

Memilih kueri yang tepat adalah salah satu cara terpenting untuk memastikan keberhasilan saat menggunakan Haro. Jika kamu terus-menerus menjawab pertanyaan di luar bidang keahlianmu, jurnalis mungkin akan melihat kamu sebagai seseorang yang membuang-buang waktu mereka.

Perlu diingat jika jurnalis menerima ribuan tanggapan untuk setiap permintaan. Hal terakhir yang mereka inginkan adalah membuang waktu untuk membaca saran yang kurang berkualitas dari seseorang yang tidak memenuhi syarat untuk berbicara mengenai topik tersebut.

Untuk mempersingkat waktu, ikuti beberapa langkah ini:

  1. Jika kamu tidak yakin topik apa yang mungkin terkait dengan industrimu, gunakan alat Topic Research Semrush.
    • Masukkan kategori bisnis utamamu, misalnya “digital marketing”, lalu tekan “Get content ideas”. Alat ini akan menampilkan topik-topik relevan di mana kamu dapat berbagi keahlianmu.
    • Dari sini, buka aplikasi Connectively dan cari topik-topik ini. Connectively akan menampilkan semua pertanyaan yang sesuai dengan pencarianmu.
    • Jika ada kueri yang menarik bagi kami, klik judulnya untuk melihat detail lengkapnya.
  2. Kueri biasanya mencantumkan situs web tempat artikel akan diterbitkan. Gunakan Domain Overview Semrush untuk memeriksa kualitas dan potensi nilai SEO situs web tersebut.
    • Pertama, lihat berapa banyak trafik organik yang dimiliki situs tersebut.
      • Mendapatkan tautan dari situs dengan sedikit atau tanpa trafik mungkin tidak banyak membantu kamu.
      • Selain itu, kemungkinan besar kamu tidak akan mendapatkan lalu lintas rujukan dari tautan tersebut. Idealnya, cari situs dengan minimal 1K trafik per bulan.
    • Kedua, lihat Authority Score situs web. Ini adalah indikator bagus tentang kualitas situs. Kamu ingin menargetkan situs web dengan Authority Score setinggi mungkin, tetapi menargetkan minimal 30 adalah awal yang baik.

Lakukan Pitching

Meskipun memilih peluang yang tepat sangat penting, caramu menyusun promosi akan menentukan keberhasilan atau kegagalan upaya membangun tautan Haro.

Kamu bisa mengirimkan penawaran langsung di Connectively dengan menekan “Pitch” pada kueri yang ingin kamu tanggapi. Ini akan membuka alat pitching. Menyusun promosi yang menonjol dan menarik perhatian jurnalis adalah kunci agar promosimu dibaca.

Salah satu bagian terpenting adalah menyusun baris subjek yang tepat. Baris subjek harus singkat, idealnya sekitar 70 karakter, agar bisa terbaca sepenuhnya di kotak masuk jurnalis. Kamu harus mencoba memasukkan:

  1. Judul kueri
  2. Nama dan jabatanmu
  3. Sesuatu yang membuat kamu menonjol

Dua poin pertama sangat penting. Mereka memberi tahu jurnalis pertanyaan mana yang kamu tanggapi dan mengapa kamu layak menjawabnya.

Poin ketiga tergantung pada seberapa banyak ruang yang tersisa. Namun, menambahkan sesuatu yang membuat kamu menonjol, seperti “Pemenang Penghargaan”, bisa menunjukkan kepada jurnalis bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk memberikan wawasanmu.

Berikut contohnya:

RE: Tips SEO 2024 – Denny Rounald- Konsultan SEO Pemenang Penghargaan

Setelah itu, kita masuk ke isi pitch itu sendiri. Dengan asumsi baris subjekmu cukup menarik perhatian jurnalis untuk membuka pitch. Berikut beberapa praktik terbaik yang perlu diikuti saat menyusun pitch:

  1. Jelas dan ringkas: jelaskan mengapa kamj relevan dengan kueri dalam paragraf pertama, dan jangan ragu untuk menonjolkan dirimu.
  2. Langsung ke intinya: buat kutipan utamamu mudah untuk disalin dan ditempel oleh jurnalis ke dalam artikel mereka.
  3. Gunakan fakta dan angka: jika memungkinkan, berikan fakta dan angka konkret, bukan perkiraan umum, seperti “sebagian besar” atau “beberapa”. Jika kamu dapat mendukung angka-angka ini dengan sumber, terutama dari data di situs webmu, itu lebih baik lagi.
  4. Akhiri dengan tawaran bantuan: selalu tawarkan untuk menjawab pertanyaan lanjutan atau memberikan informasi lebih lanjut. Meskipun kecil kemungkinan mereka akan melakukannya, ini menunjukkan bahwa kamu bersedia membantu lebih lanjut dan tulus dalam tanggapanmu.

Lacak Penawaran

Untuk melacak kapan kamu mendapatkan tautan baru ke situs webmu, kamu bisa menggunakan alat Backlink Analytics dari Semrush.

Melalui alat ini, kamu dapat melihat tautan baru yang mengarah ke situs webmu, sehingga kamu dapat melacak pitch mana yang berhasil memberimu backlink dan menyesuaikan strategi pitching milikmu jika diperlukan.

Cara menggunakannya:

  1. Buka alat Backlink Analytics di Semrush dan masukkan URL situs webmu.
  2. Klik “Analysis.”
  3. Buka tab “Backlink.”

Dari menu atas laporan Backlink, pilih “New” untuk melihat semua backlink terbaru yang kamu peroleh. Dengan ini, kamu bisa membandingkan pitch yang kamu kirim dan melihat mana yang berhasil mendapatkan tautan.

Rekomendasi Alternatif Platform Haro Terbaik

Rekomendasi Alternatif Platform Haro Terbaik
Rekomendasi Alternatif Platform Haro Terbaik

Help a Reporter Out (Haro) mungkin menjadi platform pitching yang paling terkenal. Namun, platform ini juga memiliki tantangan tersendiri, seperti banyaknya nada tanggapan yang kurang tulus.

Itulah mengapa beberapa publikasi dan situs web beralih ke platform alternatif. Berikut ini terdapat beberapa alternatif-alternatif Haro yang populer.

Dengan menggunakan platform-platform ini bersama Haro, kamu bisa meningkatkan strategi link building situs webmu.

Featured
Featured

Featured adalah platform pitching AS lainnya yang menghubungkan pakar dan pemimpin pemikiran dengan jurnalis dari situs web berotoritas tinggi, seperti SHRM, GoDaddy, Fast Company, Business Insider, dan Zapier.

Dengan Featured, kamu dapat membuat profil terperinci yang mencantumkan keahlianmu. Platform ini akan merekomendasikan peluang promosi yang relevan. Kamu dapat mengirimkan penawaran kepada jurnalis langsung melalui platform.

Fitur “track your answers” memungkinkan kamu melihat kapan jurnalis membaca penawaranmu dan apakah mereka berencana untuk menggunakannya dalam artikel mereka.

Connectively

Connectively
Connectively

Meskipun tergolong baru, Connectively juga berfungsi untuk menghubungkan jurnalis dengan narasumber dan pakar.

Platform ini membantu jurnalis menemukan sumber yang relevan untuk berita mereka dan memberi para ahli kesempatan untuk mendapatkan eksposur media.

Connectively menawarkan penggunaan gratis untuk 10 promosi per bulan, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengirimkan tanggapan mereka pada kueri jurnalis tanpa biaya hingga batas tersebut.

Baca juga: 5 Jenis Branding dan Peranannya yang Wajib Kamu Tahu

Qwoted

Qwoted
Qwoted

Qwoted adalah platform pitching yang berbasis di AS, ia menghubungkan pakar industri, profesional PR, dan jurnalis di satu tempat.

Platform ini digunakan oleh beberapa publikasi terkenal di AS, seperti Forbes, Newsweek, Business Insider, Fox Business, Fox News, HuffPost, dan lainnya.

Qwoted menyediakan akun gratis dan berbayar. Kamu dapat mendaftar sebagai pakar independen atau sebagai perusahaan dan mencantumkan beberapa anggota tim sebagai pakar. Setelah mendaftar, kamu akan dimasukkan ke dalam database ahli.

Ini membuat jurnalis dapat menghubungi kamu secara langsung sebagai sumber yang relevan. Jadi, kamu menghabiskan lebih sedikit waktu untuk melakukan pitching dan bersaing untuk mendapatkan perhatian jurnalis.

Help a B2B Writer

Help a B2B Writer
Help a B2B Writer

Help a B2B Writer adalah platform yang menghubungkan para ahli dengan penulis profesional yang menulis untuk perusahaan B2B, seperti Shopify dan Content Marketing Institute.

Seperti Haro, Help a B2B Writer mengirimkan peluang langsung ke kotak masukmu. Namun, perbedaannya adalah peluang dikirimkan sekali sehari, dan kamu hanya akan menerima pertanyaan untuk industri tempatmu mendaftar saat membuat profilmu.

SourceBottle

SourceBottle
SourceBottle

SourceBottle adalah platform pitching yang berbasis di Australia dan mirip dengan Help a Reporter Out.

Platform ini menyediakan peluang terutama bagi media Australia, seperti Financial Review, ABC Australia, dan The Guardian.

Kamu akan menerima email harian dengan peluang yang relevan, di mana dikirim pada waktu yang ku pilih saat mendaftar.

SourceBottle adalah alternatif yang bagus untuk Haro bagi perusahaan yang berbasis di Australia dan menginginkan peluang yang lebih spesifik secara geografis.

Namun, mengikuti peluang ini juga bisa memakan waktu dan memerlukan strategi yang efektif. Untuk membantu memaksimalkan potensimu dalam memanfaatkan Haro dan strategi SEO secara keseluruhan, kamu dapat mempertimbangkan layanan kami di Optimaise.

Sebagai penyedia jasa SEO terkemuka, kami siap membantu kamu untuk meningkatkan visibilitas online dan mencapai tujuan digital marketingmu.

Baca Juga

Optimaise