Istilah ini sebelumnya hanya dikenal sebagai E-A-T (Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness). Tapi setelah pembaruan Google pada Desember 2022, aspek “Experience” (Pengalaman) kemudian ditambahkan ke konsep ini sehingga kini dikenal dengan E-E-A-T.
E-E-A-T sendiri merupakan singkatan dari “Experience (Pengalaman), Expertise (Keahlian), Authoritativeness (Kewenangan), dan Trustworthiness (Kepercayaan).” Aspek-aspek ini digunakan oleh Google untuk mengevaluasi kualitas dan kredibilitas sebuah situs web.
Karena itu, memaham cara menggunakan aspek E-E-A-T dalam SEO kini telah menjadi sesuatu yang begitu penting.
Dalam artikel ini, kami akan membahas E-E-A-T beserta menggunakan aspek E-E-A-T dalam SEO situs webmu sehingga kontenmu dapat memenuhi kebutuhan pengguna di Google.
Table of Contents
Apa Itu E-E-A-T?
E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness) adalah bagian dari Pedoman Penilai Kualitas Pencarian (Search Quality Rater Guidelines) Google. Pedoman ini digunakan oleh penilai kualitas untuk menilai hasil pencarian Google.
Penilai kualitas memberikan umpan balik yang membantu Google mengukur seberapa baik pembaruan algoritmanya bekerja.
Untuk menunjukkan tingkat E-E-A-T yang tinggi, merek dan content creator perlu fokus pada 4 aspek ini:
- Pengalaman (Experience): pastikan konten yang kamu buat menunjukkan bahwa kamu memiliki pengalaman nyata dalam topik yang dibahas. Ini bisa berupa contoh kasus, testimonial, atau demonstrasi yang menunjukkan bahwa kamu telah berinteraksi langsung dengan topik tersebut.
- Keahlian (Expertise): tunjukkan keahlianmu dengan menyediakan informasi yang mendalam dan akurat. Sertakan kredensial, sertifikasi, atau pengalaman profesional yang relevan untuk membuktikan bahwa kamu ahli di dalam bidang tersebut.
- Kewenangan (Authoritativeness): bangun reputasimu sebagai sumber yang dihormati di bidangmu. Ini bisa dicapai melalui peluang guest posting dari situs yang sudah dikenal, menjadi pembicara di acara industri, atau berkolaborasi dengan pakar lainnya.
- Kepercayaan (Trustworthiness): pastikan bahwa situs webmu terlihat dan berfungsi dengan cara yang dapat dipercaya. Ini mencakup keamanan situs, transparansi tentang siapa kamu dan apa yang kamu tawarkan, serta adanya kebijakan privasi yang jelas.
Memiliki E-E-A-T yang tinggi di situs webmu tidak hanya membantu dalam SEO, tetapi juga meningkatkan kepercayaan pengguna.
Baca juga: Cara Membuat Content Cluster SEO untuk Pemula dalam 5 Langkah Mudah
Kepercayaan yang tinggi dari pengguna dapat menghasilkan lebih banyak konversi, seperti pembelian produk atau layanan di situs webmu.
Cara Kerja E-E-A-T
Search Quality Rater Guidelines Google mengkategorikan E-E-A-T ke dalam beberapa tingkatan, yakni “Lowest,” “Lacking,” “High Level,” dan “Very High Level.” Ini adalah beberapa levelnya dan penjelasannya:
- Terendah (Lowest):
- Kategori ini dianggap berbahaya, tidak dapat dipercaya, dan berisi spam. Di mana halaman-halaman ini dianggap sangat buruk karena mengandung konten yang bisa merugikan pengguna, memberikan informasi yang salah atau menyesatkan, atau hanya berisi spam.
- Kurang (Lacking):
- Halaman-halaman ini tidak dianggap berbahaya tetapi tidak memiliki keahlian, pengalaman, atau kewenangan yang cukup untuk topik yang dibahas. Misalnya, sebuah blog tentang tutorial mengemudi yang ditulis oleh seseorang yang tidak memiliki pengalaman atau lisensi mengemudi.
- Tingkat Tinggi (High Level):
- Halaman-halaman ini menunjukkan tingkat keahlian, kredibilitas, dan kepercayaan yang tinggi. Google melihat sejauh mana usaha, bakat, keterampilan, dan orisinalitas yang dicurahkan ke dalam pembuatan konten tersebut. Halaman-halaman ini juga memiliki reputasi yang positif.
- Tingkat Sangat Tinggi:
- Halaman-halaman ini menunjukkan bukti usaha yang luar biasa, orisinalitas, serta bakat atau keterampilan tingkat tinggi. Konten yang ditulis menunjukkan pengetahuan praktis yang luas dan mendalam tentang topik tersebut. Halaman-halaman ini biasanya dibuat oleh ahli yang sangat berpengalaman di dalam bidangnya.
Misalnya, ketika kamu membaca artikel tentang masalah gizi dan diet yang cukup penting, kamu tentu berharap penulisnya adalah seorang ahli gizi dengan pengalaman yang relevan di bidang tersebut.
Karena itu, sasaranmu adalah selalu memastikan halaman bahwa situs webmu mencapai tingkat E-E-A-T yang setinggi mungkin.
Mengapa E-E-A-T Penting untuk SEO?
Kini sangat mudah untuk membuat banyak konten yang tidak ditulis oleh orang dengan pengalaman atau keahlian langsung berkat kemajuan pesat pada AI.
Baca juga: Kenali 4 Peran SEO Manager Lengkap dengan Skill dan Gajinya
Karena itu, E-E-A-T semakin penting untuk memastikan kontenmu sesuai dengan standar yang diharapkan oleh sistem peringkat Google. Google kemungkinan besar akan terus mencari cara untuk mencegah konten berkualitas rendah yang dihasilkan AI agar tidak muncul di hasil pencarian.
Google mungkin menggunakan umpan balik dari Penilai Kualitas untuk melatih sistem peringkat dan algoritma berbasis pembelajaran mesin.
Dalam persidangan antimonopoli (antitrust trial) Google pada Oktober 2023, Pandu Nayak menyebutkan bahwa beberapa model pembelajaran mendalam (deep-learning models) untuk peringkat halaman web dilatih dengan menggunakan skor IS (Information Satisfaction), yang dihasilkan dari penilaian kualitas.
Ini artinya, untuk mendapatkan peringkat yang baik, konten dan situs webmu perlu sesuai dengan apa yang diinginkan oleh sistem peringkat Google. Konten dengan E-E-A-T tinggi atau sangat tinggi biasanya mendapatkan skor IS yang lebih baik.
Google cenderung memberi nilai lebih pada konten yang ditulis oleh ahli atau orang dengan pengalaman langsung, sehingga di masa depan, konten yang memenuhi kriteria ini akan mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam algoritma Google dan pembaruan lainnya.
Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini kamu akan memaparkan cara menggunakan aspek E-E-A-T dalam SEO.
Cara Menggunakan Aspek E-E-A-T dalam SEO
Membangun dan menunjukkan sebenarnya E-E-A-T tidaklah sulit, dan ada banyak cara untuk melakukannya. Kami akan memberikan beberapa tips dan cara menggunakan aspek E-E-A-T dalam SEO yang berguna.
Sekarang, mari kita bahas beberapa langkah praktis yang bisa kamu terapkan sebagai cara menggunakan E-E-A-T dalam SEO.
Manfaatkan Profesional dan Orang-orang yang Berpengalaman untuk Membuat Konten
Pertimbangkan dengan baik siapa yang menulis konten di situs webmu. Idealnya, penulis haruslah seorang ahli di bidang tersebut dengan pengetahuan dan pengalaman yang cukup untuk menulis topik itu.
Untuk menerapkan cara menggunakan aspek E-E-A-T dalam SEO ini, coba tanyakan beberapa pertanyaan ini pada dirimu:
- Siapa yang paling berpengalaman di bisnismu untuk menulis tentang topik ini?
- Siapa yang kamu anggap sebagai juru bicara terbaik untuk topik ini?
- Siapa yang dapat memberikan wawasan dan komentar yang berharga tentang topik tersebut?
Jika ada beberapa orang yang memenuhi kriteria ini, itu tentu sangat bagus. Namun, jika tidak bisa melibatkan mereka secara langsung, pertimbangkan untuk mengatur waktu dengan mereka setiap bulan untuk memberikan masukan, meninjau konten, dan memeriksa konten pesaing untuk menemukan kekurangan.
Ingatlah bahwa pengalaman dan keahlian berbeda. Beberapa topik memerlukan keahlian formal, tetapi sering kali, kamu bisa menunjukkan E-E-A-T yang tinggi hanya dengan pengalaman praktis.
Hadirkan Sesuatu yang Baru
Banyak konten di internet hanya mengulangi informasi yang sama, dan sering kali muncul di posisi teratas dalam hasil pencarian.
Untuk menunjukkan E-E-A-T kepada Google, kamu perlu mengisi kekurangan informasi dengan menghadirkan sesuatu yang baru dan berbeda.
Cara menggunakan aspek E-E-A-T dalam SEO terbaik untuk menciptakan perolehan informasi dan menawarkan sesuatu yang unik adalah dengan melibatkan para ahli.
Di sini mereka bisa menambahkan komentar, kutipan, atau membantu kamu untuk menemukan kekurangan dalam konten pesaing.
Mintalah para ahli di bidang atau industrimu untuk meninjau kontenmu yang telah mendapat peringkat tinggi dan memberikan masukan tentang apa yang kurang.
Selain menambahkan wawasan yang unik, pastikan juga untuk membahas topik secara menyeluruh untuk membangun otoritas yang mendalam bidang tersebut.
Membangun Reputasi Brand yang Positif
Memiliki reputasi brand yang positif membantu orang mempercayai bisnismu. Sebaliknya, reputasi negatif dapat membuat kamu dianggap tidak dapat dipercaya.
Salah satu cara terbaik untuk membangun reputasi positif adalah dengan mengumpulkan ulasan dan testimoni dari pelanggan. Namun, agar review atau ulasanmu positif, layanan, produk, dan pengalaman pelangganmu haruslah benar-benar memuaskan.
Dorong pelanggan untuk meninggalkan ulasan di platform, seperti Google Business Profile. Tampilkan ulasan tersebut dengan jelas di situs webmu.
Selain hanya mengumpulkan ulasan, pastikan untuk menanggapinya. Tanggapi ulasan negatif dengan cara yang konstruktif dan transparan, minta maaf jika perlu, dan tawarkan solusi untuk masalah yang dihadapi.
Untuk ulasan positif, ucapkan terima kasih kepada pelanggan atas umpan balik mereka dan dukungan yang diberikan.
Namun, untuk melacak dan menemukan berbagai ulasan mungkin akan terasa sulit, apalagi jika brand atau merekmu sudah cukup dikenal. Sebagai solusi, kamu bisa menggunakan alat bantuan, seperti Review Management Semrush, Birdeye, ReviewTrackers, atau Yotpo.
Aktif di dalam Komunitas dan Event
Saat mencoba menunjukkan keahlian dan pengalamanmu di situs webmu, sangat mudah untuk hanya berkonsentrasi pada konten tertulis.
Namun, jika kamu melihat E-E-A-T bukan hanya sebagai strategi SEO tetapi juga sebagai cara membangun reputasi, kamu akan memahami pentingnya melangkah di luar situs webmu sendiri.
Berikut adalah beberapa cara menggunakan aspek E-E-A-T dalam SEO untuk membuat orang lain membicarakan kamu:
- Jadilah tamu di podcast yang relevan untuk berbagi wawasan dan keahlianmu di podcast yang sesuai dengan bidangmu.
- Mengadakan webinar bersama dengan pakar lain untuk berbagi pengetahuan.
- Menjadi pembicara di acara atau konferensi yang berkaitan dengan industrimu.
Melalui cara-cara ini, kamu bisa menunjukkan keahlianmu secara lebih luas dan meningkatkan reputasimu di luar konten di situs webmu.
Manfaatkan Digital PR
Penting untuk menunjukkan keahlianmu sendiri dan meminta orang lain untuk merujuknya. Salah satu cara efektif untuk melakukan ini adalah dengan mempromosikan merek dan timmu di media, yang dikenal sebagai digital PR.
Jadilah pembicara untuk industrimu dengan menawarkan wawasan, komentar, atau pengetahuan kepada jurnalis. Ini dapat membantu kamu untuk muncul di publikasi terkemuka di dalam industrimu.
Jurnalis sering kali sangat sibuk dan berusaha keras memastikan bahwa konten mereka akurat dan dapat dipercaya. Dengan menawarkan keahlianmu untuk dikutip dalam artikel mereka, kamu tidak hanya membantu mereka, tetapi juga membangun dan menunjukkan keahlianmu.
Keuntungan lainnya adalah, selain mendapatkan mention atau penyebutan, biasanya kamu juga mendapatkan tautan ke situs webmu dari publikasi yang relevan dan berwibawa. Ini tentu bermanfaat bagi kedua belah pihak.
Baca juga: 5 Taktik untuk Dorong Brand Awareness Melalui Strategi SEO
Buat dan Optimalkan Halaman “Tentang Kami”
Halaman “Tentang Kami” atau “About Us” adalah tempat yang ideal untuk menceritakan kisah merekmu. Google menyarankan agar halaman ini menjadi titik awal bagi penilai kualitas untuk memahami apa yang dikatakan situs web atau content creator tentang diri mereka.
Halaman ini sebaiknya menampilkan informasi tentang siapa kamu, latar belakangmu, dan apa yang membedakan kamu dari yang lain.
Pertimbangkan untuk menyertakan beberapa atau semua elemen berikut ini di halaman “Tentang Kami”:
- Bagikan kisah di balik merekmu.
- Jelaskan alasan mengapa orang bisa mempercayai produk dan layananmu.
- Tunjukkan apa yang membuat kamu berbeda dari pesaing.
- Perkenalkan anggota tim yang terlibat.
- Cantumkan penghargaan, keanggotaan profesional, portofolio, dan sertifikasi yang dimiliki.
- Tampilkan ulasan dan testimoni dari pelanggan.
- Berikan informasi tentang lokasimu.
- Sertakan detail kontak untuk memudahkan komunikasi.
- Sebutkan beberapa klien atau pelanggan utamamu.
Cantumkan Sumber yang Jelas
Selalu cantumkan sumber dengan jelas dalam kontenmu dan sertakan tautan ke sumbernya menjadi cara menggunakan aspek E-E-A-T dalam SEO yang tidak boleh kamu anggap remeh.
Kadang-kadang, sulit untuk mempercayai klaim, statistik, atau fakta yang ditemukan secara online karena tidak ada referensi yang jelas tentang asal usul informasi tersebut.
Jika informasi berasal dari datamu sendiri, pastikan untuk menjelaskan hal ini dengan jelas. Tapi, jika informasi tersebut didapat dari penelitian atau konten orang lain, sebutkan sumbernya secara spesifik dan sertakan tautan ke sumber asli.
Ini membantu membangun kepercayaan dan memastikan transparansi di dalam kontenmu.
Apakah E-E-A-T adalah Faktor Ranking?
E-E-A-T bukanlah faktor peringkat langsung dalam algoritma Google. Meskipun begitu, Google tetap ingin menampilkan hasil pencarian yang memiliki E-E-A-T yang kuat. Karena itu, konsep ini sangat penting dalam SEO.
Google berupaya menampilkan situs web dan konten yang memiliki pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan tinggi kepada pengguna.
Jika cara menggunakan aspek E-E-A-T dalam SEO diterapkan dan dikembangkan dengan baik dapat membantu meningkatkan kredibilitas situs webmu di mata pengguna dan mesin pencari, yang pada gilirannya dapat mendukung pencapaian tujuan SEO bisnismu.
Untuk mengoptimalkan strategi E-E-A-T, mempertimbangkan dukungan dari penyedia jasa SEO seperti Optimaise bisa sangat bermanfaat.
Optimaise memiliki keahlian dan pengalaman dalam menerapkan teknik SEO yang efektif, membantu kamu membangun reputasi online dan mencapai hasil pencarian yang lebih baik. Hubungi kami untuk memulai perjalanan SEO bisnismu dengan dukungan ahli dari Optimaise!