Digital MarketingSEO

2 Panduan Praktis untuk Mengecek Backlink di Ahrefs

Deric

2 Panduan Praktis untuk Mengecek Backlink di Ahrefs

Backlink atau inbound links adalah tautan ke situs web lain yang mengarah ke situs webmu. Jika tujuanmu adalah meningkatkan peringkatmu di hasil pencarian Google, maka penggunaan backlink sangatlah penting.

Namun, bagaimana kamu sebagai pemula dapat menemukan backlink dan menganalisisnya? Tak perlu khawatir, panduan ini akan membahas semua yang perlu kamu ketahui tentang mengecek backlink di Ahrefs.

Tapi, sebelum masuk ke strategi mengecek backlink khusus, mari kita bahas dasar-dasarnya terlebih dulu.

Alasan Mengapa Backlink Penting dalam SEO
Alasan Mengapa Backlink Penting dalam SEO

Ada dua alasan utama mengapa backlink sangat penting untuk SEO (Search Engine Optimization). Pertama, secara umum, kemungkinan halaman webmu mendapat peringkat yang lebih baik di dalam kueri pencarian (search query) yang relevan akan meningkat dengan jumlah backlink yang berkualitas milikmu.

Kedua, mesin pencari lebih sering mengunjungi halaman populer daripada halaman yang tidak populer. Selain itu, jika kamu mendapatkan backlink dari halaman populer, mesin pencari mungkin akan menemukan kontenmu dengan lebih cepat.

Karena itu, kamu perlu mengecek backlink di Ahrefs, lalu melakukan analisis. Cara ini akan membantu kamu membuat backlink profile yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan peringkat tinggi di dalam hasil pencarian organik Google.

Apa yang Membuat Sebuah Backlink Berkualitas?
Apa yang Membuat Sebuah Backlink Berkualitas?

Tidak semua backlink dibuat dengan cara yang sama. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menentukan kualitas dan manfaat dari backlink, yang dapat kamu gunakan untuk menganalisis backlink dan menentukan peluang untuk link building:

  1. Otoritas: backlink yang lemah biasanya tidak mengirimkan lebih banyak “otoritas” daripada yang kuat.
    • Meskipun demikian, backlink yang berasal dari situs web dengan otoritas tinggi tidak selalu menghasilkan lebih banyak otoritas.
    • Ketika kamu memiliki lebih banyak tautan yang mengarah ke halaman situs webmu, kamu juga akan menerima lebih sedikit otoritas karena otoritas tersebut dibagi antara semua halaman tersebut.
  2. Relevansi: sebagian besar orang percaya bahwa memasukkan tautan ke situs web yang memiliki topik yang sama dengan milikmu akan memberikan nilai lebih.
    • Jika ada situs web terkemuka lain yang memberikan ulasan tentang topik tersebut dan memiliki pranala ke situs web mereka, itu menunjukkan bahwa informasi yang diberikan sangat berkualitas.
  3. Anchor text: kata-kata yang dapat di-klik, di mana ia berbentuk tautan. Anchor text memberikan konteks kepada mesin pencari tentang isi halaman yang ditautkan, sehingga membantu mesin pencari memahami topik halaman yang ditargetkan.
  4. Penempatan: tautan yang lebih terlihat atau menarik perhatian pengguna cenderung lebih sering di-klik. Akibatnya, tautan-tautan ini mendapatkan lebih banyak trafik dan sinyal keterlibatan dari pengguna.
  5. Tujuan: karena Google hanya memberikan peringkat pada halaman tertentu daripada seluruh situs web, maka kamu harus membuat tautan yang mengarah langsung ke halaman tersebut.

Perlu diingat bahwa mengejar banyak backlink berkualitas rendah akan berdampak buruk pada peringkatmu dibandingkan mendapatkan beberapa backlink yang relevan dan berkualitas tinggi bagi situs webmu.

Jika semua tautan dibuat sama, maka manipulasi sistem akan mudah untuk dilakukan. Ini tentu akan mengganggu kemampuan Google untuk menampilkan hasil yang akurat dan bermanfaat.

Langkah demi Langkah Cek Backlink di Ahrefs
Langkah demi Langkah Cek Backlink di Ahrefs

Ada 2 cara untuk mengecek backlink di Ahrefs dan Google Search Console. Cara pertama hanya memeriksa tautan ke situs web pribadimu dengan menggunakan Google Search Console.

Sementara itu, cara yang kedua adalah cara untuk mengecek backlink ke situs web atau halaman web lain menggunakan Ahrefs. Selengkapnya mari simak langkah-langkah untuk mengecek backlink di Ahrefs dan Google Search Console berikut ini.

Cara Cek Backlink di Situs Web Sendiri
Cara Cek Backlink di Situs Web Sendiri

Google Search Console menjadi alat gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengecek backlink dari situs webmu sendiri.

Google Search Console memungkinkan kamu melihat halaman mana di situs webmu yang paling banyak menerima backlink. Ini membantu mengidentifikasi konten yang paling menarik atau populer.

Agar data yang kamu peroleh dari Google Search Console bisa lebih mendalam, kamu bisa lanjutkan prosesnya dengan mengecek backlink di Ahrefs Webmaster Tools.

Berikut langkah-langkah untuk memeriksa backlink situs web menggunakan Google Search Console dan Ahrefs Webmaster Tools:

  1. Buka Google Search Console dan masuk dengan akun Google milikmu.
  2. Pilih properti situs web:
    • Jika kamu belum menambahkan situs webmu, tambahkan dengan meng-klik “Add Property” dan ikuti langkah-langkah verifikasi.
    • Jika situs web sudah terdaftar, pilih situs web tersebut dari daftar.
  3. Di sisi kiri, klik pada opsi “Link” di bawah menu “Experience“.
  4. Di halaman “Links“, lihat bagian “External links“.
  5. Angka di bawah “Top linked pages” menunjukkan jumlah total backlink unik yang mengarah ke situs webmu.
  6. Kamu bisa melihat detail lebih lanjut dengan meng-klik pada “More” di bawah setiap kategori, yakni Top linked pages, Top linking sites, dan Top linking text.
  7. Buka Ahrefs Webmaster Tools dan daftar untuk akun gratis jika kamu belum memiliki akun.
  8. Setelah masuk, tambahkan situs webmu dengan mengikuti instruksi untuk verifikasi.
  9. Setelah situs web diverifikasi dan ditambahkan, buka dasbor Ahrefs Webmaster Tools.
  10. Di dasbor, klik pada opsi “Backlink” untuk melihat informasi lengkap tentang backlink yang mengarah ke situs webmu. Kamu akan mendapatkan data yang lebih mendetail dan metrik tambahan yang berguna untuk analisis backlink.
Cara Cek Backlink Kompetitor
Cara Cek Backlink Kompetitor

Ahrefs adalah salah satu alat pengecek backlink terbaik. Ia memiliki banyak data yang dapat membantu kamu dalam mengelola dan memperoleh backlink yang berkualitas.

Kamu bisa memulai dengan alat seperti pengecek backlink di Ahrefs. Caranya cukup mudah, ikutilah langkah-langkah ini:

  1. Kunjungi situs Ahrefs dan temukan alat Backlink Checker gratis.
  2. Ketik domain atau URL yang ingin kamu periksa, lalu klik “Check backlinks.”
    • Kamu akan melihat jumlah total backlink dan rendering domain yang mengarah ke situs webmu. Alat ini juga akan menampilkan 100 backlink teratas.

Untuk melihat daftar lengkap backlink ke halaman atau situs web mana pun, gunakan Ahrefs’ Site Explorer. Alat ini sangat berguna untuk menganalisis backlink pesaingmu, yang merupakan salah satu taktik efektif dalam membangun tautan. Ikuti cara ini:

  1. Biarkan alat tersebut menemukan pesaing organikmu, yakni situs web yang bersaing untuk keyword yang sama. Ini akan memberi kamu daftar pesaing yang mungkin belum kamu sadari.
  2. Klik ikon tanda sisipan di sebelah domain pesaingmu untuk melihat semua backlink mereka dalam laporan “Backlinks“.
  3. Gunakan filter “Best links” untuk melihat tautan yang memiliki dampak terbesar pada performa pesaingmu.

Ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menemukan dan menganalisis backlink kompetitor, yaitu menggunakan fitur Link Intersect di Ahrefs.

Alat ini memungkinkan kamu untuk menganalisis beberapa domain secara bersamaan, yang bisa membantu menemukan backlink yang dibagikan dan domain yang menautkan ke pesaingmu tetapi tidak ke situs webmu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih beberapa pesaing dari laporan pesaing organik. Ini adalah situs yang bersaing untuk keyword yang sama dengan situs webmu.
  2. Setelah memilih pesaing, klik opsi “Open in Link intersect“.
  3. Secara default, laporan akan menunjukkan backlink yang dibagikan oleh pesaingmu.
    • Ini sangat berguna untuk menemukan peluang tautan, seperti artikel berisi daftar yang dapat kamu targetkan untuk mendapatkan backlink.
  4. Untuk melihat kesenjangan backlink antara situs webmu dan pesaing, klik “Target” dan tambahkan domainmu ke kolom terakhir.
    • Ini akan menunjukkan domain yang menautkan ke pesaingmu tetapi tidak ke situs webmu.
Cara Mendapatkan Backlink
Cara Mendapatkan Backlink

Backlink berfungsi sebagai ‘suara’ dari situs lain yang menunjukkan kredibilitas dan relevansi kontenmu. Namun, mendapatkan backlink tidak hanya tentang jumlah, tetapi juga tentang kualitas dan relevansi tautan tersebut.

Mari kita jelajahi beberapa metode efektif untuk memperoleh backlink berikut ini.

Ditambahkan Secara Manual

Beberapa situs web memungkinkan kamu untuk menambahkan tautan secara manual atau dengan mengajukan permintaan. Cara ini memang mudah, tetapi tidak selalu memberikan hasil yang baik.

Tautan semacam ini bisa dianggap tidak bernilai oleh Google atau bahkan dianggap spam jika dilakukan secara berlebihan.

Salah satu metode yang paling umum dan sah adalah dengan mendaftarkan situs webmu ke direktori lokal yang relevan. Ini bisa membantu kamu dalam meningkatkan peringkat untuk pencarian lokal dan membuat bisnismu jadi lebih mudah ditemukan oleh pelanggan.

Ini adalah saat kamu menghubungi pemilik situs, editor, atau webmaster lain dan meminta mereka untuk menautkan ke halamanmu.

Untuk berhasil, kamu perlu menawarkan nilai yang jelas. Inilah beberapa taktik membangun tautan yang sudah terbukti efektif:

  1. Guest blog: tawarkan untuk menulis postingan blog satu kali untuk situs web lain.
  2. Perbaikan tautan rusak: cari tautan rusak yang relevan di situs lain, lalu hubungi pemilik situs dan sarankan tautan dari situs webmu sebagai penggantinya.
  3. Konten yang lebih baik: temukan konten populer yang memiliki banyak tautan, buat versi yang lebih baik, lalu hubungi situs-situs yang menautkan ke konten asli untuk menautkan ke kontenmu.
  4. Menyebutkan merek yang tidak tertaut: temukan penyebutan merekmu yang tidak memiliki tautan, lalu minta penulis atau pemilik situs untuk menambahkan tautan ke situs webmu.

Buat Konten yang Bermanfaat

Ini terjadi ketika orang menemukan kontenmu melalui Google, media sosial, atau rekomendasi dari orang lain, dan mereka memilih untuk menautkan ke halamanmu secara alami. Dengan kata lain, backlink ini diperoleh secara organik.

Kamu dapat meningkatkan peluang mendapatkan lebih banyak backlink dengan membuat konten yang sangat berharga sehingga orang lain ingin menautkannya.

Penting juga untuk mempromosikan kontenmi dengan luas. Karena semakin banyak orang yang terlibat, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan tautan.

Jenis konten yang diciptakan khusus untuk menarik backlink disebut konten link bait. Konten ini sangat bernilai dan menarik sehingga blogger dan jurnalis tertarik untuk membagikannya dan menautkannya ke situs webmu.

Beberapa Hal yang Harus Dihindari dari Backlink
Beberapa Hal yang Harus Dihindari dari Backlink

Ketika mencari backlink, sangat penting untuk menghindari tautan yang terlihat tidak berkualitas, berpotensi spam, atau terlibat dalam skema pertukaran tautan yang mencurigakan.

Tautan-tautan yang buruk tidak hanya bisa sia-sia karena algoritma mesin pencari yang cerdas, tetapi juga berpotensi merugikan peringkat situs webmu.

Secara terbaik, tautan semacam itu mungkin tidak berpengaruh pada peringkatmu sama sekali. Namun, dalam kasus terburuk, mereka dapat menurunkan peringkat situs webmu di Google atau bahkan membuatnya tidak terlihat sama sekali.

Berikut ini beberapa jenis tautan buruk yang sebaiknya dihindari:

  1. PBN (Private Blog Network): grup situs web yang saling terhubung untuk memanipulasi peringkat mesin pencari.
  2. Tautan berbayar: pertukaran uang, barang, atau layanan untuk mendapatkan tautan dengan tujuan meningkatkan peringkat.
  3. Pertukaran tautan: praktik saling menautkan antara situs web, sering kali tanpa relevansi konten yang jelas.
  4. Tautan otomatis: penggunaan software atau layanan otomatis untuk menghasilkan tautan secara besar-besaran ke situs.
  5. Tautan spam di forum dan komentar: menambahkan tautan spam di forum atau dalam komentar sebagai tanda tangan atau bagian dari pesan.

Memahami dan menghindari jenis-jenis tautan ini akan membantu menjaga kualitas dan reputasi SEO situs webmu dalam jangka panjang.

Namun, untuk mengoptimalkan strategi SEO secara menyeluruh, terutama jika kamu memerlukan bantuan dalam mengelola dan meningkatkan kualitas backlink, kamu dapat mempertimbangkan jasa SEO dari Optimaise.

Sebagai penyedia jasa SEO yang berpengalaman, Optimaise dapat membantu kamu untuk mengembangkan strategi SEO yang terukur dan efektif. Temukan solusi SEO terbaik untuk bisnismu. Kunjungi Optimaise sekarang juga!

Baca Juga

Optimaise