Dalam mengoptimasi sebuah situs, kebanyakan pemilik website akan terlalu fokus pada riset keyword dan penempatannya di dalam konten. Padahal, ada hal lain yang walaupun kelihatannya sepele ternyata bisa berpengaruh banget terhadap keberhasilan strategi SEO-mu.
Salah satunya adalah membuat meta description yang berkualitas. Meskipun meta description tidak memengaruhi peringkat secara langsung di mesin pencari, tetapi mereka memainkan peran penting dalam menarik perhatian pengguna.
Dengan meta description yang menarik dan relevan, kamu dapat meningkatkan CTR halamanmu yang pada gilirannya dapat meningkatkan peringkat halamanmu secara tidak langsung.
Ada berapa banyak nih dari kamu yang tahu cara membuat meta description yang benar? Yuk, simak ulasan lebih lanjut di dalam artikel berikut.
Table of Contents
Apa Itu Meta Description?
Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuat meta description, yuk kenalan terlebih dulu dengan istilah satu ini. Meta description adalah informasi atau deskripsi singkat mengenai garis besar dari sebuah konten artikel yang ditempatkan di bagian bawah link hasil pencarian kata kunci.
Salah satu kegunaan meta description atau meta desc ini adalah untuk membantu pembaca untuk tahu tentang gambaran dari informasi yang akan mereka baca.
Tujuan lainnya dari pemberian meta deskripsi adalah, ia dapat membantu meyakinkan penjelajah untuk mengklik tautan linkmu dan membaca konten di dalamnya. Bagian ini juga bermanfaat banget buat membantu menjaring pengguna internet sekaligus meningkatkan traffic pengunjung yang berkualitas.
Buat situs bisnis, adanya meta description ini juga membantu menarik leads, lho. Makanya, kamu benar-benar wajib tahu cara membuat meta description yang benar dan pastinya sesuai dengan kaidah SEO.
Baca juga: Apa Target Menggunakan SEO dan 5 Cara Optimasinya
Alasan Pentingnya Meta Description untuk SEO
Meta description sangat penting untuk SEO. Meskipun ia tidak memengaruhi peringkat secara langsung, tapi mereka memainkan peran penting dalam menarik perhatian pengguna di hasil pencarian.
Meta description membantu menghasilkan cuplikan yang memberi informasi tentang halamanmu, membuatnya menonjol dari pesaing, dan meningkatkan kemungkinan pengguna untuk meng-klik tautanmu.
Dengan meta description yang baik, kamu dapat meningkatkan Click Through Rate (CTR) dan kesadaran merekmu yang merupakan tujuan utama dalam strategi SEO.
Google juga mungkin menyorot keyword atau teks relevan lainnya di dalam meta description, sehingga membantu pengguna untuk menemukan halaman yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Dengan menulis meta description yang efektif, kamu dapat mengontrol bagaimana situs webmu dipresentasikan di hasil pencarian, serta melindungi dan meningkatkan brandingmu.
Bagaimana Cara Membuat Meta Description yang Baik dan SEO-friendly
Pembuatan meta description yang baik tentunya bisa berpengaruh positif terhadap keberhasilan strategi SEO-mu.
Kuncinya terletak pada deskripsi yang relevan, informatif, dan menarik, sehingga kamu dapat meningkatkan peluang untuk menarik pengunjung ke situs webmu. Dengan begitu, situs web yang kamu kelola pun bisa lebih cepat bertengger di halaman pertama Google.
Sayangnya, nggak banyak orang yang tahu cara membuat meta description yang benar. Nah, kamu perlu banget nih baca ulasan tips berikut ini.
Sertakan Keyword yang Ditargetkan
Setiap meta description sebaiknya mencakup keyword targetnya, yakni keyword yang ingin kamu peringkatkan di halaman tersebut. Meskipun ini tidak memengaruhi SEO secara langsung, namun dapat meningkatkan kemungkinan pengguna untuk meng-klik tautanmu.
Google sering kali menyorot keyword atau sinonimnya di dalam meta description, sehingga membuat halamanmu terlihat lebih relevan.
Misalnya, jika kamu ingin halamanmu muncul dalam peringkat untuk keyword “sepatu lari trail terbaik”, sebaiknya deskripsimu mencakup frase tersebut. Jika tidak, pencari mungkin menganggap halamanmu tidak relevan dan memilih untuk tidak meng-klik tautan tersebut.
Gunakan Bahasa yang Ramah dan Persuasif
Anggaplah situsmu adalah sebuah toko dan meta description adalah bagian muka dari toko tersebut. Untuk menarik pengunjung, tentunya kamu akan menghias tampilan “muka” tokomu dengan warna yang menarik dan ramah.
Nah, hal yang sama juga berlaku bagi cara membuat meta description yang tepat. Saat membuat meta deskripsi, pastikan kamu menggunakan bahasa yang persuasif dan ramah.
Baca juga: 5 Cara Membangun Internal Links yang Efektif
Gunakan kata-kata ajakan seperti “Cek di sini!”, “Temukan informasi eksklusif”, “pelajari lebih lanjut”, dan kata-kata persuasif lainnya.
Buat kalimat yang mampu memancing rasa penasaran pembaca untuk ingin mengetahui informasi lebih lanjut di dalam artikelmu. Pemilihan kata yang tepat bisa berpengaruh terhadap kondisi psikologis pembaca yang akan membuat mereka mengklik tautan situsmu.
Cantumkan Solusi atau Manfaat
Salah satu kegunaan meta description adalah membantu meyakinkan pembaca bahwa situsmu menyediakan apa yang mereka butuhkan. Nah, makanya jangan lupa untuk memberikan sedikit deskripsi singkat mengenai manfaat yang bisa pembaca peroleh dari membaca artikelmu.
Misalnya, jika artikelmu membahas tentang cara alami meredakan sakit kepala tanpa obat-obatan, maka kamu bisa mencantumkan meta deskripsi yang berbunyi, “Temukan solusi sakit kepala bebas kandungan kimia di sini!”.
Pembaca yang mengalami masalah tersebut pasti akan langsung mengklik situsmu demi mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Cara ini efektif banget buat mengurangi resiko tingginya angka bounce rate.
Sertakan Informasi Produk
Ketika menulis meta description untuk halaman produk, sebaiknya berikan informasi yang jelas tentang fitur, manfaat, dan statistik utama produk tersebut. Hal ini membantu pengguna memahami bahwa mereka meng-klik hasil yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka.
Dengan memberikan informasi yang relevan, kamu dapat meningkatkan kemungkinan pengguna untuk meng-klik tautanmu dan melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk tersebut.
Meta description yang efektif untuk halaman produk harus mencakup informasi penting seperti:
- Nama produk dan nomor model.
- Harga beserta diskon atau penawaran yang tersedia.
- Fitur dan manfaat produk.
- Ketersediaan produk.
- opsi pengiriman yang ditawarkan.
Dengan menyertakan informasi tersebut, meta description akan menjadi lebih relevan dan menarik bagi calon pelanggan. Meta description yang informatif ini memberikan pengguna gambaran yang jelas tentang produk dan spesifikasinya.
Pengguna yang sedang mencari barang terkait akan lebih tertarik untuk meng-klik hasil yang memberikan informasi produk yang jelas daripada hasil umum yang tidak memberikan informasi spesifik tentang produk tersebut.
Sertakan Call to Action
Call to Action (CTA) atau ajakan bertindak sangat penting di dalam HTML meta description karena mereka memberi tahu pengguna apa yang harus dilakukan selanjutnya.
CTA menggunakan kata kerja dan mendorong pembaca untuk mengambil tindakan tertentu, seperti berbelanja online, belajar lebih lanjut, atau mencoba sesuatu secara gratis. Menyertakan CTA di dalam meta description membuatnya lebih singkat, menarik, dan persuasif.
Sebagai contoh, jika sebelumnya meta description mungkin berbunyi seperti ini: “Bagasi, aksesori perjalanan, dan lainnya tersedia di situs web kami. Monogram gratis dapat diakses dengan pembelian apa pun.”
Setelah penambahan CTA, ia akan menjadi lebih menarik dan mengundang klik: “Belanja online untuk bagasi premium & aksesoris perjalanan. Dapatkan monogram GRATIS dengan pembelian.”
Dengan menyertakan CTA di dalam meta description, kamu dapat meningkatkan jumlah klik dan memotivasi pengguna untuk melakukan tindakan yang diinginkan.
Hindari Keyword Spam
Semakin banyak keyword yang kamu masukkan, maka akan semakin besar peluang strategi SEO-mu berhasil, kan? Eits, jangan salah! Alih-alih berada di halaman pertama Google, terlalu banyak membubuhkan keyword juga bisa bikin peringkat situsmu merosot tajam.
Hal yang sama juga berlaku dalam cara membuat meta description. Terlalu banyak memasukkan keyword justru dapat mengakibatkan pembaca kehilangan rasa percaya dan urung mengklik kontenmu.
Penggunaan kata keyword yang terlalu berulang juga dapat mengakibatkan Google menganggap kamu sedang melakukan spam dan bisa-bisa situsmu terkena pinalti. Penempatan keyword bisa dilakukan cukup sekali selama penempatannya strategis dan mewakili isi dari konten yang kamu buat.
Buat Meta Description Sesuai dengan Konten yang Disajikan
Nah, cara membuat meta description lainnya yang nggak kalah penting adalah memastikan supaya deskripsi tersebut sesuai dengan konten yang kamu buat. Ya, relevansi antara meta description dengan pembahasan di dalam artikelmu harus benar-benar sesuai.
Untuk membuat meta description yang sesuai dengan konten, pertama-tama kamu perlu memahami inti dari kontenmu. Apa pesan utama yang ingin kamu sampaikan kepada pembaca? Apa yang membuat kontenmu unik atau bernilai bagi pembaca?
Setelah kamu memahami inti kontenmu, tulis meta description yang ringkas dan informatif. Deskripsi ini harus mencakup keyword yang relevan untuk kontenmu dan mendorong pengguna untuk meng-klik tautanmu.
Pastikan meta description juga akurat dan mencerminkan konten yang sebenarnya akan ditemui oleh pengguna setelah meng-klik tautan.
Jangan sampai membuat pengunjung merasa ter-PHP gara-gara isi konten yang ternyata nggak sesuai dengan ekspektasi. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan bounce rate jadi tinggi. Dampaknya, Google pun akan menganggap situsmu nggak reliable dan menurunkan peringkat situsmu pada laman pencarian.
Cara Membuat Meta Description di Yoast SEO
Berkat plugin SEO WordPress, seperti Yoast SEO, kini kamu bisa menulis meta description yang kuat dengan lebih mudah. Ia membantumu untuk membuat kontenmu lebih menarik bagi pencari dengan memberikan informasi yang relevan dan mengoptimalkan meta description untuk hasil pencarian yang lebih baik.
Untuk membuat meta description menggunakan Yoast SEO, ikuti langkah-langkah berikut:
- Masuk ke Dashboard WordPress.
- Instal dan aktifkan plugin Yoast SEO jika belum terinstal.
- Pilih postingan atau halaman yang ingin kamu optimalkan.
- Di dalam postingan atau halaman, gulir ke bawah hingga kamu menemukan bagian Yoast SEO. Temukan kolom untuk “Meta Description“.
- Ketikkan meta description, idealnya antara 150 hingga 160 karakter.
- Klik “Save draft” di bagian atas halaman atau postingan.
Di dalam Yoast SEO, kamu dapat melihat preview meta description untuk versi seluler dan desktop. Untuk melihat pratinjau seluler, klik gelembung di sebelah “Mobile result“. Untuk melihat pratinjau desktop, klik gelembung di sebelah “Desktop result“.
Salah satu fitur bagus dari Yoast SEO adalah umpan balik yang diberikannya terkait meta description postinganmu. Jika deskripsi terlalu panjang, Google mungkin akan memotongnya.
Yoast SEO memberikan umpan balik dengan tanda perubahan warna saat kamu mengetik. Perubahan warna tersebut memiliki maksud ini:
- Jika berwarna oranye, itu berarti kamu perlu menambah kata-katanya agar lebih mendorong pengguna untuk meng-klik tautanku.
- Jika berubah menjadi hijau, itu menunjukkan bahwa meta description sudah optimal.
- Jika melebihi 155 karakter, ia akan kembali menjadi oranye untuk memperingatkan kamu bahwa deskripsimu terlalu panjang.
Melalui fitur ini, kamu dapat membuat meta description yang optimal untuk menarik pengguna dan meningkatkan klik pada tautanmu.
Berapa Jumlah Karakter Maksimum untuk Meta Description di SEO?
Dari ulasan mengenai cara membuat meta description di atas, tentunya kamu sudah mengetahui bahwa ia adalah deskripsi singkat yang memberi gambaran mengenai sebuah konten.
Nah, tiap orang pastinya punya persepsi yang berbeda-beda tentang “deskripsi singkat”. Dalam hal ini, kamu mungkin bertanya-tanya, berapa jumlah karakter maksimum untuk meta description di SEO?
Idealnya, meta deskripsi dari sebuah situs punya jumlah karakter mulai dari 155 karakter dengan jumlah maksimal hingga 160 karakter. Lebih dari itu, dikhawatirkan deskripsi yang kamu buat nggak bisa ditampilkan secara maksimal oleh mesin pencari.
Karena meta deskripsi ini benar-benar singkat, pastikan untuk menggunakan kalimat yang to-the-point dan efektif. Jangan lupa untuk menyertakan keyword di dalamnya, ya!
Cara Membuat Meta Description yang Benar Sesuai dengan Jumlah Karakter Maksimum
Buat yang masih pemula, mungkin akan perlu bantuan dalam cara membuat meta description dengan jumlah karakter sesuai dengan persyaratan. Untungnya, sekarang ada banyak cara yang bisa kamu pakai untuk membuat meta desc berkualitas dengan jumlah karakter yang tepat.
Salah satunya adalah dengan menggunakan tool penghitung karakter. Dengan menggunakan tool ini kamu akan mengetahui apakah meta deskripsi yang kamu buat sudah sesuai dengan ketentuan.
Situs blog seperti WordPress sudah punya fitur ini yaitu Yoast SEO. Fitur ini nggak hanya bisa membantu kamu membuat meta deskripsi yang berkualitas. Kamu juga bisa mengecek efektivitas format SEO yang kamu pakai dengan menggunakan plugin gratis ini.
Nah, sekarang kamu sudah tahu kan cara membuat meta description yang tepat dan benar-benar SEO-friendly. Penggunaan meta deskripsi yang tepat tentunya bisa bantu meningkatkan kekuatan SEO yang kamu terapkan di situsmu. Buat kamu yang ingin mendapatkan hasil optimasi SEO yang lebih maksimal, bisa langsung menghubungi tim Optimaise.co.id.
Agensi digital ini menawarkan layanan jasa SEO berkualitas, dengan kualitas konten SEO-friendly terbaik! Kamu juga bisa request pembuatan meta description SEO-friendly untuk melengkapi konten artikelmu. Dapatkan penawaran paket SEO terbaik dengan hubungi CP kami sekarang juga!