Apakah kamu penasaran bagaimana situs web kompetitor dapat menarik pengunjung secara organik atau berbayar? Mengetahui cara mereka mendapatkan trafik dapat memberikan kamu strategi dan wawasan yang berharga untuk meningkatkan kinerja situs webmu sendiri.
Di dalam artikel ini, kami akan membahas beragam cara mudah untuk mengecek competitor website traffic organik dan berbayar dari kompetitormu.
Simak terus untuk menemukan teknik-teknik praktis yang bisa membantu kami mengoptimalkan strategi SEO dan mencapai hasil yang lebih baik!
Table of Contents
Cara Mengecek Competitor Website Traffic yang Organik
Mengetahui bagaimana kompetitormu menarik pengunjung melalui pencarian organik bisa bisa memberikan wawasan berharga tentang strategi SEO mereka yang mungkin belum kamu pertimbangkan.
Dengan melihat data yang tepat, kamu bisa menemukan peluang emas untuk bersaing dengan mereka di permainan yang sama.
Bagaimana caranya? Mari kita telusuri berbagai metode untuk mengecek competitor website traffic yang organik dan memanfaatkan informasi tersebut untuk mengembangkan strategi SEO yang lebih cerdas.
Baca juga: Apakah Kamu Mengalami Masalah SERP Volatility? Ketahui Penyebab dan 3 Cara Memeriksanya di Sini!
Perhatikan Trafik Organik dan Nilainya
Cek berapa banyak pengunjung yang datang ke suatu situs dan nilai dari lalu lintas tersebut secara instan, gratis, dengan menggunakan Ahrefs Website Traffic Checker. Alat ini akan menambah beberapa informasi ini:
- Traffic volume: kamu dapat melihat berapa banyak pengunjung yang mengakses situs web tertentu. Membantu kamu memahami seberapa populer situs tersebut.
- Traffic value: alat ini juga menunjukkan nilai komersial dari trafik tersebut, misalnya, berapa banyak nilai yang bisa dihasilkan jika trafik organik tersebut dibeli melalui iklan berbayar seperti Google Ads.
- Lokasi asal trafik: kamu bisa melihat dari negara mana pengunjung situs web tersebut berasal, memberikan wawasan tentang audiens global atau lokal dari situs tersebut.
- Halaman dan keyword teratas: memberikan informasi tentang halaman mana di situs yang paling banyak dikunjungi dan keyword apa yang paling sering digunakan untuk menemukan situs tersebut. Sangat berguna untuk analisis SEO dan memahami apa yang paling menarik pengunjung ke situs.
Semua ini bisa dilakukan secara gratis dan dalam hitungan detik dengan alat ini, yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan data penting tentang performa suatu situs web.
Kumpulkan Kompetitor Organik Posisi Teratas untuk Mengecek Competitor Website Traffic
Kompetitif organik adalah situs web yang bersaing dengan kamu untuk keyword yang sama di mesin pencari, bukan hanya pesaing bisnis langsungmu.
Misalnya, jika kamu menjual perlengkapan mendaki, maka pesaing organikmu bisa saja situs traveling, karena mereka juga menargetkan keyword yang sama meskipun mereka tidak menjual produk yang sama.
Dengan mengetahui siapa pesaing organikmu, kamu bisa mendapatkan lebih banyak ide keyword untuk ditargetkan. Memberikan kamu peluang yang lebih besar dibandingkan hanya melihat pesaing bisnis langsungmu. Untuk menemukan pesaing organikmu, ikuti langkah-langkah ini:
- Buka Site Explorer di Ahrefs dan masukkan domain situs webmu.
- Akses laporan “Organic competitors“.
Di laporan ini, kamu bisa melihat keyword yang membuat kompetitormu unggul. Kamu juga dapat meng-klik keyword kompetitor untuk menemukan keyword yang tidak kamu targetkan namun mereka sudah terlebih dulu ranking. Informasi ini akan membantu kamu menemukan peluang konten yang belum kamu manfaatkan.
Telusuri Bagian Situs Web Bertrafik Tinggi
Jika pesaingmu menerapkan SEO, blog mereka biasanya menjadi sumber utama trafik organik mereka. Tapi, kenyataannya tidak selalu seperti itu.
Mereka mungkin menggunakan strategi lain, seperti menawarkan alat atau sumber daya gratis yang menarik perhatian dan mendapatkan klik dari Google.
Untuk mengetahui strategi pesaingmu, ikuti langkah-langkah berikut:
- Buka Site Explorer dan masukkan domain kompetitormu.
- Akses laporan “Site structure“.
Sebagai contoh, jika seseorang menganalisis situs webmu, mereka mungkin menemukan bahwa alat menulis gratis yang kamu tawarkan mendapatkan lebih banyak trafik organik dibandingkan dengan artikel blog yang kamu tulis selama bertahun-tahun. Ini menunjukkan bahwa strategi alternatif bisa sangat efektif untuk menarik pengunjung.
Mengecek Competitor Website Traffic Melalui Analisis Halaman Situs dengan Performa Terbaik
Kamu bisa mengevaluasi apa yang membuat halaman tertentu sukses dari segi SEO, seperti struktur, penggunaan keyword, atau kualitas backlink, dan menerapkan strategi serupa pada halamanmu sendiri.
Untuk melihat halaman mana yang paling sukses di situs kompetitormu, ikuti cara ini:
- Buka Site Explorer dan masukkan domain kompetitormu.
- Akses laporan “Top pages“.
Kamu bisa memanfaatkan informasi ini dengan menargetkan keyword yang sama dengan halaman terbaik mereka untuk menarik trafik yang sama ke situs webmu.
Selain itu, laporan ini juga membantu kamu untuk memahami bagaimana tren trafik pesaingmu berubah seiring waktu. Kamu bisa melihat halaman mana yang menyebabkan peningkatan atau penurunan trafik mereka.
Jika kamu ingin mendalami lebih jauh, gunakan fitur “Compare pages” untuk melihat kapan halaman-halaman tersebut mulai mendapatkan banyak pengunjung.
Untuk mengetahui langkah apa yang diambil pesaing untuk meningkatkan halaman mereka, klik tanda sisipan di samping halaman dan pilih “Inspect“. Di sana, kamu bisa memilih tanggal tertentu untuk melihat perubahan yang dibuat pada halaman tersebut pada waktu itu.
Lakukan Riset Keyword untuk Mengecek Competitor Website Traffic
Jika kamu sudah menerapkan SEO atau tengah mempertimbangkannya, melihat daftar keyword kompetitormu nampak seperti mendapatkan akses ke riset keyword mereka.
Dari data keyword kompetitormu, kamu bisa memperoleh beberapa hal berikut:
- Identifikasi keyword yang paling efektif dan gunakan ide tersebut untuk membuat kontenmu sendiri yang bisa menarik sebagian dari trafik mereka.
- Temukan keyword yang paling banyak digunakan di negara tertentu untuk menyesuaikan strategi SEO lokalmu.
- Cari keyword dengan istilah khusus untuk mendapatkan ide konten terkait topik atau frasa tertentu.
- Identifikasi keyword dengan keyword difficulty (KD) atau tingkat kesulitan rendah yang mungkin lebih cepat dan lebih mudah untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari.
Jika kamu penasaran, ikuti langkah-langkah ini untuk melihat keyword apa saja yang digunakan kompetitormu:
- Buka Site Explorer Ahrefs dan masukkan domain kompetitormu.
- Akses laporan “Organic keywords“.
- Gunakan filter untuk menemukan keyword yang sesuai dengan kebutuhanmu, seperti menggunakan filter “KD” (Keyword Difficulty) untuk menemukan keyword dengan persaingan rendah.
Kamu juga bisa melacak riwayat peringkat keyword yang mendatangkan trafik terbanyak untuk pesaingmu. Jika kamu melihat ada lonjakan tiba-tiba di dalam peringkat tersebut, itu mungkin menunjukkan bahwa ia telah memperbarui konten mereka untuk meningkatkan posisi di hasil pencarian.
Dengan menggunakan fitur kalender, kamu dapat mempelajari perubahan apa yang telah mereka lakukan pada konten tersebut.
Mengecek Competitor Website Traffic Melalui Analisis pada Content Gap
Salah satu cara efektif untuk cek competitor website traffic organik yang mungkin kamu lewatkan adalah dengan melakukan analisis kesenjangan konten.
Ini berarti kamu perlu mencari keyword yang digunakan pesaingmu untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari, tetapi kamu tidak. Keyword ini bisa menjadi topik bagus untuk kontenmu.
Dengan menggunakan Ahrefs, kamu bisa melakukan analisis content gap secara otomatis dengan langkah-langkah berikut:
- Buka alat Competitive Analysis di Ahrefs.
- Masukkan domain situs webmu di bagian “Target“.
- Masukkan domain kompetitormu di bagian “Competitors“.
- Klik “Compare”.
- Akses laporan “Content Gap“.
Pastikan untuk mengalihkan filter “Main positions” untuk mengecualikan hasil dari fitur SERP, seperti “Top stories” dan “Image packs“.
Tinjau laporan tersebut untuk menemukan keyword yang relevan untuk situs webmu. Kolom volume akan menunjukkan keyword mana yang memiliki potensi trafik tertinggi.
Amati Kinerja Trafik Jangka Pendek dan Panjang
Melihat kinerja trafik organik dalam jangka pendek dapat membantu kamu memahami perubahan terbaru di dalam peringkat kompetitormu, seperti dampak dari pembaruan Google terbaru atau apakah halaman baru mereka mulai mendapatkan trafik.
Ini cara untuk memeriksa kinerja trafik jangka pendeknya:
- Buka Site Explorer dan masukkan domain kompetitor.
- Di laporan “Overview“, pilih periode waktu dalam mode “Changes“.
Ini akan menunjukkan bagaimana metrik dan trafik telah berubah selama periode yang kamu pilih, termasuk perubahan harian, yang berguna untuk melihat dampak pembaruan Google pada kompetitormu.
Untuk menganalisis kinerja trafik jangka panjang, yang membantu kamu merencanakan strategi untuk mencapai atau melampaui trafik pesaing dan menganggarkan sesuai dengan kinerja mereka, ikuti cara berikut:
- Buka Site Explorer dan masukkan domain kompetitormu.
- Aktifkan mode “Years” pada grafik trafik.
- Sesuaikan periode waktu dan ekspor data jika perlu.
Ini akan memberikan gambaran menyeluruh tentang tren trafik kompetitor dari tahun ke tahun, membantu kamu membuat strategi jangka panjang.
Bandingkan Trafik Berbagai Kompetitor Melalui Grafik
Melihat beberapa situs dalam satu grafik sangat membantu untuk mengetahui siapa yang memimpin di pasarmu, membandingkan kinerja situs webmu dengan beberapa pesaing sekaligus, dan menentukan apakah kamu mengejar pemimpin pasar atau ada yang mengejarmu.
Begini cara untuk melakukannya:
- Buka Site Explorer dan masukkan domain situs webmu.
- Tambahkan pesaingmu menggunakan tab “Competitors“.
Melalui cara ini, kamu bisa melihat dan membandingkan kinerja situs webmu dengan kompetitor di dalam satu grafik, yang memudahkan untuk mengevaluasi posisimu di pasar.
Bandingkan Share of Voice (SOV) untuk Mengecek Competitor Website Traffic
Share of Voice (SOV) adalah ukuran SEO yang menunjukkan seberapa besar bagian trafik pencarian organik yang didapat situs webmu dibandingkan dengan pesaing. Ini membantu kamu memahami seberapa dominan situs webmu di pasar pencarian organik.
Untuk memantau SOV, ikuti langkah-langkah ini:
- Buka Rank Tracker di Ahrefs.
- Mulai proyek baru.
- Pilih keyword yang ingin kamu lacak. Kamu bisa menggunakan filter untuk memilih keyword yang relevan dan hanya memilih lokasi yang penting bagi situs webmu.
- Tambahkan kompetitor. Kamu dapat memasukkan domain kompetitor secara manual atau memilih dari daftar yang disarankan.
- Perhatikan keyword yang sama antara situs webmu dan kompetitor, maka akan semakin banyak keyword yang sama, sehingga akan semakin ketat persaingannya.
Setelah pengaturan selesai, kamu bisa memantau SOV secara rutin di bagian Competitors Overview di Rank Tracker. Ini akan memberi kamu gambaran tentang bagaimana posisimu dibandingkan dengan pesaing dari waktu ke waktu.
Temukan Halaman Situs yang Mendatangkan Trafik Kepada Kompetitor
Salah satu cara kompetitormu mendapatkan trafik adalah melalui tautan dari situs lain yang dikenal sebagai referral traffic. Dengan mengetahui situs mana saja yang menautkan ke kompetitormu, kamu bisa mencoba mendapatkan tautan serupa untuk situs webmu.
Ini tidak hanya dapat membantu meningkatkan trafik rujukan, tetapi juga memperkuat SEO dan meningkatkan kesadaran merekmu. Untuk menemukan halaman yang kemungkinan besar mengarahkan trafik ke situs kompetitormu, cari backlink dari halaman dengan trafik organik yang tinggi.
Berikut langkah-langkahnya:
- Buka Site Explorer dan masukkan domain kompetitormu.
- Buka laporan “Backlink“. Secara default, halaman dengan trafik tertinggi akan ditampilkan di bagian atas.
Setelah itu, kamu bisa menggunakan filter “Referring page title” untuk menemukan ulasan atau daftar peringkat di mana kamu bisa tercantum. Cukup tambahkan kata-kata seperti “vs, review, tools, top” untuk mengidentifikasi halaman-halaman ini.
Baca juga: Temukan 3 Strategi untuk Optimalkan Website Crawlers Lengkap dengan Tipsnya
Cara Mengecek Competitor Website Traffic yang Berbayar
Ingin tahu seberapa besar investasi iklan kompetitormu dan bagaimana mereka mendapatkan trafik berbayar? Mengungkap strategi iklan kompetitor bisa memberi kami wawasan berharga untuk menyempurnakan taktik marketingmu sendiri.
Pada bagian ini, kami akan memberikan beberapa cara untuk mengecek competitor website traffic yang berbayar.
Perhatikan Keyword, Iklan, dan Landing Page yang Mendatangkan Trafik
Jika kamu menjalankan iklan pencarian, memeriksa keyword berbayar yang digunakan oleh pesaingmu dapat memberikan wawasan yang sangat berharga.
Dengan cara ini, kamu dapat melihat keyword mana yang bekerja dengan baik untuk mereka dan menggunakannya untuk menyempurnakan strategi iklanmu sendiri, sehingga kamu bisa menargetkan keyword dengan performa tinggi.
Selain itu, kamu bisa mengakses data pencarian berbayar yang biasanya tidak ditampilkan oleh Google Keyword Planner, seperti search volume yang spesifik untuk keyword tertentu, bukan hanya perkiraan untuk kelompok keyword.
Untuk menemukan keyword berbayar yang digunakan kompetitormu, ikuti langkah-langkah ini:
- Buka Site Explorer dan masukkan domain kompetitormu.
- Buka laporan Paid keywords.
Dari sana, kamu dapat menggunakan filter untuk mencari keyword berdasarkan Cost per Click (CPC), trafik, atau relevansi, dan mengurutkan data untuk melihat keyword mana yang mendatangkan trafik terbanyak.
Perhatikan grafik pembagian trafik “Paid/organic“. Jika kamu melihat kombinasi warna biru dan kuning, itu berarti kompetitormu berinvestasi di dalam keyword tersebut melalui konten organik dan iklan, mencoba menguasai hasil pencarian sebanyak mungkin, mungkin ini keyword yang layak kamu kejar juga.
Kamu juga bisa mengukur pentingnya sebuah keyword dengan melihat riwayat posisi iklannya. Jika keyword tersebut terus digunakan di dalam jangka waktu lama, itu menunjukkan bahwa keyword tersebut sangat berharga. Sebaliknya, riwayat yang pendek mungkin menunjukkan bahwa kompetitormu hanya menguji keyword tersebut.
Ingin melihat teks iklan dan landing page mereka? Buka laporan “Ads“. Di sana, kamu dapat melihat lokasi di mana kompetitormu menjalankan iklan mereka, serta landing page dan keyword yang terkait dengan setiap iklan.
Ketahui Estimasi Biaya Iklan dalam Mengecek Competitor Website Traffic
Apakah kamu ingin tahu berapa banyak biaya yang kompetitormu habiskan untuk mendapatkan semua trafik berbayar itu? Begini caranya:
- Buka Site Explorer.
- Masukkan domain kompetitormu.
- Buka laporan “Paid pages“.
- Pilih lokasi yang diinginkan untuk melihat anggaran per negara atau biarkan tetap pada semua lokasi untuk melihat total pengeluaran iklan.
- Atur laporan “Performance” ke “Paid traffic” dan sesuaikan jangka waktu.
Gunakan data ini untuk membandingkan kinerja trafikmu dengan pengeluaran iklan kompetitor, serta untuk membantu menetapkan anggaran kampanyemu secara lebih efektif.
Menganalisis strategi pesaing, baik melalui trafik organik maupun berbayar, memberi kamu wawasan berharga untuk mengoptimalkan kinerja situs web atau strategi SEO milikmu sendiri.
Namun, untuk benar-benar memaksimalkan potensi ini, kamu memerlukan layanan SEO yang komprehensif dan alat yang tepat. Di sinilah Optimaise hadir sebagai mitra yang dapat diandalkan.
Melalui jasa SEO profesional dari Optimaise, kamu dapat mengembangkan strategi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu, memastikan kamu selalu selangkah lebih maju dari pesaing.
Hubungi Optimaise sekarang juga untuk konsultasi dan temukan bagaimana kami bisa membantu kami meraih kesuksesan online yang lebih besar!