Digital MarketingSEO

Apa Itu Programmatic SEO dan 5 Cara Memulainya

Farid

Programmatic SEO cover

Istilah programmatic SEO mungkin masih terdengar asing di telingamu. Terutama jika kamu baru saja belajar mengenai optimasi situs menggunakan SEO. Dalam praktek optimasi mesin pencarian, keberadaan ilmu SEO ini ternyata bisa memberikan dampak yang sangat besar. Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenainya dan bagaimana cara mudah untuk memulainya melalui artikel berikut.

Apa Itu Programmatic SEO?

Apa Itu Programmatic SEO?
Apa Itu Programmatic SEO?

Programmatic SEO merujuk pada pembuatan halaman berbasis kata kunci secara otomatis atau hampir otomatis. Metode ini memberikan cara bagi perusahaan untuk membuat ribuan halaman situs web yang ditargetkan pada ribuan kata kunci—tanpa harus merancang, menulis, dan menerbitkan halaman secara manual. Perusahaan seperti Zapier, Zillow, dan G2 menggunakan metode SEO ini untuk menghasilkan jutaan tayangan halaman setiap tahunnya.

Cara Kerja Programmatic SEO

Cara Kerja Programmatic SEO
Cara Kerja Programmatic SEO

Halaman dengan programmatic SEO biasanya dibuat berdasarkan data dalam database, seperti harga produk, cuaca, atau informasi lokasi. Untuk membuat konten programatik dalam skala besar, pengetahuan dari seorang pengembang web memang dapat membantu, tetapi, sebenarnya ada beberapa cara yang untuk mempelajari beberapa prinsip inti yang bersifat non-teknis.

Contoh Penerapan Programmatic SEO

Contoh Penerapan Programmatic SEO
Contoh Penerapan Programmatic SEO

Walaupun mungkin tidak terdengar terlalu familier, sebenarnya penggunaan programmatic SEO sudah banyak digunakan pada website yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar. Sebagai contoh adalah Amazon, TripAdvisor, Yelp, dan lain sebagainya. Untuk menerapkan metode ini, kamu tidak harus memiliki perusahaan raksasa. Karena, ternyata cara ini juga kerap digunakan pada website perusahaan dengan skala yang lebih kecil. Yaitu, antara lain:

Halaman Lokasi Nomadlist

Halaman Lokasi Nomadlist
Halaman Lokasi Nomadlist

Nomadlist membantu calon digital nomad menentukan negara dan kota mana yang ingin mereka kunjungi. Situs web ini memiliki ribuan halaman programatik yang berbagi informasi inti yang sama—seperti kecepatan internet, suhu rata-rata, dan bahasa yang umum digunakan—untuk kota-kota di seluruh dunia.

Jumlah halaman estimasi: 25.873

Lalu lintas organik bulanan yang diestimasikan: 41.200

Direktori Aplikasi Zapier

Direktori Aplikasi Zapier
Direktori Aplikasi Zapier

Zapier adalah alat otomatisasi alur kerja yang menghubungkan berbagai produk perangkat lunak (memungkinkan kamu untuk secara otomatis menyimpan email baru ke Google Sheet, misalnya). Perusahaan ini telah membuat halaman arahan secara otomatis untuk setiap ribuan produk yang mereka integrasikan, menampilkan alat-alat yang terhubung, dan alur kerja yang dapat dipicu.

Jumlah halaman estimasi: 800.632

Lalu lintas organik bulanan yang diestimasikan: 306.000

Template Situs Web Webflow

Template Situs Web Webflow
Template Situs Web Webflow

Webflow adalah pembuat situs web tanpa kode. Mereka telah menggunakan programmatic SEO untuk membuat halaman arahan unik untuk ribuan template situs web yang dibuat oleh pengguna mereka. Strategi mereka menghasilkan sejumlah besar lalu lintas, tetapi juga memudahkan pengunjung untuk mengkloning template dan menjadi pengguna Webflow.

Jumlah halaman estimasi: 31.516

Lalu lintas organik bulanan yang diestimasikan: 27.600

Halaman Konversi Mata Uang Wise

Halaman Konversi Mata Uang Wise
Halaman Konversi Mata Uang Wise

Wise menawarkan layanan perbankan internasional, termasuk konversi mata uang. Mereka menghasilkan jutaan tayangan halaman bulanan dengan membuat halaman arahan secara programatik untuk membantu pengguna mengkonversi antara berbagai mata uang—dari Dolar AS ke Rupee India, dari Rupee India ke Peso Meksiko, dan seterusnya. Hampir setiap pasangan mata uang memiliki halaman uniknya sendiri.

Jumlah halaman estimasi: 14.888

Lalu lintas organik bulanan yang diestimasikan: 4.667.719

Dengan memahami konsep programmatic SEO dan melihat contoh-contoh implementasinya, kamu dapat melihat betapa pentingnya strategi ini dalam upaya meningkatkan visibilitas dan lalu lintas organik situs web kamu. Terapkan prinsip-prinsip ini dalam strategi SEO kamu dan lihat bagaimana hal ini dapat mengubah cara situs web kamu berkinerja dalam hasil pencarian.

Baca juga: Intip Manfaat Landing Page dan 5 Cara Membuatnya!

Bagaimana Cara Memulai Programmatic SEO

Bagaimana Cara Memulai Programmatic SEO
Bagaimana Cara Memulai Programmatic SEO

Pembuatan konten programatik sejati memang lumayan rumit dan bisa membuat kepala pusing tujuh keliling. Pasalnya, ada ribuan (bahkan jutaan) titik data yang harus diperoleh, disinkronkan, dan diperbarui. Ribuan URL perlu diindeks, dan ribuan tautan internal perlu dibangun. Untuk membuat sesuatu seperti yang telah dibangun oleh Wise atau Zapier, kamu membutuhkan bantuan dari developer.

Tapi tidak setiap proyek programatik harus berjalan rumit. Kamu bisa menarik banyak lalu lintas dengan hanya beberapa ratus atau beberapa ribu halaman dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini. Oh ya, tenang saja! Karena, langkah-langkah yang akan dijabarkan di sini tidak harus melalui proses coding atau sifat teknis lainnya. Yuk, simak ulasannya berikut:

Temukan Kata Kunci yang Memiliki Skala

Temukan Kata Kunci yang Memiliki Skala
Temukan Kata Kunci yang Memiliki Skala

Konten yang mengusung programmatic SEO bekerja dengan menargetkan ribuan kata kunci serupa dengan satu template halaman dasar. Jadi, untuk memulai, kamu perlu menemukan kata kunci yang relevan yang memiliki ratusan (atau bahkan ribuan) variasi serupa.

Mulailah dengan memasukkan kata kunci awal kamu ke dalam tool Keywords Explorer milik Ahrefs. Misalnya, untuk situs web keuangan pribadi, kamu mungkin menggunakan istilah seperti manajemen hutang, biaya hidup, dan pelacakan pengeluaran. Kemudian perluas daftar kata kunci yang mungkin dengan memilih laporan Matching Terms.

Jika kamu tidak yakin dengan kemampuanmu untuk bersaing dengan kata kunci yang memiliki tingkat persaingan tinggi, Kamu bisa menyaring hasil pencarianmu dengan memasang skala Keyword Difficulty menjadi <20 dan DR dari situs-situs peringkat teratas menjadi <30. Ini akan menunjukkan kata kunci yang kebanyakan situs web dapat peringkat untuk—bahkan yang tidak memiliki banyak backlink.

Mencari Tahu Search Intent

Mencari Tahu Search Intent
Mencari Tahu Search Intent

Setelah itu, kamu perlu mengetahui jenis konten apa yang akan membantu orang-orang yang mencari kata kunci tersebut. Jika kamu melihat hasil SERP untuk beberapa kata kunci “biaya hidup,” banyak hasil pencarian mengandung jenis informasi yang sama, antara lain:

  • Skor biaya hidup dalam skala 0–100
  • Perbandingan dengan negara bagian tetangga
  • Biaya tipikal untuk pengeluaran utama seperti properti, makanan, dan perawatan kesehatan

Data-data ini memberikan gambaran tentang jenis informasi yang diperlukan untuk memenuhi niat pencari. Melalui data tersebut, pencari ingin memiliki cara untuk membandingkan biaya hidup antara negara bagian dengan cepat, dan di luar itu, untuk melihat bagaimana biaya tersebut dibagi-bagi dalam kategori inti.

Baca juga: 5 Cara Menjumlahkan di Excel Melalui Langkah demi Langkah

Temukan Data yang Relevan

Temukan Data yang Relevan
Temukan Data yang Relevan

Selanjutnya, kamu perlu mendapatkan tiga jenis data yang akan membantumu dalam membuat programmatic SEO. Data-data tersebut adalah:

  • Data properti: data asli yang unik untuk kamu, perusahaanmu, atau produkmu. Ini adalah jenis data yang paling diinginkan: kamu dapat memberikan informasi yang tidak dimiliki oleh orang lain.
  • Data publik: data yang tersedia secara publik dan dilisensikan untuk penggunaan komersial. Ini biasanya merupakan data yang paling mudah ditemukan, tetapi itu berarti bahwa perusahaan lain mungkin juga menggunakannya dalam konteks yang sama.
  • Data yang diambil: data yang diekstraksi dari situs web menggunakan alat pemindai web. Ini bisa berguna tetapi mungkin memperkenalkan masalah dengan hak cipta.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, kamu bisa mempertimbangkan untuk menambahkan data baru yang tidak dimiliki oleh artikel teratas lainnya. Situs seperti Kaggle menyediakan set data untuk digunakan dalam pelatihan model AI dan machine learning, tetapi mereka juga dapat memberikan titik-titik data tambahan untuk kontenmu.

Mulai Membangun Halamanmu

Mulai Membangun Halamanmu
Mulai Membangun Halamanmu

Selanjutnya, kamu perlu memetakan sumber datamu ke bagian-bagian yang relevan dari halamanmu. Pada titik ini, akan membantu untuk melibatkan seorang pengembang web. Atau, kamu juga bisa merumuskannya dengan menggunakan bantuan tool Microsoft Excel.

Publikasikan Konten ke Situs Webmu

Publikasikan Konten ke Situs Webmu
Publikasikan Konten ke Situs Webmu

Langkah terakhir adalah menerbitkan konten yang baru saja kamu buat ke situs webmu. Bergantung pada sistem manajemen konten yang kamu gunakan, ada beberapa alat tanpa kode yang dapat membantu dalam proses ini:

  • Jika kamu sudah menggunakan WordPress untuk situs webmu, cobalah WP All Import.
  • Jika kamu menggunakan Webflow CMS, atur integrasi Zapier untuk terhubung ke spreadsheetmu.
  • Jika kamu ingin membuat situs web langsung dari spreadsheetmu, cobalah Softr.

Setelah dikonfigurasi, setiap alat ini akan secara otomatis menerbitkan halaman situs web baru setiap kali baris data baru ditambahkan ke spreadsheetmu.

Ingin tahu lebih dalam mengenai programmatic SEO dan cara pengaplikasiannya? Kamu bisa mencari tahu lebih dalam melalui panduan belajar SEO yang sudah kami siapkan. Namun, jika kamu tidak punya cukup waktu untuk mempelajari itu semua, bisa langsung menghubungi jasa SEO dari Optimaise. Pakar SEO kami yang berpengalaman siap untuk memformulasikan strategi SEO, baik SEO secara keseluruhan maupun detail lainnya supaya situsmu menduduki peringkat teratas di mesin pencari. Hubungi kami untuk mengetahui cara memulai kerjasama bersama Optimaise.

Baca Juga

Optimaise