Digital MarketingSEO

3 Hal tentang Newsjacking Lengkap dengan Cara Memulai dan Contohnya

Tiara Motik

3 Hal tentang Newsjacking Lengkap dengan Cara Memulai dan Contohnya

Pernahkah kamu melihat merek yang tiba-tiba muncul di feed media sosialmu dengan konten yang relevan dengan berita terbaru? Itulah yang disebut dengan newsjacking.

Banyak pemasar menggunakan newsjacking untuk meningkatkan traffic ke situs web mereka. Kunci keberhasilan dalam pembajakan berita adalah reaksi cepat.

Berarti merespons cepat dengan konten, seperti posting blog, video, atau kampanye yang relevan dengan berita tersebut.

Di mana kamu harus merespons berita terbaru dengan cepat dan kreatif, mirip dengan seorang peselancar yang bersiap menghadapi ombak yang datang.

Dengan newsjacking, kamu bisa membuat merekmu menonjol tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Selain itu, ini juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan audiensmu.

Dalam ulasan ini, kita akan membahas mengapa, apa, dan bagaimana melakukan newsjacking. Tujuannya tentu agar kamu memiliki pemahaman yang jelas tentang strategi ini dan bisa menggunakannya untuk meningkatkan keuntungan merekmu.

Apa itu Newsjacking?

Apa itu Newsjacking?
Apa itu Newsjacking?

Newsjacking adalah strategi marketing yang memanfaatkan berita atau peristiwa terkini untuk meningkatkan visibilitas merekmu.

Ini melibatkan penentuan waktu yang tepat dan kreativitas untuk menarik perhatian media dan audiens dengan memanfaatkan topik yang sedang tren.

Pendekatan newsjacking ini diperkenalkan oleh pakar pemasaran David Meerman Scott pada tahun 2011.

Newsjacking memungkinkan merek untuk memasukkan perspektifnya ke dalam berita terkini, sehingga meningkatkan relevansi dan mendapatkan perhatian media serta audiens.

Meskipun lebih sering dijumpai di media sosial, tapi newsjacking juga bisa dilakukan melalui blog, konten situs web, video, dan cara lainnya. Ini adalah strategi marketing yang dinamis dan efektif untuk meningkatkan keterlibatan dalam waktu nyata.

Contohnya, saat Apple merilis iPhone 6 dengan fitur bengkok yang kontroversial pada tahun 2014, KitKat merespons dengan tweet yang mengatakan, “We don’t bend, we break #bendgate #iPhone6.” Respons ini menunjukkan cara KitKat menggunakan kontroversi seputar produk pesaing untuk mempromosikan mereknya.

Pentingnya Newsjacking dalam PR

Pentingnya Newsjacking dalam PR
Pentingnya Newsjacking dalam PR

Ketika kamu berhasil melakukan newsjacking, kamu dapat mencapai audiens yang sedang tertarik pada topik yang sedang tren, sehingga meningkatkan visibilitas kontenmu secara signifikan.

Selain itu, berbagi pandangan yang dalam tentang peristiwa terkini juga dapat membantu membangun reputasi otoritas dalam industrimu.

Baca juga: Pahami 6 Hal tentang Market Segmentation

Topik yang sedang tren juga cenderung memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi karena relevansinya dengan pembicaraan yang sedang berlangsung.

Dengan menggunakan hashtag yang sedang tren, kamu dapat memperluas jangkauan kontenmu melalui berbagai platform media sosial.

Selain itu, newsjacking dapat membantu dalam SEO, ini karena konten yang dihasilkan dapat menjadi berita yang menghasilkan backlink dan cakupan di situs-situs media yang berpengaruh.

Baca juga: 10 Rekomendasi Content Analysis Tools dari Gratis Hingga Berbayar

Kesuksesannya tergantung pada seberapa menarik ceritamu dan seberapa baik diterima oleh audiens. Secara keseluruhan, newsjacking merupakan strategi yang penting dalam PR karena membantu merek untuk tetap relevan, terlibat, dan dianggap sebagai lead thinker dalam industrinya.

Perbedaan Newsjacking dan Trendjacking

Perbedaan Newsjacking dan Trendjacking
Perbedaan Newsjacking dan Trendjacking

Newsjacking adalah strategi memasukkan ide atau merekmu ke dalam berita terhangat untuk mendapatkan liputan media dan keterlibatan media sosial.

Sementara itu, trendjacking adalah saat kamu memanfaatkan tren saat ini untuk memperkuat merekmu. Meskipun tujuan akhirnya sama, perbedaannya terutama terletak pada waktu dan urgensinya.

Newsjacking berfokus pada berita terkini dan peristiwa penting, sementara trendjacking lebih umum dan mencakup tren yang sedang viral di internet.

Kedua strategi ini bertujuan untuk meningkatkan loyalitas merek, popularitas produk, dan kreativitas perusahaan.

Mereka juga dapat meningkatkan pencarian dan mengarahkan traffic ke situs web dan saluran media sosialmu, serta memposisikan kamu sebagai lead thinker dalam industrimu.

Namun, ada tantangan dalam melaksanakan strategi ini, terutama karena setategi ini membutuhkan kecepatan dan keakuratan dalam merespons berita atau tren yang sedang terjadi.

Sumber daya seperti penelitian mendalam tidak selalu memungkinkan, sehingga perusahaan harus mengandalkan pengalaman dan naluri dalam mengambil keputusan.

Ketika melaksanakan newsjacking atau trendjacking, penting untuk mempertimbangkan apakah pesanmu tepat waktu dan dapat dikirimkan dengan cepat.

Kedua strategi ini membutuhkan respons yang cepat dan siap disebarkan dalam waktu singkat. Jika pesanmu tidak tepat sasaran atau tidak siap dalam waktu yang cukup cepat, kamu bisa melewatkan peluang untuk mendapatkan liputan dan keterlibatan yang diinginkan.

Cara Memulai Newsjacking

Cara Memulai Newsjacking
Cara Memulai Newsjacking

Meskipun nampak menguntungkan, tapi jika tidak diterapkan dengan tepat, newsjacking juga bisa menyebabkan masalah, terutama dalam PR.

Ini karena menggunakan berita yang sensitif secara tidak tepat dapat merugikan reputasi merek. Penting untuk mempertimbangkan konteks dan dampak dari berita yang kamu manfaatkan.

Karena itu, sebagai seorang marketing atau PR yang berniat untuk menerapkan newsjacking, berikut ini adalah beberapa panduan langkah demi langkah untuk memulainya.

Manfaatkan Beberapa Tools

Untuk melakukan newsjacking dengan efektif, kamu harus selalu terhubung dengan berita terbaru. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memantau situs berita yang relevan secara aktif.

Namun, ada juga cara lain untuk tetap up-to-date dengan perkembangan terbaru. Kamu dapat menggunakan alat seperti Google Trends untuk menemukan topik-topik yang sedang tren.

Ada juga aplikasi TrendFeed yang memungkinkan kamu untuk meneliti ratusan topik di berbagai industri, sehingga kamu bisa menjadi yang pertama mengetahui apa yang terjadi di pasarmu.

Google Alerts juga merupakan tools yang berguna untuk terus mengetahui berita dan perkembangan topik tertentu. Kamu dapat mengatur peringatan email real-time, harian, atau mingguan, dan memfilter berdasarkan lokasi, bahasa, dan jenis sumber.

Selain itu, memiliki hubungan yang baik dengan jurnalis juga bisa membantumu mendapatkan informasi terbaru. Jurnalis sering bersedia berkolaborasi jika kamu dapat memberikan konten atau data yang menarik untuk ditampilkan dalam berita.

Meskipun tidak mungkin untuk memprediksi berita, kamu tetap dapat mengidentifikasi dan merencanakan peristiwa relevan yang kamu tahu akan terjadi. Ini dapat mencakup acara olahraga besar, event penting, atau hari jadi penting.

Lakukan Riset Keyword

Ketika sebuah cerita atau topik menjadi populer, orang-orang cenderung mencarinya di mesin pencari seperti Google. Ini berarti dengan sedikit riset keyword, kamu dapat memanfaatkan newsjacking untuk mendapatkan traffic pencarian yang lebih besar.

Untuk mengidentifikasi keyword yang sesuai, kamu bisa menggunakan alat seperti SEMrush Keyword Magic. Dengan memahami semantik dari keyword tersebut, kamu bisa menyesuaikan newsjacking agar lebih relevan dengan topik yang sedang viral.

Misalnya, jika ada banyak berita tentang selebriti Taylor Swift, kamu dapat menemukan keyword dengan volume pencarian tinggi yang menjadi target yang bagus.

Cepat Sekaligus Akurat

Meskipun waktu dan momentum sangat penting dalam newsjacking, tapi kamu harus tetap memverifikasi sumber berita sebelum membuat konten berdasarkan berita tersebut dan melakukan penelitian lebih lanjut jika diperlukan.

Memverifikasi sumber berita adalah langkah penting untuk menghindari kesalahan yang dapat merugikan reputasimu. Kesalahan ini nampak sepele, tapi sering terjadi dan berujung pada kerusakan reputasi.

Misalnya, DiGiorno pernah membuat kesalahan ketika mencoba menggunakan tagar #WhyIStayed di Twitter.

Mereka tidak memahami bahwa tagar tersebut digunakan untuk membahas isu serius tentang kekerasan dalam rumah tangga dan menggunakan tagar tersebut untuk mempromosikan pizza mereka dianggap tidak sensitif.

Akibatnya DiGiorno segera menghapus postingan mereka dan mengeluarkan permintaan maaf karena kesalahan tersebut. Karena itu, penting untuk selalu memverifikasi sumber berita dan memahami konteks sebelum melakukan pembajakan berita.

Hindari Eksploitasi

Dalam newsjacking dan aktivitas PR atau marketing lainnya, etika dan autentik sangatlah penting. Kamu harus memastikan bahwa konten yang kamu buat tidak terasa dipaksakan, tidak tulus, dan konsisten dengan suara merekmu.

Mengambil keuntungan dari bencana alam atau peristiwa tragis dapat merusak kredibilitas merekmu. Ini terjadi karena kurangnya relevansi dan sensitivitas, sehingga upaya tersebut malah menimbulkan perhatian negatif dan merugikan reputasi merek.

Ada perbedaan tipis antara newsjacking yang efektif dan sekadar ikut-ikutan, apalagi audiens, khususnya di era digital ini, cenderung peka terhadap hal ini.

Karena itu, penting untuk memiliki pendekatan yang autentik terhadap newsjacking yang sesuai dengan nilai dan suara merekmu. Kamu harus sensitif terhadap konteks berita yang kamu manfaatkan, sehingga dapat mencapai efektivitas tanpa menarik perhatian negatif atau merugikan reputasi merekmu.

Pilih Platform yang Sesuai

Setelah kamu selesai membuat konten, langkah selanjutnya adalah mendistribusikannya dengan cepat. Ada beberapa tempat yang dapat kamu manfaatkan untuk memulainya.

Penting untuk mempertimbangkan di mana audiensmu berada. Misalnya, jika basis klienmu lebih aktif di LinkedIn daripada di TikTok maka prioritaskan platform yang lebih relevan.

Kamu bisa manfaatkan koneksimu dengan jurnalis dan influencer yang mungkin tertarik dengan kontenmu. Kamu bisa menggunakan platform PR dan penjangkauan media seperti Prowly untuk mengidentifikasi dan menghubungi jurnalis yang cocok, serta untuk memantau penyebutan merekmu secara online.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan alat seperti Influencer Analytics untuk menemukan influencer yang bersedia bekerja sama dengan merekmu.

Contoh Implementasi Newsjacking

Contoh Implementasi Newsjacking
Contoh Implementasi Newsjacking

Newsjacking telah menjadi strategi yang populer dalam pemasaran modern, di mana merek memanfaatkan berita terkini untuk meningkatkan visibilitas dan keterlibatan mereka.

Perusahaan dapat menciptakan momen yang menguntungkan untuk meningkatkan kesadaran merek dan menghubungkan dengan audiens yang lebih luas.

Agar kamu bisa semakin paham, berikut ini adalah beberapa contoh implementasi newsjacking.

War Tiket Lebaran KAI di Traveloka

War Tiket Lebaran KAI di Traveloka
War Tiket Lebaran KAI di Traveloka

Contoh ini menggambarkan potensi newsjacking yang dilakukan oleh Traveloka terkait pengumuman PT KAI tentang pembukaan war tiket kereta api untuk mudik lebaran 2024 pada tanggal 15 Februari 2024.

Dengan newsjacking, Traveloka segera merespons pengumuman tersebut dengan meluncurkan promosi atau penawaran khusus untuk tiket kereta api mudik lebaran dari PT KAI.

Postingan Instagram mereka berisi jadwal kereta api dan informasi penting yang harus dipatuhi calon penumpang, seperti persyaratan perjalanan yang berlaku.

Selain itu, Traveloka juga mempromosikan pembayaran via layanan paylater, yang memungkinkan penumpang untuk membayar tiket mereka secara fleksibel, serta memberikan kode promo untuk diskon tambahan.

Baca juga: 7 Tips Squarespace SEO untuk Dapatkan Ranking Tinggi

Pemilu dan Memilih Ayam Goreng Richeese Factory

Pemilu dan Memilih Ayam Goreng Reechese Factory
Pemilu dan Memilih Ayam Goreng Reechese Factory

Keahlian tim marketing Richeese Factory terlihat dalam memanfaatkan newsjacking, terlihat saat mereka mengambil momen pemilu untuk menciptakan konten yang menarik.

Mereka menciptakan konten yang menggambarkan 3 pilihan ayam goreng favorit di Richeese Factory sesuai dengan pilihan paslon yang berjumlah 3 paslon.

Dengan cara ini, Richeese Factory tidak hanya memanfaatkan momen aktual untuk mendapatkan perhatian, tetapi juga menunjukkan kreativitas dalam marketingnya.

Hal ini dapat membantu mereka tetap relevan dan menarik minat konsumen di tengah situasi yang kontroversial.

Harapan Gaia Parenting Pada Program Capres dan Cawapres

Harapan Gaia Parenting Pada Program Capres dan Cawapres
Harapan Gaia Parenting Pada Program Capres dan Cawapres

Dalam newsjacking yang diposting oleh Gaia Parenting di akun Instagram mereka, mereka menggambarkan paparan program calon presiden dan calon wakil presiden 2024 terkait kesehatan ibu dan anak, gizi, dan kesehatan reproduksi, diikuti dengan pesan tentang harapan mereka kepada calon pasangan presiden dan wakil presiden terpilih agar memperhatikan program kesehatan ibu dan anak di masa mendatang.

Selain itu, mereka juga menyertakan disclaimer bahwa mereka netral dan tidak memihak kepada calon presiden dan calon wakil presiden tertentu.

Dengan melakukan hal ini, Gaia Parenting menggunakan marketing ini untuk mengaitkan isu kesehatan ibu dan anak dengan momen pemilu, sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya isu tersebut dan mempengaruhi keputusan pemilih di masa depan.

Dengan cepat merespons dan menyajikan konten yang relevan dengan berita yang sedang tren, perusahaan dapat menarik perhatian khalayak yang lebih luas dan memperkuat citra merek mereka.

Tapi, penting untuk menjaga etika dan keaslian dalam melaksanakan newsjacking agar tidak menimbulkan kontroversi atau kerugian bagi merek. Jika kamu mencari jasa penulisan artikel yang handal dan kreatif untuk mendukung strategi marketingmu, Optimaise adalah pilihan yang tepat. Kami dapat membantu menciptakan konten yang menarik dan relevan untuk memperkuat kampanye pemasaranmu.

Baca Juga

Optimaise