Digital MarketingSEO

Apa Itu Anchor Text dan 3 Cara Efektif Membuatnya

Dila

apa itu anchor text cover

Dalam pembuatan konten SEO-friendly, adanya anchor text jadi satu hal yang penting banget. Sayangnya, aspek satu ini sering banget terlewat. Bahkan, nggak sedikit pelaku optimasi situs belum paham tentang apa itu anchor text. Padahal, pengaplikasian anchor text yang benar bisa banget bikin konten situsmu terlacak dengan mudah oleh Google hingga menduduki halaman pertama mesin pencarian, lho. Ingin konten SEO-mu makin optimal? Baca artikel ini hingga akhir, ya!

Apa Itu Anchor Text?

Apa Itu Anchor Text?
Apa Itu Anchor Text?

Nah, sebelum membahas topik ini secara lebih mendalam, kamu wajib tahu terlebih dulu tentang apa itu anchor text. Sederhananya, anchor text adalah bentuk teks berisi tautan yang akan membawamu ke halaman situs lainnya jika pembaca mengkliknya. Teks ini biasanya memiliki tampilan warna yang berbeda dibandingkan tulisan lainnya. Biasanya anchor text berwarna biru atau berupa tulisan yang bergaris-bawah.

Tapi, pada dasarnya dia punya satu fungsi, yaitu untuk mempermudah pembaca untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai tautan yang dilampirkan oleh sebuah website. Nah, mengetahui tentang anchor text juga bisa membantu pemilik website yang ingin mengoptimasi situsnya. Karena, dengan begitu Google juga akan lebih mudah mengenali tautan yang ada pada website tersebut.

Apa Itu Anchor Text: Seberapa Pentingnya Ia?

Apa Itu Anchor Text: Seberapa Pentingnya Ia
Apa Itu Anchor Text: Seberapa Pentingnya Ia

Nah, kamu sudah dapat penjelasan umum tentang apa itu anchor text. Yang perlu kamu tahu, kedudukan dari anchor text ini dulunya penting banget di mata Google. Kala itu, Google bisa menilai struktur konten dari website tersebut dengan lebih baik menggunakan anchor text. Bahkan, penempatan anchor text pada saat itu dinilai lebih penting karena dapat membantu proses indeks dibandingkan website itu sendiri.

Tapi, hal itu jadi pemicu bagi pemilik website nakal yang melakukan spam dengan cara menempatkan anchor text dan kata kunci sebanyak-banyaknya di dalam konten situs mereka. Ini menjadi bumerang bagi Google, sehingga pada akhirnya perusahaan ini pun menerapkan peraturan terbarunya, yaitu Google Penguin. Dengan adanya Google Penguin ini mematahkan strategi spam dan memaksa pemilik website dan web marketer untuk menempatkan anchor text secara strategis dan memberikan konten relevan yang bermanfaat bagi pengunjung situs.

Baca Juga: 4 Cara Menggunakan Google Trends Termudah buat Pemula

Apa Itu Anchor Text: Jenis-jenis dan Peruntukannya

Apa Itu Anchor Text: Jenis-jenis dan Peruntukannya
Apa Itu Anchor Text: Jenis-jenis dan Peruntukannya

Apa saja jenis-jenis anchor text? Hal ini penting banget untuk kamu ketahui. Soalnya, masing-masing jenis dari anchor text ini punya tujuan atau peruntukan yang berbeda-beda. Dengan mengetahui jenis-jenis anchor text yang ada beserta tujuannya, kamu pastinya jadi lebih bisa memaksimalkannya untuk kebutuhan optimasi situsmu. Simak ulasannya berikut:

Apa Itu Anchor Text Branded

Apa Itu Anchor Text Branded
Apa Itu Anchor Text Branded

Apa itu anchor text branded? Sesuai namanya, jenis anchor text ini dipakai untuk mendefinisikan sebuah merek atau brand. Nah, dalam menggunakan tautan teks ini, ada satu tips yang harus kamu perhatikan. Buat kamu yang ingin memakai anchor text ini untuk memperkenalkan merekmu, pastikan kamu juga menyertakan konteks yang relevan. Misalnya, “Pengalaman saya menggunakan jasa SEO Optimaise untuk optimasi situs bisnis”.

Apa Itu Anchor Text Generic

Apa Itu Anchor Text Generic
Apa Itu Anchor Text Generic

Jenis anchor text kedua yang juga paling umum kamu temukan adalah tipe generic. Kalau kategori sebelumnya menyebutkan merek secara gamblang, tipe anchor text ini justru sebaliknya. Dalam penggunaan tipe generic anchor text, kamu hanya memakai jenis kata ajakan yang umum banget. Contoh yang paling umum adalah “klik di sini!”, atau “cari tahu di sini!”. Tujuannya adalah untuk memancing rasa tahu pembaca untuk mengklik tautan yang ada di dalam anchor text tersebut.

Apa Itu Anchor Text Naked URLs

Apa Itu Anchor Text Naked URLs
Apa Itu Anchor Text Naked URLs

Penasaran apakah yang dimaksud dengan jenis Naked Urls? Tipe anchor text ini sebenarnya sedikit mirip dengan jenis branded anchor text. Keduanya sama-sama mencantumkan brand. Namun perbedaannya, pada jenis naked url, nama brand tersebut disebutkan secara lebih gamblang dan kerap kali digunakan dalam strategi hard selling. Tapi, jenis anchor text ini jarang banget digunakan karena dinilai kurang user-friendly dibandingkan tipe lainnya.

Apa Itu Anchor Text Exact Match

Apa Itu Anchor Text Exact Match
Apa Itu Anchor Text Exact Match

Jenis anchor text ini dibuat dengan menggunakan keyword utama dari konten yang kamu buat. Sebagai contoh, kamu membuat konten artikel dengan keywordapa itu anchor text”. Nah, kata kunci itulah yang kamu pakai untuk menempatkan tautan. Ini menjadi cara efektif jika kamu ingin menautkan informasi penting dari artikel dengan kata kunci yang sama atau relevan.

Apa Itu Anchor Text Partial Match

Apa Itu Anchor Text Partial Match
Apa Itu Anchor Text Partial Match

Selain exact match, ada juga lho jenis partial match anchor text. Buat kamu yang penasaran dengan apa itu anchor text jenis partial match, sebenarnya penggunaannya nggak jauh berbeda dari jenis sebelumnya. Keduanya sama-sama menggunakan kata kunci utama sebagai anchor text untuk sebuah tautan. Tapi, pada jenis partial match anchor text, keyword yang dipakai mengalami sedikit modifikasi. Misalnya, kata kunci “membuat anchor text” dimodifikasi menjadi “cara membuat anchor text yang efektif” sebelum penambahan link tautan.

Cara Tepat Membuat Anchor Text

Cara Tepat Membuat Anchor Text
Cara Tepat Membuat Anchor Text

Setelah tahu apa itu anchor text dan jenis-jenisnya, tentunya kamu nggak akan mengalami kesulitan dalam membuat anchor text untuk konten artikelmu. Sebenarnya, membuat anchor text bukanlah hal yang sulit. Hanya saja, ada beberapa hal yang penting banget yang kamu wajib tahu supaya situsmu bisa merasakan manfaat optimal dari anchor text yang kamu sematkan. Yuk, simak tips berikut ini:

Pilih Kata Kunci yang Sesuai

Pilih Kata Kunci yang Sesuai
Pilih Kata Kunci yang Sesuai

Salah satu kunci dari membuat anchor text yang tepat adalah kata kunci utama yang kamu pakai. Garis besar dari fungsi utama anchor text adalah sebagai sumber informasi bagi mesin pencari Google dan pengunjung situsmu. Untuk itu, carilah kata kunci yang relevan dengan konten yang akan kamu bahas. Nggak perlu terlalu banyak, satu atau dua kata kunci saja sudah cukup untuk kamu jadikan sebagai tautan anchor text.

Pemilihan kata kunci untuk anchor text juga sebaiknya nggak terlalu panjang. Usahakan untuk memilih keyword yang sederhana dan pendek. Namun, cukup efektif untuk memantik rasa penasaran dari pembaca untuk mengklik tautan yang ada pada kata kunci tersebut. Tapi, jika keadaan mengharuskan, kamu juga boleh memakai jenis kata kunci yang lebih panjang. Tentunya, itu harus kamu imbangi dengan memberikan informasi berguna bagi pembaca.

Pilih Konten yang Relevan untuk Tautan

Pilih Konten yang Relevan untuk Tautan
Pilih Konten yang Relevan untuk Tautan

Selain memilih kata kunci, kamu juga perlu memastikan konten dari tautan anchor text tersebut relevan. Dengan memilih konten tautan yang relevan, pengunjung akan mendapatkan informasi lebih banyak mengenai topik dari kata kunci pilihanmu. Semakin menarik dan relevan konten yang kamu sajikan, tingkat engagement dan angka traffic menuju websitemu pun jadi akan semakin tinggi.

Sebaliknya, hindari memberikan tautan dengan konten yang kurang atau bahkan nggak relevan dengan topik pembahasanmu. Alih-alih meningkatkan traffic rates, yang ada justru pembaca akan menekan tombol Back dan berakibat jumlah bounce rate pada situsmu jadi tinggi. Hal ini tentunya kurang baik karena bisa berdampak pada hasil optimasi situsmu.

Variasikan Jenis Anchor Text yang Kamu Pakai

Variasikan Jenis Anchor Text yang Kamu Pakai
Variasikan Jenis Anchor Text yang Kamu Pakai

Kenapa sih di pembahasan sebelumnya kami menyertakan jenis-jenis anchor text? Mengetahui variasi jenis anchor text ternyata bisa mempermudah kamu, lho! Saat membubuhkan anchor text untuk kontenmu, sebaiknya kamu menggunakan beberapa variasi untuk menghindari dugaan spam dari Google. Misalnya, kamu bisa memakai jenis anchor text generic di satu paragraf dan partial match anchor text di paragraf terakhir. Strategi ini juga bisa bermanfaat untuk membuat pembaca lebih engaged dalam membaca konten-kontenmu.

Nah, semoga artikel ini menjawab tuntas pertanyaanmu tentang apa itu anchor text dan cara pengapikasiannya yang tepat, ya! Penggunaan anchor text yang tepat bisa banget mendongkrak performa SEO situsmu dan membuatnya tampil di halaman pertama Google. Yang jelas, penggunaan anchor text buat keperluan optimasi situs memang wajib banget deh untuk kamu coba!

Baca Juga

Optimaise