Digital MarketingSEO

Wajib Tahu 10 Algoritma Google Update Sepanjang Tahun 2024

Tiara Motik

Wajib Tahu 10 Algoritma Google Update Sepanjang Tahun 2023

Setiap bulan Google secara rutin melakukan serangkaian update atau pembaharuan untuk meningkatkan kualitasnya di mata pengguna. Siapa pun tahu jika mesin pencari ini digunakan oleh jutaan orang setiap hari untuk mencari informasi, produk, dan layanan.

Dengan adanya algoritma Google update, ia dapat meningkatkan relevansi dan kualitas hasil pencarian, memastikan bahwa seluruh pengguna mendapatkan informasi yang paling relevan dan bermanfaat.

Aktivitas pembaharuan ini menciptakan situasi ketidakpastian tapi juga sangat berarti bagi setiap pemilik situs dalam upaya mempertahankan atau meningkatkan peringkat situsnya di mesin pencari.

Karena itu, penting untuk mengetahui rangkuman algoritma Google update sepanjang tahun 2023 agar kamu sebagai pemilik situs dapat merancang strategi yang responsif dan adaptif terhadap perubahan tersebut.

Apa itu Algoritma Google Update?

Apa itu Algoritma Google Update?
Apa itu Algoritma Google Update?

Bisa didefinisikan jika algoritma Google update merujuk pada perubahan-perubahan yang dilakukan oleh Google sebagai cara untuk mengevaluasi dan menyusun hasil pencarian.

Google secara teratur mengimplementasikan pembaruan algoritma untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian dan menjawab perubahan dalam perilaku pengguna serta perkembangan teknologi. Pembaruan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih relevan dan bermanfaat bagi pengguna.

Seiring dengan mengatasi perubahan tren, teknologi, dan kebutuhan pengguna, sehingga mesin pencari tetap efisien dan dapat diandalkan. Selain itu, algoritma Google yang terus berkembang juga menjadi faktor penting dalam upayanya untuk mengatasi praktik manipulatif atau spam yang dapat merugikan pengguna.

Dengan melakukan pembaruan secara berkala, Google dapat mengidentifikasi dan mengatasi teknik manipulasi atau taktik black-hat SEO yang dapat merusak integritas hasil pencarian. Membantu menjaga kepercayaan pengguna terhadap platform, serta memotivasi pemilik situs web untuk fokus pada konten berkualitas dan praktik SEO yang etis.

Apa Saja Algoritma Google Update di Tahun 2023?

Apa Saja Algoritma Google Update di Tahun 2023?
Apa Saja Algoritma Google Update di Tahun 2023?

Pada tahun 2023, Google merilis sejumlah algoritma update yang memainkan peran penting dalam mengubah lanskap pencarian online. Tentunya setiap pembaruan ini dirancang untuk meningkatkan kualitas dan relevansi hasil pencarian, mengakomodasi perubahan tren, teknologi, dan kebutuhan pengguna.

Seiring dengan komitmen Google untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik, pemilik situs dan praktisi SEO perlu memahami dengan cermat dampak dari setiap algoritma Google update pada sepanjang tahun 2023 berikut ini.

Pembaruan Ulasan Produk pada Februari

Pembaruan Ulasan Produk pada Februar
Pembaruan Ulasan Produk pada Februari

Pada bulan Februari 2023, Google meluncurkan pembaruan ulasan produk yang mempengaruhi situs web yang menyediakan konten ulasan produk. Proses pembaruan ini dimulai pada 21 Februari dan berlangsung hingga 7 Maret 2023 sehingga memakan waktu 14 hari.

Berbeda dengan algoritma Google update sebelumnya, kali ini perubahan lebih merata dan mencakup sejumlah bahasa selain bahasa Inggris, seperti Spanyol, Jerman, Prancis, Italia, Vietnam, Indonesia, Rusia, Belanda, Portugis, dan Polandia.

Mengapa kamu perlu memperhatikannya? Jika situs webmu menawarkan ulasan produk, sebaiknya periksalah peringkatnya untuk melihat apakah ada dampak dari pembaruan ini.

Cermati apakah lalu lintas organik Google mengalami peningkatan, penurunan, atau tetap stabil. Untuk jangka panjang, disarankan untuk memberikan perhatian ekstra pada konten ulasan produkmu.

Pastikan agar kontennya lebih terperinci dan unik, seperti memperhatikan elemen visual, audio, dan tautan agar dapat bersaing secara efektif di lingkungan digital yang terus berubah. Upaya ekstra dalam memberikan informasi yang berharga dapat membantu situsmu tetap bersaing dan menonjol di hasil pencarian.

Pembaruan Inti pada Maret

Pembaruan Inti pada Maret
Pembaruan Inti pada Maret

Google meluncurkan pembaruan inti luas yang dimulai pada tanggal 15 Maret dan berlangsung selama 13 hari. Pembaruan ini menjadi fokus perhatian karena memiliki potensi besar untuk mempengaruhi peringkat situs web dalam hasil penelusuran Google.

Penting bagi merek, bisnis, dan organisasi untuk memahami bahwa setiap perubahan peringkat, baik positif maupun negatif, dapat berdampak pada traffic organik, konversi, dan pendapatan.

Mengetahui kapan core update dilakukan memberikan petunjuk penting yang memungkinkan kamu untuk menilai apakah perubahan yang mungkin perlu dilakukan ada pada situs webmu atau apakah ini adalah hasil dari penyesuaian algoritma peringkat Google.

Disarankan untuk melakukan analisis mendalam terhadap halaman dan konten situsmu untuk mengidentifikasi area yang dapat ditingkatkan. Meskipun dampaknya terasa signifikan, Google menegaskan bahwa penurunan peringkat tidak selalu menunjukkan adanya kesalahan pada halaman situsmu.

Pembaruan Ulasan pada April

Pembaruan Ulasan pada April
Pembaruan Ulasan pada April

Google telah mengumumkan selesainya pembaruan ulasan untuk bulan April 2023 yang dimulai pada 12 April dan berlangsung hingga 25 April. Pembaruan ini lebih luas dan mencakup berbagai jenis ulasan, termasuk jasa, bisnis, tujuan, dan media, seperti game dan film.

Google juga mengubah nama dari “sistem ulasan produk” menjadi “sistem ulasan” dan memperbarui panduan untuk mencakup semua jenis ulasan.

Penting bagi pemilik situs web dengan konten ulasan umum untuk memeriksa peringkat dan memahami dampaknya terhadap traffic organik Google.

Dalam jangka panjang, disarankan untuk meningkatkan kualitas konten ulasan dengan memberikan lebih banyak detail dan keunikan sehingga situs web dapat menonjol di tengah persaingan online. Pembaruan ulasan April 2023 merupakan rilis ketujuh dari apa yang sebelumnya dikenal sebagai pembaruan ulasan produk sejak tahun 2021.

Baca juga: 9 Cara Menggunakan Konten AI Biar Kerjaan Semakin Efisien

Topic Authority pada Mei

Topic Authority pada Mei
Topic Authority pada Mei

Google menggunakan sistem yang disebut topic authority atau otoritas topik untuk memastikan bahwa hasil penelusuran dan berita yang ditampilkan memiliki nilai tambah dan keahlian khusus.

Sistem ini membantu mengenali sumber-sumber berita yang dianggap sebagai pakar dalam suatu bidang, seperti kesehatan, politik, atau keuangan.

Contohnya, jika kamu ingin mengetahui perkembangan terbaru dalam dunia ilmu pengetahuan dan kesehatan, Google dapat menekankan sumber-sumber, seperti The Lancet yang dianggap sebagai otoritas di bidang kesehatan dan ilmu pengetahuan.

Otoritas topik bekerja dengan mempertimbangkan beberapa sinyal. Pertama, seberapa penting suatu sumber terhadap topik atau lokasi tertentu. Sistem ini juga memperhatikan seberapa banyak sumber lain mengutip liputan orisinal dari suatu publikasi.

Penilaian reputasi sumber juga menjadi faktor utama yang melibatkan sejarah publikasi dalam memberikan liputan berkualitas atau mendapat rekomendasi dari sumber yang dianggap pakar dalam algoritma Google update ini.

Pembaruan Inti pada Agustus

Pembaruan Inti pada Agustus
Pembaruan Inti pada Agustus

Algoritma Google update inti ini berlangsung selama 16 hari, yakni pada tanggal 22 Agustus hingga 7 September 2023. Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap perubahan peringkat dari pembaruan inti dapat mempengaruhi traffic organik, tingkat konversi, dan pendapatan situsmu.

Setelah pembaruan selesai, sangat disarankan untuk memeriksa dan menganalisis situsmu guna menilai dampak dan membuat penyesuaian yang diperlukan. Pembaruan inti pada Agustus 2023 disebut sebagai pembaruan algoritma yang signifikan karena menunjukkan potensi dampak yang cukup besar dalam dunia SEO.

Kabarnya pembaruan inti pada bulan Agustus tak membawa lonjakan peringkat yang tinggi dibandingkan pada core update bulan Maret 2023. Meskipun begitu, algoritma Google update ini tidak selalu menandakan ada kesalahan dan tidak ada tindakan khusus yang harus diambil untuk memulihkannya.

Pembaruan Sistem Konten Bermanfaat pada September

Pembaruan Sistem Konten Bermanfaat pada September
Pembaruan Sistem Konten Bermanfaat pada September

Berlangsung selama 14 hari, algoritma Google update pada bulan September 2023 ini berfokus pada pembaruan sistem konten yang bermanfaat. Meskipun pembaruan ini tidak seheboh pembaruan sebelumnya, seperti core update Agustus, tapi dampaknya tetap signifikan dan sedang diperbincangkan di komunitas SEO.

Fokusnya pada konten yang ditulis semata-mata untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam mesin pencari, tanpa memberikan nilai nyata kepada pengguna. Perlu diingat bahwa pembaruan ini bukan tanpa konsekuensi, dan situs-situs yang sebelumnya mengandalkan taktik SEO-centric mungkin mengalami penurunan traffic.

Google secara tegas menyatakan bahwa pembaruan ini dimaksudkan untuk menyoroti dan mendorong konten yang lebih bermanfaat dan berkualitas tinggi yang ditulis dengan tujuan membantu dan memberikan informasi kepada pengguna, bukan sekadar meraih peringkat di mesin pencari.

Ini sejalan dengan upaya berkelanjutan Google untuk mengurangi konten berkualitas rendah dan mempromosikan konten yang dianggap autentik dan berguna.

Update Spam pada Oktober

Update Spam pada Oktober
Update Spam pada Oktober

Pada 20 Oktober 2023, algoritma Google update merilis update spam yang berfokus pada membersihkan berbagai jenis spam yang dilaporkan oleh pengguna dalam bahasa Turki, Vietnam, Indonesia, Cina, dan bahasa lainnya.

Tujuan pembaruan ini adalah mengurangi spam yang terlihat dalam hasil pencarian, terutama yang terkait dengan spam yang tersembunyi, diretas, dibuat otomatis, dan yang merugikan pengalaman pengguna.

Google menyatakan bahwa mereka telah berusaha untuk meningkatkan cakupan dalam beberapa bahasa dan pembaruan ini mungkin memiliki dampak yang lebih besar dan bermanfaat terutama pada bahasa-bahasa yang disebutkan sebelumnya.

Jika ada perubahan signifikan pada peringkat situsmu setelah pembaruan ini, terutama jika situsmu menargetkan pengguna dalam bahasa selain bahasa Inggris, kemungkinan ini bisa jadi terkait dengan pembaruan yang menargetkan spam dan upaya manipulasi hasil pencarian.

Baca juga: 5 Tahap SEO Audit untuk Tingkatkan Optimasi Websitemu

Pembaruan Inti pada Oktober

Pembaruan Inti pada Oktober
Pembaruan Inti pada Oktober

Nyaris bersamaan dengan pembaruan spam, yakni pada 19 Oktober 2023, Google kembali menyelesaikan core update. Namun, karena ditemukan bug pada Google Discover, akhirnya Google melakukan perbaikan pada 30 Oktober.

Google mencatat bahwa beberapa situs mungkin mengalami peningkatan traffic Discover sebagai dampak dari perbaikan bug tersebut. Jika traffic Google Discover untuk situsmu rendah sejak tanggal 5 Oktober, kemungkinan terkait dengan bug pada pembaruan inti.

Walaupun traffic dari Google Discover cenderung bersifat tidak teratur dan tidak dapat diandalkan, tapi pemahaman tentang permasalahan ini dapat membantu pemilik situs memahami fluktuasi traffic yang mungkin terjadi selama periode tersebut.

Pembaruan Inti pada November

Pembaruan Inti pada November
Pembaruan Inti pada November

Dalam core update bulan November 2023, Google menyebutnya sebagai penyempurnaan sistem dari pembaruan inti bulan sebelumnya, yaitu October core update. Ini menunjukkan komitmen Google untuk terus memonitor dan meningkatkan hasil pencarian agar semakin relevan.

Google tidak hanya merilis pembaruan inti, tetapi juga memberikan panduan kepada pemilik situs web melalui QnA (Pertanyaan dan Jawaban). Panduan ini membantu pemahaman lebih baik terkait pembaruan pencarian, seperti:

  • Apa yang berubah pada update bulan ini?
  • Apa perbedaan antara ranking system dan update?
  • Apa yang harus dilakukan jika terjadi update?
  • Tidakkah seharusnya ada pembaruan selama musim belanja liburan?

Penting dicatat bahwa Google berusaha menghindari merilis core update pada puncak musim liburan, meskipun terkadang pembaruan tetap diperlukan untuk meningkatkan hasil pencarian. Panduan ini memberikan wawasan tentang kapan dan bagaimana pembaruan inti dapat diantisipasi.

Pembaruan Ulasan pada November

Pembaruan Ulasan pada November
Pembaruan Ulasan pada November

Seperti yang diantisipasi, algoritma Google update merilis pembaruan ulasan pada 8 November 2023, dan ini akan menjadi yang terakhir kali mereka memberikan pengumuman rutin tentang pembaruan ulasan. Google mengungkapkan bahwa pembaruan ulasan kini akan terjadi secara teratur dan berkelanjutan tanpa pengumuman di dasbor status.

Perubahan terkait sistem ulasan sekarang akan berlangsung dengan “kecepatan yang teratur dan berkelanjutan,” menunjukkan pendekatan yang lebih real-time. Situs dapat melihat perubahan lebih cepat, baik positif maupun negatif, dibandingkan dengan model sebelumnya yang melibatkan pengumuman pembaruan ulasan.

Pembaruan ulasan ini nampak tumpang tindih dengan pembaruan inti bulan November yang mungkin membuat sulit untuk membedakan dampak dari masing-masing pembaruan.

Meskipun tidak ada pemberitahuan lagi, pemilik situs tetap perlu memantau perubahan dan menyesuaikan strategi mereka sesuai kebutuhan untuk menjaga kualitas ulasan dan dampak pada hasil pencarian.

Dengan penyesuaian strategi yang tepat, seperti meningkatkan kualitas ulasan dan mengoptimalkan situs, kamu dapat memaksimalkan dampak pada hasil pencarian dan menghadapi berbagai algoritma Google update.

Jika kamu mencari dukungan profesional dalam mengelola otoritas situsmu, Optimaise siap membantu melalui jasa SEO. Jangan ragu untuk menghubungi kami!

Baca Juga

Optimaise