Digital MarketingSEO

Apakah SEO itu Penting? Ini 10 Jawabannya

Mbagas

Apakah SEO itu Penting? Ini 10 Jawabannya

Kamu mungkin sering mendengar bahwa SEO adalah bagian penting di dalam digital marketing. Tetapi, apakah kamu benar-benar tahu bagaimana cara kerjanya?

Bahkan jika kamu sudah memiliki gambaran umum tentang SEO, mungkin kamu masih belum sepenuhnya mengerti proses yang rumit ini. SEO memiliki beberapa elemen, dan memahami apa saja elemen-elemen tersebut serta cara kerjanya adalah kunci untuk menyadari mengapa SEO itu penting.

Singkatnya, SEO itu penting karena membantu situs webmh menjadi lebih terlihat. Ini berarti lebih banyak pengunjung ke situs webmu dan lebih banyak peluang untuk mengubah mereka menjadi pelanggan.

Berikut ini adalah semua yang perlu kamu ketahui tentang alasan SEO itu penting untuk meraih kesuksesan di dunia digital saat ini.

Mengapa SEO itu Penting?

Mengapa SEO itu Penting?
Mengapa SEO itu Penting?

SEO itu penting karena dapat meningkatkan visibilitas situs webmu di halaman hasil mesin pencari secara alami. Berarti akan lebih banyak orang akan mengenal merekmu dan mengunjungi situs webmu, sehingga pada akhirnya bisa meningkatkan penjualan.

Seperti yang dibuktikan oleh banyak kisah sukses, bisnis dari berbagai ukuran telah memanfaatkan SEO untuk mendapatkan keuntungan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa SEO itu penting.

Mesin Pencari Memberikan Banyak Trafik

Mesin Pencari Memberikan Banyak Trafik
Mesin Pencari Memberikan Banyak Trafik

Mesin pencari seperti Google memberikan banyak trafik karena banyak orang menggunakan mereka untuk mencari informasi, produk, atau layanan setiap harinya.

Ketika situs webmu muncul di peringkat atas hasil pencarian, maka lebih banyak orang akan melihat dan mengklik tautan ke situs webmu. Ini berarti lebih banyak pengunjung yang datang ke situs webmu, sehingga pada akhirnya ini dapat meningkatkan kesadaran merek, keterlibatan, dan potensi penjualan.

Tapi, jika kamu tidak mendapatkan klik dari pencarian yang relevan di bidangmu, pesaingmu akan mendapatkannya.

Baca juga: Ini 3 Jenis SEO yang Menjadi Kunci Visibilitas Situs Web

Bagaimana pun SEO adalah metode yang efektif untuk memastikan situs webmu muncul di lebih banyak hasil pencarian dan mendapatkan posisi yang lebih tinggi.

SEO itu Penting Karena Lebih Hemat Biaya

SEO itu Penting Karena Lebih Hemat Biaya
SEO itu Penting Karena Lebih Hemat Biaya

Salah satu manfaat utama SEO adalah hemat biaya. Mengapa? Pertama, tidak ada biaya iklan. Kamu tidak perlu membayar untuk muncul di halaman hasil pencarian dan kamu juga tidak akan dikenakan biaya saat orang melihat atau meng-klik hasil pencarianmu.

Kedua, SEO bisa memberikan hasil jangka panjang. Setelah situs webnu memperoleh visibilitas, kamu bisa mempertahankannya dengan sedikit usaha dibandingkan dengan saluran lain, seperti digital PR dan media sosial, serta dengan biaya yang relatif rendah dibandingkan dengan trafik berbayar.

Singkatnya, SEO adalah cara yang efektif dan berbiaya rendah untuk mendapatkan visibilitas dan trafik jangka panjang ke situs webmu.

Mendorong Otoritas dan Kesadaran Merek

Mendorong Otoritas dan Kesadaran Merek
Mendorong Otoritas dan Kesadaran Merek

Lebih sering muncul dan menonjol di hasil pencarian adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek. Inilah alasan mengapa SEO itu penting untuk bisnis.

Sebagai contoh, seseorang yang tengah mencari informasi tentang tips diet sehat kemungkinan besar akan segera menemukan Halodoc karena situs tersebut memiliki peringkat tinggi untuk banyak keyword terkait.

Meskipun pencari tidak meng-klik hasil Halodoc, tapi mereka tetap akan melihat nama merek tersebut. Setelah melihatnya berulang kali, mereka mungkin mulai menganggap Halodoc sebagai merek yang berwibawa dan dapat dipercaya.

Dengan kata lain, visibilitas yang tinggi di hasil pencarian membantu bisnis membangun kesadaran dan reputasi merek di mata pengguna.

Sebagai Langkah untuk Menganalisis Kompetitor

Sebagai Langkah untuk Menganalisis Kompetitor
Sebagai Langkah untuk Menganalisis Kompetitor

Banyak bisnis menggunakan SEO sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. Jika pesaingmu menggunakan SEO, maka mereka mungkin akan lebih sering muncul di hasil pencarian daripada kamu. Ini berarti mereka mendapatkan lebih banyak eksposur dan trafik yang seharusnya bisa kamu dapatkan.

Sebaliknya, jika pesaingmu tidak mengoptimalkan situs web mereka untuk pencarian, kami memiliki peluang besar untuk mendominasi hasil pencarian di bidangmu.

Dengan memanfaatkan SEO, kamu bisa mendapatkan semua manfaat seperti lebih banyak pengunjung, kesadaran merek yang lebih tinggi, dan potensi peningkatan penjualan.

Singkatnya, menggunakan SEO akan membantu kamu untuk tetap kompetitif dan bisa menjadi peluang besar untuk mendapatkan keunggulan di pasar.

SEO Melengkapi Strategi Digital Marketing

SEO Melengkapi Strategi Digital Marketing
SEO Melengkapi Strategi Digital Marketing

Keberhasilan SEO dapat mendukung upaya digital marketingmu yang lain. Banyak orang menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi lebih lanjut setelah melihat kampanye pemasaran di tempat lain.

Misalnya, seseorang melihat papan reklame dealer mobilmu dan kemudian mencari informasi lebih lanjut di Google. Jika situs webmu tidak muncul di peringkat atas hasil pencarian, kamu mungkin akan kehilangan kesempatan untuk menarik perhatian mereka lebih lanjut.

Hal ini penting karena iklan PPC (pay-per-click) biasanya muncul di bagian atas hasil pencarian. Ini berarti kamu bisa mendapatkan lebih banyak eksposur.

Karena itu, memiliki strategi SEO yang baik akan membantu memastikan bahwa situs webmu terlihat oleh pengguna yang sudah tertarik, sehingga memperkuat efektivitas kampanye marketingmu secara keseluruhan.

Sebagai Strategi untuk Menjangkau Prospek

Sebagai Strategi untuk Menjangkau Prospek
Sebagai Strategi untuk Menjangkau Prospek

Orang sering menggunakan mesin pencari selama perjalanan mereka untuk membeli sesuatu. Berarti kamu dapat menggunakan SEO untuk menjangkau dan menarik calon pelanggan di setiap tahap perjalanan mereka.

Ini berguna karena kamu bisa mulai menarik perhatian calon pelanggan lebih awal dan membangun kepercayaan dengan mereka seiring waktu.

Biasanya orang menggunakan jenis keyword sesuai dengan search intent yang berbeda pada setiap tahap perjalanan pembelian. Ini adalah jenis-jenisnya:

  1. Informasional (informational): digunakan untuk mencari informasi umum. Biasanya digunakan di awal perjalanan pembelian ketika orang masih mencari tahu tentang suatu topik atau masalah.
  2. Komersial (commercial): digunakan untuk meneliti produk atau layanan tertentu. Digunakan dalam tahap pertimbangan ketika orang mulai mengevaluasi opsi yang tersedia.
  3. Navigasi (navigational): digunakan untuk menemukan halaman atau situs web tertentu. Biasanya digunakan saat orang sudah memiliki gagasan yang lebih jelas tentang apa yang mereka cari dan ingin menemukan sumber spesifik.
  4. Transaksional (transactional): digunakan untuk menyelesaikan tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian. Digunakan dalam tahap akhir perjalanan pembelian ketika orang siap mengambil keputusan dan melakukan transaksi.

Dapat Meningkatkan Pengalaman Pengguna (UX)

Dapat Meningkatkan Pengalaman Pengguna (UX)
Dapat Meningkatkan Pengalaman Pengguna (UX)

Banyak taktik SEO penting yang sebenarnya juga berkontribusi pada pengalaman pengguna (UX) situs webmu. Ini dapat membantu meningkatkan tingkat konversi, yaknk membuat pengguna lebih cenderung melakukan tindakan yang kamu inginkan, seperti membeli produk atau mendaftar layanan.

Google sebagai mesin pencari ingin memberi peringkat pada halaman web yang menyajikan pengalaman yang baik bagi pengguna. Karena itu, penting untuk membuat konten yang ramah pengguna agar berhasil di dalam SEO.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dipertimbangkan oleh Google dan berpengaruh pada kinerja situs webmu:

  1. Largest Contentful Paint (LCP): waktu yang diperlukan untuk memuat elemen konten terbesar di halaman.
  2. Cumulative Layout Shift (CLS): seberapa sering tata letak halaman berubah secara tiba-tiba saat dimuat.
  3. First Input Delay (FID): waktu yang dibutuhkan halaman untuk merespons interaksi pengguna.

Dengan mengoptimalkan faktor-faktor ini, kamu dapat meningkatkan peringkat situs webmu di hasil pencarian Google dan pada akhirnya meningkatkan pengalaman pengguna di situs webmu.

Sehingga pada akhirnya akanmembuat pengguna lebih cenderung untuk melakukan konversi, baik itu mereka menemukan situs webmu melalui Google atau melalui sumber lain.

Sebagai Alat untuk Memantau Tren

Sebagai Alat untuk Memantau Tren
Sebagai Alat untuk Memantau Tren

Riset keyword di dalam SEO memungkinkan kamu untuk memahami perilaku pencarian dari audiens targetmu. Dengan melakukan riset keyword, kamu dapat mengetahui topik apa yang sedang dicari oleh orang-orang di dalam niche bisnismu.

Tahap riset keyword ini dapat membantu kamu untuk beberapa hal ini:

  1. Mengidentifikasi topik yang sedang tren atau menurun di dalam niche.
  2. Menggunakan wawasan ini untuk mengarahkan strategi produkmu, kampanye pemasaran, dan keputusan lainnya.

Riset keyword membantu kamu untuk tetap relevan dengan audiensmu, memahami kebutuhan dan minat mereka, serta mengoptimalkan situs webmu agar sesuai dengan apa yang mereka cari.

Baca juga: Apa Saja 4 Manfaat dari SEO? Inilah yang Utama

Terukur

Terukur
Terukur

Hasil dari strategi SEO dapat diukur, ini berarti kamu dapat mengevaluasi peringkat organik situs webmu di hasil pencarian, jumlah trafik yang diterima dari pencarian organik, dan konversi yang berasal dari trafik organik tersebut.

Kamu dapat menggunakan alat analisis situs web seperti Google Analytics untuk melacak berbagai metrik SEO, seperti trafik organik, konversi organik, dan lainnya.

Dengan menganalisis data ini, kamu dapat mengukur kinerja SEOmu dan menentukan apakah ada area yang perlu ditingkatkan atau disesuaikan. Ini juga memungkinkan kamu untuk membuktikan nilai SEO bagi bisnismu.

Membantu dalam Menjangkau Reputasi Bisnis

Membantu dalam Menjangkau Reputasi Bisnis
Membantu dalam Menjangkau Reputasi Bisnis

SEO memainkan peran penting di dalam Online Reputation Management (ORM) karena membantu kamu untuk mengontrol hasil yang muncul ketika orang mencari merekmu di mesin pencari.

Sebagai contoh, jika seseorang membuat entri bisnis dengan nomor telepon yang salah atau memposting ulasan negatif tentang merekmu, tanpa menggunakan SEO, biasanya hasil seperti ini akan muncul di peringkat atas hasil pencarian.

Hal tentu ini dapat merusak reputasi bisnismu dan hubungan dengan calon pelanggan. Namun, dengan menggunakan strategi SEO yang tepat, kamu dapat mengoptimalkan konten positif tentang merekmu, sehingga mengurangi dampak dari konten negatif.

Untuk memanfaatkan potensi penuh dari SEO, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan penyedia jasa SEO seperti Optimaise. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang luas di dalam industri, Optimaise dapat membantu mengarahkan strategi SEO yang tepat untuk meningkatkan peringkat situs webmu dan membangun reputasi online yang kuat.

Jika kamu tertarik untuk meningkatkan visibilitas situs webmu, jangan ragu untuk menghubungi Optimaise sekarang juga!

Baca Juga

Optimaise