Digital MarketingSEO

Kenapa SEO Penting? Ketahui 10 Alasannya di Sini

Siti Rohmah Noviah

Kenapa SEO Penting Ketahui 10 Alasannya di Sini

Kamu mungkin sudah sering mendengar bahwa Search Engine Optimization (SEO) adalah alat penting di dalam digital marketing. Tapi, apakah kamu sudah benar-benar memahami bagaimana cara kerja SEO?

Meskipun kamu mungkin tahu sedikit tentang SEO, tapi kamu mungkin belum sepenuhnya mengerti akan proses dan strategi yang kompleks ini. SEO terdiri dari berbagai elemen dan memahami setiap elemen tersebut serta bagaimana cara kerjanya menjadi kunci untuk mengetahui alasan dari mengapa SEO penting.

Selain itu, SEO juga bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran merek, membangun hubungan dengan calon pelanggan, dan memposisikan dirimu sebagai ahli yang tepercaya di bidangmu. Mari kita pelajari lebih dalam tentang apa itu SEO dan mengapa SEO penting bagi merek dan bisnismu.

Apa itu SEO?

Apa itu SEO?
Apa itu SEO?

SEO, atau Search Engine Optimization adalah proses untuk mendapatkan visibilitas yang tinggi secara alami di mesin pencari, seperti Google, Bing, atau DuckDuckGo, tanpa membayar iklan.

Melalui strategi SEO diharapkan situs webmu bisa muncul tepat di bawah iklan berbayar di hasil pencarian.

Berbeda dengan iklan berbayar di mana kamu harus membayar setiap kali seseorang meng-klik iklan tersebut dan hasil organik tidak memerlukan biaya per klik. Ini membuat SEO menjadi cara yang efisien dan sering kali paling menguntungkan untuk mendapatkan calon pelanggan dan meningkatkan penjualan bagi bisnismu.

Sebagian besar marketer untuk fokus pada Google karena ia adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan. SEO adalah salah satu dari 2 metode utama di dalam marketing pada mesin pencari.

Metode lainnya adalah pemasaran Pay-Per-Click (PPC), di mana kamu membayar untuk muncul sebagai hasil pencarian bersponsor atau iklan di mesin pencari.

Baca juga: 7 Teknik SEO Terkini untuk Dominasi Pencarian Online

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Bagaimana Cara Kerja SEO?
Bagaimana Cara Kerja SEO?

Pertama, penting untuk dipahami bahwa SEO membutuhkan waktu lebih lama untuk menunjukkan hasil dibandingkan dengan iklan pencarian berbayar. Biasanya, kamu baru akan melihat hasilnya setelah sekitar beberapa bulan setelahnya.

Karena itu, SEO lebih cocok untuk proyek jangka panjang, produk yang tersedia untuk waktu yang lama, dan untuk meningkatkan kesadaran merek secara umum.

Jika sebuah merek mencari hasil cepat atau ingin mempromosikan produk dengan siklus penjualan yang sangat singkat, SEO mungkin tidak akan memberikan banyak manfaat. SEO tidak bisa memberikan hasil instan atau respons cepat dan di sinilah iklan berbayar menjadi lebih berguna.

Terlebih SEO melibatkan penyesuaian situs web dan kontenmu dalam jangka panjang agar sesuai dengan apa yang diinginkan Google di dalam hasil pencarian yang baik. Intinya, Google ingin menampilkan halaman web dengan keunggulan berikut ini:

  • Memenuhi maksud pencarian (apa yang diinginkan pencari).
  • Menunjukkan experience, expertise, authoritativeness, dan trustworthiness (EEAT)
  • Memuat laman dengan cepat dan bekerja dengan baik.
  • Mudah dinavigasi oleh pengguna dan mesin pencari.

Jadi, SEO adalah tentang memastikan halamanmu memenuhi kriteria tersebut. Karena itu, kamu membutuhkan beberapa taktik SEO yang umum ini:

  • Riset keyword: menemukan dan menganalisis istilah pencarian yang digunakan oleh audiens targetmu.
  • Pembuatan konten: membuat konten berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan target audiensmu.
  • Membangun tautan (link building): mendapatkan tautan dari situs web lain untuk ditautkan ke situs webmu, sehingga meningkatkan kredibilitas situs webmu.
  • SEO teknis: meningkatkan aspek teknis situs webmu agar lebih baik bagi pengguna dan mesin pencari.

Alasan Mengapa SEO Penting untuk Bisnis

Alasan Mengapa SEO Penting untuk Bisnis
Alasan Mengapa SEO Penting untuk Bisnis

SEO bukan hanya sekedar tren dalam dunia digital, tetapi sebuah strategi esensial yang dapat membawa perubahan signifikan bagi bisnismu. Secara sederhana, alasan dari kenapa SEO penting karena ia mampu meningkatkan visibilitas situs webmu yang mana ini berarti lebih banyak trafik dan peluang untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

Karena itu, kamu perlu menggunakan alat SEO untuk membantu mendapatkan hasil yang optimal. Tanpa strategi SEO yang efektif, kamu mungkin kehilangan peluang besar untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan konversi.

Mari kita jelajahi lebih dalam mengapa SEO penting bagi kesuksesan bisnismu.

Mesin Pencari Dapat Mendatangkan Banyak Pengunjung ke Situs Web

Mesin Pencari Dapat Mendatangkan Banyak Pengunjung ke Situs Web
Mesin Pencari Dapat Mendatangkan Banyak Pengunjung ke Situs Web

Visibilitas tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP) bisa mendatangkan banyak pengunjung ke situs webmu. Setiap hari, orang-orang melakukan miliaran pencarian di mesin pencari. Menurut data dari Semrush, lebih dari 43% pencari meng-klik hasil pencarian organik.

Jika kamu tidak mendapatkan klik dari pencarian yang relevan dengan marketmu, maka pesaingmu akan mendapatkan klik tersebut. Ini menjadikan SEO penting sebagai metode yang terbukti untuk mendapatkan visibilitas yang lebih tinggi di hasil pencarian.

Mendapatkan visibilitas yang lebih tinggi penting karena hasil yang terlihat di lebih atas cenderung mendapatkan lebih banyak penayangan dan klik. Melalui SEO, kamu bisa memastikan bahwa situs webmu lebih sering muncul di halaman hasil pencarian, sehingga menarik lebih banyak pengunjung, dan meningkatkan peluang konversi.

SEO Bisa Menjadi Solusi yang Lebih Ekonomis

SEO Bisa Menjadi Solusi yang Lebih Ekonomis
SEO Bisa Menjadi Solusi yang Lebih Ekonomis

Salah satu alasan utama mengapa SEO penting adalah karena lebih ekonomis. Mengapa? Pertama, karena tidak ada biaya iklan. Kamu tidak perlu membayar untuk muncul di halaman hasil pencarian.

Kamu juga tidak dikenakan biaya setiap kali orang melihat atau meng-klik hasil pencarianmu. Kedua, SEO dapat memberikan hasil yang bertahan lama.

Setelah kamu berhasil mencapai peringkat tinggi, kamu dapat mempertahankannya dengan usaha yang relatif kecil jika dibandingkan dengan saluran seperti media sosial dan biaya yang relatif rendah dibandingkan dengan iklan berbayar.

Membangun fondasi SEO yang kuat juga memudahkan untuk mendapatkan atau meningkatkan peringkat di masa mendatang. Dengan kata lain, SEO sangat mudah dikembangkan dan ditingkatkan.

Visibilitas di Mesin Pencari Meningkatkan Kesadaran dan Kepercayaan Terhadap Merek

Visibilitas di Mesin Pencari Meningkatkan Kesadaran dan Kepercayaan Terhadap Merek
Visibilitas di Mesin Pencari Meningkatkan Kesadaran dan Kepercayaan Terhadap Merek

Muncul secara konsisten di hasil pencarian adalah cara efektif untuk meningkatkan kesadaran merek. Itulah salah satu alasan utama mengapa SEO penting bagi bisnis.

Misalnya, orang-orang yang tengah mencari informasi tentang perawatan kulit mungkin akan sering menemukan situs web, seperti “Female Daily” atau “Sociolla.” Ketika mereka mencari topik, seperti “cara mengatasi jerawat” atau “review produk skincare”, maka situs-situs ini sering muncul di halaman pertama hasil pencarian karena mereka memiliki peringkat tinggi untuk banyak keyword terkait perawatan kulit.

Meskipun pengguna tidak selalu meng-klik tautan tersebut, tapi mereka akan sering melihat nama “Female Daily” atau “Sociolla” di hasil pencarian.

Setelah melihat nama ini berulang kali, mereka akhirnya mulai mengenali dan mempercayai merek tersebut sebagai sumber informasi yang tepercaya tentang perawatan kulit. Kedua faktor ini meningkatkan kemungkinan mereka akan berinteraksi dengan Female Daily dan Sociolla di masa mendatang.

Pesaing Lain Kemungkinan Besar Sudah Menggunakan SEO

Pesaing Lain Kemungkinan Besar Sudah Menggunakan SEO
Pesaing Lain Kemungkinan Besar Sudah Menggunakan SEO

Banyak bisnis menggunakan SEO sebagai bagian dari strategi marketing mereka adalah alasan kenapa SEO penting berikutnya. Jika pesaingmu telah menggunakan SEO, mereka mungkin akan mengalahkan kamu di dalam hasil pencarian. Mereka akan mendapatkan lebih banyak eksposur dan pengunjung yang seharusnya bisa kamu dapatkan.

Namun, jika pesaingmu tidak mengoptimalkan situs web mereka untuk pencarian, maka kamu memiliki peluang besar untuk mendominasi hasil pencarian di bidangmu. Ini memungkinkan kamu untuk memanfaatkan semua keuntungan yang ditawarkan oleh SEO.

Kamu bisa membandingkan peringkatmu dengan pesaing menggunakan alat Keyword Gap dari Semrush. Ini langkah-langkahnya:

  1. Masukkan domainmu bersama domain-domain pesaingmu. Pastikan kamu memilih “Domain root” dan “Organic keywords” untuk masing-masing.
  2. Pilih negara targetmu dan klik “Compare“.
  3. Gulir ke bawah ke tabel dan pilih “All” untuk melihat semua istilah pencarian yang diberi peringkat organik oleh situs-situs ini.
  4. Gunakan kolom yang tersedia untuk membandingkan peringkat domainmu dengan pesaing.

Keberhasilan SEO Mendukung Strategi Marketing Lainnya

Keberhasilan SEO dapat memperkuat strategi marketing lainnya. Banyak orang beralih ke mesin pencari setelah melihat kampanye marketing dari berbagai sumber. Misalnya, seseorang melihat iklan papan reklamemu. Kemudian, mereka membuka Google untuk mencari informasi lebih lanjut.

Jika situs webmu tidak muncul di hasil pencarian yang menonjol, kamu mungkin kehilangan kesempatan untuk menarik minat mereka. Menggabungkan SEO dengan iklan berbayar (PPC) bisa sangat menguntungkan.

Iklan PPC biasanya muncul di bagian atas halaman hasil pencarian (SERP), sehingga mendapatkan lebih banyak eksposur. Namun, hasil pencarian organik teratas biasanya mendapatkan lebih banyak klik.

Jadi, jika kamu bisa memperoleh kedua jenis hasil tersebut, maka kamu akan mendapatkan keuntungan dari keduanya.

Menjangkau Calon Pelanggan di Setiap Tahap Perjalanan Belanja Mereka

Menjangkau Calon Pelanggan di Setiap Tahap Perjalanan Belanja Mereka
Menjangkau Calon Pelanggan di Setiap Tahap Perjalanan Belanja Mereka

Orang sering menggunakan mesin pencari selama proses pembelian mereka menjadikan SEO penting. Artinya kamu bisa menggunakan SEO untuk menjangkau dan berinteraksi dengan calon pelanggan di setiap tahap.

Ini tentu bermanfaat karena memungkinkan kamu untuk menarik calon pelanggan lebih awal dan membangun kepercayaan dengan mereka seiring waktu. Secara umum, orang menggunakan jenis keyword yang berbeda di setiap tahap perjalanan pembelian. Ini jenis-jenisnya:

  1. Informational keywords (informasional): digunakan untuk mencari informasi umum. Keyword ini biasanya digunakan pada tahap awal saat seseorang mulai mencari tahu tentang suatu topik.
  2. Commercial keywords (komersial): digunakan untuk meneliti produk atau layanan. Keyword ini biasanya digunakan pada tahap pertimbangan saat seseorang sedang mengevaluasi berbagai opsi.
  3. Navigational keywords (navigasi): digunakan untuk menemukan halaman atau situs web tertentu. Biasanya digunakan pada tahap pengambilan keputusan ketika seseorang mencari informasi spesifik dari sumber tertentu.
  4. Transactional keywords (transaksional): digunakan untuk menyelesaikan tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian. Digunakan pada tahap akhir saat seseorang siap untuk melakukan transaksi.

Optimasi SEO Dapat Memperbaiki Pengalaman Pengguna

Ada banyak taktik SEO yang juga bagus dalam meningkatkan pengalaman pengguna (UX) di situs webmu. Taktik ini dapat meningkatkan rasio konversimu, yakni membuat pengguna lebih mungkin melakukan tindakan yang kamu inginkan.

Pada dasarnya, Google ingin memberi peringkat pada halaman yang memuaskan penggunanya. Jadi, kamu harus membuat konten yang mudah dipahamu dan menyenangkan bagi pengguna. Misalnya, Core Web Vitals ini mempengaruhi performamu di Google:

  • Largest Contentful Paint (LCP): waktu yang dibutuhkan untuk memuat elemen konten terbesar pada halaman.
  • Cumulative Layout Shift (CLS): mengukur seberapa banyak tata letak halaman bergeser secara tidak terduga saat dimuat.
  • Interaction to Next Paint (INP): waktu terlama yang dibutuhkan halaman untuk menampilkan konfirmasi visual dari interaksi yang berhasil, misalnya, membuka menu.

Mengoptimalkan metrik ini dapat membantu kamu untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian dan meningkatkan pengalaman pengguna di situs webmu.

Dengan demikian, pengguna cenderung lebih sering melakukan konversi, terlepas dari apakah mereka menemukan situs webmu melalui Google atau tidak.

Membantu untuk Memahami Tren Pasar

Membantu untuk Memahami Tren Pasar
Membantu untuk Memahami Tren Pasar

Riset keyword di dalam SEO dapat membantu kamu untuk memonitor apa yang sedang dicari oleh audiens targetmu. Dengan ini, kamu bisa melacak topik yang sedang naik daun atau menurun di pasarmu.

Informasi ini sangat berharga karena dapat membimbing strategi produkmu, kampanye marketing, dan keputusan lainnya yang berhubungan dengan konten. Dengan kata lain, riset keyword memungkinkan kamu untuk tetap terhubung dengan minat dan kebutuhan pasarmu secara real-time.

Untuk mengetahui tren menggunakan Google Keyword Planner, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke Google Keyword Planner melalui akun Google Ads di https://ads.google.com.
  2. Setelah masuk, pilih opsi “Discover new keywords” atau “Get search volume and forecasts” tergantung pada apa yang ingin kamu lakukan.
  3. Ketikkan keyword yang relevan dengan bisnis atau topikmu. Misalnya, jika kamu menjual produk makanan ringan, masukkan keyword terkait, seperti “makanan ringan sehat” atau “camilan rendah kalori”.
  4. Google Keyword Planner akan memberikan informasi tentang search volume bulanan untuk keyword yang kamu masukkan. Kamu juga dapat melihat tren pencarian untuk keyword tersebut selama periode waktu tertentu, seperti beberapa bulan terakhir atau tahun lalu.

Baca juga: 7 Cara Melakukan Audit SEO Melalui Langkah-langkah Praktis

Kinerja SEO Dapat Diukur dengan Jelas

Keberhasilan SEO yang dapat diukur dengan jelas menggunakan berbagai metrik yang relevan, seperti peringkat organik di halaman hasil pencarian, jumlah trafik yang diterima, dan tingkat konversi yang dicapai menjadikan SEO penting.

Melalui data ini, kamu dapat mengevaluasi kinerja kampanye SEO dan menentukan apakah ada area yang memerlukan peningkatan atau penyesuaian.

Dengan menggunakan alat SEO, kamu dapat mengakses fitur pelaporan yang terus diperbarui, di mana ia dapat memberikan kamu berbagai pandangan mendalam tentang bagaimana strategi SEO berkinerja dari waktu ke waktu.

Ini tidak hanya membantu kamu mengukur ROI dari upaya SEO, tetapi juga memberikan bukti konkret tentang nilai dan keefektifan SEO dalam mendukung tujuan bisnismu.

SEO Membantu Melindungi Reputasi Merek

SEO Membantu Melindungi Reputasi Merek
SEO Membantu Melindungi Reputasi Merek

SEO sangat berperan dalam manajemen reputasi daring (online reputation management) karena membantu kamu untuk mengontrol gambaran yang muncul ketika orang mencari merekmu.

Bayangkan jika ada informasi yang tidak akurat, seperti nomor telepon salah atau ulasan negatif, yang tersebar di internet. Tanpa menggunakan SEO, hal-hal semacam itu mungkin mendominasi hasil pencarian dan merusak citramu di mata calon pelanggan.

Dengan menggunakan strategi SEO yang tepat, kamu dapat memastikan bahwa hasil yang muncul saat pencarian mencerminkan merekmu secara positif. Ini memungkinkan kamu untuk mempertahankan reputasi yang baik dan membangun hubungan yang kuat dengan audiensmu secara online.

Dari meningkatkan visibilitas dan trafik situs web hingga memperkuat reputasi merek dan meningkatkan konversi, ini yang menjadikan SEO penting bagi merek dan bisnismu. Untuk memaksimalkan potensi ini, kamu bisa mempertimbangkan layanan dari Optimaise sebagai penyedia jasa SEO.

Dengan pengalaman dan keahlian mereka, Optimaise dapat membantu mengoptimalkan strategi SEO untuk mencapai hasil yang maksimal dalam lingkungan digital yang kompetitif saat ini. Jangan ragu untuk langsung menghubungi Optimaise untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau konsultasi mengenai jasa SEO yang ditawarkan!

Baca Juga

Optimaise