Digital MarketingSEO

7 Cara Optimasi Local SEO Ini Wajib Kamu Coba

Agung Sunarno

local seo

Search Engine Optimization atau SEO mungkin nggak terdengar asing di telingamu. Terutama, bagi kamu yang sudah mempraktekkan metode optimasi situs ini untuk websitemu.

Tapi, ada berapa banyak nih dari kamu yang mengetahui dan tahu cara mengoptimasi local seo? Sayangnya, nggak semua pengelola website paham sepenuhnya mengenai istilah tersebut.

Hal ini lumayan disayangkan, lho. Padahal, dengan menguasai teknik optimasi local seo, kamu bisa menjadikannya sebagai ujung tombak pemasaran bagi masyarakat lokal.

Nah, jika dijelaskan secara sederhana, local SEO adalah sebuah metode optimasi yang berguna banget buat menampilkan dan memasarkan sebuah situs bisnis dengan memanfaatkan metode pencarian lokal. Manfaat dari pengaplikasian SEO lokal ini juga luar biasa, lho! Yuk, cari tahu lebih lanjut di sini!

Apa itu Local SEO?

Apa itu Local SEO?
Apa itu Local SEO?

Local SEO adalah teknik untuk meningkatkan kehadiran online bisnismu agar lebih mudah ditemukan oleh orang-orang di sekitar lokasimu. Ini sangat berguna bagi bisnis yang memiliki toko fisik atau melayani area tertentu.

Melalui local SEO, bisnismu bisa lebih mudah ditemukan saat orang mencari layanan atau produk yang kamu tawarkan di wilayah mereka. Beberapa langkah utama dalam teknik ini umumnya meliputi:

  1. Mengoptimalkan Google My Business, ini berarti memastikan informasi seperti nama, alamat, dan nomor telepon bisnismu akurat dan lengkap di Google My Business. Profil yang terperinci dan sering diperbarui membantu Google memahami bisnismu dan menampilkan informasi yang relevan kepada pengguna.
  2. Cari keyword yang sering digunakan oleh orang-orang di wilayahmu saat mencari produk atau layanan yang kamu tawarkan. Misalnya, jika kamu memiliki toko roti di Bandung, keyword seperti “toko roti terbaik di Bandung” bisa sangat bermanfaat.
  3. Buat artikel, blog, atau posting media sosial yang berfokus pada acara atau berita lokal yang berkaitan dengan bisnismu. Konten ini tidak hanya menarik perhatian audiens lokal tetapi juga menunjukkan kepada mesin pencari bahwa bisnismu relevan dengan wilayah tersebut.

Dengan menerapkan teknik-teknik ini, bisnismu akan lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan di area sekitar. Mesin pencari seperti Google menggunakan berbagai sinyal, seperti konten lokal, profil media sosial, tautan, dan referensi dari situs web lain untuk menentukan relevansi bisnismu dengan pencarian lokal.

Semakin relevan dan terpercaya bisnismu di mata Google, maka semakin tinggi peluangmu muncul di hasil pencarian lokal yang dapat meningkatkan traffic ke bisnismu.

Kenapa Local SEO Penting?

Kenapa Local SEO Penting
Kenapa Local SEO Penting

Nah, sekilas kamu sudah tahu tujuan utama dari optimasi local seo. Buat pengusaha lokal atau UMKM, pemanfaatan optimasi satu ini bisa berikan efek yang besar banget, lho. Jenis SEO ini penting banget untuk membantu agar bisnismu dapat dikenali dengan mudah oleh calon pengunjung saat mereka sedang mencari sesuatu secara online.

Misalnya, seseorang ingin mencari tahu tentang rumah makan mewah terdekat dari lokasi mereka. Nah, lalu mereka mengetikkan kata kunci “restoran mewah terdekat” pada kolom pencarian Google. Hasil yang muncul adalah sebagai berikut:

Hasil pencarian local SEO
Hasil Pencarian Local SEO

Nah, rekomendasi lokasi dari Google ini yang akan membantu lebih banyak orang yang mengenali bisnismu dan mengunjungi tokomu. Pengaplikasian local seo yang tepat bisa membantu agar mesin pencari Google merekomendasikan tempatmu.

Faktanya, hampir 46% peselancar Google melakukan pencarian lokal untuk menjawab kebutuhan mereka. Dan, lebih dari 29% dari pencarian tersebut berujung pada pembelian produk maupun jasa.

Dengan menggunakan local seo, kamu bisa membantu calon pelanggan yang berada di area terdekatmu menemukan bisnismu.

Mereka juga bisa mendapatkan informasi lengkap, mulai dari jam buka toko, jenis layanan atau menu yang tersedia, hingga review pengunjung sebelumnya. Informasi selengkap itu tentunya bisa membantu pembeli untuk lebih yakin dalam menggunakan layananmu.

Perbedaan Local SEO dan SEO Biasa

Perbedaan Local SEO dan SEO Biasa
Perbedaan Local SEO dan SEO Biasa

SEO biasa dan local adalah dua pendekatan yang berbeda namun saling melengkapi untuk meningkatkan visibilitas bisnimu di mesin pencari. SEO biasa bertujuan untuk meningkatkan peringkat situs webmu secara umum di hasil pencarian, baik itu dalam skala nasional maupun global.

Ini melibatkan strategi, seperti riset keyword, pengoptimalan konten, dan memperbaiki struktur situs agar lebih mudah diindeks oleh mesin pencari. Tujuannya adalah agar situs webmu muncul di hasil pencarian yang relevan di seluruh dunia atau negara tertentu.

Di sisi lain, local SEO lebih fokus pada meningkatkan peringkat situs webmu di dalam hasil pencarian lokal, seperti ketika seseorang mencari “restoran terdekat” atau “layanan tukang ledeng di dekat saya”.

Ini melibatkan strategi yang lebih spesifik untuk menargetkan audiens lokal, seperti mengoptimalkan profil Google My Business, mendapatkan ulasan lokal, dan mencantumkan bisnismu di direktori lokal.

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan visibilitas onlinemu, SEO biasa lebih cocok untuk bisnis yang ingin menjangkau pasar yang lebih luas, sedangkan local SEO lebih cocok untuk bisnis dengan kehadiran fisik yang ingin menarik pelanggan dari area sekitar. Kombinasi dari kedua strategi ini dapat membantu bisnismu mencapai kesuksesan online yang lebih besar.

Cara Kerja Local SEO

Cara Kerja Local SEO
Cara Kerja Local SEO

Google menggunakan 3 faktor utama untuk menemukan hasil pencarian lokal yang terbaik. Faktor ini meliputi:

  1. Relevansi: seberapa erat kaitan antara bisnis yang tercantum di Google My Business dengan keyword yang digunakan oleh pencari. Misalnya, jika seseorang mencari “restoran Jepang”, maka Google akan mencari restoran Jepang yang relevan dengan keyword tersebut.
  2. Jarak: seberapa jauh lokasi bisnis dari lokasi pengguna yang sedang melakukan pencarian. Google mencoba menemukan bisnis yang berdekatan dengan pengguna agar lebih relevan dan nyaman untuk dikunjungi.
  3. Keunggulan: seberapa pentingnya suatu bisnis menurut Google bagi calon pelanggannya. Google mempertimbangkan faktor, seperti ulasan, reputasi, dan keberadaan online bisnis tersebut.

Google menampilkan 2 jenis hasil pencarian untuk pencarian lokal:

  • Hasil “local pack” yang mencakup Google Maps dan Profil Bisnis yang menampilkan daftar bisnis lokal teratas dan peta. Misalnya, jika kamu mencari “sirvice AC di Jakarta”, Google akan menampilkan local pack dengan daftar jasa servis terdekat dan peta lokasinya.
  • Hasil organik adalah hasil pencarian “normal” dengan tautan biru yang biasa kita lihat di Google. Mereka muncul di bawah local pack dan relevan dengan keyword yang kamu cari.

Meskipun pencarianmu tidak mencakup keyword lokal seperti nama kota atau negara bagian, tapi Google tetap dapat menampilkan hasil lokal jika ia yakin bahwa kamu mencari sesuatu yang relevan dengan lokasimu saat ini.

Misalnya, jika kamu berada di Miami dan mencari “toko sepatu”, maka Google mungkin akan menampilkan local pack dengan daftar toko sepatu terdekat di Miami, bahkan tanpa keyword “di Miami”.

Faktor Penting Penentu Optimasi Local SEO

Faktor Penting Penentu Optimasi Local SEO
Faktor Penting Penentu Optimasi Local SEO

Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat dari local seo. Untuk mendapatkan hasil optimasi SEO lokal terbaik, ada beberapa hal penting yang wajib kamu perhatikan, nih. Faktor-faktor tersebut adalah:

  • Google My Business Signals: Faktor pertama ini menduduki persentase yang lumayan tinggi dalam hal optimasi SEO lokal, yaitu sebesar 25.12%. Indikator dari faktor ini adalah lokasi pengguna, jenis kategori bisnis, dan kata kunci yang digunakan oleh bisnis tersebut
  • Link Signals: Faktor terbesar kedua sebesar 16.53% diduduki oleh link signals. Hal yang menentukan kategori faktor ini adalah domain authority, kuantitas dari domain, dan jenis anchor text
  • Review Signals: Faktor lainnya yang juga tak kalah berpengaruh terhadap local seo adalah review signals. Hal ini mempunyai persentase sebesar 15.44% dan dipengaruhi berdasarkan jumlah dan variasi keberagaman review
  • On-Page Signals: Faktor keempat ini punya pengaruh sebesar 13.82% terhadap hasil optimasi SEO lokal. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah penggunaan keyword dan NAP (Name, Address, Phone number) dari sebuah bisnis
  • Citation Signals: Faktor terakhir adalah citation signals yang menunjukkan konsistensi dari sebuah bisnis dalam menggunakan NAP pada berbagai platform media sosial.

Baca juga: 6 Cara Cek Ranking Website melalui Tools Termudah

Cara Mengoptimasi Local SEO secara Maksimal

Cara Mengoptimasi Local SEO secara Maksimal
Cara Mengoptimasi Local SEO secara Maksimal

Bagaimana cara mendapatkan hasil maksimal dari optimasi local seo? Yang jelas, kamu perlu memperhatikan 5 faktor yang sudah dijelaskan sebelumnya secara seksama. Untuk mempermudah, kami akan membagikan tips optimasi SEO lokal terbaik berikut ini:

Maksimalkan Penggunaan Google Bisnisku

Maksimalkan Penggunaan Google Bisnisku
Maksimalkan Penggunaan Google Bisnisku

Untuk menerapkan optimasi local seo secara maksimal, kami sarankan untuk membuat profil Google Bisnisku terlebih dulu. Alasannya sederhana! Hal ini karena lebih dari 96% pengguna internet di Indonesia masih mengandalkan mesin pencarian Google untuk menemukan informasi yang mereka cari. Jadi, peluang bisnismu ditemukan pun tentunya akan lebih besar dan efektif bila menggunakan Google.

Menggunakan Google Bisnisku juga jadi syarat agar bisnismu muncul pada bagian Google Snack Pack. Sedikit informasi, Google Snack Pack adalah fitur yang menampilkan 3 bisnis sebagai rekomendasi oleh Google karena dianggap bisnis tersebut yang paling relevan.

Lokasi dari kotak snack pack ini selalu berada di bagian teratas Google. Sehingga, akan sangat membantu pengunjung Google untuk mengklik bisnis tersebut.

Untuk mendaftarkan bisnismu melalui akun Google Bisnisku gampang banget! Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah dan mengisi formulir yang sudah tersedia. Kamu juga bisa mengupdate informasi yang ingin kamu tambahkan dengan cara mudah berikut:

  1. Pertama-tama, masuklah terlebih dulu ke profil akun Google Bisnisku
  2. Setelah itu, klik “info” yang terdapat pada menu bagian sebelah kiri
  3. Nah, kamu hanya perlu menambahkan atau mengubah informasi yang kamu inginkan. Caranya, cukup klik ikon pensil yang berada di ujung sebelah kanan dari masing-masing kategori
  4. Setelah memastikan semua sudah sesuai, klik “Terapkan” untuk menyimpan perubahanmu.

Riset Keyword

Riset Keyword
Riset Keyword

Sama seperti praktek SEO pada umumnya, optimasi local seo juga membutuhkan kombinasi kata kunci yang tepat. Nah, makanya nggak heran jika spesialis SEO berpengalaman pasti juga akan melakukan keyword research untuk memaksimalkan SEO lokal.

Kata kunci atau keyword adalah satu atau dua kata yang diketikkan oleh pengguna ke dalam kolom pencarian Google untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Nah, kamu bisa menyisipkan kata kunci tersebut ke dalam konten konten website, deskripsi Google Bisnisku, hingga untuk memperkuat strategi SEO On-Page yang kamu terapkan.

Nah, demi mempermudah riset keyword untuk local seo, ada beberapa tools yang bisa kamu pakai. Salah satu tool terbaik untuk riset kata kunci adalah Google Trends. Dengan menggunakan tool ini, kamu bisa tahu jangkauan popularitas dari keyword bisnis yang kamu pakai.

Kamu bahkan juga bisa mencari tahu daerah mana saja yang paling sering mencari kata kunci tersebut. Optimasi SEO lokalmu juga jadi makin maksimal dengan adanya fitur rekomendasi kata kunci lainnya yang berkaitan dengan keyword utama yang kamu pakai.

Bubuhkan NAP Citation

Bubuhkan NAP Citation
Bubuhkan NAP Citation

NAP adalah akronim dari Name, Address, and Phone Number, yang merupakan salah satu unsur terpenting untuk mengoptimasi local seo. Pada dasarnya, NAP adalah kutipan yang kamu berikan dengan mencantumkan nama atau merek bisnis, alamat toko atau outlet bisnismu, dan nomor telepon aktif yang bisa dihubungi calon pelanggan.

Pencantuman NAP citation ini penting banget, lho! Alasannya bukan hanya supaya pelanggan bisa lebih mudah dalam menghubungi dan menggunakan jasamu. Tapi, kutipan ini juga membantu optimasi local seo dan membuat bisnismu jadi semakin relevan melalui pencarian lokal. Semakin banyak NAP citation yang kamu sebarkan, semakin baik! Tapi, pastikan citation tersebut selaras dengan informasi yang tertulis di media promosi lainnya, ya!

Dorong Ulasan

Dorong Ulasan
Dorong Ulasan

Ulasan dan testimoni dari pelanggan adalah kunci untuk membangun kepercayaan dalam bisnismu. Mereka tidak hanya memberikan bukti sosial tentang kredibilitas bisnismu, tetapi juga memberikan keyakinan kepada calon pembeli bahwa mereka bisa mempercayai produk atau layananmu.

Konsumen sering kali membaca ulasan sebelum membeli suatu produk atau menggunakan jasa suatu bisnis. Ini karena ulasan membantu mereka mendapatkan pandangan dari pengalaman orang lain yang telah menggunakan produk atau layanan tersebut.

Google menyarankan agar kamu merespons ulasan pelanggan untuk menunjukkan bahwa kamu menghargai umpan balik mereka. Ini juga membantu memperlihatkan kepada calon pelanggan bahwa kamu peduli dengan pendapat dan pengalaman pelangganmu.

Untuk menemukan ulasan yang perlu dibalas, kamu bisa menggunakan alat seperti Listing Management Semrush. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Listing Management dan klik tab “Review Management”.
  2. Kamu akan melihat daftar ulasan pelanggan. Pilih ulasan yang ingin kamu balas.
  3. Masukkan komentarmu di kolom yang tersedia.
  4. Tekan tombol “Reply” untuk mengirim tanggapanmu.
  5. Kamu juga dapat mengurutkan ulasan berdasarkan peringkat terbaru, terlama, peringkat tertinggi, atau peringkat terendah dengan mengubah pengaturan di bagian atas tabel “Reviews”.

Ajak pelanggan untuk memberikan ulasan tentang bisnismu. Kamu dapat membuat dan membagikan tautan langsung ke halaman ulasan di Google My Business milikmu. Ini akan memudahkan pelanggan untuk menulis ulasan tentang pengalaman mereka dengan bisnismu.

Penting untuk diingat bahwa melanggar kebijakan Google dengan menawarkan atau menerima uang sebagai imbalan atas ulasan bisa berdampak buruk pada reputasi bisnismu.

Sempurnakan SEO On-Page

Sempurnakan SEO On-Page
Sempurnakan SEO On-Page

SEO On-page adalah praktik untuk mengoptimalkan setiap halaman situs webmu agar lebih mudah ditemukan dan mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian organik. Ini sangat penting, terutama dalam pemasaran lokal di mesin pencari.

Ketika halamanmu dioptimalkan dengan baik secara organik, peluangmu untuk muncul di local pack juga meningkat. Berikut adalah beberapa tips SEO On-page yang dapat membantumu:

  1. Gunakan keyword lokal pada judul halaman dan meta description. Ini membantu mesin pencari memahami bahwa halamanmu relevan dengan pencarian lokal yang dilakukan pengguna.
  2. Jika kamu memiliki beberapa lokasi bisnis, tambahkan halaman khusus untuk setiap lokasi dengan konten yang relevan dan bermanfaat bagi pengunjung lokal.
  3. Internal link antara halaman situs webmu, terutama jika relevan dengan konten, dapat membantu meningkatkan otoritas halaman tersebut dan memberikan petunjuk yang jelas kepada mesin pencari tentang topik halaman tersebut.
Bangun Backlink
Bangun Backlink

Backlink adalah tautan dari situs web lain yang mengarah kembali ke situs webmu. Mereka adalah salah satu faktor penting dalam algoritma pencarian Google, karena mereka menunjukkan bahwa situs webmu dianggap berharga oleh situs lain.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki backlink dari situs web yang relevan dan berkualitas dapat membantu meningkatkan peringkat situs webmu di dalam hasil pencarian.

Semakin relevan situs yang memberikan tautan balik ke situs webmu, maka semakin besar kemungkinanmu untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi untuk keyword tertentu.

Untuk membangun tautan lokal, kamu dapat melakukan beberapa hal, seperti:

  1. Berkomunikasi dengan bisnis lokal non-pesaing untuk mendapatkan backlink.
  2. Hubungi surat kabar dan situs web lokal untuk berbagi informasi atau cerita yang relevan dengan komunitas lokal.
  3. Mendukung dan mensponsori acara lokal, karena situs web acara sering kali akan memberikan backlink ke sponsor mereka.

Pantau dan Optimalkan

Pantau dan Optimalkan
Pantau dan Optimalkan

Peringkat keyword lokal situs webmu dapat berubah dari waktu ke waktu karena berbagai faktor. Ketika peringkatmu turun, ini dapat mengakibatkan penurunan traffic ke situs webmu yang berpotensi merugikan bisnismu.

Karena itu, penting untuk memantau kemajuanmu di dalam peringkat keyword lokal sebagai bagian dari strategi SEO. Kamu perlu melacak keyword yang kamu targetkan dan terus mengoptimalkan situs webmu untuk meningkatkan peringkatnya hingga kamu mencapai hasil yang diinginkan.

Dengan memantau dan mengoptimalkan secara teratur, kamu dapat memastikan bahwa situs webmu tetap relevan dan terlihat oleh calon pelanggan lokalmu di hasil pencarian.

Dalam menerapkan optimasi local seo, kamu memang harus meluangkan waktu untuk riset kata kunci dan strategi yang bisa jadi lumayan menguras tenaga dan waktu. Untuk solusi yang lebih praktis, kamu bisa gunakan jasa SEO dari Optimaise. Kami nggak hanya melayani optimasi SEO dalam skala luas, tetapi kamu juga bisa menggunakan jasa optimasi kami untuk mendongkrak peringkat bisnismu dalam skala pencarian lokal. Tim spesialis SEO kami akan melakukan riset dan penerapan strategi secara seksama disertai dengan laporan yang akan kamu terima secara rutin. Hasil optimasi pun bisa kamu lihat dalam jangka waktu lumayan singkat, lho! Yuk, hubungi kami sekarang juga!

[addtoany]

Baca Juga

Optimaise