“Apa target menggunakan SEO?”.
Setiap orang yang hendak mempelajari sesuatu pastinya punya target tersendiri atas ilmu yang nanti mereka dapatkan. Nah, hal yang sama pun berlaku apabila kamu ingin mempelajari SEO. Menemukan tujuan atau target yang ingin dicapai dalam pengaplikasian SEO memang penting banget. Soalnya, dengan begitu kamu pun jadi lebih optimal dalam menerapkan strategi optimasi supaya targetmu tercapai. Ternyata, target SEO ada banyak banget, lho. Yuk, simak ulasannya berikut ini!
Table of Contents
Apa Itu SEO?
Untuk menjawab pertanyaan, “apa target menggunakan SEO?” pertama-tama, kamu harus benar-benar mengenal apa itu SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah strategi optimasi website yang bertujuan membantu situs tersebut untuk mencapai rangking tinggi dan tampil pada halaman pertama Google. Dengan demikian, situs tersebut pun akan mendapatkan lebih banyak klik dan traffic.
Penerapan SEO penting banget bagi pelaku bisnis yang ingin memasarkan atau memperkenalkan jasa dan produknya secara online. Jumlah traffic yang masuk berarti semakin banyak orang yang mengenali bisnismu. Situsmu juga berpotensi mendatangkan pembeli yang tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasamu.
Karena SEO ini penting banget untuk marketing bisnismu, penerapannya nggak boleh sembarangan ya. Kamu perlu memahami bahwa ada teknik khusus untuk membuat SEO pada situsmu menjadi lebih kuat. Langkah-langkah optimasi SEO pada umumnya terdiri dari riset dan pemilihan keyword, optimasi konten, dan optimasi struktur website. Namun, sebelum itu penting banget untuk mengetahui apa target menggunakan SEO.
Apa Target Menggunakan SEO?
Mengetahui apa target menggunakan SEO memang wajib kamu ketahui terlebih dulu sebelum menyusun strategi optimasi. Soalnya, target optimasi itu akan mempengaruhi penyusunan strategi dan hasil SEO tersebut. Yuk, simak beberapa target dari pengaplikasian SEO berikut ini.
Apa Target Menggunakan SEO: Peningkatan Traffic Situs Secara Organik
Nah, salah satu target dari pengaplikasian SEO adalah supaya situs yang kamu kelola mendapatkan traffic secara organik. Traffic organik terjadi secara alami yaitu dengan memanfaatkan struktur website dan konten yang ramah terhadap pengunjung. Berbeda dengan paid traffic dimana kamu harus membayar Google untuk mendapatkan posisi di halaman pertama mesin pencari.
Praktek SEO untuk meningkatkan traffic website ini bisa kamu lakukan dengan beberapa cara. Salah satunya yang pasti adalah kamu perlu membuat konten yang enak dibaca dan relevan dengan keyword utama. Selain itu, konten tersebut juga harus bisa memenuhi search intent pengguna dan memiliki backlink berkualitas.
Apa Target Menggunakan SEO: Meningkatkan Penjualan
Apa target menggunakan SEO bagi para penjual? Yup, salah satunya adalah untuk meningkatkan penjualan. Sekarang, media promosi nggak hanya terbatas pada iklan di televisi saja, lho. Kamu juga bisa membuat situs bisnis atau blog untuk memasarkan produkmu. Nah, penerapan SEO yang tepat bisa membantu situsmu naik ke halaman pertama Google dan mendapatkan banyak pengunjung.
Potensi konversi dari leads ke konsumen tetap pun sangat besar, apalagi kebanyakan orang akan memilih berbelanja di situs yang muncul pertama kali di halaman Google. Ini karena mereka percaya bahwa toko online atau situs tersebut pasti terpercaya dan menjual barang-barang yang berkualitas.
Apa Target Menggunakan SEO: Meningkatkan Kredibilitas Situs
Dalam pemasaran online pun, kredibilitas sebuah bisnis bisa kamu tingkatkan melalui SEO, lho! Seperti yang diulas di atas, seseorang akan lebih berminat untuk berbelanja online di toko atau situs yang berada pada halaman pertama Google. Apalagi, jika konten di dalam situs tersebut relevan dan memiliki ulasan dan deskripsi yang jelas. Hal ini bisa meningkatkan otoritas dari situs tersebut dan membuat potensi konversi leads ke konsumen menjadi lebih besar.
Meningkatkan Brand Awareness
Apa target menggunakan SEO selanjutnya? Tak lain dan tak bukan adalah untuk meningkatkan brand awareness. Buat kamu yang punya bisnis baru atau meluncurkan produk terbaru, strategi SEO bisa kamu pakai untuk meningkatkan brand awareness di kalangan masyarakat.
Dengan berada di halaman pertama Google, situs atau blog-mu pun akan semakin banyak dilihat dan dikunjungi oleh banyak orang. Mereka pun akan mengenal produk yang kamu tawarkan beserta manfaatnya. Di sinilah kamu perlu menyajikan konten yang menarik dan informatif, sehingga pembaca pun akan lebih tertarik untuk membeli produk atau jasamu.
Baca juga: Apa Itu SEO, Teknik dan 5 Tips Optimasi Terbaik
5 Cara Kerja Optimasi SEO
Setelah tahu apa target menggunakan SEO, sekarang saatnya kamu mengetahui tentang cara kerja SEO itu sendiri. Dengan memahami alur kerja SEO, kamu pun bisa menerapkan strategi SEO yang efektif. Hal ini jugalah yang dilakukan oleh agensi penyedia jasa SEO yang berkualitas. Nah, bagaimana sih sistem kerja dari SEO?
Crawling
Setelah mengetahui apa target menggunakan SEO, sekarang saatnya kamu tahu apa itu crawling. Crawling adalah program bot dari Google yang bertugas untuk menjelajahi dan mengumpulkan informasi dari berbagai situs dan blog pada platform pencarian tersebut. Bot ini juga melakukan penilaian terhadap sebuah konten. Proses crawling ini membantu mesin pencari dalam memahami isi dan struktur konten pada website tersebut.
Indexing
Setelah proses crawling selesai, data yang diperoleh akan dikumpulkan dan melalui proses indexing. Memahami proses ini juga penting banget bagi kamu yang ingin mewujudkan apa target menggunakan SEO. Indexing meliputi proses pengelolaan data, terutama pada bagian kata kunci, meta diskripsi, hingga tautan backlink yang ada di halaman situs tersebut. Proses indexing ini membantu search engine menemukan konten yang sesuai saat seseorang mengetikkan kata kunci tersebut.
Ranking
Apa target menggunakan SEO? Sudah pasti target utamanya adalah untuk meningkatkan ranking. Dalam optimasi website, ranking adalah peringkat yang menentukan urutan dari berbagai website. Urutan ini ditentukan berdasarkan hasil perhitungan algoritma kompleks dari mesin pencari. Beberapa faktor yang berperan penting dalam penetapan rangking ini antara lain adalah penempatan intensitas kata kunci, kualitas konten yang kamu sajikan, dan pastinya otoritas dari situsmu. Strategi SEO diterapkan untuk memperkuat tiga aspek tersebut supaya Google menampilkan situsmu pada halaman pertamanya.
Perhitungan Relevansi
Nggak cuma dari segi keyword saja, tapi Google juga menilai situsmu dari relevansi konten. Konten tersebut harus relevan dan sesuai dengan keyword yang kamu gunakan. Konten yang berkualitas tentunya juga harus didukung dengan keyword yang tepat dan backlink yang baik. Kalau kamu memilih menggunakan jasa SEO, pastikan jasa tersebut menawarkan 3 aspek penting ini. Sehingga, Google akan menilai situsmu relevan dan meningkatkan otoritas dan peringkatnya.
Pengambilan Hasil
Tahap terakhir adalah retrieving result, atau pengambilan hasil. Ya, setelah mesin pencari melakukan pengurutan peringkat berdasarkan relevansi dan unsur lainnya, maka mereka akan menampilkan situs dengan relevansi paling tinggi di halaman pertama. Nah, inilah yang wajib menjadi apa target menggunakan SEO yang paling utama.
Itulah beberapa ulasan mengenai apa target menggunakan SEO beserta dengan cara kerja optimasi situs yang dilakukan Google. Dengan menggunakan informasi di atas, tentunya kamu pun jadi lebih paham dan bisa mempraktekkan optimasi situs secara lebih maksimal. Jika kamu membutuhkan bantuan dari jasa agensi digital, pastikan kamu mempercayakannya pada Optimaise.
SEO specialists kami yang berpengalaman punya strategi optimasi situs terbaik untuk membantu websitemu naik ke halaman pertama Google. Strategi Optimaise meliputi riset dan pemilihan keyword berkualitas, konten berbobot dan informatif, serta backlink dofollow yang dapat membantu kamu mencapai apa target menggunakan SEO. Segera hubungi CP yang tertera untuk mendapatkan harga spesial!