Digital MarketingSEOWebsite

10 Rekomendasi Chrome Extension untuk SEO dan Analisis Web

Tiara Motik

10 Rekomendasi Chrome Extension untuk SEO dan Analisis Web

Jika biasanya kamu perlu mengakses setiap alat SEO melalui situs webnya masing-masing, kini kamu dapat mengumpulkan semua informasi penting dalam satu tempat yang praktis. Dengan menggunakan Chrome Extension, kamu tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga meningkatkan efisiensi kerjamu.

Ekstensi ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan data dan analisis secara langsung saat menjelajahi halaman web ataupun halaman hasil pencarian, sehingga kamu dapat membuat keputusan yang lebih cepat.

Artikel ini akan memperkenalkan kamu pada beberapa Chrome Extension yang dapat membantu mengubah caramu melakukan analisis dan optimasi situs web.

Chrome Extension SEO Gratis dan Berbayar

Chrome Extension SEO Gratis dan Berbayar
Chrome Extension SEO Gratis dan Berbayar

Meskipun Chrome Extension khusus untuk SEO masih belum begitu populer digunakan, keberadaannya semakin menunjukkan potensi luar biasa dalam membantu para profesional dan pemilik situs web dalam mengoptimalkan performa online mereka.

Baik yang gratis maupun berbayar, ekstensi ini menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan analisis, pengelolaan tautan, dan pengoptimalan konten. Pada bagian ini, terdapat beberapa Chrome Extension SEO yang patut untuk kamu coba.

SEOTesting

SEOTesting
SEOTesting

SEOTesting merupakan salah satu Chrome Extension yang dirancang untuk mempermudah tugas harianmu terkait on-page SEO. Dengan meng-klik judul, kamu dapat langsung menggulir ke elemen tertentu di halaman, dan saat kamu mengarahkan kursor, maka elemen tersebut akan disorot.

Ini adalah beberapa fitur utama dari ekstensi ini:

  1. Memungkinkan kamu untuk melihat search query yang paling mengarahkan pengunjung ke halaman tersebut.
  2. Menyediakan grafik yang jelas mengenai jumlah klik, tayangan, posisi rata-rata, dan click through-right (CTR).
  3. Memberikan informasi mengenai tes SEO yang sedang berlangsung untuk halaman tersebut.
  4. Memudahkan kamu untuk mengakses laporan dari SEOTesting tanpa perlu membuka dasbor terpisah.

Ekstensi ini juga memungkinkan kamu untuk mengakses data dari Google Search Console langsung saat menjelajah, sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memeriksa informasi halaman secara manual.

Baca juga: Ketahui 4 Penyebab Duplicate Content dan Cara Mengatasinya

Bahkan jika kamu tidak memiliki akun SEOTesting, ekstensi ini tetap menawarkan fitur bermanfaat, seperti:

  1. Deteksi canonical URL dan meta robot
  2. Jumlah kata halaman
  3. Jumlah tautan
  4. Jumlah gambar
  5. Struktur judul
Racoon SEO Link Checker
Racoon SEO Link Checker

Racoon SEO Link Checker adalah Chrome Extension gratis yang dirancang untuk membantu kamu melacak dan mengelola tautan dengan mudah, semuanya dalam satu jendela peramban.

Dengan Chrome Extension ini, kamu dapat menemukan semua tautan di halaman web dan menilai kesehatan setiap tautan. Ini mencakup informasi penting, seperti apakah tautan tersebut terindeks, menggunakan atribut yang tepat, atau status indexing.

Saat ekstensi aktif, kamu dapat melakukan beberapa hal ini:

  1. Mengetahui jenis atribut tautan, seperti dofollow, nofollow, atau sponsored.
  2. Mencari noindex meta tags yang mengindikasikan bahwa halaman tidak boleh diindeks.
  3. Memeriksa status indexing tautan melalui X-Robots-Tag headers.
  4. Memastikan bahwa tautanmu muncul di dalam hasil pencarian Google.
  5. Langsung menuju tautan yang terdeteksi dengan mudah.
  6. Menyalin informasi tautan ke clipboard untuk digunakan di tempat lain.
  7. Memilih domain mana yang ingin kamu analisis atau kecualikan dari pemeriksaan.
  8. Menghasilkan laporan yang berisi data penting tentang tautan ke Google Sheets untuk analisis lebih lanjut.

Menggunakan Racoon SEO Link Checker akan menghemat waktumu dalam memeriksa tautan secara manual, sehingga membuat pengelolaan tautan menjadi lebih efisien dan terorganisir.

Keyword Surfer

Keyword Surfer
Keyword Surfer

Keyword Surfer adalah alat yang memungkinkan kamu melihat search volume dan cost-per-click (CPC) untuk keyword langsung di hasil pencarian Google (SERP). Ia menyediakan data search volume dari lebih dari 70 negara, termasuk Indonesia.

Saat kamu melihat SERP, Keyword Surfer akan menampilkan informasi penting, seperti perkiraan trafik suatu situs, jumlah kata di halaman, serta jumlah kecocokan yang tepat dengan kueri tersebut.

Menariknya, alat ini juga akan memberi tahu kamu jika Google telah menulis ulang judul halaman, yang semakin sering terjadi belakangan ini. Fitur ini sangat berguna untuk mengikuti tren terbaru di mana Google sering mengubah title tag, membuat Keyword Surfer menjadi sangat berharga.

Di sisi kanan halaman hasil pencarian, kamu akan melihat widget Keyword Surfer yang membantu kamu menemukan ide keyword baru, menunjukkan seberapa relevan kata-kata tersebut dengan kueri yang sedang kamu cari, serta menampilkan volume pencariannya.

Ini membuat kamu juga bisa dengan cepat menyimpan ide keyword ke clipboard dengan menekan ikon bintang sebagai referensi nantinya.

SimilarWeb

SimilarWeb
SimilarWeb

Ekstensi SimilarWeb sangat berguna untuk melakukan riset kompetitor dan dapat digunakan bersamaan dengan SimilarSites untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam mengenai situs web lain.

Sebagai salah satu Chrome Extension, SimilarWeb memberikan informasi penting tentang metrik situs web, seperti ini:

  1. Jumlah pengunjung yang mengakses situs dalam sebulan.
  2. Persentase pengunjung yang meninggalkan situs setelah hanya melihat satu halaman.
  3. Waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung di situs web.
  4. Posisi situs di antara situs-situs lain di seluruh dunia.
  5. Negara mana saja yang paling banyak mengunjungi situs tersebut.
  6. Detail tentang dari mana trafik situs berasal, termasuk pencarian, direct, sosial, email, iklan, dan referrals.

Chrome Extension ini sepenuhnya gratis, tetapi kamu perlu bergabung dengan jaringan kontributor mereka. Ini berarti kamu akan berbagi informasi tentang situs yang kamu kunjungi menggunakan SimilarWeb.

Schema Builder

Schema Builder
Schema Builder

Schema Builder adalah alat yang memungkinkan kamu untuk melihat schema markup di halaman webmu. Ekstensi ini tidak hanya membantu kamu menulis skema baru, tetapi juga memvalidasi skema yang sudah ada di halaman, sehingga kamu dapat dengan mudah memperbaiki kesalahan yang mungkin ada.

Dengan Schema Builder, kamu dapat dengan cepat menggunakan dan menguji markup hanya dengan mengklik tombol. Google extension ini sangat berguna ketika kamu perlu menambahkan data terstruktur ke toko e-commercemu.

Selain itu, saat kamu menguji dan menerapkan markup, Chrome Extension ini juga akan menampilkan persyaratan dan rekomendasi yang diperlukan, sehingga kamu bisa memastikan semuanya sesuai standar.

View Rendered Source

View Rendered Source
View Rendered Source

View Rendered Source adalah Chrome Extension yang menunjukkan bagaimana browser menampilkan suatu halaman dibandingkan dengan kode sumber aslinya.

Ekstensi ini sangat berguna bagi praktisi SEO untuk memahami tampilan Document Object Model (DOM) dan apa yang dilihat oleh mesin pencari.

Dengan informasi ini, kamu dapat menemukan kesalahan sebelum Google melakukannya. Jika tidak, Google mungkin mengindeks versi halaman yang tidak ditampilkan dengan benar.

Kesalahan yang dimaksud biasanya terjadi akibat JavaScript saat tahap rendering, seperti hilangnya title dan meta description, meskipun kamu sudah mengaturnya di Content Management System (CMS). View Rendered Source membagi tampilan kode menjadi 3 bagian ini:

  1. Raw: kode sumber HTML yang biasanya dapat kamu lihat saat memilih opsi “View Source” di browser.
  2. Rendered: versi halaman yang ditampilkan di browser saat ini, termasuk modifikasi yang dibuat oleh JavaScript.
  3. Difference: menunjukkan perubahan yang dibuat oleh JavaScript antara kode sumber mentah dan versi yang telah dirender.
Link Redirect Trace
Link Redirect Trace

Link Redirect Trace (LRT) adalah Chrome Extension yang membantu kamu mendiagnosis dan menganalisis kesalahan redirecting pada halaman web.

Apa yang membedakan LRT dari alat sejenis lainnya adalah kemampuannya untuk tidak hanya menunjukkan kesalahan, tetapi juga memberikan saran tentang cara memperbaikinya dan menjelaskan dampak kesalahan tersebut terhadap situs webmu.

Chrome Extension ini dapat mendeteksi jumlah pengalihan yang terjadi untuk halaman yang sedang kamu kunjungi, serta kode HTTP yang digunakan untuk setiap redirect.

Selain itu, LRT juga memberi tahu jika crawling situs webmu diblokir oleh file robots.txt, mendeteksi penggunaan canonical tag dan meta robots tags, serta menampilkan data raw HTTP header. Apalagi, semua fitur ini tersedia secara gratis tanpa perlu membuat akun.

SEOQuake

SEOQuake
SEOQuake

SEOQuake termasuk ke dalam Chrome Extension yang cukup populer dan dapat digunakan secara gratis atau dengan akun berbayar Semrush untuk mengakses fitur lebih lengkapnya.

Dengan akun berbayar, kamu bisa mendapatkan laporan backlink yang lebih mendalam dan data trafik, sehingga kamu bisa memanfaatkan semua fitur ekstensi ini dengan lebih efektif.

Kamu bisa menggunakan analisis dari SEOQuake untuk dengan cepat mendiagnosis halaman web. Ini adalah beberapa hal yang dapat kamu temukan:

  1. Jumlah tautan, seperti internal, external, dan nofollow.
  2. Canonical tag yang digunakan di halaman.
  3. Gambar yang tidak memiliki ALT text.
  4. Status file robots.txt dan XML sitemap.
  5. Kata atau frasa yang paling sering digunakan, seperti long-tail keyword serta kepadatannya.

Di hasil pencarian Google, SEOQuake menampilkan kotak informasi di bawah setiap hasil yang menunjukkan jumlah halaman yang diindeks untuk domain tersebut serta jumlah backlink yang dimiliki. Selain itu, terdapat tombol untuk mengekspor data di sisi kiri hasil pencarian.

Ekstensi ini juga menyediakan “SEO bar” saat kamu menjelajah menggunakan browser, yang menampilkan metrik domain serupa dengan yang ada di hasil pencarian Google.

Lighthouse

Lighthouse
Lighthouse

Lighthouse adalah alat dari Google yang digunakan untuk mengevaluasi berbagai aspek sebuah situs web, termasuk kinerja, aksesibilitas, praktik terbaik, SEO, dan kepatuhan terhadap progressive web apps (PWA).

Untuk menggunakan Lighthouse, kamu hanya perlu mengunjungi halaman yang ingin dianalisis dan kemudian menekan ikon ekstensi. Setelah itu, kamu akan menerima laporan yang merinci hasil analisis.

Lighthouse memberikan penilaian untuk setiap kategori dengan skor dari 0 hingga 100, lengkap dengan audit yang berhasil dan rekomendasi untuk perbaikan.

Salah satu bagian yang paling banyak diperhatikan oleh profesional SEO adalah kinerja, yang berfokus pada metrik Core Web Vitals (CWV). Selain itu, skor untuk kategori “SEO” juga sangat penting karena membantu pengguna menemukan masalah yang mungkin ada di situs mereka.

Baca juga: 2 Cara Mudah Memanfaatkan Google Autocomplete untuk Riset

Web Vitals

Web Vitals
Web Vitals

Web Vitals juga merupakan ekstensi open source yang dikembangkan oleh tim Google Chrome untuk mengevaluasi kinerja situs web di browser saat ini. Alat ini fokus pada beberapa metrik penting yang merupakan bagian dari Web Vitals, yaitu:

  1. Largest Contentful Paint (LCP): mengukur waktu yang diperlukan untuk menampilkan elemen konten terbesar di halaman.
  2. Cumulative Layout Shift (CLS): mengukur seberapa banyak tata letak halaman bergerak selama dimuat.
  3. First Input Delay (FID): mengukur waktu yang dibutuhkan situs untuk merespons interaksi pengguna pertama, seperti klik atau ketukan.
  4. Time to Interactive (TTI): mengukur waktu yang diperlukan agar halaman dapat sepenuhnya interaktif bagi pengguna.

Ekstensi Web Vitals memberikan umpan balik langsung tentang kesehatan situs webmu, dan data yang ditampilkan biasanya sejalan dengan laporan yang ada di alat Google lainnya, seperti Google Search Console atau Page Speed Insights.

Memanfaatkan alat-alat ini adalah langkah penting dalam meningkatkan kehadiran onlinemu, tetapi untuk hasil yang maksimal, dukungan dari ahli juga sangat diperlukan.

Di sinilah Optimaise berperan sebagai Digital Marketing Agency di Malang, siap membantu kamu dengan jasa SEO dan jasa pembuatan website yang profesional. Bersama Optimaise, kamu dapat mengoptimalkan potensi situs webmu dan mencapai tujuan bisnis secara efektif. Segera hubungi Optimaise untuk mendapatkan solusi digital yang sesuai dengan kebutuhanmu!

[addtoany]

Baca Juga

Optimaise