Digital MarketingSEO

6 Teknik Healthcare SEO yang Cocok untuk Diterapkan dalam Industri Kesehatan

Deric

6 Teknik Healthcare SEO yang Cocok untuk Diterapkan dalam Industri Kesehatan

Ketika pasien mencari solusi kesehatan secara online, persaingan untuk muncul di hasil pencarian semakin ketat. Bagaimana caramu memastikan bahwa klinik atau praktik kesehatanmu muncul di layar mereka?

Kabarnya, tidak semua strategi SEO cocok untuk industri ini. Lalu bagaimana? Tak perlu risau! Di dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa strategi healthcare SEO yang sangat relevan untuk sektor kesehatan.

Simak terus untuk menemukan cara-cara yang dapat kamu terapkan untuk memperkuat kehadiran digitalmu di industri kesehatan!

Tantangan yang Dihadapi Healthcare SEO

Tantangan yang Dihadapi Healthcare SEO
Tantangan yang Dihadapi Healthcare SEO

Sebenarnya dasar-dasar SEO yang biasa kamu pelajari, seperti di mana kamu harus menghasilkan konten berkualitas, mendapatkan backlink, dan memastikan situs webmu bebas dari masalah teknis berlaku untuk semua jenis industri dan bisnis.

Tapi, untuk SEO di dalam industri kesehatan memiliki beberapa tantangan khusus, seperti ini:

  1. Keyword populer sering dikuasai oleh merek-merek besar internasional.
  2. Banyak bisnis kesehatan hanya melayani wilayah lokal tertentu.
  3. Google mengharapkan konten medis ditinjau oleh profesional kesehatan yang ahli.
  4. Ada aturan dan regulasi ketat yang mengatur cara penyebaran informasi medis.
  5. Perusahaan perawatan kesehatan sering harus memasarkan produk atau layanan mereka kepada berbagai kelompok, termasuk pasien, bisnis, dan dokter, sekaligus.

Baca juga: 12 Cara Mudah Cek Competitor Website Traffic yang Organik dan Berbayar

Strategi Healthcare SEO untuk Bisnis Bidang Kesehatan

Strategi Healthcare SEO untuk Bisnis Bidang Kesehatan
Strategi Healthcare SEO untuk Bisnis Bidang Kesehatan

SEO khusus untuk sektor kesehatan bisa menjadi alat yang sangat efektif dalam menghubungkan pasien dengan layanan yang mereka butuhkan.

Kamu perlu akan mengeksplorasi strategi healthcare SEO yang khusus dirancang untuk sektor kesehatan agar bisa membantu kamu memahami bagaimana cara meningkatkan visibilitas, menarik lebih banyak pasien, dan membangun kepercayaan online.

Utamakan EEAT

Utamakan EEAT
Utamakan EEAT

Membuat konten adalah elemen kunci di dalam marketing perawatan kesehatan, tetapi banyak topik medis termasuk di dalam kategori yang disebut Google sebagai YMYL atau “Your Money or Your Life” yang diartikan dengan Uangmu atau Hidupmu.

Untuk topik yang dapat mempengaruhi kesehatan, keuangan, atau keselamatan seseorang secara signifikan, Google lebih memilih konten yang menunjukkan keahlian, pengalaman, otoritas, dan kepercayaan yang jelas, yang dikenal sebagai EEAT.

Dalam praktiknya, ini berarti bahwa sebagian besar konten medis yang mendapatkan peringkat tinggi di Google telah ditinjau oleh ahli medis. Misalnya, beberapa hasil teratas di SERP untuk perawatan ruam kulit menunjukkan hal ini:

  1. Healthline menyertakan biografi penulis dan pengulas medis di setiap artikel.
  2. Halodoc menyertakan dokter sebagai pengulas disertai dengan referensinya di setiap artikel.
  3. Alodokter menyertakan dokter sebagai pengulas lengkap dengan referensi yang berasal dari jurnal untuk setiap artikelnya.
  4. Siloam Hospital menyediakan artikel-artikel yang ditulis langsung oleh tim medis mereka.

Jika proses membuat ratusan artikel dan menempatkannya di bawah tinjauan medis yang ketat terdengar rumit. Berikut ini adalah beberapa cara para ahli mengatasinya.

Kelompokkan Konten

Dari penjelasan sebelumnya, kamu mungkin akan berpikir bahwa semua konten medis harus ditulis oleh ahli medis, tetapi ternyata sebagian besar artikel sebenarnya juga ditulis oleh penulis tanpa latar belakang medis atau bahkan dibuat menggunakan AI.

Untuk banyak topik medis, cukup mudah menemukan informasi yang objektif dan akurat. Dengan menambahkan wawancara dengan profesional kesehatan dan menyertakan referensi medis yang tepat, penulis biasa bisa menghasilkan konten SEO yang memadai.

Namun, untuk topik yang lebih rumit atau yang memerlukan informasi terbaru, dibutuhkan riset yang lebih mendalam dan kerjasama dengan penulis yang memiliki keahlian medis. Kamu bisa membagi konten yang menjadi dua kelompok ini:

  1. Topik pengetahuan umum (-/+ 70% dari semua artikel): untuk topik dengan banyak informasi yang sudah tersedia, kamu bisa bekerja sama dengan agensi content marketing.
  2. Topik yang lebih kompleks atau terbaru (-/+ 30% dari semua artikel): untuk topik yang membutuhkan penelitian mendalam, seperti mpox, kamu bisa bekerja sama dengan penulis medis spesialis. Saat menulis tentang mpox, kamu bisa melibatkan empat profesional medis untuk memberikan masukan.

Bekerjasama dengan Pakar Sebagai Reviewer

Para SEO expert biasanya menggunakan dua pendekatan berbeda untuk mendapatkan pengulas medis mereka, seperti ini:

  1. Pakar internal: meminta agar konten ditinjau oleh “karyawan internal yang berinteraksi langsung dengan anggota.” Ini bisa termasuk terapis fisik, peninjau medis, atau peninjau klinis, tergantung pada topik yang dibahas.
  2. Freelance: karena tidak memiliki tim ahli internal, mereka biasanya membangun jaringan dokter lepas melalui Upwork. Mereka biasanya adalah dokter dan profesional medis berlisensi.

Tapi, penting untuk memastikan pengulas medismu memiliki asuransi ganti rugi. Di banyak negara, dokter bertanggung jawab kepada regulator medis. Begitu mereka mencantumkan nama mereka pada sebuah artikel, mereka bertanggung jawab atas saran yang diberikan.

Tinjau Keakuratan Konten

Pengulas atau peninjau medis perlu memastikan kontenmu akurat dan memberikan saran perbaikan jika diperlukan. Ini sering kali melibatkan hal-hal seperti:

  1. Mengoreksi kesalahan dan informasi yang keliru. Misalnya, penggunaan istilah medis yang tidak tepat.
  2. Menambahkan konteks atau informasi tambahan, seperti detail lebih lanjut tentang gejala atau metode pengobatan.
  3. Mengubah bahasa agar lebih netral, menghindari ungkapan seperti “perawatan terbaik” atau “dijamin berhasil”.

Ikut Sertakan Peninjau di dalam Publikasi

Penting untuk membuat tinjauan medis mudah dimengerti oleh pembaca dan mesin pencari. Berikut adalah 3 langkah terbaik yang bisa kamu lakukan:

  1. Tambahkan biografi pengulas yang jelas dan sederhana di setiap artikel, termasuk foto, nama, kualifikasi, dan bidang spesialisasi medis mereka.
  2. Tautkan ke halaman khusus pengulas, yang menampilkan kredensial dan pengalaman mereka, serta tautan ke sumber relevan lainnya di internet.
  3. Gunakan data skema yang sesuai untuk penulis dan pengulas, tapi kita akan bahas ini lebih lanjut nanti.

Awali dengan Menargetkan Keyword Persaingan Rendah dalam Healthcare SEO

Awali dengan Menargetkan Keyword Persaingan Rendah dalam Healthcare SEO
Awali dengan Menargetkan Keyword Persaingan Rendah dalam Healthcare SEO

Semua orang yang saya ajak bicara menghadapi tantangan yang sama, yakni SEO di bidang medis didominasi oleh beberapa merek internasional yang sangat terkenal, seperti Cleveland Clinic, Healthline, WebMD, NHS, dan Mayo Clinic.

Dengan kekuatan link profile dan pengenalan merek mereka, perusahaan-perusahaan ini biasanya mendominasi sebagian besar hasil pencarian terkait kesehatan.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa memilih untuk fokus pada long-tail keyword dengan persaingan rendah terlebih dahulu, sebelum secara perlahan beralih ke keyword yang lebih kompetitif setelah mereka mulai melihat hasil yang positif.

Kamu bisa menemukan keyword ini dengan mudah menggunakan Ahrefs. Sebagai contoh, short-tail keyword seperti “headache” memiliki 121.000 pencarian per bulan dan tingkat keyword difficulty yang sangat tinggi.

Mungkin sulit bagi sebagian besar perusahaan untuk menembus 3 peringkat teratas untuk keyword ini, tetapi kita bisa menggunakan Keyword Magic Tool Semrush atau fitur Istilah terkait di Keyword Explorer Ahrefs untuk menemukan variasi yang lebih sedikit persaingannya dan lebih mungkin untuk ditargetkan.

Untuk meningkatkan peluang peringkat, kamu juga bisa menggunakan filter Lowest DR. Dalam gambar di bawah, pencarian telah dibatasi hanya pada keyword yang memiliki situs web dengan Lowest DR, di bawah 30 yang berada di peringkat 5 teratas.

Bangun Topic Clusters dalam Healthcare SEO

Bangun Topic Clusters dalam Healthcare SEO
Bangun Topic Clusters dalam Healthcare SEO

Kerangka kerja topic clusters adalah metode untuk mengorganisir dan menautkan artikel yang saling berkaitan di sebuah situs web. Dengan kerangka ini, pengunjung dan mesin pencari bisa dengan mudah menjelajahi konten yang relevan hanya dengan satu klik.

Apalagi layanan kesehatan “secara alami cocok” dengan pendekatan klaster topik ini. Setiap kondisi medis biasanya memiliki serangkaian pertanyaan serupa dari pasien, sehingga membuatnya lebih mudah untuk menggunakan pola konten yang serupa untuk berbagai kondisi medis.

Untuk sebagian besar kondisi medis, kamu bisa membagi konten ke dalam 3 kelompok topik ini:

  1. Pra-intervensi: mencakup pertanyaan yang sering ditanyakan orang sebelum menjalani perawatan atau operasi, seperti:
    • Diagnosis: apakah saya perlu memasang kawat gigi?
    • Pilihan pengobatan: jenis kawat gigi mana yang paling baik?
    • Biaya: berapa biaya memasang kawat gigi?
    • Gambar: bagaimana penampilan proses pemasangan kawat gigi?
    • Hasil: berapa lama proses pemasangan kawat gigi berlangsung?
  2. Intervensi: mencakup pertanyaan tentang perawatan atau operasi itu sendiri, seperti:
    • Anestesi: apakah saya akan sadar selama proses pemasangan kawat gigi?
    • Durasi: berapa lama proses pemasangan kawat gigi berlangsung?
  3. Pasca-intervensi: mencakup pertanyaan yang muncul setelah perawatan, seperti:
    • Masa pemulihan: berapa lama waktu proses pemulihan pasca pemasangan kawat gigi?
    • Kecemasan: apakah pemasangan kawat gigi akan membuat gusi saya terasa sakit?
    • Aktivitas: berapa lama saya bisa mengunyah secara normal setelah memasang kawat gigi?

Kamu bisa menggunakan Semrush atau Ahrefs untuk meneliti dan menemukan kelompok topik ini. Jika kamu menggunakan Ahrefs, cukup masukkan kondisi medis atau topik yang ingin kamu jelajahi ke dalam Keyword Explorer. Klik laporan “Matching terms” untuk melihat keyword yang mirip, lalu pilih “Question” untuk menemukan keyword yang berbentuk pertanyaan.

Dengan menggunakan fitur “Clusters by Parent Topic“, kamu bisa mengelompokkan keyword ini ke dalam kelompok yang lebih kecil.

Baca juga: Apakah Menolak Toxic Backlinks Selalu Diperlukan? Ketahui 3 Hasil Uji Coba Ini

Terapkan Link Building
Terapkan Link Building

Backlink adalah bagian penting dari strategi SEO yang sukses dan ini juga berlaku untuk SEO di bidang perawatan kesehatan.

Jika kamu merasa kurang nyaman dengan ide melakukan penjangkauan yang terasa “curang” untuk perusahaan perawatan kesehatan, jangan khawatir! Perusahaan di bidang ini memiliki keunggulan khusus yang membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Banyak perusahaan perawatan kesehatan memiliki hubungan erat dengan badan pemerintah, organisasi amal, dan lembaga pendidikan. Hubungan ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan tautan dari domain .gov dan .edu yang memiliki otoritas tinggi.

Dengan melihat profil backlink mereka, kamu bisa mengidentifikasi beberapa strategi yang mudah diadaptasi dan cocok untuk berbagai jenis perusahaan perawatan kesehatan ini:

  1. Minta praktisimu untuk berbicara di konferensi: misalnya, jika praktisi kamu berpartisipasi dalam acara seperti Konferensi Kesehatan mental, mintalah penyelenggara acara untuk menyertakan tautan ke situs webmu.
  2. Bagikan program sukarelawan atau klub sosialmu dengan pemerintah setempat: sebagai contoh, bagikan kegiatan sosial atau program sukarelawan perusahaan dengan pemerintah setempat.
  3. Daftar di direktori pemerintah: mintalah agar perusahaamu terdaftar di direktori pemerintah.
  4. Publikasikan makalah penelitian: jika perusahaanmu terlibat dalam penelitian, publikasikan hasilnya di jurnal atau organisasi terkait dan sertakan nama perusahaanmu di bagian penulis.
  5. Bekerjasama dengan lembaga lain: kamu juga bisa berkolaborasi dengan institusi lain, misalnya dalam penelitian bersama dengan Universitas Indonesia dan pastikan perusahaanmu disebutkan di dalam laporan tersebut.

Manfaatkan Local SEO untuk Menjangkau Pasien

Manfaatkan Local SEO untuk Menjangkau Pasien
Manfaatkan Local SEO untuk Menjangkau Pasien

Banyak organisasi layanan kesehatan adalah bisnis lokal yang memiliki lokasi fisik. Untuk menarik perhatian di wilayah tertentu, kamu perlu menerapkan local SEO.

Ada 3 strategi utama local SEO yang sangat penting bagi perusahaan di bidang layanan kesehatan yang bisa kamu terapkan.

Optimalkan Google My Business

Sebagian besar pencarian lokal menampilkan “map pack”, yakni daftar bisnis lokal teratas di area tertentu. Untuk berpeluang tampil di hasil ini, kamu perlu mengklaim dan mengoptimalkan profil Google My Business (GMB) bisnismu.

Setelah kamu mengklaim profilmu buka https://www.google.com/business/ dan klik “Manage now”, isilah sebanyak mungkin informasi yang relevan, seperti:

  1. Nama bisnis atau praktik
  2. Alamat
  3. Nomor telepon
  4. Situs web
  5. Jenis bisnis, lebih spesifik lebih bagus, misalnya “dokter bedah ortopedi” lebih baik daripada hanya “dokter bedah” atau “dokter”.
  6. Jam operasional
  7. Layanan medis yang ditawarkan
  8. Foto praktik dan timmu

Bergantung pada jenis organisasi layanan kesehatanmu, mungkin ada informasi lain yang juga dapat ditambahkan. Sebagai contoh, profil GMB untuk The Royal London Hospital mencakup detail khusus rumah sakit, seperti jumlah tempat tidur dan organisasi induk.

Perlu diingat, di banyak negara ada aturan dan regulasi ketat mengenai bagaimana penyedia layanan kesehatan dapat meminta ulasan dari pasien. Jadi, sebelum kamu membagikan brosur ulasan kepada pasien, pastikan untuk memahami hukum dan peraturan yang berlaku di wilayahmu.

Bangun NAP Citations dalam Direktori

Kutipan NAP (Name, Address, Phone number) adalah penyebutan informasi organisasimu di situs web pihak ketiga yang relevan. Kutipan ini membantu calon pasien menemukan kamu dengan lebih mudah dan bisa meningkatkan performa pencarian situs webmu secara keseluruhan.

Sebagai langkah awal, daftarkan perusahaan perawatan kesehatanmu di agregator data utama, yakni situs yang menyediakan daftar bisnis ke direktori populer, seperti Data Axle, Localeze, dan Foursquare.

Selain itu, pastikan bisnismu terdaftar di situs-situs populer lainnya, seperti Apple Maps, Yelp, Yellow Pages, Bing Places, dan Facebook.

Buat Landing Page Berisikan Layanan dan Lokasi

Sebagian besar organisasi layanan kesehatan sebaiknya membuat landing page khusus untuk lokasi operasional mereka. Halaman ini berfungsi untuk memberi tahu pengunjung dan Google tentang area di mana bisnismu beroperasi.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat landing page lokasi yang efektif:

  1. Gunakan struktur url lokal: buat URL yang mencerminkan layanan dan lokasimu, seperti website.com/layanan/lokasi.
  2. Sesuaikan title tag dan page header: pastikan judul dan header halamanmu mencerminkan lokasi spesifik, misalnya “Klinik dan Lab Era Health | Pemeriksaan Lab dan Dokter Spesialis”.
  3. Sertakan tombol pendaftaran dan formulir kontak di bagian atas halaman: letakkan tombol pendaftaran dan formulir kontak di bagian atas halaman agar mudah ditemukan oleh pengunjung.
  4. Tampilkan bukti sosial, ulasan, dan gambar: pamerkan ulasan positif, testimoni, dan foto-foto yang relevan untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung.
  5. Tautkan halaman lokasi: hubungkan halaman lokasi yang berbeda di situs webmu untuk memudahkan pengunjung menemukan lokasi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, sekaligus meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan peringkat di hasil pencarian untuk keyword yang spesifik berdasarkan lokasi.

Gunakan Schema Markup Khusus Medis untuk Healthcare SEO

Gunakan Schema Markup Khusus Medis untuk Healthcare SEO
Gunakan Schema Markup Khusus Medis untuk Healthcare SEO

Schema markup adalah jenis kode yang membantu mesin pencari memahami isi halaman webmu dengan lebih baik. Menggunakan markup skema bisa membuat halamanmu tampil dalam bentuk hasil kaya di pencarian, yang bisa meningkatkan jumlah klik ke situs webmu.

Schema markup sangat penting untuk bisnis lokal. Misalnya, ketika seseorang mencari dokter keluarga di sekitar mereka, hasil pencarian teratas sering kali diisi oleh local pack dari SERP.

Salah satu hasil teratas ini mungkin menggunakan Physician schema markup, yaitu jenis skema yang khusus digunakan untuk memberi tahu Google bahwa penulisnya adalah seorang dokter.

Contoh lainnya adalah pencarian rumah sakit swasta di dekat saya, di mana hasil teratas menggunakan markup skema lain yang terkait dengan bidang medis, seperti Hospital schema.

Schema.org juga memiliki berbagai jenis markup skema yang khusus untuk dunia medis, seperti MedicalCondition untuk informasi tentang kondisi medis tertentu, Drug untuk informasi tentang obat-obatan medis, dan MedicalWebPage untuk halaman web yang membahas topik medis tertentu.

Kalau saat ini kamu tengah mencari mitra yang berpengalaman untuk membantu meningkatkan healthcare SEO bisnis kesehatanmu, Optimaise siap membantu.

Kami menawarkan jasa SEO yang efektif dan terukur, termasuk jasa SEO di Bali, untuk memastikan bisnismu mendapat perhatian yang pantas di pasar digital. Hubungi Optimaise untuk mengetahui bagaimana kami dapat membantu kamu mencapai tujuan SEO bisnismu!

[addtoany]

Baca Juga

Optimaise