Bisa dikatakan jika backlinks sama seperti rekomendasi dari situs lain yang mengarahkan pengunjung ke situs webmu. Mereka seperti referensi yang memberi tahu mesin pencari bahwa situs webmu layak diperhatikan.
Semakin banyak referensi yang baik yang kamu miliki, maka semakin mungkin situs webmu muncul di hasil pencarian. Mereka penting untuk internet dan SEO karena membantu mesin pencari memahami bahwa situs webmu populer dan berharga.
Ini karena backlinks sering kali dianggap sebagai dasar dari otoritas dan kepercayaan situs web di mata mesin pencari. Setiap link mengatakan kepada mesin pencari bahwa kontenmu bermanfaat.
Namun, tidak semua backlinks dibuat sama. Jika kamu tertarik untuk mempelajari backlinks, penjelasan berikut ini akan menguraikan beberapa jenis backlinks berdasarkan kegunaannya.
Table of Contents
Jenis Utama Backlinks
Ada beberapa jenis utama backlinks yang perlu dipahami dalam upaya SEO. Jenis-jenis ini berbeda dalam hal sumber, kualitas, dan dampaknya terhadap peringkat situs web di mesin pencari.
Memahami perbedaan antara jenis-jenis backlink ini dapat membantumu mengembangkan strategi link building yang lebih efektif. Berikut ini terdapat beberapa jenis utama backlink beserta kegunaannya.
Dofollow Backlink
Dofollow backlink adalah tautan yang tidak memiliki atribut “rel” di HTML yang secara default berarti mesin pencari akan mengikuti tautan tersebut ke situs web lain.
Jika kamu membuat tautan tanpa menambahkan atribut “rel” yang mengubahnya menjadi nofollow, maka itu dianggap sebagai dofollow backlink.
Baca juga: Ketahui Cara Menemukan 2 Jenis Competitor Keywords Beserta Penggunaanya
Tautan ini mengindikasikan bahwa kamu memberikan dukungan kepada halaman yang ditautkan dan membantu mesin pencari menemukan serta mempertimbangkan halaman tersebut untuk peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.
Dofollow backlink dapat dikenali dalam kode HTML dengan format seperti ini:
<a href="https://example.com/">Visit ACME’s homepage</a>
Kamu sebaiknya menggunakan dofollow backlink dalam 2 situasi ini:
- Ketika kamu membuat internal link yang mengarah ke halaman lain di situs webmu. Hal ini membantu mesin pencari menemukan dan mencatat halaman-halaman tersebut.
- Ketika kamu menautkan ke sumber daya situs web lain karena kamu percaya itu akan berguna bagi pembacamu. Dengan menggunakan dofollow backlink, kamu memberikan sinyal positif kepada mesin pencari bahwa halaman yang ditautkan layak untuk dipertimbangkan dalam peringkat pencarian.
Nofollow Backlink
Nofollow backlink adalah tautan yang diberi atribut “rel=nofollow” dalam kode HTML-nya. Ini memberi tahu mesin pencari untuk tidak mengikuti tautan tersebut atau menganggapnya sebagai faktor penting dalam menentukan peringkat halaman web.
Biasanya, nofollow backlink digunakan saat kamu tidak ingin memberikan rekomendasi SEO kepada halaman yang ditautkan. Contohnya, jika kamu menautkan ke situs yang tidak kamu percayai atau ke pesaingmu.
<a href="https://example.com/" rel="nofollow">Visit ACME’s homepage</a>
Baca juga: Kenali 12 Jenis Backlink Lengkap dengan Contohnya
Dengan menggunakan nofollow backlink, kamu memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa tautan tersebut tidak seharusnya dianggap sebagai faktor untuk peringkat situs webmu.
Sponsored Backlink
Sponsored backlink juga dikenal sebagai tautan berbayar adalah tautan yang memiliki atribut “rel=sponsored” dalam kode HTML-nya.
Ini menandakan bahwa orang yang menambahkan tautan tersebut mungkin telah menerima pembayaran untuk melakukannya.
Mesin pencari biasanya tidak mempertimbangkan sponsored backlink saat menentukan peringkat halaman karena dianggap kurang dapat dipercaya.
Alasannya adalah karena tautan tersebut mungkin ditambahkan hanya untuk keuntungan finansial, bukan karena kegunaannya yang sebenarnya.
Karena itu, mesin pencari cenderung mengabaikan tautan-tautan tersebut dalam menentukan peringkat situs web.
<a href="https://example.com/" rel="sponsored">Check the latest flight prices (affiliate link)</a>
UGC Backlink
UGC backlink adalah tautan yang terdapat dalam konten yang dibuat oleh pengguna, bukan oleh merek atau perusahaan.
Ini termasuk konten, seperti postingan di media sosial, forum, atau komentar di blog. UGC backlink memiliki atribut “rel=ugc” dalam kode HTML-nya seperti berikut ini:
<a href="https://example.com/" rel="ugc">Visit my website</a>
UGC backlink adalah tautan yang tidak diikuti oleh mesin pencari atau diperlakukan sebagai sinyal yang kurang penting untuk peringkat situs web.
Ini dilakukan untuk melawan spam tautan, di mana seseorang mencoba meningkatkan peringkat situs webnya dengan mengirimkan banyak komentar berkualitas rendah yang berisi tautan ke situs web mereka ke forum atau blog orang lain.
Dengan menggunakan UGC backlink dan menandainya dengan atribut “rel=ugc”, pemilik situs web atau blog yang menerima kontribusi pengguna memberi tahu mesin pencari bahwa tautan tersebut berasal dari konten yang dibuat oleh pengguna, bukan dari pemilik situs web itu sendiri.
Backlinks yang Dapat Meningkatkan Kinerja SEO
Jika kamu ingin situs webmu muncul di peringkat lebih tinggi di dalam SERP, maka kamu perlu fokus untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.
Backlinks yang berkualitas adalah link yang berasal dari situs-situs yang dianggap otoritatif, populer, dan relevan dalam industri atau topik tertentu.
Di bawah ini terdapat beberapa jenis backlinks yang dapat positif dan meningkatkan kinerja SEO.
Editorial Backlink
Editorial backlink adalah tautan dari situs web yang fokus pada memberikan informasi atau pendidikan kepada pembaca, seperti situs berita atau blog. Situs-situs ini sering kali dipercaya dan dianggap otoritatif dalam industri atau topik tertentu.
Publikasi editorial akan menautkan ke kontenmu jika hal itu menambah nilai pada diskusi atau jika mereka mengutip kamu sebagai sumber informasi.
Sebagai contoh, situs web seperti Bankrate bisa mendapatkan backlink dari majalah online seperti Slate, jika konten mereka berisi kalkulator hipotek dianggap berguna atau relevan bagi pembaca Slate.
Menerima dofollow backlink dari publikasi editorial dapat memberikan manfaat besar bagi peringkat situs webmu dalam hasil pencarian. Namun, selain dari jenis tautan, penting juga untuk memperhatikan otoritas dan relevansi dari publikasi tersebut.
Semakin dihormati dan dianggap relevan publikasi dalam industrimu, maka semakin besar pengaruhnya terhadap peringkat situs webmu oleh mesin pencari.
Karena itu, tautan dari publikasi yang sangat dihormati dapat memiliki dampak yang lebih besar pada otoritas situs webmu daripada tautan dari situs yang kurang terkenal.
Karena nilai dari tautan ini sangat tinggi, penting untuk memahami seberapa banyak backlink yang kamu terima dari publikasi editorial dan seberapa berharga mereka bagi strategi SEOmu.
Image Backlink
Image backlink adalah tautan yang berasal dari gambar atau teks yang terhubung ke sumber atau pencipta gambar tersebut.
Misalnya, ketika situs web seperti Space.com memberikan kredit foto di salah satu artikelnya, maka pada akhirnya fotografer yang bersangkutan akan mendapatkan backlink dari Space.com.
Image backlink ini dapat membantu meningkatkan otoritas situs web fotografer tersebut dalam hasil pencarian. Ini disebabkan oleh fakta bahwa tautan ini dianggap sebagai rekomendasi atau referensi dari situs web yang memberikan kredit yang dapat memberikan nilai tambah pada otoritas dan peringkat situs web fotografer tersebut.
Video Backlink
Video backlink adalah tautan yang mengarah ke sumber atau pembuat video. Misalnya, ketika sebuah hotel seperti The Claridge Hotel memberikan kredit untuk video di salah satu halamannya dan menghubungkannya ke situs web pembuat video.
Itu menciptakan backlink untuk situs web pembuat video dari situs hotel tersebut. Video backlink seperti ini dapat membantu meningkatkan otoritas dan peringkat situs web pembuat video dalam hasil pencarian.
Ini terjadi karena tautan ini dianggap sebagai referensi atau rekomendasi dari situs web yang memberikan kredit, sehingga dapat memberikan nilai tambah pada otoritas dan peringkat situs web pembuat video tersebut.
Backlinks yang Turut Bermanfaat
Meskipun beberapa backlink mungkin tidak memberikan kontribusi signifikan dalam membangun otoritas situs webmu seperti yang dijelaskan sebelumnya, tapi mereka masih bisa memiliki manfaat.
Walaupun tautan tersebut tidak memberikan dampak besar pada peringkat situs webmu di dalam hasil pencarian, tapi mereka masih bisa membawa traffic atau mengarahkan pengunjung baru ke situs webmu.
Guest Post Backlink
Guest post backlink adalah tautan yang berasal dari artikel yang kamu tulis untuk situs web atau blog orang lain. Ini adalah cara yang baik untuk menjangkau audiens yang lebih luas, mempromosikan merekmu, dan mendapatkan tautan balik ke situs webmu.
Misalnya, jika kamu menulis guest post untuk Forbes, kamu mungkin akan mendapatkan backlink ke situs webmu di bio penulis. Meskipun Google menyarankan untuk membuat backlink pada guest post sebagai nofollow, tapi tautan tersebut tetap memiliki nilai.
Meskipun kontributor sengaja menambahkan backlink ke guest post mereka, tapi tautan tersebut tetap bisa menghasilkan traffic ke situs webmu dan meningkatkan penjualan.
Press Release Backlink
Press release backlink adalah tautan yang terdapat dalam siaran pers yang dibagikan oleh sebuah organisasi kepada media untuk mengumumkan perkembangan bisnis baru. Siaran pers ini sering kali mencantumkan tautan ke informasi tambahan terkait.
Meskipun tautan dalam siaran pers umumnya diatur sebagai tautan nofollow yang berarti pengaruhnya terhadap peringkat pencarianmu mungkin kecil, tapi tautan tersebut tetap bisa menghasilkan traffic rujukan ke situs webmu.
Selain itu, tautan tersebut juga bisa mendorong penelusuran lebih lanjut tentang merekmu di masa mendatang.
Comment Backlink
Comment backlink adalah tautan yang ditempatkan dalam komentar di forum, blog, atau postingan media sosial. Komentar-komentar ini dianggap sebagai konten buatan pengguna atau UGC.
Karena itu, situs web sering menandainya dengan atribut “rel=ugc” dan kadang-kadang membuatnya menjadi nofollow.
Sebaiknya, kamu hanya menyertakan tautan dalam komentar jika kamu yakin bahwa tautan tersebut memberikan informasi yang berguna dan relevan yang mungkin dihargai oleh pengguna.
Hal ini akan membantu memastikan bahwa kontribusimu di dalam komentar memiliki nilai tambah dan tidak dianggap sebagai spam oleh pemilik situs web atau pengguna lainnya.
Directory Backlink
Directory backlink online, seperti Google, Yelp, dan Tripadvisor disebut tautan balik direktori. Misalnya, ketika sebuah restoran, seperti Arroceria Maribel terdaftar di Tripadvisor, maka daftar mereka dapat mencakup backlink ke situs web restoran tersebut.
Tautan dari direktori ini tidak selalu memiliki dampak besar pada peringkat SEOmu seperti tautan editorial, tetapi mereka bisa memberikan traffic rujukan yang berharga.
Selain itu, Google juga mencari konsistensi informasi di direktori online untuk memverifikasi kepercayaan situs webmu yang dapat meningkatkan hasil SEO lokalmu.
Social Media Backlink
Social media backlink adalah tautan yang berasal dari profil media sosial atau postingan yang mengarah ke situs web lain.
Sebagai contoh, ketika sebuah perusahaan, seperti Innocent yang merupakan pengecer minuman sehat, mereka menambahkan tautan ke situs web di bio Instagram mereka, itu adalah contoh dari social media backlink.
Tautan dari platform media sosial umumnya memiliki atribut “rel=nofollow” yang berarti mesin pencari cenderung tidak mengikutinya.
Meskipun demikian, tautan-tautan ini masih memiliki nilai karena mereka dapat menghasilkan lebih banyak referral traffic ke situs webmu.
Selain itu, tautan-tautan ini juga dapat meningkatkan pengakuan merekmu yang dapat memengaruhi visibilitasmu dalam hasil pencarian di masa mendatang.
Backlinks yang Berbahaya untuk SEO
Dikenal sebagai “black hat SEO”, di mana seseorang mencoba untuk meningkatkan peringkat situs web mereka dalam hasil pencarian dengan cara yang melanggar pedoman mesin pencari.
Salah satu metode black hat SEO yang umum adalah memanipulasi backlink dengan cara seperti membeli backlink dari situs web spam, menciptakan backlink palsu, atau memperoleh backlink dengan cara yang tidak alami.
Dofollow Backlink Berbayar
Penting untuk diingat bahwa membayar untuk mendapatkan dofollow backlink melanggar kebijakan anti-spam Google. Tindakan ini dapat mengakibatkan penalti yang menurunkan peringkat situs webmu dalam hasil pencarian.
Namun, penting untuk dicatat bahwa pembayaran dalam hal ini tidak selalu berarti uang tunai. Memberikan produk gratis kepada seseorang dengan harapan mereka akan menulis tentang produk tersebut dan menautkan ke situs webmu juga dianggap sebagai bentuk pembayaran.
Jika kamu melakukan kolaborasi dengan situs web untuk konten bersponsor, tautan yang diberikan harus ditandai sebagai nofollow atau sebagai tautan bersponsor.
Ini adalah langkah-langkah yang harus diambil untuk memastikan kepatuhan dengan kebijakan Google dan untuk mencegah penalti terhadap visibilitas situs webmu di dalam hasil pencarian.
Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Backlink, Kamu Wajib Coba!
Komentar Berisi Spam atau Forum Post Backlink
Menyertakan backlink dalam komentar atau postingan forum yang tidak relevan atau terlalu banyak tidak akan memberikan manfaat bagi peringkat SEO situs webmu.
Bahkan, tindakan tersebut dapat merugikan peringkatmu jika terlihat jelas bahwa kamu mencoba memanipulasi mesin pencari.
Jika kamu ingin menambahkan backlink dalam postingan atau komentar forum, pastikan tautan tersebut benar-benar memberikan nilai tambah pada diskusi.
Selain itu, hindari menambahkan terlalu banyak tautan. Ini penting untuk menjaga kualitas diskusi dan juga untuk menghindari penalti SEO.
Perlu diingat bahwa forum sering kali menandai tautanmu sebagai UGC yang berarti tautan tersebut dianggap sebagai kontribusi dari pengguna. Karena itu, pastikan untuk menambahkan tautan dengan bijaksana dan hanya jika memang relevan dan bermanfaat bagi diskusi.
Widget Backlinks Tersembunyi
Widget adalah aplikasi kecil yang dapat ditempatkan di situs web dengan memasukkan beberapa baris kode. Misalnya, widget cuaca dari Tomorrow.io dapat dipasang di situs web The Shoals Now!
Jika kamu membuat widget seperti ini, pastikan widget tersebut tidak memiliki tautan tak terlihat yang mengarah kembali ke situs webmu dari situs web yang memasang widgetmu.
Sebagai gantinya, kamu dapat meminta situs web yang memasang widgetmu untuk memberikan kredit dengan tautan yang terlihat dan menggunakan atribut rel=“nofollow”, mirip dengan widget Tomorrow.io.
Dengan menggunakan tautan ini, situs web yang memasang widgetmu tidak secara tidak sengaja memberikan dukungan kepadamu, sementara kamu masih dapat memperoleh kredit untuk widget yang kamu buat.
Setelah mempelajari berbagai jenis backlink, penting untuk diingat bahwa kualitas dan relevansi backlink lebih penting daripada kuantitasnya. Menghindari praktik black hat SEO, seperti membayar untuk dofollow backlink atau menciptakan backlink yang tidak relevan dapat membahayakan peringkat SEOmu.
Jika kamu membutuhkan bantuan dalam membangun strategi backlink yang efektif dan aman, Optimaise adalah penyedia jasa SEO yang dapat membantu. Dengan tim ahli SEO dan pengalaman dalam industri, Optimaise dapat membantu meningkatkan otoritas situs webmu dengan pendekatan yang sesuai dengan pedoman mesin pencari.