Digital MarketingSEO

4 Cara Menjual SEO Paling Efektif dan Wajib Kamu Tahu

Deric

cara menjual SEO cover

Baik kamu berkecimpung sebagai freelancer maupun mengelola sebuah agensi, menawarkan layanan Optimisasi Mesin Pencari (SEO) adalah bisnis yang menguntungkan. Namun, mengetahui cara menjual SEO yang tepat biasanya masih menjadi tantangan tersendiri. Bahkan di kalangan pakar SEO profesional sekalipun.

Selain menguasai teknik-teknik optimisasi mesin pencari, kamu juga perlu tahu cara memasarkan layanan tersebut untuk mendapatkan klien. Selain itu, calon klien mungkin tidak tahu bagaimana SEO bekerja, hasil yang dapat dihasilkannya, dan berapa biayanya.

Dalam artikel ini, saya akan membocorkan rahasia mengenai cara menjual SEO untuk menghasilkan uang secara online, mulai dari menentukan pasar sasaran hingga mempromosikan layanan. Kamu juga akan mengetahui tips untuk menetapkan ekspektasi yang realistis, mendapatkan lebih banyak klien, dan mengembangkan bisnis SEO milikmu sendiri.

Cara Menjual SEO Dimulai dengan Mengidentifikasi Target Pasarmu

Salah satu cara menjual SEO yang paling utama adalah kamu harus tahu terlebih dulu mengenai target pasarmu. Hal ini tetap berlaku terlepas dari jasa SEO yang kamu tawarkan, baik itu dalam hal penawaran paket SEO lengkap maupun jasa konsultasi. Hal ini sudah terbukti dari banyaknya perusahaan atau agensi SEO yang diuntungkan dengan menargetkan layanan optimasi mereka untuk kalangan pasar tertentu. Meskipun prinsip SEO umum berlaku di berbagai industri, fokus pada pasar sasaran tertentu membantu mencapai calon klien dengan lebih efektif.

Mulailah dengan menentukan apakah kamu akan menargetkan bisnis B2B atau B2C. Kemudian, pilih industri yang sesuai dengan keahlianmu. Untuk membantumu memutuskan pasar sasaran, cara menjual SEO yang harus diterapkan adalah dengan melakukan riset pasar terlebih dulu. Cari tahu agensi SEO terbaik yang tersedia dan evaluasi pasar sasarannya.

Sebagai alternatif, lakukan penelitian kata kunci menggunakan tools seperti Ahrefs dan Google Trends. Kata kunci dengan volume pencarian tinggi biasanya menunjukkan permintaan yang tinggi untuk layanan tertentu.

Ketika melakukan riset pasar sebagai cara menjual SEO, cari informasi berikut:

  • Persaingan industri: Evaluasi tantangan memulai perusahaan SEO dalam industri tersebut dan tentukan bagaimana layananmu dapat membantu.
  • Nilai Pelanggan Seumur Hidup: Industri dengan margin keuntungan tinggi, seperti real estat dan dealer mobil, memungkinkanmu membenarkan harga yang lebih tinggi. Di sisi lain, industri dengan nilai pelanggan seumur hidup lebih tinggi, seperti pusat kebugaran dan perusahaan asuransi, memungkinkanmu membenarkan biayamu terhadap transaksi pelanggan dari waktu ke waktu.
  • Biaya: Tentukan tarif rata-rata layanan SEO dalam industri tersebut. Pastikan bisnis yang kamu target dapat menerima layananmu dengan wajar.
  • Jaringan: Membangun dirimu di industri tersebut akan lebih mudah jika kamu memiliki koneksi yang dapat memperkenalkanmu kepada calon klien.

Baca juga: 12 Cara Terbaik Mengoptimalkan Halaman Ecommerce Product untuk SEO

Cara Menjual SEO dengan Melakukan Segmentasi

Setelah kamu menentukan gambaran besar pasar sasaranmu, bagilah calon klienmu ke dalam segmen-segmen yang berbeda. Cara menjual SEO ini berlaku baik jika kamu menargetkan bisnis lokal atau pemilik situs individu. Lakukan evaluasi terhadap kondisi demografi, minat, perilaku, lokasi, tingkat pendapatan, dan tujuan mereka. Kemudian, kategorikan target konsumenmu ke dalam segmen-segmen terpisah.

Pengelompokan membantu menentukan layanan apa yang mereka butuhkan dan berapa banyak yang bisa mereka belanjakan. Ini juga membantu mengidentifikasi tujuan dan titik-titik masalah yang sedang mereka hadapi. Dengan demikian, kamu dapat mengembangkan layanan dan strategi komunikasi yang dipersonalisasi yang menguntungkan mereka. Sebagai hasilnya, kamu bisa dengan berhasil membantu mereka mendapatkan lebih banyak lalu lintas pencarian organik dan konversi.

Cara Menjual SEO dengan Mengembangkan Layanan Optimasi

Cara Menjual SEO dengan Mengembangkan Layanan Optimasi
Cara Menjual SEO dengan Mengembangkan Layanan Optimasi

Satu hal yang perlu kamu tahu dari cara menjual SEO adalah sifat dari bisnis itu sendiri. Industri SEO bersifat dinamis dan selalu berubah-ubah seiring dengan waktu. Oleh karena itu, kamu perlu tahu berbagai pendekatan yang bisa kamu gunakan untuk menawarkan layanan SEO kepada calon klien.=

Meskipun perbedaannya kadang-kadang tumpang tindih, secara umum, layanan SEO dapat dibagi menjadi beberapa kategori berikut:

  • SEO On-page: Kategori SEO ini berfokus pada peningkatan elemen yang terlihat pada halaman web, seperti tag judul, deskripsi meta, heading, dan konten halaman. Ini memastikan konten efektif menargetkan kata kunci fokus dan menjawab niat pencarian.
  • SEO Off-page: Tipe SEO ini berfokus pada implementasi strategi yang membantu menetapkan kredibilitas dan otoritas situs web dengan memperkuat faktor di luar konten dalam suatu situs. Layanan SEO Off-page meliputi pembangunan tautan, kampanye media sosial, dan pemasaran influencer.
  • SEO Teknis: SEO ini berpusat pada strategi meningkatkan aspek teknis situs, seperti kecepatan, kemudahan penggunaan, struktur URL, dan Core Web Vitals. Selain meningkatkan pengalaman pengguna, ini membantu mesin pencari menjelajah dan mengindeks halaman web dengan lebih baik.
  • SEO Lokal: Jenis SEO ini berfokus pada peringkat untuk kata kunci yang spesifik lokasi, idealnya dalam 3-pack. Contoh kata kunci termasuk “restoran terbaik di New York” atau “dokter gigi di dekat saya”. Ini melibatkan mengoptimalkan profil Google My Business, mengelola ulasan Google, dan membuat konten lokal.
Jenis Layanan SEO
Jenis Layanan SEO

Selain dari layanan SEO umum, beberapa agensi menyediakan bantuan niche tergantung pada saluran pemasaran atau jenis situs web. Contohnya termasuk SEO YouTube, SEO eCommerce, SEO WordPress, dan SEO mobile.

Cara menjual SEO lainnya yang tak kalah penting adalah, kamu perlu mempertimbangkan keterampilan dan pengalaman dalam bidang SEO sebelum memilih jenis layanan optimasi untuk ditawarkan. Misalnya, kalau kamu berencana untuk menawarkan optimisasi on-page harus akrab dengan algoritma dan faktor peringkat Google. Kamu juga harus terampil dalam alat SEO seperti Google Analytics, Google Search Console, dan Ahrefs.

Selain itu, keterampilan menulis dan menyunting konten yang baik membantu menambahkan kata kunci target secara alami ke posting dan halaman. Di sisi lain, SEO teknis memerlukan pemeliharaan file robots.txt, penambahan tag kanonikal, pembuatan peta situs XML, dan membuat data terstruktur untuk meningkatkan keluwesan pengindeksan.

Oleh karena itu, selain keterampilan pemecahan masalah dan manajemen data, kamu juga wajib mengetahui bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Jadi, dalam cara menjual SEO yang efektif, hanya punya satu keterampilan saja tidak cukup. Setidaknya, kamu harus punya lebih dari satu keahlian di bidang-bidang yang sudah saya sebutkan di atas. Kamu bisa memperkaya pengetahuan seputar dunia SEO dengan membaca panduan belajar SEO.

Penawaran layanan paket yang menggabungkan beberapa disiplin SEO juga lebih menarik dan menguntungkan bagi klien. Ini juga memungkinkan kamu untuk menyertakan layanan penting dengan tarif yang terjangkau, menjual lebih mahal ke paket yang lebih tinggi, dan menjual silang layanan lain yang mungkin tidak biasa dibeli klien. Sementara itu, klien SEO dapat menghemat biaya individu setiap layanan dan memilih paket all-in-one yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

Baca juga: Ketahui Apa itu Headless SEO dan 6 Praktik Terbaiknya

Contohnya, alih-alih hanya mencakup strategi SEO on-page, tawarkan paket yang mencakup penelitian kata kunci, penyiapan Google Analytics, pembangunan tautan internal, optimisasi kecepatan, dan pembuatan konten. Kamu juga bisa menyertakan pengujian A/B, pembangunan tautan off-site, optimisasi tingkat konversi, dan laporan bulanan untuk paket yang lebih mahal. Cara menjual SEO ini tentunya bisa membantumu menarik minat pasar yang lebih banyak.

Contoh bagus dari agensi SEO yang menawarkan paket layanan optimasi adalah layanan SEO dari Optimaise. Kamu bisa melihat agensi ini menyediakan penawaran paket SEO dengan layanan yang cukup lengkap. Mulai dari riset keyword, link building, pembuatan konten, hingga audit SEO.

Paket bundle Optimaise
Paket bundle Optimaise

Ketika membuat layanan paket, selalu lihat profil klien. Misalnya, klien bisnis eCommerce yang ingin berkembang secara global memiliki kebutuhan yang berbeda dari restoran lokal yang bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan di sekitar. Ini menjadi salah satu cara menjual SEO yang sangat penting dan tidak boleh kamu skip untuk menjamin kesuksesan bisnis kecilmu.

Menetapkan Harga Layanan

Menetapkan Harga Layanan
Menetapkan Harga Layanan

Cara menjual SEO selanjutnya adalah kamu perlu menentukan harga dari layanan yang disediakan. Hal ini tentunya sangat penting karena dari sinilah pemasukanmu ditentukan. Sebelum menetapkan harga layanan SEO-mu, kamu perlu memilih model harga terlebih dahulu. Berikut adalah model harga yang umumnya tersedia untuk layanan SEO:

  • Paket berbasis harga: Untuk jenis model harga ini, kamu bisa mengenakan tarif tetap untuk serangkaian layanan. Misalnya, satu harga untuk mengoptimalkan sejumlah halaman tertentu, konten, atau tautan balik. Skema harga ini cocok untuk penentuan harga bertingkat.
  • Harga berbasis jam: Untuk jenis model harga ini, kamu bisa mengenakan biaya per jam untuk durasi proyek tertentu. Freelancer dan agensi yang menggunakan penentuan harga ini harus mengetahui waktu penyelesaian setiap tugas untuk memberikan perkiraan biaya.
  • Harga berbasis hasil: Model harga ini berarti pelangganmu akan dikenakan biaya sesuai dengan metrik yang disepakati. Misalnya, jumlah lalu lintas, prospek, atau konversi yang akan dihasilkan oleh layanan tersebut.
  • Harga berbasis proyek: Skema harga ini mengusung harga tetap untuk seluruh proyek. Ketika memilih strategi ini, tentukan dengan jelas cakupan proyek di awal untuk menghindari melakukan lebih banyak pekerjaan SEO dari yang diharapkan.

Kamu juga bisa menggabungkan beberapa strategi penentuan harga. Misalnya, tawarkan tarif tetap untuk proyek individu dan beralih ke penentuan harga per jam untuk perubahan konten. Sebagai cara menjual SEO alternatif, tampilkan harga berbasis paket di situs webmu dan negosiasikan biaya berdasarkan hasil untuk klien yang lebih memilih rencana yang disesuaikan.

Perhatikan bahwa penentuan harga bisa menjadi keunggulan yang membuat bisnismu menonjol. Mematok harga yang lebih tinggi dapat membawa pendapatan lebih cepat, tetapi kamu mungkin mendapatkan lebih sedikit klien dibandingkan dengan yang lain yang menyediakan layanan yang sama dengan harga yang lebih terjangkau.

Di sisi lain, menjual jasa SEO terlalu murah mungkin menarik lebih banyak klien, tetapi akan memakan waktu lebih lama untuk mendapatkan keuntungan. Saran saya dalam cara menjual SEO ini adalah cobalah untuk menetapkan harga terbaik, yang merupakan harga yang kompetitif, mengimbangi nilaimu, dan menghasilkan keuntungan bagimu. Pertimbangkan faktor-faktor berikut untuk menentukan titik harga yang tepat:

  • Harga dari pesaing: Teliti berapa banyak pesaing Anda mengenakan biaya kepada klien mereka, dan tentukan apakah akan menetapkan harga lebih rendah atau lebih tinggi
  • Durasi: Meskipun kamu tidak mengenakan biaya per jam, penting untuk menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas SEO.
  • Jumlah dan biaya staf: jika kamu mengelola agensi SEO dan mempekerjakan karyawan, tentunya kamu perlu mempertimbangkan  hitung berapa banyak staf yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek tersebut.
  • Biaya overhead: Ini termasuk biaya akses ke alat dan layanan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugas SEO.
  • Pengalaman: Jika kamu memiliki pengalaman memadai dalam hal SEO, maka kamu bisa menentukan harga yang lebih tinggi.

Demikianlah 4 rahasia penting mengenai cara menjual SEO yang perlu untuk kamu tahu. Hal penting lainnya yang tak boleh terlewat adalah membangun citra brand yang positif serta memberikan pelayanan terbaik untuk klien. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu!

[addtoany]

Baca Juga

Optimaise