Untuk meraih peringkat di mesin pencari seperti Google, konten yang dioptimalkan dengan baik dan menarik bagi audiens target sangatlah penting. Konten yang baik dapat menghasilkan traffic organik, konversi, pelanggan, dan pendapatan.
Dalam dunia digital marketing dan SEO, cara terbaik untuk membuat konten yang dianggap otoritatif adalah dengan menggunakan data dan AI.
Jadi, jika kamu ingin sukses dalam pemasaran konten, penting untuk memanfaatkan teknologi, seperti content analysis tools dapat membantumu mencapai tujuan tersebut.
Menganalisis konten menjadi langkah penting dalam strategi pemasaran konten untuk memastikan konten yang dipublikasikan sesuai dengan tujuan bisnis dan audiens target.
Ada berbagai content analysis tools yang tersedia, mulai dari yang gratis hingga berbayar, yang dapat membantumu dalam proses ini.
Dari tools gratis yang cukup mumpuni hingga opsi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap, semua akan kita bahas untuk membantumu memilih mana tools yang paling sesuai dengan strategi kontenmu.
Table of Contents
Apa itu Content Analysis?
Analisis konten atau content analysis adalah proses evaluasi dan penelitian yang sistematis terhadap berbagai jenis konten, seperti teks, gambar, video, atau audio untuk memahami isinya, maknanya, dan dampaknya.
Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi pola, tren, dan temuan penting yang dapat membantu dalam mengembangkan strategi konten yang lebih efektif.
Proses analisis konten melibatkan beberapa langkah, termasuk pengumpulan konten yang akan dianalisis, pengorganisasian konten sesuai dengan kategori atau tema tertentu, pembuatan dan pengaplikasian kerangka analisis yang sesuai, serta interpretasi dan pelaporan temuan yang ditemukan.
Dengan menggunakan content analysis tools, kamu dapat memahami preferensi dan perilaku audiens, serta mengidentifikasi tren yang relevan untuk menciptakan konten yang lebih menarik dan berdampak.
Alat-alat ini juga membantumu melacak kinerja kontenmu, memberikan wawasan berharga tentang bagaimana kontenmu diterima oleh audiens, dan memungkinkan kamu untuk melakukan penyesuaian jika diperlukan.
Rekomendasi Content Analysis Tools
Content analysis tools dapat digunakan untuk membantu mempermudah proses ini dengan memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang kinerja konten dan preferensi audiens.
Ada berbagai pilihan content analysis tools yang dapat kamu pertimbangkan, tergantung pada kebutuhan dan anggaranmu.
Berikut ini adalah beberapa rekomendasi untuk beberapa alat analisis konten terbaik, termasuk fitur-fitur unggul, kelebihan, dan kekurangannya, agar Kamu dapat membuat keputusan yang tepat untuk strategi kontenmu.
Hemingway App
Hemingway terkenal sebagai content analysis tools gratis yang membantu meningkatkan kejelasan dan keterbacaan tulisanmu.
Dengan mengkopi teks ke dalam editor Hemingway, kamu akan melihat berbagai perbaikan yang disorot dengan kode warna, seperti kalimat yang terlalu panjang, bahasa yang terlalu kompleks, atau penggunaan kalimat pasif.
Content analysis tools ini sangat mudah digunakan dan memberikan umpan balik secara langsung, bahkan tanpa perlu mendaftar.
Meskipun versi web Hemingway gratis untuk digunakan, kamu juga bisa membeli aplikasi desktop untuk Mac atau PC seharga $19,99 yang memungkinkan kamu menggunakan alat ini secara offline dan mendapatkan fitur premium seperti integrasi dengan platform, seperti WordPress dan Medium.
Baca juga: Apa itu Slug? Ketahui Pengertian dan 2 Strategi Pengoptimalannya
Selain itu, ada langganan Hemingway Editor Plus seharga $10 per bulan yang memberimu akses ke fitur penulisan ulang menggunakan kecerdasan buatan atau AI. Hemingway juga menawarkan uji coba gratis selama 14 hari dengan kuota hingga 200 kalimat.
Google Search Console
Google Search Console atau GSC adalah alat gratis yang sangat berguna untuk memahami kinerja situs webmu di hasil penelusuran organik Google.
Salah satu fitur utamanya adalah memungkinkan kamu melihat berapa banyak organic traffic yang diterima setiap halaman web, keyword apa yang digunakan pengguna untuk menemukan halaman tersebut, dan seberapa tinggi halamanmu muncul dalam hasil penelusuran.
Dalam konteks analisis konten, GSC dapat membantumu menemukan halaman-halaman di situs webmu yang mungkin perlu diperbarui. Caranya:
- Buka Google Search Console di browser webmu dan masuk.
- Di sidebar kiri atau bagian “Full report“, klik pada “Search results” untuk melihat laporan kinerja situs webmu.
- Klik “Average position” untuk menampilkan data posisi, lalu klik pada header kolom “Position” untuk mengurutkan berdasarkan posisi.
- Untuk menganalisis konten, fokus pada halaman-halaman yang berada di posisi 11-20 dalam hasil penelusuran.
Kemudian, pertimbangkan untuk memperbarui konten tersebut dengan informasi yang lebih relevan, mengoptimalkan keyword, atau meningkatkan kejelasan dan keterbacaan.
Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan klik dan organic traffic. Google Search Console mudah digunakan dan sepenuhnya gratis, sehingga menjadi tools yang sangat berguna bagi para pemilik situs web.
ChatGPT
Siapa yang tidak kenal dengan ChatGPT? Tools ini merupakan Natural Language Process atau NLP yang menggunakan AI untuk merespons masukan pengguna.
Dalam content analysis, ChatGPT dapat digunakan untuk tugas serupa dengan Hemingway, tetapi dengan lebih banyak fleksibilitas.
Kamu dapat meminta ChatGPT untuk meninjau bagian teks tertentu, mengevaluasi tingkat keformalan, menemukan kesalahan ejaan, atau menulis ulang kalimat sesuai permintaanmu.
Kamu dapat menggunakan ChatGPT untuk mendapatkan masukan tentang cara meningkatkan tulisanmu dari perspektif SEO, mengidentifikasi kesenjangan konten dengan pesaing, menyarankan pertanyaan umum seputar topikmu, atau memberikan saran internal link ke halaman terkait.
ChatGPT tersedia secara gratis, namun kamu juga dapat memilih untuk menggunakan ChatGPT Plus dengan biaya $20 per bulan untuk akses ke GPT-4 dan fitur-fitur canggih lainnya.
Grammarly
Sesuai dengan namanya, Grammarly menjadi alat penulisan dan pengeditan yang menawarkan versi gratis dengan fitur yang sangat baik, terutama untuk konten berbahasa Inggris.
Selain meninjau keterbacaan seperti Hemingway, Grammarly juga memeriksa ejaan, tanda baca, dan memberikan saran untuk meningkatkan kontenmu.
Sistem warna yang digunakan memudahkan kamu dalam melihat di mana perbaikan diperlukan, yakni warna merah untuk ejaan, tanda baca, dan tata bahasa, biru untuk meningkatkan kejelasan, serta hijau untuk membuat konten lebih menarik.
Grammarly tidak hanya sekadar alat sederhana seperti Hemingway. Ia menawarkan fitur pengeditan sekali klik untuk memperbaiki kesalahan, skor menulis yang detail, serta informasi tentang jumlah karakter dan kata, serta perkiraan waktu membaca atau berbicara.
Kamu juga dapat menyesuaikan saran yang diberikan sesuai dengan tujuanmu, misalnya, seberapa formal kamu ingin terdengar atau seberapa luas pengetahuan audiensmu.
Selain itu, Grammarly memiliki ekstensi Chrome yang memungkinkan kamu menggunakan fitur inti Grammarly di mana pun kamu berada di internet, seperti di kotak masuk email.
Grammarly tersedia dalam versi gratis, tetapi kamu juga dapat memilih untuk meng-upgrade ke Grammarly Premium dengan biaya mulai dari $30 per bulan untuk fitur-fitur tambahan, seperti pembuatan teks AI, pemeriksaan plagiarisme, dan umpan balik nada tulisan.
Rockee
Sebagai platform umpan balik konten, Rockee memungkinkan kamu mendapatkan pandangan langsung dari pembaca tentang kontenmu.
Dengan membuat widget dan menyematkannya ke situs webmu, kamu dapat meminta pembaca untuk memberikan penilaian dan komentar tentang konten yang mereka baca. Ini membantumu memahami seberapa baik kontenmu diterima oleh audiensmu.
Setelah kamu melakukan optimasi konten untuk keterbacaan dan SEO dengan alat lain, seperti Hemingway atau Grammarly, menggunakan umpan balik pengguna dengan Rockee dapat memberikan wawasan tambahan tentang relevansi dan kualitas kontenmu.
Selain itu, integrasi Rockee dengan Google Analytics 4 memungkinkan kamu menggabungkan data kuantitatif, seperti waktu di halaman atau tingkat konversi, dengan umpan balik pengguna untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang kinerja kontenmu.
Rockee tersedia dalam versi gratis yang memungkinkan kamu menyesuaikan widget umpan balik dan mengumpulkan hingga 15 tanggapan per bulan.
Jika kamu membutuhkan lebih banyak fitur dan kapasitas, ada paket berbayar mulai dari £39 per bulan atau sekitar $49 per bulan.
MarketMuse
MarketMuse menyediakan berbagai fitur untuk menganalisis, merencanakan, dan mengoptimalkan konten. Ia menawarkan fitur pengoptimalan konten yang memberikan saran keyword, jumlah kata, dan lain-lain.
Selain itu, MarketMuse memiliki fitur unik yang disebut content brief builder atau pembuat ringkasan konten yang mirip dengan fitur yang dimiliki oleh Frase.
Kemampuannya untuk menganalisis konten kompetitif memungkinkan kamu untuk memahami seberapa baik pesaingmu dalam hasil pencarian mencakup berbagai topik terkait dalam konten mereka.
Dengan begitu, kamu dapat melihat peluang atau kesenjangan dalam konten yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan posisimu dalam hasil pencarian.
MarketMuse cocok digunakan oleh tim konten berpengalaman yang bekerja dalam skala besar karena menyediakan kumpulan fitur yang komprehensif.
Ada versi gratis terbatas yang tersedia, namun untuk fitur lengkap, kamu perlu membeli paket berbayar yang dimulai dari $149 per bulan.
Frase
Frase hadir sebagai AI yang bisa membantu dalam penelitian SEO, pembuatan garis besar, dan menghasilkan tulisan.
Cara kerjanya, setelah kamu memberikan Frase keyword target, content analysis tools ini menggunakan data hasil mesin pencari atau SERP dan AI untuk memberikan rekomendasi, seperti jumlah kata yang disarankan, keyword untuk disertakan, dan pertanyaan untuk dijawab.
Salah satu fitur unggulan Frase adalah pembuat outline atau garis besar. Kamu dapat meninjau garis besar artikel di SERP, memilih yang ingin kamu sertakan, dan mengedit subjudul secara manual. Selain itu, Frase dapat menghasilkan keseluruhan outline dengan AI.
Setelah membuat outline, kamu dapat menulis langsung di editor Frase, menghasilkan link yang dapat dibagikan untuk mengirimkan outline ke penulis, atau bahkan menghasilkan konten menggunakan AI.
Frase juga solid dalam menganalisis konten pesaing dan membuat ringkasan kontennya. Harganya masuk akal, mulai dari $14,99 per bulan dengan uji coba 5 hari seharga $1.
SEMrush
Bisa dibilang SEMrush menyediakan paket content analysis tools yang lengkap untuk pemasaran secara online dengan berbagai fitur yang membantu dalam analisis konten.
Salah satu alat paling bermanfaatnya adalah SEO Writing Assistant yang membantu menganalisis dan menyempurnakan tulisanmu. Alat ini menawarkan perbaikan dalam empat area utama, yakni keterbacaan, SEO, orisinalitas, dan nada tulisan.
Untuk menggunakan SEO Writing Assistant, kamu cukup menyalin dan menempelkan artikelmu ke dalam editor, lalu tambahkan keyword target. Setelah itu, kamu akan mendapatkan skor 10 yang menunjukkan kualitas konten secara keseluruhan, serta umpan balik terperinci untuk setiap area yang perlu diperbaiki.
Semrush SEO Writing Assistant dapat diintegrasikan dengan Google Docs, WordPress, dan Microsoft Word untuk kemudahan akses.
Semua paket Semrush Guru and Business menyertakan akses ke SEO Writing Assistant dengan harga mulai dari $249,95 per bulan. Ada juga uji coba gratis selama 7 hari.
Baca juga: 3 Teknik dalam Implementasi White Hat SEO
Surfer
Surfer adalah alat untuk menulis dan mengedit konten yang memiliki fitur analisis SEO. Alat ini dirancang untuk membantu pengguna meningkatkan kualitas konten mereka dengan memperhatikan faktor-faktor SEO.
Beberapa fitur utamanya termasuk editor konten, riset keyword, AI, dan audit. Editor kontennya memungkinkan kamu memasukkan keyword target dan menganalisis hasil pencarian organik saat ini.
Alat tersebut dapat memberikan saran tentang jumlah kata yang ideal, keyword yang harus disertakan, pertanyaan yang harus dijawab, dan subpos yang akan digunakan.
Surfer mudah digunakan, bahkan bagi penulis yang tidak berpengalaman dalam SEO. Antarmuka penggunaannya intuitif dan rekomendasinya mudah dimengerti.
Keuntungan lain dari Surfer adalah integrasinya dengan Google Docs, WordPress, Contentful, dan Jasper, serta kemampuannya untuk menganalisis konten dalam berbagai bahasa.
Harga Surfer dimulai dari $89 per bulan untuk paket dasar, termasuk fitur analisis dan pengeditan konten.
Untuk menggunakan fitur pembuatan artikel AI, kamu perlu membayar tambahan sesuai dengan penggunaan, yakni sekitar $29 per artikel atau kamu dapat memilih paket bulanan yang mencakup 5 artikel seharga $139 per bulan.
Meskipun tidak ada uji coba gratis, tapi Surfer menawarkan jaminan uang kembali selama 7 hari.
Clearscope
Clearscope bekerja serupa dengan Surfer dan content analysis tools lainnya. Ia menganalisis hasil pencarian organik untuk keyword targetmu, memberikan rekomendasi konten, dan memberi nilai konten berdasarkan optimasi untuk keyword.
Fitur Clearscope lebih sederhana daripada Surfer atau Frase, membuatnya lebih mudah dipelajari, terutama bagi mereka yang baru mengenal penulisan SEO.
Salah satu perbedaan utama Clearscope dengan alat lainnya adalah ia memberikan skor keterbacaan yang menunjukkan seberapa mudah kontenmu dipahami.
Clearscope juga memiliki add-on untuk Google Docs dan ekstensi untuk WordPress sehingga memudahkan pengelolaan konten.
Harga Clearscope dimulai dari $199 per bulan untuk akses tak terbatas dan 15 laporan konten. Harga lainnya disesuaikan dengan kebutuhan spesifik.
Dari content analysis tools, seperti Hemingway dan Grammarly yang membantu dalam memperbaiki kesalahan tata bahasa hingga tools, seperti Surfer, Frase, Semrush, dan Clearscope yang memberikan analisis SEO dan rekomendasi keyword yang kuat, ada banyak pilihan yang dapat mendukung upaya konten digitalmu.
Namun, kalau kamu mencari solusi yang komprehensif dan sesuai dengan kebutuhanmu, Optimaise adalah mitra yang tepat. Sebagai penyedia jasa SEO, Optimaise dapat membantumu merancang dan mengimplementasikan strategi SEO yang sesuai. Jika kamu tertarik, jangan ragu untuk menghubungi kami di Optimaise!