Saat kamu akan mendirikan sebuah perusahaan, hal pertama yang perlu kamu pikirkan adalah membuat nama pt yang bagus. Nama itulah yang nantinya akan menjadi wajah dari perusahaan dan memberikan citra positif bagi konsumenmu. Nah, mungkin kamu adalah salah satu dari beberapa pebisnis yang ingin membuat nama perusahaan yang unik berkesan, dan cocok untuk branding. Sebelumnya, yuk kenali do’s and donts’ berikut ini.
Table of Contents
The Do’s Saat Membuat Nama PT yang Bagus
Di bab ini kamu akan mengetahui hal-hal apa sih yang perlu kamu ketahui dalam membuat nama pt yang bagus. Saat akan membuat nama untuk usahamu, pastikan untuk menerapkan hal-hal berikut, ya:
Buat Nama yang Singkat, Mudah Dieja, dan Gampang Diingat
Salah satu kriteria dari nama pt yang bagus adalah ia harus terdiri dari kata yang singkat serta gampang dieja. Selain itu, nama yang akan kamu gunakan juga harus gampang diingat oleh target pasarmu. Saat membuat nama perusahaan, kamu mungkin merasa suka dengan nama tersebut. Tapi, cobalah untuk mengejanya dengan suara keras.
Apakah nama tersebut jadi terdengar terlalu panjang, atau mungkin kamu nggak bisa mengingatnya dengan mudah. Kalau iya, cobalah cari alternatif yang membuatnya lebih mudah dieja, diingat, tapi tetap mengandung unsur branding dari perusahaanmu.
Selain mempermudah konsumen mengingatnya, nama perusahaan yang singkat dan punya ciri khas juga bakal berguna banget saat kamu membuat website. Kalau kamu berencana untuk membuat website resmi untuk bisnismu, nama perusahaan tersebut akan menjadi nama domain. Nama domain yang singkat dan gampang diingat punya peluang untuk meraih peringkat tinggi di Google dibandingkan nama domain yang terlalu panjang. Pengguna internet yang mampir ke websitemu juga jadi lebih gampang mengingat brandmu!
Pilih Nama yang Bermakna (Atau Tidak)
Nama pt yang bagus salah satunya adalah yang punya makna di baliknya. Misalnya, perusahaan e-commerce Amazon memilih nama tersebut karena terinspirasi dari nama Sungai Amazon yang merupakan sungai terpanjang yang ada di dunia. Contoh lainnya adalah Optimaise, yaitu agensi digital marketing yang memilih nama tersebut dengan branding mereka dapat memberikan hasil optimasi terbaik untuk berbagai website bisnis maupun personal.
Kalau mau, kamu juga bisa memilih nama perusahaan yang memiliki makna tertentu. Pastikan makna di balik nama tersebut baik dan bisa memberikan kesan yang positif bagi calon pembeli. Di sisi lain, kamu juga nggak perlu terlalu terpaku dengan makna di balik sebuah nama. Buktinya, cukup banyak perusahaan yang berhasil memasarkan produk atau jasanya dengan nama brand yang cukup random. Yang paling penting adalah memastikan bahwa nama perusahaanmu ramah dan bisa diterima dengan baik oleh khalayak publik.
Nama Perusahaan Tidak Harus Sama dengan Bidang yang Digeluti
Idealnya, saat memilih nama perusahaan, memang sebaiknya kamu memasukkan unsur bidang bisnis yang kamu geluti. Hal itu bertujuan untuk memperkuat kesan branding saat kamu sedang melakukan pemasaran. Ini terutama penting banget untuk perusahaan yang baru berdiri. Misalnya, siapapun yang mendengar nama agensi “Optimaise” akan langsung memahami bahwa perusahaan tersebut bergelut di bidang optimasi website.
Tapi, hal ini sebenarnya bersifat opsional. Artinya, kamu nggak melulu harus mengaitkan nama perusahaanmu dengan bidang bisnis yang kamu lakukan. Contohnya adalah perusahaan Apple. Perusahaan teknologi yang mendunia dengan produk iPhone, iPad, dan lain sebagainya ini nggak punya relevansi apapun dengan buah apel yang menjadi namanya. Tapi, lihat! Semua orang akan langsung tahu bahwa perusahaan Apple adalah perusahaan raksasa yang merupakan produsen berbagai perangkat gadget.
Menggunakan Trik Coined Name
Masih bingung dalam menentukan nama pt yang bagus dan cocok untuk bisnismu? Kamu bisa lho menggunakan trik coined name. Trik ini lumayan sering digunakan oleh beberapa perusahaan besar. Dalam menerapkannya, ada beberapa cara yang bisa kamu pakai. Mulai dari mengubah pengejaan dari sebuah kata yang mewakili bisnismu, menggabungkan 2 kata sekaligus, atau bahkan mengambil potongan kata tertentu dan menjadikannya sebagai nama perusahaanmu.
Ada beberapa alasan yang membuat banyak perusahaan menggunakan trik coined name ini. Beberapa manfaat positif yang bisa kamu dapatkan dengan menerapkan tips ini antara lain:
- Fleksibel terhadap perubahan: Salah satu unsur nama pt yang bagus adalah ia bersifat timeless. Alias, sampai kapanpun nama tersebut akan terasa relatable bagi konsumen. Nah, penggunaan trik coined name bakal berguna banget untuk memenuhi syarat tersebut. Contohnya, nama perusahaan Optimaise, yang merupakan plesetan dari kata “Optimize” yang bermakna optimasi. Nama tersebut nggak akan kehilangan maknanya dan akan tetap terasa relatable hingga bertahun-tahun mendatang
- Menghindari konflik: Penggunaan trik coined name juga membantu menghindari konflik yang biasanya muncul akibat penggunaan kata yang terlalu umum. Ini biasa terjadi karena nama yang umum tersebut pastinya akan dipakai oleh banyak perusahaan. Nama yang terlalu mirip tersebut nantinya bisa berujung pada konflik perebutan hak cipta. Nah, dengan menggunakan trik ini kamu bisa mengolah kata tersebut menjadi lebih unik dan menghindari adanya unsur kemiripan dengan nama dari perusahaan lainnya.
Memakai Kosakata dari Bahasa Asing
Dalam membuat nama pt yang bagus, kamu juga bisa mencampurkan unsur bahasa asing di dalamnya. Penggunaan kosakata asing sebagai nama perusahaan sebenarnya sudah jadi praktek yang lazim. Pemberian kosakata dari bahasa asing untuk nama perusahaan bisa memberikan kesan unik. Dalam memilih istilah bahasa asing, pastikan istilah tersebut sesuai dengan branding perusahaanmu. Jangan lupa untuk menggunakan kata yang gampang dieja oleh lidah penduduk lokal.
Baca juga: Intip Trik dan Tips SEO Campaign, Dijamin Berhasil!
The Donts’ Saat Membuat Nama PT yang Bagus
Dalam membuat nama perusahaan yang baik, apa saja sih hal-hal yang sebaiknya kamu hindari? Simak ulasan lengkapnya berikut, yuk!
Hindari Menggunakan Huruf Asing
Menggunakan kosakata dari bahasa asing boleh banget kamu lakukan dalam membuat nama pt yang bagus. Tapi, sebaiknya kamu menghindari menggunakan huruf asing, ya! Sebagai contoh, kamu mungkin suka dengan karakter huruf kanji Jepang atau hangeul dari Korea. Tapi, nggak semua orang bisa membaca kedua huruf tersebut dan memahami artinya. Jadi, untuk menghindari kesalahpahaman lebih baik gunakan kata dari bahasa asing tersebut dalam huruf latin.
Hindari Menggunakan Angka dan Simbol Karakter
Saat membuat nama perusahaan, sebaiknya kamu menghindari penggunaan angka dan simbol karakter di dalamnya. Mungkin kamu bermaksud untuk memberikan kesan unik dengan menambahkannya. Tapi, hal tersebut justru mengakibatkan nama perusahaanmu jadi sulit dimengerti. Penggunaan karakter dan angka juga menimbulkan kesan bermain-main dan mengakibatkan orang jadi enggan menggunakan jasa atau membeli produkmu. Jadi, alih-alih menggunakan nama “C!tR4” untuk nama perusahaanmu, cukup gunakan ejaan “Citra” saja, ya.
Hindari Menyebutkan Nama Tempat
Pemberian nama kota atau negara untuk nama perusahaan sebenarnya cukup lazim. Tapi, buat perusahaan baru, atau kalau kamu berencana untuk memperluas bisnismu, sebaiknya hindari hal tersebut, ya. Pemberian nama wilayah pada nama perusahaanmu bisa mengakibatkan keraguan bagi calon konsumen yang berada di luar kota tersebut. Selain itu, hal tersebut juga akan jadi masalah jika kamu ingin mendirikan toko cabang di kota atau negara lain.
Semoga tips dalam membuat nama pt yang bagus di atas bermanfaat buat kamu, ya! Selain mempertimbangkan nama perusahaan, jangan lupa untuk melengkapi pemberkasan pendirian PT supaya perusahaanmu bisa berdiri secara legal. Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan jasa pendirian PT dari Optimaise untuk membantumu dalam hal pembuatan perusahaan beserta urusan legalitasnya. Mulai dari pernyataan pendaftaran, SK Menteri, NPWP dalam bentuk kartu dan digital, SKT Pajak, NIB Izin Impor, hingga Sertifikat Standar.