Dalam optimasi sebuah websiteI, schema markup jadi salah satu aspek yang wajib banget kamu perhatikan.Schema markup adalah kode yang membantu mesin pencari memahami informasi pada suatu halaman. Google dapat menggunakannya untuk menampilkan hasil yang kaya (dikenal sebagai rich snippet), yang dapat meningkatkan jumlah klik pada suatu halaman. Berbeda dengan kata-kata pada suatu halaman, schema adalah bentuk data terstruktur. Format standarnya berarti tidak ada peluang bagi Google untuk salah menginterpretasinya.
Dalam panduan ini, kamu akan mempelajari tentang berbagai jenis schema markup yang dapat kamu gunakan, kapan menambahkannya, dan bagaimana melakukannya.
Table of Contents
Jenis-jenis Schema Markup
Schema markup bisa kamu gunakan untuk meningkatkan berbagai jenis konten. Saat ini, ada 803 jenis schema yang terdaftar di Schema.org. Sayangnya, untuk saat ini Google hanya bisa mendukung beberapa format schema saja. Walaupun, nggak menutup kemungkinan mereka akan menambahkan lebih banyak lagi.
Berikut beberapa contoh jenis skema markup yang didukung oleh Google:
- Article (Artikel)
- Breadcrumb (Jejak Navigasi)
- Carousel (Carousel)
- Course (Kursus)
- Event (Acara)
Supaya lebih jelas, berikut penjelasannya:
Skema Artikel
Schema artikel dapat ditambahkan ke halaman berita, blog, atau artikel olahraga kamu untuk membantu Google memahami halamanmu dengan lebih baik. Ada dua manfaat terdokumentasi dari penambahan schema artikel, yaitu:
- Skema ini membantu Google menampilkan teks judul, gambar, dan informasi tanggal dengan lebih baik.
- Memberi tahu Google secara lebih eksplisit tentang topik yang dibahas kontenmu.
Dengan kata lain, penggunaan skema artikel bisa membantu Google mengenali konten-konten relevan yang ada di dalam situsmu.
Skema Produk
Menambahkan schema markup produk berarti pengguna bisa melihat harga, ketersediaan, peringkat ulasan, informasi pengiriman, dan lainnya dalam hasil pencarian. Markup Produk bermanfaat untuk toko e-commerce, karena dapat memberikan calon pelanggan pandangan yang lebih rinci tentang produk sebelum mereka bahkan masuk ke situs webmu. Contoh dari skema produk adalah sebagai berikut:
Skema Usaha Lokal
Jenis skema markup usaha lokal memungkinkan Google memahami bisnismu. Menambahkan schema memungkinkan Google menampilkan jam operasional bisnismu, departemen-departemen yang berbeda dalam bisnismu, dan lebih banyak lagi.
Hasil pencarian menggunakan schema markup jenis usaha lokal dapat terlihat seperti ini:
Kotak Pencarian Sitelinks
Menambahkan markup Sitelink berarti pencari situs webmu akan melihat tautan terkait halaman-halaman pentingmu saat mencari merekmu di Google. Inilah tampilan rich result untuk markup Sitelink:
Skema Event
Hasil kaya Acara adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak perhatian untuk acara yang akan datang, baik secara daring maupun luring. Hasil skema Acara pastinya akan kelihatan menonjol dalam hasil pencarian Google. Berikut contohnya:
Cara Menambahkan Schema Markup ke Dalam Websitemu
Semua situs memang sebaiknya menambahkan schema markup. Tetapi, supaya lebih efektif, hanya tambahkan schema yang paling sesuai untuk situs webmu. Nggak yakin harus menambahkan apa?
Berikut beberapa contoh dasar:
- Situs web e-commerce – Tambahkan schema Produk, Breadcrumb, Person/Organization.
- Blog atau situs web berita – Tambahkan schema Artikel, Breadcrumb, Person/Organization.
- Atau jika situs webmu lebih fokus pada topik, kamu bisa menambahkan jenis schema yang lebih spesifik. Misalnya:
- Situs web makanan – Tambahkan schema Resep.
- Situs web rekrutmen – Tambahkan schema Pengumuman Lowongan Kerja, dan seterusnya.
Baca juga: Panduan Belajar SEO untuk Pemula
Jadi, bagaimana cara menambahkan schema markup?
Berita baiknya adalah sebagian besar sistem manajemen konten (CMS) dari website modern dapat menambahkan implementasi schema dasar langsung dari kotak. Secara umum, jika kamu menggunakan CMS populer seperti Wix atau Webflow, hanya masalah menyesuaikan pengaturan schema sesuai preferensimu.
Jika kamu menggunakan WordPress, kamu bisa menggunakan plugin seperti Yoast SEO. Ketika kamu mendaftar, sebagian dari proses penggunaan melibatkan penambahan schema Organisasi atau Person. Setelah kamu menyelesaikan proses penggunaan awal, kamu dapat klik tab “Schema” dalam sebuah posting, dan kamu akan dapat menyesuaikan pengaturannya lebih lanjut. Secara default, jenis halaman schema diatur sebagai “Halaman Web,” dan jenis posting diatur sebagai “Artikel.”
Metode lain untuk menambahkan schema markup ke situs webmu adalah dengan menambahkan kode secara manual. Meskipun metode ini memungkinkan penyesuaian total dari schema di situs webmu, disarankan untuk mencari saran dari seorang konsultan SEO atau pengembang sebelum memulai, terutama jika kamu tidak percaya diri dengan kode.
Kode schema markup dapat dihasilkan dalam tiga bahasa berbeda: microdata, RDFa, dan JSON-LD. Meskipun Google mendukung ketiga bahasa tersebut, disarankan untuk menggunakan JSON-LD (Javascript Object Notation for Linked Objects), karena lebih sedikit rentan terhadap kesalahan pengguna.
Baca juga: Inilah 6 Cara Terbaik untuk Keyword Monitoring
Kamu bisa menghasilkan kode JSON-LD mentah sendiri menggunakan alat seperti Schema Markup Generator dari Merkle, Google’s Structured Data Markup Helper, atau bahkan ChatGPT. Khusus untuk artikel ini, kami akan menggunakan tool Markup Generator dari Merkle. Simak detail langkah-langkahnya berikut:
- Kunjungi situs resmi Schema Markup Generator milik Merkle dan pilih jenis schema yang ingin kamu hasilkan
- Kemudian tambahkan informasi ke dalam kolom-kolom yang diperlukan.
- Setelah kamu membuat kode JSON-LD, tambahkan ke dalam bagian <head> atau <body> dari halaman yang diinginkan. Google telah mengonfirmasi bahwa keduanya sama baiknya. Jadi, kamu nggak perlu khawatir Jika kamu punya basis pengetahuan teknis, kamu bahkan bisa menyuntikkan kode menggunakan Javascript menggunakan Google Tag Manager.
Cara Memvalidasi Markup Schemamu
Untuk memeriksa schema markup pada sebuah website, kamu bisa menggunakan Schema Validator atau alat Uji Hasil Kaya Google.
Jika kamu telah menginstal tool SEO Toolbar dari Ahrefs, kamu akan menemukan tautan ke tools ini di tab “Structured data.” Jika kamu mengklik Rich Results Test, itu akan menjalankan tes dan menampilkan semua kesalahan. Kamu bisa klik hasil tes untuk mendapatkan lebih banyak detail tentang masalah tersebut.
Alat Uji Rich Result dari Google bermanfaat untuk memvalidasi schema markup secara halaman per halaman di mana rich result tersebut dapat muncul. Tetapi jika kamu ingin memeriksa status semua hasil kaya-mu, kamu perlu menggunakan Google Search Console.
Meskipun ini berguna, salah satu masalah dari tool Rich Result dan Google Search Console adalah mereka hanya memeriksa markup schema yang menggerakkan hasil pengayaan, yang bukan satu-satunya manfaat dari skema tersebut.
Jika kamu ingin memeriksa semua schema di situs web-mu, kamu perlu menggunakan Markup Validator Schema.org untuk halaman tunggal. Kamu juga bisa mengakses alat ini melalui tool SEO Toolbar dari Ahrefs dengan mengklik tombol “Validate.”
Dan untuk pemeriksaan total situs web, kamu dapat menggunakan Site Audit milik Ahrefs, yang bisa kamu akses secara gratis dengan mendaftar Ahrefs Webmaster Tools (AWT). Setelah menjalankan audit-mu, pergi ke laporan Semua Isu di Site Audit. Jika ada masalah data terstruktur, kamu akan melihat pesan seperti yang ditunjukkan di bawah ini dalam daftar isu.
Nah, itulah ulasan mengenai jenis-jenis schema markup dan cara mengoptimalkannya. Mempelajari tentang jenis-jenis skema markup dan tekniknya memang penting banget untuk membantu mengoptimalkan strategi SEO-mu. Tapi, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal tanpa mengerahkan terlalu banyak tenaga, bisa banget menghubungi Optimaise. Agensi digital yang berpusat di Kota Malang ini menawarkan layanan paket jasa SEO yang terpercaya.
Tim SEO dari Optimaise nggak cuma akan meriset kata kunci unggul maupun mengawasi performa strategi optimasi yang mereka terapkan. Kamu juga bisa menggunakan jasa mereka dalam penerapan schema markup yang efektif. Yuk, hubungi admin untuk mendapatkan penawaran harga paket layanan SEO terbaik!