Dalam dunia online marketing, copywriting menjadi ujung tombak yang perlu banget untuk dikuasai. Apalagi, jika kamu membuat konten promosi dalam bentuk artikel maupun desain grafis. Copywriting bisa menjadi tool luar biasa yang menggerakkan pembacanya untuk membeli produk atau jasamu. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari copywriting, kamu perlu tahu pemilihan kata-kata yang efektif untuk mempengaruhi keputusan pembaca. Ingin tahu apa saja contoh copywriting yang menarik dan efektif? Yuk, simak inspirasinya berikut.
Table of Contents
Contoh Copywriting untuk Konten
Bingung memilih kata-kata yang tepat di dalam kontenmu untuk menarik minat para pembaca? Kami punya beberapa contoh copywriting yang terlihat sederhana tapi bisa membuat konten artikel maupun konten iklanmu jadi lebih powerful. Simak ulasannya berikut:
Terbaik
Dalam mempromosikan sebuah produk, kamu tentu ingin memperkenalkan keunggulan yang dimiliki produkmu dan tentunya nggak ditemui di produk serupa dari merek lain. Kelebihan-kelebihan tersebut bisa kamu highlight dengan menyisipkan kata “terbaik” di dalam kontenmu. Dengan adanya kata itu, pembaca akan menjadi lebih fokus kepada hal-hal yang menjadi kelebihan dari produk atau jasamu.
Tapi, dalam menggunakan kata “terbaik” tentunya kamu harus punya bukti solid yang mendukung klaimmu tersebut. Misalnya, jasa penulisan artikel dari Optimaise yang terbukti mengedepankan kualitas konten yang berbobot dan tanpa menggunakan spinner.
Contoh copywriting dengan menggunakan kata “terbaik” adalah: “Dapatkan konten-konten terbaik dan SEO friendly dengan memilih jasa penulisan artikel dari Optimaise”
Mudah
Kata “mudah” selalu diperuntukkan untuk kegiatan atau hal yang bersifat kompleks atau rumit. Sehingga, saat pengunjung situs mendapati bahwa produk yang kamu tawarkan mudah digunakan, pastinya mereka juga akan lebih tertarik untuk menggunakannya. Kata-kata ini akan sangat ampuh untuk digunakan pada konten yang menawarkan layanan jasa reservasi hotel, pemesanan tiket wisata, maupun penyediaan aplikasi.
Contoh copywriting dengan menggunakan kata “mudah” adalah: “Lakukan transfer dan cek saldo dimanapun dengan mudah melalui aplikasi M-Banking kami!”.
Baca juga: 3 Unsur Core Web Vitals, Cara Mengukur dan Trik Optimasinya
Spesial
Saat mendengar kata “spesial”, seseorang akan langsung berpikir mengenai momen-momen berharga yang dibagikan bersama dengan orang-orang terkasih. Selain itu, kata “spesial”, “istimewa”, atau “eksklusif” juga bisa membuat pelanggan merasa teristimewakan. Ini tentunya adalah hal yang wajar, karena setiap orang tentu ingin merasa spesial.
Nah, kamu bisa menggunakan kata “spesial” dan sejenisnya untuk membuat pembaca merasa bahwa mereka akan mendapatkan suatu hal yang istimewa jika membeli produk atau jasamu. Kombinasikan contoh copywriting ini dengan kata-kata yang mengindikasikan waktu yang terbatas. Seperti memasang periode waktu tertentu, sehingga membuat target konsumenmu percaya bahwa mereka bisa mendapatkan sesuatu yang lebih dibandingkan jika membeli di luar periode promo tersebut. Taktik ini ideal banget jika kamu ingin menjual suatu produk dengan cepat atau untuk meningkatkan angka penjualan pada jenis produk atau jasa tertentu.
Baca juga: Apa Itu Content Planning dan 6 Cara Memaksimalkannya
Penawaran Terbatas
Seperti yang kami singgung di atas, penggunaan contoh copywriting dengan kata “spesial” akan terasa lebih powerful jika kamu mengombinasikannya dengan kata “terbatas” atau “limited”. Kata ini membantu meningkatkan sense of urgency yang akan membuat seseorang ingin bergegas untuk membeli penawaran darimu. Apalagi, karena mereka percaya bahwa penawaran serupa mungkin nggak akan terulang kembali.
Kata ajakan ini juga membuat mereka merasa mendapatkan penawaran yang spesial dan tidak bisa didapatkan pada pembelian di waktu lain. Kata-kata ini bisa kamu pakai saat membuat konten berupa penawaran diskon atau promo Buy 1 Get 1 Free. Jangan lupa untuk menerapkan jangka waktu dari masa promo tersebut.
Baca juga: 5 Jenis Branding dan Peranannya yang Wajib Kamu Tahu
Penerapan contoh copywriting yang menggunakan kata ini adalah: “Dapatkan penawaran terbatas emas ANTAM LM seberat 0.5 gram untuk pembelian cincin couple seharga Rp600.000 hingga 30 November 2023!”
Bisa Disesuaikan
Contoh copywriting ini diperuntukkan bagi jenis-jenis produk rumah tangga, aksesoris sekolah, maupun pakaian. Kata-kata “bisa disesuaikan” atau “fleksibel” tentunya akan menarik perhatian para calon konsumen yang menginginkan fleksibilitas dalam hidupnya. Mereka akan lebih berminat untuk membeli produkmu apabila mereka mengetahui bahwa mereka bisa menyesuaikan fungsi produk tersebut sesuai dengan kebutuhan.
Salah satu contoh copywriting yang menggunakan kata “bisa disesuaikan” adalah: “Beli sepatu (merekmu di sini) yang bisa kamu sesuaikan dengan berbagai gaya OOTDmu!”
Tanpa Resiko
Salah satu naluri alamiah dalam diri makhluk hidup adalah menghindari resiko. Sehingga, nggak heran jika kita akan lebih tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang menawarkan jaminan bebas resiko. Biasanya, contoh copywriting satu ini banyak ditemukan pada layanan jasa yang berhubungan dengan keuangan, investasi, asuransi, dan kesehatan. Untuk memperkuat “trust” atau kepercayaan, sebaiknya pasangkan kata copywriting ini dengan kata “garansi” atau “jaminan”.
Contoh copywriting: “Persiapkan masa depan lebih baik dengan investasi emas tanpa resiko”.
Gratis
Kata “gratis” adalah motivasi terbesar yang membuat orang lebih tertarik untuk membeli produk darimu. Lagipula, siapa sih yang nggak suka mendapatkan produk gratis. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dengan menerapkan kata tersebut di dalam copywritingmu. Dengan demikian, tentunya para pengunjung situsmu pun akan lebih tertarik untuk mencoba produk atau layanan yang kamu tawarkan. Metode penawaran gratis ini juga bisa kamu gunakan untuk memperkenalkan produk atau layanan baru untuk melihat animo masyarakat terhadapnya.
Contoh copywriting yang menggunakan kata “gratis” adalah: “Bikin website di Optimaise bisa dapat hosting, domain, dan SSL gratis!”
Baca juga: 2 Cara Ganti Password Wifi yang Mudah Banget!
Contoh Copywriting untuk Headline
Untuk memperkuat efek dari konten promosimu, kata-kata copywriting juga perlu kamu sematkan di bagian headline. Headline adalah tampilangrafis berupa banner yang akan langsung dibaca oleh pengunjung saat mereka memasuki landing page situsmu. Melalui headline tersebut, pengunjung bisa mengetahui jenis-jenis promo atau penawaran apa saja yang kamu tawarkan. Pada headline tersebut bisa kamu sisipkan tautan ke halaman utama dari promo yang menerangkan mengenai Syarat dan Ketentuan, serta informasi menarik lainnya.
Untuk membuat pengunjung tertarik dan mengklik banner tersebut, pastikan kamu membuat headline yang menarik! Simak inspirasinya berikut ini:
Command Headline
Jenis headline ini memuat kata-kata bersifat perintah atau CTA yang mengarahkan pembaca untuk melakukan aksi tertentu. Untuk mendapatkan efek aksi yang diinginkan dari jenis copywriting ini, kamu perlu memberikan informasi singkat mengenai alasan kenapa mereka harus melakukan hal tersebut. Salah satu contoh copywriting dengan command headline adalah: “Klaim Voucher Gratis Ongkir Sekarang untuk Dapatkan Harga Spesial!”
Benefits Headline
Sebelum membeli produk, tentunya lumrah banget untuk mengetahui terlebih dulu mengenai keuntungan yang bisa diperoleh dari produk tersebut. Nah, di sinilah kekuatan dari copywriting berupa benefits headline. Metode ini bisa kamu pakai untuk memperkenalkan produk-produk terbaru di kalangan masyarakat.
Misalnya, kamu bergerak di bidang Wellness dan ingin memperkenalkan produk aromaterapi. Maka contoh copywriting yang bisa kamu terapkan adalah “Aromaterapi lavender dengan aroma menenangkan dan buat kamu bisa tidur lebih nyenyak”.
Urgent Headline
Jenis urgent headline ini cocok banget buat jenis konten promosi diskon atau promo produk secara terbatas. Adanya urgent headline ini akan membuat pengunjung websitemu mengambil keputusan dengan lebih cepat agar tidak ketinggalan penawaran tersebut. Kata-kata yang mengandung sifat urgensi ini memang memicu insting dasar manusia yang tidak ingin melewatkan kesempatan terbatas, atau FOMO. Mereka juga akan cenderung menekan tombol CTA (call-to-action) apabila terdapat batas waktu yang jelas atau ketersediaan stok yang terbatas pada headline tersebut.
Nah, itulah ulasan mengenai beberapa contoh copywriting untuk membuat konten pemasaran yang powerful. Namun, ada kalanya kamu masih kesulitan dalam merangkai kata-kata yang pas untuk menerapkan kata-kata tersebut. Nah, tapi kamu nggak perlu khawatir! Karena, tim penulis dari Optimaise punya pengalaman yang mumpuni dalam hal copywriting. Kamu akan mendapatkan hasil copywriting yang menjual dan tentunya bisa memberikan keuntungan sesuai dengan harapanmu. Yuk, hubungi CP Optimaise untuk mendapatkan penawaran paket copywriting dengan harga terbaik sekarang juga!